-->

Perbedaan Harvest Moon A Wonderful Life GC dan Harvest Moon A Wonderful Life SE

Apa sih Perbedaan Harvest Moon: A Wonderful Life GC dan Harvest Moon: A Wonderful Life Special Edition? Ini adalah jawabannya...
Banyak sekali seri Harvest Moon yang dirilis pada platform yang berbeda dan diberi penambahan fitur baru yang berbeda pula dari versi sebelumnya. Salah satunya terjadi pada Harvest Moon: A Wonderful Life. Hal ini terkadang menimbulkan banyak pertanyaan, salah satunya, "Apa sih Perbedaan Harvest Moon: A Wonderful Life GC dan Harvest Moon: A Wonderful Life SE? ". Jadi pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan perbedaan antara keduanya.
Perbedaan Harvest Moon: A Wonderful Life GC dan Harvest Moon: A Wonderful Life SE

Perbedaan Harvest Moon: A Wonderful Life GC dan Harvest Moon: A Wonderful Life SE


1. Platform

Kita mulai dari Perbedaan yang paling mudah dulu yang mungkin belum kamu ketahui. Harvest Moon: A Wonderful Life adalah seri Harvest Moon yang Pertama kali dirilis pada platform GameCube di tahun 2004. Ini merupakan versi original dari HM AWL, kebanyakan Harvester nyebutnya HM AWL GC karena dirilis pada platform GameCube.

Sedangkan Harvest Moon: A Wonderful Life Special Edition adalah versi Harvest Moon yang dirilis pada platform PS 2 di tahun 2005 dan tersedia di PlayStation Store pada Tahun 2012. Jadi, Kamu juga bisa memainkannya di PS 3, atau mungkin PS 4 kedepannya.

2. Gameplay dan Grafik

Dari segi grafik maupun gameplay, Harvest Moon: A Wonderful Life GC jauh lebih baik dari pada Harvest Moon: A Wonderful Life SE. Baik penampakan rumput, karakter, dan lain-lain terlihat bagus. Ya meskipun grafiknya terlihat sedikit lebih gelap. Terlebih lagi, game-nya berjalan lancar dan lebih cepat.

Di sisi lain, Grafik yang dimiliki HM AW SE (PS 2) terlihat blur daripada HM AWL GC. Selain itu, hal yang paling parah dari HM AWL SE adalah FPS-nya yang tidak stabil dan gameplay yang terbilang lambat. Bayangin aja, untuk masuk rumah aja butuh waktu 3-4 detik.

Jadi, jangan kaget kalau kamu main HM AWL SE di Laptop/PC menggunakan emulator PCSX2 masih terjadi lag, meskipun speksifikasi Laptop/PC mu cukup bagus. Ya karena memang untuk versi special edition ini bermasalah dengan hal itu.

3. Fitur

Fitur Harvest Moon: A Wonderful Life SE lebih banyak daripada Harvest Moon: A Wonderful Life GC. Berikut adalah perbandingan fitur diantara keduanya:

Fitur di Harvest Moon: A Wonderful Life SE
  • Bisa menikah dengan Lumina.
  • Bisa mendapatkan anak perempuan.
  • Lebih banyak festival.
  • Rumput memerlukan pupuk untuk tumbuh.
  • Bisa ganti baju setiap musimnya.
  • Ada kemungkinan untuk mendapatkan kuda dengan warna yang berbeda.
  • Lahan ke-3 tidak dibuka dari awal permainan.
  • Heaven Mode (Bebas mau ngapain aja)
Fitur di Harvest Moon: A Wonderful Life GC
  • Tidak Bisa menikah dengan Lumina.
  • Tidak Bisa mendapatkan anak perempuan.
  • Festival lebih sedikit.
  • Rumput bisa tumbuh dengan sendirinya tanpa harus dikasih pupuk.
  • Lahan ke-3 sudah dibuka dari awal permainan.
Dan mungkin masih banyak fitur yang belum saya sebutkan selain diatas.

Kesimpulan

Baik itu Harvest Moon: A Wonderful Life GC maupun Harvest Moon: A Wonderful Life SE (PS 2) mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. HM AWL GC memiliki keunggulan dalam hal grafik dan tidak lag, sedangkan kekurangannya yaitu fiturnya lebih sedikit.

HM AWL SE (PS 2) memiliki keunggulan dalam hal fitur, tapi sangat buruk dalam hal grafik dan gameplay-nya lambat. Karena hal ini juga, banyak Harvester yang kurang menyukai versi Harvest Moon ini.

Meskipun begitu, kedua versi Harvest Moon diatas masihlah satu seri Harvest Moon yang sama. Jadi, sangat layak untuk kamu mainkan terlepas dari kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca juga: Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE

Anda mungkin menyukai postingan ini

9 komentar

  1. Unknown
    Hey, di bagian platform, yang di GC 2004 bukan 2014 -_-"
  2. Unknown
    Eits... Satu lagi kok ada tulisan "Harvest Moon: Innocent Life GC" di bagian fitur, bukan "Harvest Moon: A Wonderful Life GC"? Nge-Post pas malem2 ye? Btw, Happy New Year 2017!
    • Muafiach
      Oh ya banyak typo, iya nih ngepost malem" jadi nggak fokus wkwk. Btw, thanks koreksi nya.
  3. Unknown
    Kok ada karakter utama perempuan ya di Harvest Moon awl
    • Muafiach
      Itu Harvest Moon: Another Wonderful Life gan
  4. Adenium
    Gw nggak pernah sampai ke heaven mode karena selalu bosen setiap anaknya udah gede. ��
  5. Unknown
    Kalo di diary lumina udh ada love nya bisa nikahin dia ga? Saya gatau ini versi SE atau GC
    • Muafiach
      Pokoknya kalau udah 4 hati bisa dinikahi sob klo di SE
  6. Unknown
    gan kalau jalan cerita sama tidak antara yang GC dan SE ?
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.