-->

Review Harvest Moon Seeds of Memories

Jadi ini adalah Review Harvest Moon Seeds of Memories versi ID Harvest. Sebelum membeli game ini, alangkah baiknya kalian membaca Review ini terlebih dahulu agar tidak menyesal ketika hendak membelinya.
Jadi kali ini saya berkesempatan untuk bernostalgia lagi dengan game Harvest Moon, namun nostalgia disini bukan dengan game yang sama, akan tetapi game terbaru dari Natsume yang berjudul Harvest Moon: Seeds of Memories. Tepatnya pada tanggal 18 April 2016 game ini resmi dirilis di Android, akan tetapi sebenarnya sudah rilis terlebih dahulu jauh hari sebelumnya di IOS.

Karena saya sendiri menggunakan smartphone berbasis android, untuk itu saya baru bisa mereview Harvest Moon: Seeds of Memories saat ini, setelah cukup lama memainkan game tersebut.

Review Harvest Moon Seeds of Memories

Disini saya akan mereview semua hal tentang Harvest Moon Seeds of Memories yang mencakup grafis, gameplay, fitur, kontrol, dan nantinya bakal ada kesimpulan bahwa layak nggak sih membeli Harvest Moon Seeds of Memories ini di Google Play.

1. Jalan Cerita Awal Kurang Menarik

Dalam Harvest Moon Seeds of Memories, kita akan berperan sebagai seorang laki-laki atau perempuan (tergantung kita pilih mana) yang mana diberi tawaran oleh seorang kurcaci untuk merawat pertanian dan mengembalikan kenangan warga desa Chestnut (The Seeds of Memories).
Review Harvest Moon Seeds of Memories

Saya rasa dalam perkenalan awal dari game ini sedikit kelihatan aneh karena tidak ada asal usul yang jelas dari karakter yang kita mainkan.

Dalam game, kita hanya diberitahu bahwa karakter utama adalah orang asing yang kesasar dan tiba-tiba mendapat tawaran untuk merawat sebuah perkebunan.

2. Grafis Tidak Begitu Bagus

Salah satu yang mengecewakan dari game Harvest Moon Seeds of Memories adalah grafisnya yang tidak begitu bagus. Mengingat bahwa teknologi untuk membuat suatu game sudah begitu maju saat ini.

Saya rasa Natsume sedikit gagal dalam memberikan inovasi yang baru dalam Harvest Moon Seeds of Memories. Banyak penggemar game Harvest Moon juga mengeluhkan hal ini dan karena faktor ini, banyak juga yang enggan memainkan game ini.
Review Harvest Moon Seeds of Memories

Tapi perlu diingat di sini bahwa Natsume memang sengaja untuk membuat grafis game Harvest Moon Seeds of Memories tampak seperti game klasiknya, mengingat bahwa game ini berbasis pada franchise Harvest Moon pertengahan tahun 1990-an.

Dan bertujuan untuk nostagia game klasik yang pernah mereka rilis sebelumnya. Ini juga menjadi alasan kenapa Harvest Moon: Seeds of Memories menggunakan tampilan 2D dengan tampilan tampak atas, sama seperti Harvest Moon yang pertama rilis.

3. Fitur Banyak

Banyak sekali fitur keren yang ditawarkan oleh Harvest Moon Seeds of Memories dan fitur inilah yang menurut saya menjadi unggulan dari game ini.

Tentunya fitur yang banyak dicari oleh para Harvester seperti bisa menikah dan punya anak juga ada dalam game ini. Untuk fitur keren lainnya sepertinya tidak usah saya jelaskan lagi karena sudah sangat sering saya jelaskan pada postingan sebelumnya.

4. Gameplay Tidak Terlalu Bagus Namun Juga Tidak Terlalu Buruk

Saat awal bermain Harvest Moon Seeds of Memories, kita disuruh memilih karakter laki-laki atau perempuan, dan bisa memilih tanggal ulang tahun sendiri.

