-->

Harvest Moon, Game Anak-anak?

Bagi sebagian pemain game, Harvest Moon adalah game anak-anak, tapi kenyataannya tidak begitu. Mengapa demikian? Berikut adalah penjelasannya menurut saya.
Beberapa pemain game menganggap Harvest Moon adalah game anak-anak, game bocah, nggak ada gregetnya, dan lain sebagainya. Termasuk teman saya sendiri, dia bilang " ngapain sih masih main Harvest Moon itu kan game anak-anak".  Saya masih ingat dulu pertama kali main Harvest Moon saat SD dan sekarang main lagi saat udah Kuliah Semester 6. Apakah yang dikatakan teman saya itu salah? Tidak, namun yang tidak sepenuhnya benar dan nggak masuk akal. Mengapa begitu? Berikut adalah alasannya...
Harvest Moon Game Anak-Anak
Ilustrasi anak-anak bermain game Harvest Moon

Harvest Moon Memiliki Rating E(For Everyone)

Jika ada teman yang bilang bahwa Harvest Moon adalah game anak-anak, itu kurang begitu benar, karena Harvest Moon sendiri merupakan game yang memiliki rating E, artinya bisa dimainkan siapapun. Baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa, maupun kakek-kakek.

Harvest Moon memang sangat populer dikalangan anak usia dibawah 17 Tahun, akan tetapi yang paling banyak memainkannya adalah remaja sampai orang dewasa dengan usia 18-24 Tahun.

Saya kasih contoh aja pengunjung blog ini, menurut analisa Google Analytic, hampir 60% pengunjung blog ID Harvest adalah Harvester berusia 18-34 Tahun. Dibawah 5% berusia diatas 34 Tahun dan mungkin sisanya berusia dibawah 18 Tahun.

Banyak Pelajaran yang Bisa Kita Dapatkan dari Harvest Moon

Secara tidak langsung, banyak hal yang bisa kita dapatkan dan pahami dari memainkan game Harvest Moon ini. Untuk mendapatkan keinginan kita serta mencapai Kesuksesan sangat penting untuk mengaplikasikan hal-hal berikut ini: Kerja keras, Sabar, Pentingnya Mengatur Waktu, Tanggung Jawab, Berinteraksi dengan orang lain, serta masih banyak lainnya. Semuanya kita sendiri yang menentukan. Apa game anak-anak mempunyai semua aspek ini? Jawabannya adalah tidak.

Kesimpulan: Harvest Moon Bukan Hanya Sekedar Game Anak-Anak

Dari sedikit penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa Harvest Moon bukan hanya sekedar game anak-anak. Akan tetapi game bagi segala kalangan yang tidak dibatasi oleh usia. Hal diataslah yang mungkin juga membuat HM BTN, HM AWL, dan seri Harvest Moon keren lainnya sulit dilupakan oleh para pemainnya. Sehingga banyak Harvester yang sudah remaja sampai dewasapun ingin memainkannya lagi atau biasa dikenal Nostalgia.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.