Sunday, June 4, 2017

100+ Game Android Terbaik 2017

Tahun 2016 hingga 2017 merupakan tahun yang berkesan bagi para penggemar game Android. Pasalnya banyak sekali game Android Terbaik yang akan dirilis di tahun tersebut, banyak diantaranya juga mempunyai nama yang tidak asing lagi dalam Industri game di dunia. Meskipun juga banyak game yang dirilis tidak menggunakan platform android saja, namun memainkan game pada Smartphone berbasis Android masih menjadi pilihan banyak kalangan tidak hanya gamer saja.
100 Game Android Terbaik 2017
PES 2017, salah satu game android terbaik 2017
Sebenarnya masih banyak sekali game Android yang akan rilis ditahun ini, akan tetapi kali ini ID Harvest akan memilih 100+ Game Android Terbaik 2017, daftar game tersebut berdasarkan dari populernya game tersebut dikalangan banyak, fitur yang disuguhkan, dan gameplay dari game tersebut yang sangat menarik.


100+ Game Android Terbaik yang Rilis di Tahun 2016 hingga 2017

Berikut adalah game android yang wajib kamu coba mainkan, jangan lihat dari urutannya. Semua game di bawah ini bisa kamu dapatkan di Google Playstore. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lebih lengkap di sana.


1. Pokemon Go

Publisher: Niantic
Jenis Game: Petualangan
Sifat: Online

Pokemon Go merupakan game augmented reality yang menawarkan pengalaman bermain game di dunia nyata hanya dengan menggunakan Smartphone berbasis Android ataupun IOS.

Pemain diharuskan menangkap Pokemon yang terdapat di lingkungan sekitar mereka dengan melihat informasi yang tampak pada layar smartphone.


Pemain dapat meningkatkan pengalaman bermain Pokemon Go dengan menggunakan alat yang disebut Pokemon Go Plus yang terhubung menggunakan bluetooth ke Smartphone. Meskipun kamu tidak membuka game Pokemon Go, kamu masih bisa menangkapnya menggunakan Pokemon Go Plus ini.

Pokemon Go memungkinkan anda untuk bereksplorasi mencari Pokemon bersama teman dan komunitas di lingkungan yang sama. Pemain juga bisa menukar dan bertarung Pokemon di dunia nyata.

Saat pertama kali rilis, Hype bermain Pokemon Go sangat tinggi sehingga banyak orang di seluruh dunia memainkannya. Hanya dalam waktu 1 bulan saja, sudah lebih dari 100 juta orang mendownload game ini. Ya meskipun saat ini popularitasnya menurun drastis, akan tetapi game ini layak menjadi game terbaik 2017.


2. Clash Royale

Publisher: Supercell
Jenis Game: Stategi
Sifat: Online

Siapa yang tidak kenal dengan game buatan Supercell yang bernama Clash Royale? Game real time strategi satu ini telah menghipnotis minat pemain game diseluruh dunia untuk memainkannya.

Pemain diharuskan beradu strategi dan menentukan siapa yang paling hebat. Seperti Review Clash Royale yang sudah ID Harvest jelaskan sebelumnya, bahwa game Clash Royale ini mempunyai banyak sekali kelebihan yang membuat para penggemar game android tetarik memainkannya.

Jadi, saya tidak akan banyak menjelaskan lagi kenapa game Clash Royale ini masuk dalam daftar game android terbaik 2017.



3. Pro Evolution Soccer (PES) 2017

Publisher: Konami
Jenis Game: Olahraga

Game sepak bola terkenal yang yang dikembangkan oleh konami ini kini hadir di android di tahun 2017. Seperti Pro Evolution Soccer yang dirilis pada platform PS atau PC, game ini mengandalkan gameplay sepak bola yang memukau dan grafik yang istimewa. Wajah dari pemainnya juga mirip dengan aslinya. Sayangnya, game ini hanya bisa dimainkan secara online.


4. Dream League Soccer 2017

Publisher: First Touch
Jenis Game: Olahraga

Dari judul game-nya sudah kelihatan bahwa Dream League Soccer adalah game sepak bola. Game ini juga merupakan saingan PES (Pro Evolution Soccer) dan FIFA. Dari segi gameplay, game ini cukup bagus untuk game mobile.

