Tuesday, July 5, 2016

Tartan ( HM AWL )

Dalam Harvest Moon A Wonderful Life, kita bisa melakukan kegiatan yang cukup unik yaitu menghibrid tanaman. Menghibrid tanaman ini adalah kita bisa menyilangkan dua tanaman untuk menghasilkan satu jenis tanaman yang baru. Namun kita terlebih dahulu harus mendapatkan Tartan dan berteman dengannya. Tartan memang karakter yang cukup aneh dan misterius, sehingga banyak pemain HM AWL mencari-cari keberadaan karakter yang satu ini.

Tartan di HM AWL

Siapakah Tartan Sebenarnya?

Tartan adalah tanaman berkepala dua dan bisa bicara layaknya manusia yang dipelihara oleh Takakura. Bagaimana Takakura bisa mempunyai tumbuhan ajaib tersebut kurang lebih seperti ini, Awalnya Takakura mendapati sebuah bibit dan surat disakunya ketika kembali dari kota. Surat tersebut bertuliskan "Tolong rawat dia untukku, namanya adalah Tartan". Ketika ditanam, akhirnya tumbuhlah Tartan yang dirawatnya didalam rumahnya. Meskipun begitu, tidak begitu jelas asal usul Tartan sebenarnya.


Cara Mendapatkan/Bertemu Tartan

Beberapa syarat yang kemungkinan besar berpengaruh terhadap terjadinya cutscene dimana Takakura memperkenalankanmu pada Tartan yaitu sebagai berikut:

1. Minimal Sudah Mencapai Chapter 2

Syarat yang paling umum dan harus dipenuhi yaitu minimal kamu sudah mencapai Chapter 2 atau lebih, musim dan tanggalnya acak.

2. Sudah Punya Seeds Maker

Seeds Maker
adalah alat yang digunakan untuk mendapatkan bibit dari tanaman yang kamu punya. Cara menggunakannya cukup mudah, cukup masukan sayuran dll dan tunggulah sampai menjadi bibit kering dan siap digunakan. Untuk mendapatkan Seeds Maker, kamu bisa membelinya di Takakura, atau mendapatkannya secara Gratis jika kamu berteman dengan Daryl.

Saya tidak bisa menyebutkan apakah punya Seeds Maker ini persayaratan wajib atau bukan untuk mendapatkan Tartan, namun ada baiknya kamu harus punya alat ini untuk menciptakan bibit sendiri meskipun kualitasnya rendah.

3. Bertemanlah dengan Takakura


Beberapa Harvester ada yang bilang bahwa berteman dengan Takakura tidak ada hubungannya dengan bertemu Tartan, tapi menurut saya hal ini cukup berpengaruh jika kalian ingin mempercepat terjadinya cutscene bertemu dengan Tartan. Jadi berikan hadiah kepada Takakura setiap harinya.

Jika kalian sudah memenuhi persyaratan diatas, sering-seringlah datang kerumah Takakura saat malam hari. Bisa jam 6 PM atau lebih asal jangan sampai jam 10 PM. Takakura juga harus ada didalam rumahnya. Ada baiknya saat pagi hari belilah sesuatu padanya agar dia pergi ke kota, nanti dia akan kembali lagi kerumahnya saat siang/sore hari. Jika pada hari ini kalian tidak mendapati adanya event, coba terus pada hari-hari berikutnya.


Keuntungan Berteman dengan Tartan

Ketika kalian sudah berteman dengan Tartan, kalian bisa menghibrid atau menyilangkan 2 tanaman menjadi 1 jenis bibit tanaman yang baru. Jika 1 jenis tanaman hasil persilangan disilangkan lagi dengan 1 jenis tanaman hasil persilangan lain, kamu akan mendapatkan bibit tanaman yang langka.

Contoh Penyilangan Sederhana:
A: Potato + B: Watermelon = C: Bashber
C: Bashber + ? = D: Bibit langka


Tips Menghibrid Bibit Tanaman

Masalah yang sering saya jumpai yaitu para Harvester mengeluh tidak bisa menyilangkan  tanaman padahal sudah bertemu Tartan. Nah ini adalah sedikit tips dari saya...

Saat pertama kali bertemu dengan Tartan, kalian tidak bisa langsung memintanya menyilangkan bibit tanaman. Kamu setidaknya butuh waktu beberapa jam-an(waktu di dunia nyata) hanya untuk berbicara dengannya agar dia menjadi temanmu lebih cepat. Tapi tidak usah khawatir, kamu tidak harus melakukan itu secara langsung, kamu bisa melakukannya di hari lainnya.

Jawablah pertanyaan yang Tartan berikan kepadamu dengan bijak dan benar. Dia biasanya menanyakan pendapatmu tentang Takakura dan Dirinya sendiri, pilihlah jawaban yang ada kata "Nice" nya.

Oh ya, Tartan sangat membenci Wortel, jadi jangan sekali-kali kamu menyilangkan sesuatu ditambah wortel dalam bentuk sayurannya. Ubah dulu ke bentuk bibit dengan Seeds Maker.

Kerugian Menghibrid Tanaman Pada Tartan

Banyak rumor yang beredar dikalangan Harvester Indonesia maupun luar Negeri bahwa jika kalian sering-sering melakukan hibrid tanaman, akan berakibat pada berkurangnya kasih sayang anak Anda, hal ini juga menyebabkan kamu kesulitan untuk mengarahkan minat, bakat dan karir anakmu.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang Tartan di HM AWL, jika kalian ada pertanyaan seputar artikel ini, silahkan komen saja di kolom komentar. Sekian, Terima kasih.

0 komentar

Post a Comment

Selamat Datang di ID Harvest, Komunitas Game Online terupdate di Indonesia, Mulai dari Harvest Moon, Pokemon GO sampai Dota 2 akan ada disini. Berkomentarlah sesuai artikel yang tertera. Terima Kasih.