Saturday, September 12, 2015

Perbedaan ISO Dan CSO

Format merupakah suatu hal yang sangat penting dalam sebuah file, perbedaan format berarti file tersebut berbeda. Melalui format tersebut kita dapat mengetahui kegunaan dan isi dari file tersebut. Dalam berbagai game PSP, terdapat 2 format yang dapat kita temukan. Contohnya adalah ISO dan CSO. Maka dari itu kali ini saya akan membahas perbedaan ISO dan CSO agar kalian tidak binggung saat memilih format.

Perbedaan ISO dan CSO

ISO

Merupakah kependekan dari International Organization for Standardization, yang artinya adalah file tersebut memiliki isi Gambar Dengan Ukuran Yang Sangat Besar. Format tersebut biasanya juga berisi Drive ( DVD/CD ). Jenis format ini berukuran LEBIH BESAR daripada file dengan format CSO dikarenakan file jenis ISO tidak di kompresi dan mengandung banyak file lain. Banyak file yang sebelumnya dengan format R01 sampai R08 jika di ekstrak menjadi 1 file dengan format ISO. Jenis file ini merupakan Standard dari file Game untuk PPSSPP ( Emulator PSP ).

Kelebihan ISO :

  • Memiliki loading lebih cepat daripada CSO
  • Lebih stabil dan halus
  • Dapat menampung file berukuran besar hanya dalam 1 file
  • Kecepatan transfer data lebih cepat

Kelemahan ISO :

  • Memiliki kapasitas yang sangat besar sehingga membutuhkan Memory Card / Penyimpanan yang berkapasitas besar juga.

CSO

File dengan format ini merupakan alternatif dari file berformat CSO. memiliki fungsi yang hampir sama dalam PPSSPP. Tetapi apakah anda mengerti Mengapa CSO Berukuran Lebih Kecil Dari ISO ?. Jawabannya adalah karena CSO merupakah file HIGH COMPRESS yang artinya sudah dikompresikan secara Maksimal sehingga ukurannya kecil.

Kelebihan CSO :

  • Seperti yang sudah saya sebutkan tadi file CSO lebih kecil daripada ISO
  • File tidak perlu di extract lagi
  • Membutuhkan ruang kecil dalam Memory Card / Penyimpanan

Kekurangan CSO :

  • Loading file lebih lambat dibandingakan dengan ISO
  • Sering terjadi hank / bug saat memaikan Game

 

Jadi lebih Baik ISO atau CSO ?

Kalau menurut saya pribadi, File dengan format ISO lebih baik daripada file dengan format CSO. Karena demi kelancaran & kenyamanan saat bermain. Saat saya mencoba menggunakan file CSO hasilnya tidak terlalu bagus, Game yang saya mainkan memiliki banyak bug dan tidak lancar. Berikut ini adalah contoh Bug CSO yang ada di HM HoLV.

6 komentar:

Selamat Datang di ID Harvest, Komunitas Game Online terupdate di Indonesia, Mulai dari Harvest Moon, Pokemon GO sampai Dota 2 akan ada disini. Berkomentarlah sesuai artikel yang tertera. Terima Kasih.