Namun yang paling menarik dari game ini adalah bisa membangun Stadion sesuai keinginan kalian. Dalam game ini kalian juga bisa bertanding secara online dengan pemain diseluruh dunia untuk mengejar ranking.

Nah, jika kalian penggemar game olahraga khususnya sepak bola dan penggemar game seperti PES atau FIFA, kalian juga harus coba game keren ini.



5. Crashlands

Publisher : Butterscotch Shenanigann
Jenis Game: Arkade
Sifat: Offline


Crashlands merupakan game RPG android dimana kalian bisa menjelajahi dunia petualangan yang luas dan bisa membuat berbagai macam barang/benda yang kamu inginkan.

Game ini memiliki jalan cerita yang cukup bagus, dengan karakter dan gaya pertarungan yang unik, kamu bisa mengalahkan musuh dengan senjata canggih yang kamu miliki.


Jika kamu penggemar game dengan grafis seperti game PewDiePie : The Legend of Brofist, kamu seharusnya juga mencoba game android yang satu ini.


6. PewDiePie: Tuber Simulator


7. Slitter.Io


8. Yu-Gi-Oh: Duel Links

9. Poket Mortys


10. Hackers


11. Asphalt Extreme


12. FIFA Mobile


11. Tahu bulat


12. Evil Bane: Rise of Ravens

Publisher: Netmarble Games
Jenis Game: RPG
Sifat: Online


Netmarble memang telah menjadi Developer game mobile ternama, dan telah banyak merilis game-game yang sangat bagus. Kali ini Netmarble kembali merilis salah satu game RPG 3D yang bertemakan Hack and Slash yaitu Evil Bane: Rise of Ravens.

Beberapa hal yang membuat game ini istimewa adalah grafis yang bagus untuk sekelas game mobile dan gameplay hack and slash yang sangat cepat. Dalam game ini, kalian bisa melakukan menaklukan dungeon untuk mengetahui jalan cerita dari game ini.

Selain itu, kalian juga bisa bertarung dengan pemain dalam mode PVP. Mode PVP ini cukup menarik karena bisa dilakukan 1vs1 atau pertarungan antar Guild (3vs3).



13. Lonewolf

Publisher: FDG Entertainment
Jenis Game: Petualangan
Sifat: Offline

Lonewolf merupakan salah satu game Petualangan android bernuansa FPS, menceritakan tentang sekarang pembunuh bayaran dengan nama samaran Lonewolf yang ingin bergabung dengan organisasi kriminal bernama "assembly".

Meskipun begitu, tidak jelas motifnya bergabung dengan organisasi tersebut diawal permainan, pastinya bukan karena uang semata.

Dalam misinya, kamu diharuskan untuk membunuh orang-orang yang tidak kamu kenal dan efek darah yang ditimbulkan membuat game ini tidak disarankan untuk dimainkan anak-anak (17+).

Pemain juga akan dibuat penasaran dengan jalan ceritanya dan dibuat kesulitan dalam menyelesaikan setiap misi yang diberikan, karena tidak semua misi bisa dikerjakan asal-asalan.


14. Harvest Moon: Seeds of Memories

Publisher: Natsume
Jenis Game: Simulasi Pertanian
Sifat: Offline


Harvest Moon Seeds of Memories merupakan game Harvest Moon terbaru dari Natsume dan yang pertama diliris penuh pada platform mobile. Sama halnya dengan seri Harvest Moon lainnya, dalam game ini kalian bisa melakukan berbagai hal seperti: bercocok tanam, merawat hewan peliharaan, berinteraksi dengan penduduk, Menikah, Memiliki anak dan masih banyak yang lainnya.

Meskipun ada beberapa kekurangan dari game ini dari segi grafis maupun map yang terlalu kecil, akan tetapi banyak sekali fitur keren dalam game ini yang tidak terdapat pada seri Harvest Moon lainnya. Jika kalian ingin lebih mengetahui tentang game ini, kalian bisa melihat Review Harvest Moon Seeds of Memories pada postingan saya sebelumnya.