Untuk menjalankan karakter, yang perlu kalian lakukan hanyalah menekan layar menuju area yang diinginkan. Pada dasarnya, tujuan dari game ini adalah untuk berteman dengan penduduk Chesnut, Mengembangkan pertanian dan peternakan untuk mendapatkan The Seeds of Memories.

The Seeds of Memories itu sendiri jumlahnya cukup banyak yaitu 150 misi. Ditiap Memories, kamu diharuskan menyelesaikan misi yang berbeda-beda, contoh misi yang paling mudah adalah berkenalan dengan penduduk.

Baca: Cara Menyelesaikan 150 Memories di HM SoM

Hal-hal yang bisa dilakukan dalam game ini diantaranya: bercocok tanam, memelihara hewan, memasak, memancing, menambang, mengikuti kontes dan festival, serta masih banyak lainnya.

Meskipun begitu, menurut saya gameplay dari Harvest Moon: Seeds of Memories masih kalah jauh dengan Harvest Moon: Hero of Leaf Valley, Harvest Moon: A Wonderfull Life atau HM BTN.

5. Kontrol Aneh Tapi Memudahkan Pemain

Review Harvest Moon Seeds of Memories

Game mobile haruslah mempunyai kontrol yang tidak membuat bingung dan memudahkan pemain. Dalam game harvest Moon Seeds of Memories, saya rasa sudah memiliki hal tersebut.

Memang awalnya kita tidak terbiasa dengan kontrol yang ditawarkan karena memang kelihatannya aneh. Tapi lama-kelamaan juga bakal terbiasa dengan kontrol tersebut karena kita hanya perlu menekan layar smartphone untuk melakukan berbagai hal dalam game ini.

6. Map yang Bisa Dijelajahi Terlalu Kecil

Sangat disayangkan karena Harvest Moon Seeds of Memories hanya memiliki Map yang sangat kecil untuk bisa dijelajahi. Namun waktunya berjalan sangat cepat.

Mungkin karena tampak prespektif atas yang digunakan dalam game ini sehingga terlihat sangat kecil. Ada 3 area yang menjadi inti dari game ini, yaitu Kota/Desa, Pegunungan, dan Pertanian kita sendiri.

Pembagian tempat tinggal penduduk juga nampak terlalu banyak di Kota, tidak seperti Harvest Moon biasanya. Ini menyebabkan beberapa tempat nampak sepi dan terlihat membosankan.

Kesimpulan

Menurut saya, game Harvest Moon Seeds of Memories yang sudah dirilis di android merupakan game yang cukup bagus untuk dimainkan, akan tetapi kalian harus berpikir ulang jika ingin membelinya di Google Play.

Game ini masih butuh beberapa perbaikan baik itu dari segi grafis, gameplay, dan Map yang bisa dijelajahi.

Melihat apa yang ditawarkan dari game ini, masih tidak sebanding dengan harganya yang cukup mahal yaitu 131.468 IDR. Selain itu, kalian juga harus melihat terlebih dulu smartphone yang kalian gunakan kompatibel atau tidak untuk memainkan game ini, sebelum membelinya.

Jika kalian benar-benar penggemar game Harvest Moon, saya rasa kalian juga harus mencoba memainkan game ini lebih dalam dan menemukan keseruan dari game ini.

Mengingat Harvest Moon Seeds of Memories juga merupakan game Harvest Moon pertama yang dirilis penuh pada platform mobile, kita seharusnya juga memberi apresiasi kepada Developer.

Nah dari semua hal diatas, kali ini ID Harvest akan memberi nilai 7/10 untuk game Harvest Moon dengan terobosan baru.


Penutup

Itulah sedikit Review Harvest Moon Seeds of Memories yang telah rilis di android maupun IOS, menurut kalian yang sudah mencoba memainkan game ini seperti apa? Komen dibawah ya biar kita sama-sama tau. Sekian, Terima kasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.