Saturday, April 2, 2016

Detail Game Pokemon Go di Android dan IOS

Beberapa hari ini saya lagi gencar-gencarnya cari informasi tentang game Pokemon Go yang bakal rilis pada Platform berbasis Android maupun IOS tahun ini. Bukan hanya karena saya menang tertarik dengan game ini, akan tetapi saya ingin mengulas informasi yang lebih detail tentang game Pokemon Go ini. Dan ya, akhirnya pencarian tersebut membuahkan hasil yang lumayan, sehingga saya bisa membuat artikel ini.

Detail Game Pokemon Go di Android dan IOS

Jika kalian benar-benar tertarik memainkan game Pokemon Go, sebaiknya kalian juga cari-cari informasi mengenai game ini, misalnya: kapan rilisnya, cara bermain Pokemon Go seperti apa, dan lain sebagainya. Tidak harus dari blog ini, tapi kalian juga bisa informasi website luar negeri atau youtube misalnya. Agar saat rilisnya nanti, kalian tidak ketinggalan informasi dan sudah mempunyai gambaran yang jelas tentang game Pokemon Go.

Detail Game Pokemon Go di Android dan IOS Untuk Saat Ini

Detail informasi dibawah ini mencakup semua yang berhubungan dengan Pokemon Go, meskipun tidak bisa dikatakan benar-benar detail karena pihak pengembang saat ini masih melakukan uji beta. Tapi jangan salah, karena adanya uji beta tersebut banyak info yang telah beredarar yang setidaknya bisa memberi gambaran kecil tentang game ini.

1. Apa itu Pokemon Go?

Pokemon Go merupakan game yang dikembangkan oleh Niantic, Nintendo, dan The Pokemon Company yang memungkinkan pemain dapat menangkap. bertarung, dan bertukar pokemon virtual dengan pemain lain di dunia nyata hanya dengan menggunakan Smartphone berbasis Android maupun IOS. Dibantu dengan alat bernama Pokemon Go Plus yang dikembangkan oleh Nintendo, memungkinkan pemain dapat merasakan kehadiran Pokemon dilingkungan dekat mereka.


Pokemon Go juga merupakan revolusi dari sebuah game yang membuat pemain tidak hanya diam dan duduk untuk memainkannya. Akan tetapi, pemain harus berkeliling di lingkungan dunia nyata untuk menemukan Pokemon dan menangkapnya. Jadi pada dasarnya, jika ingin mengoleksi banyak Pokemon, pemain harus benar-benar aktif untuk hunting Pokemon di dunia nyata.

2. Kapan Pokemon Go Rilis?

Pokemon Go bakal rilis tahun ini (2016), Akan tetapi sampai saat ini, belum ada kepastian tentang tanggal atau bulan rilisnya Pokemon Go dari pihak pengembang, hanya ada banyak spekulasi yang bermunculan dari banyak pihak. Jadi, saya juga tidak akan membahas hal ini terlalu dalam karena saya juga tidak ingin berspekulasi. Tapi yang pasti, rilis di Indonesia sendiri akan sedikit memakan waktu lama, karena Pokemon Go bakal rilis terlebih dahulu di Jepang, Amereka Utara, dan Eropa.

Untuk saat ini, pihak pengembang masih melakukan uji lapangan di Jepang, tepatnya sudah dimulai tanggal 29 Maret 2016 kemarin. Mungkin diantara kalian sudah benar-benar tidak sabar memainkan game Pokemon Go kemudian mencoba mencari APK yang sudah disebarluaskan oleh pemain yang telah melakukan uji lapangan Pokemon Go di Jepang tersebut, satu kata saja yang pasti " Menyerahlah ". Meskipun kalian memiliki aplikasi dari game Pokemon Go saat ini, menggunakan VPN, dan aplikasi penyamar alamat IP lainnya, akan tetapi mustahil bagi kalian untuk memainkannya sekarang.

Logikanya, saat ini Pokemon Go masih tahap uji beta dan belum sepenuhnya rilis tapi kalian udah pengen mencobannya sekarang, ya tidak bakal bisa. Pihak Niantic sudah menjelaskan dengan sangat jelas bahwa hanya mereka yang tinggal di jepang dan mendapatkan undangan resmi dari Developerlah yang saat ini bisa memainkan game Pokemon Go saat ini.