15. Lego RPG

Publisher: Nexon
Jenis Game: RPG
Sifat: Offline

Ditahun 2015, sudah banyak website yang menuliskan bahwa Nexon Korea telah bekerja sama dengan Warner Bros Interactive Entertainment untuk merilis game Lego dalam versi mobile yang dirilis tahun 2016.

Lego RPG ini juga merupakan game android yang paling ditunggu banyak kalangan, selain karena gameplay-nya yang memukau, juga terdapat karakter populer seperti dalam film Harry Potter, Lord of The Ring, Star Wars dan masih banyak lagi, yang dimasukkan dalam game ini.


Kabar baiknya, Game Android Lego PRG ini merupakan game Free to Play, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendapatkan game Android terbaik yang satu ini di Google Play Store.



16. Final Fantasy IX

Publisher: Square Enix
Jenis Game: RPG
Sifat: Offline

Tahun 2016 sepertinya memang tahun nostalgia bagi game-game lama, setelah sukses pada platform Playstation, kini game RPG besutan Square Enix yaitu Final Fantasy IX kembali hadir pada Smartphone berbasis Android.

Final Fantasy IX menceritakan tentang petualangan seorang pencuri yang bernama Zidane Tribal selaku tokoh utama, yang terlibat petualangan untuk menyelamatkan dunia bersama Vivi Ornitir seorang penyihir hitam, dan Putri Garnet, pewaris tahta Alexandria.

Mungkin kalian sudah pada tau tentang cerita dari game Final Fantasy IX ini, jadi saya tidak akan terlalu menjelaskan panjang lebar. Intinya game ini di remake oleh Square Enix dengan grafis movie yang lebih bagus dan memukau sehingga sangat menarik untuk dimainkan kembali.



17. Paranormal Activity VR

Mungkin kalian sudah pada mengenal film horor paling nggak jelas yaitu Paranormal Activity. Ya, Paranormal Activity bakal hadir versi game-nya di tahun ini pada Smartphone berbasis Android dengan fitur nyata yaitu Paranormal Activity VR.

Bermain game horor dengan penampakan yang nyata mempunyai sensasi sendiri bagi para pemainnya. Bagi kamu penggemar game horor jangan sampai ketinggalan dalam memainkan game keren yang satu ini.


Tapi sayangnya, kamu harus merogoh kocek yang lumayan untuk bisa memainkan game ini secara bebas. Selain membutuhkan perangkat VR, kamu juga harus membutuhkan smartphone yang kompatibel dengan VR tersebut.


18. Fran Bow Chapter 1-5

Publisher : Killmondays Games
Jenis Game: Adventure/Horror
Sifat: Offline

Setelah rilis terlebih dahulu pada Platform PC dan rilis versi demo gratis pada Platform Android, sekarang Fran Bow Chapter 1-5 telah hadir di Google Play Store. Fran Bow merupakan game teka-teki dan petualangan pengerikan yang menceritakan tentang Fran, seorang gadis muda yang menderita penyakit gangguan jiwa.

Oleh karenanya, Fran sering melihat dan mengalami hal aneh dalam hidupnya.
Tujuan game ini adalah mencari kebenaran kematian kedua Orang tuanya dan mencari kucing (Mr. Midnight) yang merupakan sahabat Fran satu-satunya.

Untuk mencapai semua itu, pemain diharuskan untuk memecahkan teka-teki pada setiap Chapter-nya, tentu tingkat kesulitannya berbeda-beda. Disetiap perjalannya, kalian akan dihantui oleh rasa takut dan penampakan aneh yang mengerikan.


19. Adventures of Mana

Publisher: Square Enix
Jenis Game: RPG
Sifat: Offline

Square Enix ternyata belum puas untuk membuat game lama mereka eksis kembali. Selain membuat game Final Fantasy IX bisa dimainkan dalam versi mobile, di tahun 2016 mereka juga akan merilis remake game RPG klasiknya yang berjudul Final Fantasy Gaiden, yang juga sekuel dari Secret of Mana.

