-->

Cara Refund Pembelian Aplikasi dan Game di Google Play Store

Cara mudah melakukan refund atau pengembalian uang, pulsa, atau saldo Google Play yang terlanjur kita gunakan untuk membeli aplikasi atau game di Google Play Store.
Penggemar game android pasti tidak asing lagi dengan nama Google Play Store, ya toko online milik Google tersebut menyediakan berbagai macam aplikasi, film, musik, buku, dan game, khususnya untuk perangkat Smartphone berbasis android. Nah, fitur menarik yang ditawarkan oleh Play Store salah satunya adalah Refund atau Pengembalian uang. Lalu bagaimana Cara Refund Pembelian Aplikasi dan Game Android di Google Play Store? Sebelum masuk ke tutorialnya, kita pahami dulu fitur Refund ini agar penjelasannya nanti lebih mudah dipahami.
Cara Refund Pembelian Aplikasi dan Game Android di Google Play

Istilah refund digunakan ketika kita ingin meminta kembali uang atau dana yang telah kita gunakan untuk membeli suatu barang di Play Store, misalnya game. Banyak alasan yang menyebakan pengguna meminta refund, akan tetapi masalah yang paling sering adalah karena salah membeli game (tidak disengaja) dan tidak puas akan apa yang telah dibeli.

Sebenarnya banyak metode pengembalian dana yang ditawarkan oleh pihak Google Play, tentunya metode ini berbeda antara satu dengan lainnya. Misalkan refund pembelian Musik metodenya pasti berbeda dengan refund pembelian Aplikasi atau Game.

Google play Store juga memberi batas waktu kepada para penggunanya untuk melakukan refund. Dulu Google hanya memberi batas waktu pengguna untuk full refund sebelum 15 menit pembelian. Akan tetapi, sekarang batas refund tersebut telah ditambah oleh Pihak Google play Store hingga 2 jam lamanya.

Update: sekarang watu refund diperpanjang menjadi 48 jam.

Cara Mudah Refund Pembelian Aplikasi dan Game di Google Play Store

Cara mudah ini hanya berlaku jika permintaan refund dilakukan sebelum 2 jam setelah pembelian. Jika kalian pernah mengalami masalah ini dan ingin melakukan refund, akan tetapi tidak mengetahui caranya, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka Aplikasi Play Store.
  2. Cari nama game yang ingin direfund, kemudian klik tulisan refund atau jika kalian menggunakan bahasa Indonesia maka akan tertulis kembalikan dana (Terletak disebelah kiri instal). Kalian juga bisa melakukan ini lewat menu My account. 
  3. Akan muncul konfirmasi bahwa kalian yakin atau tidak melakukan refund tersebut. Jika yakin, pilih " Ya ", maka aplikasi yang telah terinstal(jika memang sudah diinstal) akan diuninstal kembali.
  4. Uang atau dana yang kalian gunakan akan kembali dalam bentuk dan jumlah yang sama. Lama tidaknya proses pengembalian tergantung bentuk metode pembayaran yang kalian gunakan diawal. Jika pake Potong pulsa atau Saldo Google Play, biasanya lebih cepat.

Keterangan:

Maksudnya dalam bentuk yang sama itu gimana? Misalnya kalian membeli aplikasi/game menggunakan potong pulsa (Carrier Billing), maka dana yang kembali juga akan berbentuk pulsa. Begitu pula jika kalian membeli aplikasi/game menggunakan Saldo Google Play, maka dana yang kembali juga akan berbentuk Saldo Google Play.

Refund Setelah Lebih dari 2 Jam Pembelian

Kalian sebenarnya bisa meminta Refund atau pengembalian uang setelah lebih dari 2 jam saat awal pembelian aplikasi atau game di Google Play, akan tetapi permintaan Refund ini tidak semudah permintaan Refund sebelum 2 jam setelah pembelian.

Pertama-tama kalian harus menghubungi pihak Developer atau meminta bantuan Google Play. Untuk menghubungi Developer, kalian bisa melihat email mereka pada detail game yang mereka kembangkan, contohnya pada gambar dibawah ini.
Cara Refund Pembelian Aplikasi dan Game Android di Google Play

Sedangkan untuk meminta bantuan Tim dari Google Play, kalian bisa menuju support.google.com, kemudian klik Aplikasi dan Game dari Google Play, selanjutnya klik link yang tertera di hubungi Google.

Nanti kalian disuruh memberi penjelasan secara rinci kenapa kalian meminta refund. Hal ini tidak mudah karena berhasil tidaknya refund ini tergantung oleh keputusan Developer dan alasan kalian meminta refund. Jika ingin berhasil maka alasan yang kalian gunakan harus benar-benar bagus.

Catatan: Refund hanya bisa dilakukan satu kali saja, jika semisal kalian ingin refund game android yang sama untuk kedua kalinya, maka tidak akan bisa.

Itulah sedikit Tutorial Cara Refund Pembelian Aplikasi dan Game Android di Google Play, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Sekian, Terima kasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.