3. Spesifikasi Smartphone yang Dibutuhkan Untuk Main Pokemon Go?

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan (Benar tidaknya belum dapat dipastikan karena tidak berasal langsung dari pihak pengembang), spesifikasi Smartphone berbasis Android yang cocok digunakan untuk memainkan game Pokemon Go adalah Android 4.3 keatas, sedangkan pada iPhone yang notabenya berbasis IOS adalah IOS 6.0 (iPhone 5) keatas. Tapi spesifikasi ini bukan jaminan bahwa kalian bisa atau tidak bisa, lancar atau tidak lancar memainkan game Pokemon Go, jadi sebaiknya dicoba saja langsung ketika sudah rilis.

4. Apakah Kita Membutuhkan Uang Untuk Main Pokemon Go?

Sudah pasti bahwa untuk memainkan Pokemon Go membutuhkan uang. Akan tetapi, untuk mendapatkan game Pokemon Go di Google Play nantinya, kalian tidak dikenakan biaya(gratis) ketika mengunduhnya. Hanya saja, Pokemon Go menerapkan sistem In-App Purchase (IAP) dimana untuk membeli sebuah item dalam game, semisal: Poke Ball, Gems, dan Item Pokemon lainnya, membutuhkan uang untuk membelinya.

Tidak hanya itu, untuk berkeliling dan traveling di lingkungan dunia nyata, kita juga membutuhkan kendaraan dan lain sebagainya yang membutuhkan bahan bakar, seperti bensin atau mungkin Solar(Ujung-unjungnya juga butuh uang), bisa dikatakan juga ini merupakan game yang sangat mahal. Jadi pemain sendirilah yang seharusnya bisa membatasi diri untuk mengeluarkan sedikit uang ataupun malah sebaliknya, intinya jangan terlalu ambisius.

5. Gimana Cara Main Pokemon Go?

Sebelum saya membahas cara memainkan game Pokemon Go, patut kita ketahui terlebih dahulu sistem permainan dari Pokemon Go ini seperti apa. Pertama kalian membutuhkan akun Google (Gmail) untuk dapat memainkan game Pokemon Go ini di android atapun IOS. Kenapa begitu? Karena untuk memainkan game Pokemon Go nantinya dibutuhkan teknologi dari Google Maps, Google Earth dan GPS yang kamu gunakan pada Smartphone. Untuk menemukan pemain dan Pokemon yang tersembunyi diseluruh dunia, Pokemon Go membutuhkan teknologi dari Google ini.

Jika kalian pernah memainkan salah satu game yang dirilis oleh Niantic yaitu Ingress, kalian bakal sedikit memahami permainan Pokemon Go ini nantinya. Hanya saja Pokemon Go ditunjang oleh alat yang bernama Pokemon Go Plus dalam permainannya. Kalian diharuskan untuk berkeliling di lingkungan dunia nyata dengan bantuan teknologi Google Maps dan Pokemon Go plus untuk mendapatkan Pokemon yang ada dan bertarung dengan pemain lain. Pokemon akan nampak pada Smartphone yang kalian gunakan, dan untuk menangkapnya digunakan Poke Ball yang macam-macamnya berbeda.

6. Apa itu Pokemon Go Plus?

Pokemon Go Plus adalah sebuah alat kecil yang bisa dipakai di pergelangan tangan dan digunakan untuk menunjang pemain dalam menemukan dan menangkap Pokemon. Pokemon Go Plus terhubung dengan Smartphone menggunakan Bluetooth, dan menjadikannya sebagai alat sensor untuk menemukan Pokemon tersembunyi di dunia nyata. Ketika pemain dekat dengan Pokemon, alat tersebut akan bergetar dan mengeluarkan cahaya, sekaligus memberi notifikasi pada pemain.