Game hasil remake tersebut kemudian diberi nama baru yaitu Adventures of Mana. Untuk detail dari game ini, kalian bisa mampir ke website Square Enix (Musik websitenya bikin tenang loh).

Namun yang pasti, Jika kamu penggemar game RPG klasik yang dikelas dalam suasana modern, maka game yang satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk dimainkan.



20. Digimon Heroes

Publisher: Nandi Namco Entertainment
Jenis Game: Card
Sifat: Online

Digimon Heroes merupakan game pertarungan kartu digimon, lebih dari 1000 kartu digimon dapat kamu koleksi dan dapatkan dalam game ini.

Bisa dibilang game besutan Bandai Namco Entertainment ini merupakan game yang cukup santai bila dimainkan dalam waktu senggang.


21. Zombie Fallout

Publisher : True Digital Plus
Jenis Game: RPG
Sifat: Online

Zombie Fallout juga merupakan game RPG Android terbaru dan bisa dibilang masuk dalam jajaran game terbaik 2016. Tidak tanggung-tanggung, game ini masuk dalam daftar game android gratis paling populer di Google Play Store saat perlisannya di bulan Februari 2016.

Dalam game ini, kamu diharuskan untuk mengalahkan para Zombie (Jenisnya aneh-aneh) yang ingin menguasai dunia dengan senjata keren yang kamu miliki.

Karena game RPG satu ini bersifat online, kamu juga bisa bermain dengan teman-teman mu dan bisa melawan pemain lain. Apabila kamu penggemar game android dengan gaya anime dan karakter Chibi, kamu juga harus coba Zombie Fallout ini.



22. World Chef

Publisher : Socialpoint
Jenis Game: Simulasi
Sifat: Offline

World Chef merupakan game android bertemakan masak-memasak, dimana kamu berperan sebagai koki profesional sekaligus pengatur dalam sebuah restoran.
Dalam game android ini, kalian tidak hanya bisa memasak saja, tapi kamu juga bisa membangun dan memperluas restoran mu sendiri. Dan yang paling menarik, grafis yang ditawarkan dari game ini terbilang sangat memukau dan enak untuk dipandang.

Game ini sangat rekomended banget bagi anak-anak dan orang dewasa yang sangat gemar memasak serta mempunyai bisnis keluarga sendiri seperti restoran. Layani pelanggan dan jadilah koki sekaligus manager restoran layaknya profesional dengan memainkan World Chef.



23. Zombie Chatcher

Publisher : Two Man and a Dog
Jenis Game: Arkade
Sifat: Offline

Tidak seperti game yang menggunakan nama Zombie lainnya, dalam game ini kalian tidak akan dikejar oleh Zombie maupun ditugaskan untuk membunuh para Zombie.

Seperti namanya Zombie Chatcher, disini kalian mempunyai misi untuk menangkap para Zombie yang berlarian, jadi intinya kalian lah yang mengejar Zombie bukan Zombie yang mengejar kalian.

Untuk menangkap para Zombie, kalian dibekali dengan senjata yang bisa mengeluarkan tombak dan jaring. Jadi tunggu apalagi segera mainkan game kocak yang satu ini.



24. Marvel Avengers Academy

Publisher : TinyCo
Jenis Game: RPG
Sifat: Offline

Para super hero The Avengers kembali ke masa muda mereka, tepatnya pada jaman sekolah. Dalam game Marvel Avengers Academy kamu diharuskan untuk mempelajari kekuatan super yang dimiliki oleh para super hero tersebut.

Kamu bisa berperan sebagai Iron Man, Captain America, Hulk, Thor, Loky, dan Black Widow. Bangun kampus sesuai keinginanmu dan menjadi yang lebih kuat untuk bisa mengalahkan musuh. Tapi tunggu, super hero juga butuh sekolah? hmm, kalau ada sekolah jadi super hero saya juga mau.


