-->

Review Clash Royale - Game RTS Android Terbaik Tahun Ini

Clash Royale menjadi game strategi terbaik tahun ini, Namun apakah yang menjadikannya terbaik? Berikut adalah Review-nya.
Halo Sobat Harvester, Kali ini saya akan me-review game terbaru Supercell yang telah secara resmi rilis Global yaitu Clash Royale. Sedikit informasi saja, Clash Royale merupakan salah satu dari sekian banyak game strategi yang popularitasnya langsung meroket setelah rilis awal Maret 2016 ini.
Review Clash Royale

Clash Royale menjadi game android gratis populer nomer 1 hanya dengan hitungan hari saat awal perilisannya. Namun sebenarnya apa sih yang menjadikan game RTS ini istimewa sehingga banyak yang memainkannya? Apakah tidak punya kekurangan? Yuk Kita mulai saja...

Review Clash Royale


Review kali ini akan melibatkan banyak hal seperti  Grafis, Gameplay, Musik, Fitur keren sampai yang menjengkelkan dan lain sebagainya.

1. Tampilan Simple, Grafis Memukau


Tampilan Clash Royale sangatlah simple, hal ini memudahkan pemain untuk mengakses semua fitur yang ada dalam game. Selain itu, grafisnya sangat bagus, sebelas dua belas lah sama Clash of Clan. Visualisasi kartu yang ditawarkan juga membuat game ini tampak bagus, dan terlihat menarik untuk dimainkan.

2. Gameplay Seru dan Bikin Gregetan 


Clash Royale menonjolkan gaya permainan strategi secara real time yang mengharuskan para pemainnya berfikir untuk menemukan strategi yang tepat dalam mencapai sebuah kemenangan.

Selain itu, Cara pemain menyusun kartu pasukan yang efektif, dari sekian banyak kartu yang ada juga sangat berpengaruh. Banyak kartu yang bisa digunakan, akan tetapi hanya 8 kartu yang bisa dipilih dalam setiap permainannya.

Clash royale menggunakan yang namanya " spell " untuk mengeluarkan kartu pasukan yang dimiliki pemain. Jumlah maksimal dari spell tersebut adalah 10, sedangkan untuk mengeluarkan kartu pasukan dibutuhkan spell yang jumlahnya berbeda-beda, ada yang butuh 2, 3, 5, 7 dan masih banyak lagi.

Kamu bisa bertarung 1 vs 1 dengan pemain lain diseluruh dunia tanpa ada batasan regional yang menghalangi. Ketika menang, kamu akan mendapatkan trofi kemenangan, Tapi jika kalah, trofi mu juga bisa direbut oleh pemain lain.

Trofi ini digunakan untuk menentukan ranking, layak tidaknya pemain untuk pindah ke arena berikutnya juga ditentukan oleh banyaknya trofi tersebut. Karena itulah yang membuat game ini cukup sulit, tetapi juga seru, dan bikin gregetan.

3. Fitur Keren Tapi Ada Juga Yang Menjengkelkan


Fitur Clash Royale bisa dibilang sangat keren dan mudah dipelajari. Jika kalian kesulitan memahaminya, kalian melihat Penjelasan Lengkap Fitur Clash Royale pada postingan saya sebelumnya.

Meskipun begitu, terdapat fitur-fitur yang sangat menjengkelkan, seperti: hanya bisa membuka satu Chest dan harus menunggu beberapa jam lagi untuk membuka Chest lainnya.

Selain itu, pemain hanya bisa mendapatkan maksimal 4 Chest, ketika jumlah penuh dan belum dibuka, kalian tidak bisa mendapatkan Chest lagi. Belum adanya perang antar Clan juga membuat game ini kurang begitu menarik bagi sebagian orang.

Jika Supercell tidak ingin kehilangan sebagian penggemar Clash Royale dengan cepat, sebaiknya dilakukan pengubahan beberapa hal. Mungkin yang bisa dilakukan Supercell adalah menambahkan fitur dimana pemain bisa menghapus Chest yang didapatkan.

Misalnya ketika pemain tidak ingin mendapatkan Silver Chest, mereka bisa menghapusnya untuk mendapatkan Chest yang lebih baik.

Bisa juga dengan mempersingkat waktu tunggu atau membuat pemain bisa membuka lebih dari 1 Chest misalkan 2. Dengan begini, pemain akan lebih semangat untuk bermain Clash Royale lebih lama.

4. Musik dan Efek Suara Patut Diacungi Jempol


Dalam pemilihan musik dan efek suara, saya acungi jempol untuk Clash Royale. Musik yang ditawarkan sangat bagus dan berubah-ubah sesuai keadaan, dalam keadaan santai, musik juga akan santai, dalam keadaan tegang musik juga akan menegangkan. Efek suara yang berbeda-beda pada kartu pasukan diketika dikeluarkan dan menyerang juga sangat menarik.

Tidak banyak pembuat game khususnya game mobile yang memberikan musik pada game buatannya, ini adalah kesalahan fatal menurut saya. Sekalipun dikasih musik, pemilihan musik tersebut sangatlah buruk dan tidak cocok dengan suasana permainan game tersebut.

5. Game Pay-to-Win


Beberapa orang termasuk saya menganggap Clash Royale merupakan game Pay to Win, hal ini bukanlah tanpa alasan. Untuk mendapatkan Kartu Pasukan baru saja sangat susah dan sangat lama, apalagi harus butuh banyak untuk leveling kartu tersebut.

Pemain pemula yang suka bermain gratisan atau tidak bermodal sama seperti saya, biasa akan sulit menjadi pemain dengan peringkat tinggi pada server global seperti sekarang, karena Indonesia dan banyak negara lainnya bukanlah negara yang diberi kesempatan mencoba Clash Royale diawal rilis.

Jadi cara satu-satunya untuk mengejar ketertinggalan tersebut adalah membeli gems dan gold untuk memperkuat Deck dengan cepat. Dengan begitu, kemenangan dan trofi pun akan mudah sekali didapatkan.

Tapi itu sih bagi yang niat, saya sendiri tidak begitu mempermasalahkan hal tersebut karena saya main hanya untuk mencari kesenangan saja, haha.

Kesimpulan: Wajib Main!


Dari beberapa hal diatas, dapat kita simpulkan bahwa Clash Royale merupakan Game RTS Terbaik Tahun ini dan harus kamu mainkan. Hal ini juga diperkuat oleh menangnya Clash Royale sebagai Game Android Terbaik dalam ajang Google Play Awards 2016.

Meskipun fitur Chest yang menjengkelkan membuat pemain kurang nyaman, anggap saja Supercell berniat baik agar para penggemarnya bisa bermain santai dan tidak terlalu fokus dalam memainkan game ini secara terus-terusan.

Perlu diingat juga bahwa ketika Supercell membuat game ini membutuhkan biaya dan tenaga, jadi harap dimaklumi jika Supercell membuat sebuah sistem yang menguntungkan mereka. Nah kali ini ID Harvest berikan nilai 9/10 untuk game keren yang satu ini.

Penutup


Itulah Review Clash Royale menurut ID Harvest. Jika kalian punya pendapat lain tentang game ini, silahkan tulis pendapat kalian di kolom komentar ya. Bagi belum main, silahkan unduh gratis Clash Royale di Google Play Store. Sekian, Terima kasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.