Meskipun kalian tidak sedang tidak menggunakan Smartphone, akan tetapi kalian bisa menangkap Pokemon dengan cara menekan tombol yang terdapat dalam Pokemon Go Plus tersebut. Pokemon yang ditangkap nantinya bisa dilihat di aplikasi Pokemon Go pada Smartphone. Nah ini yang masih sedikit membingungkan dan menarik, bagaimana bisa kita menangkap suatu yang tidak tampak oleh mata dan mengetahui bahwa Pokemon sudah tertangkap? terkecuali jika masih dibantu dengan bantuan Smartphone untuk melihatnya sih masih bisa dipahami, tapi ini? Hmm menarik sekali.

Btw, Sampai saat ini belum ada kepastian harga Pokemon Go Plus dari pihak pengembang, Semoga saja harganya tidak terlalu mahal agar banyak kalangan yang bisa menikmati game ini, nggak hanya orang berduit saja.

7. Bagaimana Cara Menemukan Pokemon Tertentu dan Item Spesial?

Ada beberapa jenis Pokemon liar yang hanya bisa didapatkan pada lingkungan aslinya, misalnya Pokemon dengan Tipe Grass (Rumput) bisa ditemukan disekitar Padang Rumput (Savana) atau Pokemon dengan Tipe Water (Air) bisa ditemukan disekitar Sungai, Danau, dan Laut. Jadi intinya, jika kalian ingin mendapatkan Pokemon yang memiliki Tipe tertentu, bergilah ke suatu tempat di dunia nyata yang berhubungan dengan tipe Pokemon tersebut.

Sedangkan Pokemon yang masih dalam bentuk telur dan Item Spesial bisa didapatkan pada Tempat-tempat bersejarah, Monumen, Museum, dan Seni instalasi publik (misalnya patung). Jadi intinya, jika kalian ingin mendapatkan telur Pokemon atau Item Spesial bergilah ke kota yang banyak mempunyai banyak ikon yang ditonjolkan.

8. Apa Saja Fitur yang Ditawarkan Pokemon Go?

Ada beberapa fitur yang telah dibeberkan oleh pihak Niantic melalui blog yang mereka punya, Ofisial Youtube Pokemon Go, dan Pengguna Youtube yang mengunggah Gameplay Pokemon Go. Beberapa diantaranya yaitu:
  1. Gym adalah nama yang digunakan untuk menyebut regional pertarungan Pokemon Go yang bisa ditemukan di dunia nyata. Untuk itu, pemain diharuskan untuk memilih salah satu dari 3 macam tim(Merah, Kuning, Biru), untuk memperebutkan Gym ini. Fitur ini sebenarnya hampir mirip dengan game Ingress. 
  2. Pemain bisa memilih sendiri avatar (Laki-laki/Perempuan) yang ingin dimainkan, selain itu juga bisa mengkustomisasi sendiri avatar tersebut. Adapun yang bisa dikustomisasi misalnya: Wajah, Warna rambut, Mata, Baju, Tas, Topi, Sepatu dan Celana.
  3. Banyak sekali Pokemon yang bisa didapatkan dan dikoleksi. (Jumlahnya belum dapat dikonfirmasi)
  4. Pokemon yang didapatkan bisa berevolusi.
  5. Fitur Achievement (Pencapaian), berisikan tantangan yang diberikan kepada pemain, misalnya: Mengharuskan pemain menangkap 30 Pokemon dan lain sebagainya.
  6. Fitur Pertukaran Pokemon secara virtual (Pokemon Trade System), yang memungkinkan pemain bertukar Pokemon dengan pemain lain.
Catatan: Penampilan fitur diatas belum sepenuhnya selesai.

Itulah Setidaknya Detail Game Pokemon Go di Android dan IOS untuk saat ini, tentunya postingan ini akan selalu diupdate, jika ada informasi terbaru mengenai Pokemon Go. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Sekian, Terima kasih.

1 komentar:

  1. Game yang ditunggu-tunggu nih, ga sabar main sambil travelling buat nyari pokemonnya :D
    -jejeblog.net-

    ReplyDelete

Selamat Datang di ID Harvest, Komunitas Game Online terupdate di Indonesia, Mulai dari Harvest Moon, Pokemon GO sampai Dota 2 akan ada disini. Berkomentarlah sesuai artikel yang tertera. Terima Kasih.