25. Resort Tycoon

Publisher : AppOn Innovate
Jenis Game: Simulasi
Sifat: Offline

Resort Tycoon merupakan game android bertemakan building atau membangun sebuah Hotel/tempat peristirahatan pada sebuah kota. Bisa juga dikatakan sebagai salah satu game simulasi, dimana kamu berperan sebagai manager yang mengatur resor. Atur strategi pemasaran dan bangun resor menjadi seperti apa yang kamu inginkan.

Game android ini tersedia dalam beberapa bahasa seperti bahasa Inggris, Spanyol, Prancis dan lain-lain, termasuk Indonesia. Game yang simple, santai, tidak membutuhkan internet dan grafis yang bagus seperti inilah yang biasa cepat sekali populer di kalangan banyak.


26. Lost in Harmony

Publisher : Digixart Entertainment
Jenis Game: Musik
Sifat: Offline

Lost in Harmony merupakan game bertemanakan musik dan runner. Dalam game ini, kalian akan berperan sebagai Kaito dan masuk dalam mimpinya, dimana kalian akan menggendong seorang perempuan dan berlari melewati semua rintangan yang diberikan menggunakan sebuah Skate Board.

Tidak hanya itu, kalian juga harus menyelesaikan nada musik yang diberikan dengan cara menekan tanda yang muncul layar smartphone sewaktu-waktu. Yang juga menarik dalam Lost in Harmony, Background dan musik dari setiap area akan berubah-ubah hingga akhir permainan.

Meskipun game ini cukup sulit, akan tetapi jalan cerita dan gameplay-nya sangat seru sekali untuk dimainkan. Pesan yang disampaikan dari game ini juga sangat dalam, dan mengindikasikan pada sebuah perjuangan.



27. Battleborn Tap

Publisher: 2K Games

Battle Born merupakan game yang sebenarnya sudah rilis terlebih dahulu di platform PC, namun sekarang terdapat versi mobile-nya yang dirilis di android bernama Battle Born Tap.

Game ini terlihat seperti game RPG, akan tetapi lebih simpel, karena yang perlu dilakukan pemain hanya menekan layar smartphone untuk mengalahkan musuh.
Namun jika kalian mempunyai file game dari Battleborn pada platform PC atau PS4, kalian bisa mendapatkan hadiah jika memainkan game ini. Tapi tentunya kalian harus menyelesaikan Achievement yang ditentukan.



28. The Aetherlight

Publisher: Scarlet City
Jenis Game: Adventure
Sifat: Online

Dunia Atheasia dalam keadaan darurat, asap kabut yang dapat merusak segala yang disentuhnya menutupi dunia yang awalnya indah tersebut. Tugas kalian sebagai seorang " Resistence" adalah menyelamatkan dunia tersebut dari kejahatan yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Dalam game petualangan ini kalian tidak sendirian, kalian bisa bermain Multiplayer dengan teman dalam mengembalikan kejayaan dunia Atheasia.


29. The Lego Movie Video Game

Publisher: Warner Bros. International Enterprises
Harga: Gratis

The Lego Movie Video Game merupakan salah satu dari sekian banyak game lego yang telah dirilis di android. Dalam game ini, disini kalian berperan sebagai Emmet yang akan berpetualang untuk menyelamatkan dunia Lego.

Dalam perjalanannya, kalian juga akan bertemu karakter-karakter dalam film seperti: Batman, Gandalf, Supermen, dan masih banyak lagi. Karena terdapat Cinematic Film dalam game ini, kemungkinan game ini mempunyai ukuran yang cukup besar.

30. Mobile Legends

31. Mobile Arena

32. Badland 2

33. Alto's Adventure


34. Boulders

Publisher: Pragmatic

Boulders merupakan game arkade 2D android, dimana kalian diharuskan untuk menambang harta karun sebanyak dan sedalam mungkin pada tambang yang tidak terhingga jumlahnya. Untuk mendapatkan harta karun tersebut tidak mudah, kalian diharuskan untuk menghindari batu yang berjatuhan dari atas.



35. Tebak Kata Saku

Publisher: Touchten

Touchten selaku developer game mobile dalam negeri yang cukul dikenal luas kembali merilis game terbaru yang berjudul Tebak Kata Saku di bulan Mei 2016. Sebenarnya gaya permainan dari game ini sudah banyak kita kenal luas, kalian akan diberi seputar pertanyaan(ilmu pengetahuan dan teka-teki) yang akan membuat kalian berpikir untuk menyelesaikannya.



