Saturday, April 23, 2016

Nominasi Aplikasi dan Game Android Terbaik Google Play Awards 2016

Google Play melihat perkembangan pengguna aplikasi maupun game android yang begitu pesat hingga tahun 2016. Hampir lebih dari 1 miliar orang dari berbagai negara telah menggunakan android. Untuk mengapresiasi para penggembang yang telah bekerja keras untuk membuat aplikasi dan game terbaik, Google Play mengadakan ajang penghargaan yang dinamakan Google Play Awards untuk pertama kalinya di tahun ini.
Nominasi Aplikasi dan Game Android Terbaik Google Play Awards 2016

Ada 10 kategori dan 5 nominasi aplikasi maupun game android dalam ajang penghargaaan ini. Google Play sendiri telah memberi bocoran aplikasi dan game android yang masuk nominasi dalam ajang Google Play Award 2016. Pemilihan aplikasi dan game ini tidak sembarangan, Nominator dipilih langsung oleh para ahli dari tim Google Play berdasarkan kualitas aplikasi, inovasi, dan pernah melakukan update besar-besaran dalam 12 bulan terakhir.

Adapun aplikasi dan game android terbaik yang masuk dalam nominasi di berbagai katergori berbeda adalah sebagai berikut:
Nominasi Game dan Aplikasi Android Terbaik Google Play Awards 2016
Sumber Foto: Google Play
Kategori pertama adalah Standout Startup, penghargaan ini diperuntukan kepada penggembang baru di Google Play yang menawarkan keunikan dalam aplikasinya, serta banyak diinstal oleh banyak pengguna dengan cepat. Nominasinya adalah Dubmash, Hopper, Musical.ly, Robinhood, dan Vrse.

Kategori kedua adalah Standout Indie, penghargaan ini diperuntukan kepada game android yang dibuat oleh penggembang perorangan ataupun pengembang dengan tim yang kecil, namun mengedepankan design yang artistik dan gameplay yang inovatif. Nominasinya adalah Alphabear, Alto's Adventure, Fast Like a Fox, Neko Atsume: Kitty Collector, dan Prune.

Kategori ketiga adalah Best Family App (Aplikasi terbaik untuk keluarga), penghargaan ini diperuntukan kepada aplikasi dan game android dengan design ramah keluarga yang mendorong kreatifitas dan eksplorasi. Nominasinya adalah Card Wars - Adventure TimeMy Very Hungry CaterpilarLego Jurassic WorldThinkrolls 2, dan Toca Nature.

Kategori keempat adalah Best use of Material Design, penghargaan ini diperuntukan kepada aplikasi yang mengimplementasikan konsep design material yang memberikan pengalaman inovatif kepada pengguna. Nominasinya adalah Bring!, Robinhood, The Faboulous, Todoist, dan Vevo.

Kategori kelima adalah Best use of Google Play Game Services, penghargaan ini diperuntukan kepada game yang mempunyai kualitas tinggi dengan penerapan fitur GPGS. Nominasinya adalah Sea Battle 2, Table Tenis Touch, Tapventures, TowerMadness 2, dan Zombie Higway 2.

Kategori keenam adalah Early Adopter, penghargaan ini diperuntukan kepada aplikasi dan game android yang mengadopsi teknologi dan platform yang baru saja muncul, serta memberikan pengalaman menyenangkan kepada pengguna. Nominasinya adalah Glide, Mechanic Escape, Minecraft, World Around Me, dan Zumper.

Kategori ketujuh adalah Go Global, penghargaan ini diperuntukan kepada aplikasi dan game yang mempunyai lokalisasi dan kulturasi yang baik, serta mencapai popularitas di regional yang luas di berbagai negara. Nominasinya adalah Dragon Ball Z Dokan Battle, Freeletics Bodyweight, Memrise, Musixmatch, dan Pokemon Shufle Mobile.

Kategori kedelapan adalah Most Innovative, penghargaan ini diberikan kepada aplikasi dan game android yang menawarkan sesuatu yang benar-benar baru, sangat menarik, dan memberikan keuntungan yang unik. Nominasinya adalah Fast Like a Fox, NYT VR, Smartnews, The Fabulous, dan This War is Mine.

Kategori Kesembilan adalah Best App, penghargaan ini diberikan kepada aplikasi yang memiliki representasi design yang benar-benar indah, intuisi UX, memiliki daya tarik pengguna, kualitas, dan rating yang tinggi. Nominasinya adalah BuzzFeed News, Colorfy, Houzz, TuneIn Radio, dan Yummly.

Kategori terakhir yakni kesepuluh adalah Best Game, penghargaan ini diberikan kepada game android yang memiliki gameplay mekanik yang kuat, tutorial yang sangat informatif, daya tarik yang luas, dan design yang punya selera. Nominasinya adalah Alphabear, Clash of King, Clash Royale, Marvel Future Fight, dan Star Wars: Galaxy of Heroes.

Penggumuman pemenang di tiap kategori akan diumumkan di Google Play I/O pada tanggal 19 bulan Mei. Live streaming upacara pembukaan akan diadakan pada jam 7:00 PM PDT (Pasific Date Time), sayang sekali di Indonesia pada waktu tersebut adalah Jam 2 pagi. Apakah kalian punya aplikasi maupun game yang menjadi favorit untuk menjadi pemenang? Kalau ada kasih tau kita dikolom komentar ya.

0 komentar

Post a Comment

Terima kasih telah membaca artikel ini. Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.