36. Warung Chain: Go Food Express

Publisher: Touchten
Harga: Gratis

Touchten memang benar-benar Developer yang mengusung banyak sekali game bagus. Selain Tebak Kata Saku, Touchten juga merilis game yang mirip dengan Ramen Chain yaitu Warung Chain: Go Food Express.

Bedanya, masakan yang di hididangkan dalam game ini adalah masakan asli Indonesia, seperti: Sego Sambel, Terang Bulan, Bakso, dan masih banyak lagi.
Nah dengan masakkan diatas, kalian harus melayani setiap makanan yang diminta oleh pelanggan, yang meliputi: Pelajar, Polisi, dan warga lokal lainnya.



36. Mucho Taco 2.0


Publisher: Noodlecake Studios Inc
Harga: Gratis

Mucho Taco 2.0 merupakan versi terbaru dari game android Mucho Taco. Sebenarnya game ini bukan termasuk dalam jajaran game terbaru di android, akan tetapi dengan versi terbaru ini banyak sekali penambahan fitur oleh pihak pengembang.

Dalam game ini, kalian bertugas untuk memasak Taco yang merupakan makanan yang cukup populer di Meksiko, dengan memasak Taco sebanyak-banyaknya dan menjualnya ke pelangganmu, bisnismu akan semakin berkembang.


37. Rocket Beast

Publisher: Brutal Studio
Harga: Gratis

Rocket Beast merupakan game arkade android, dimana kalian akan berperan sebagai karakter layaknya orang barbarian namun memiliki senjata roket. Dalam game ini kalian diharuskan untuk menggerakkan roket yang ditembakkan tersebut agar mengenai musuh yang ada.

38. Luna Cronicless: Prelude

Publisher: Eyedentity Mobile
Harga: Gratis

Luna Cronicles merupakan game RPG  yang dirilis oleh Eyedentity Mobile. Sama halnya dengan game RPG lainnya, kalian bisa bermain dungeon maupun PVP dengan pemain lain.

Penentuan strategi sangat penting dalam game ini, dimana bermain bertahan, dan menyerang akan menentukan kemenangan kalian.


39. Spellbinders


Publisher: Kiloo
Harga: Gratis

Spellbinders merupakan game online strategi secara real time digabung dengan tower defend dan Moba. Game ini merupakan bentuk kerja sama antara Kiloo Games dan Funday Factory yang baru saja mendarat di android hari ini.

Disini kalian berperan sebagai seorang raksasa(Titan) yang bisa mengeluarkan dan mengendalikan pasukan. Tujuan dari game ini adalah kalian harus bisa melewati pertahanan musuh dan bisa masuk dalam daerah pertahanan musuh untuk mengurangi Life Point-nya.

Jika life point musuh telah mencapai angka 0, maka kalian keluar sebagai pemenangnya. Spellbinders bisa dibilang mempunyai grafis yang cukup bagus, dan gameplay yang menarik. Jika kalian menyukai game seperti Clash Royale, mungkin game ini juga cocok untuk kalian coba mainkan.



40. Taichi Panda: Heroes (Global)

Publisher: Snail Games UAS Inc
Harga: Gratis

Taichi Panda: Heroes merupakan game online MMOPRG yang menggunakan gameplay cepat dan flashy. Baru-baru ini, Taichi Panda Heroes telah secara resmi dirilis secara global di android, sehingga kalian bisa bermain dan bertemu pemain lain diseluruh dunia.

Sama halnya dengan game RPG lainnya, disini kalian bisa bermain dungeon untuk mengetahui jalan cerita game ini dan melakukan PvP dengan pemain lain.

41. Adventure Jack

Publisher: Cshark Games Solutions Pvt Ltd
Harga: Gratis

Adventure Jack merupakan game petualangan android terbaru yang menceritakan tentang seorang Pilot bernama Jack yang terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni.

Terdamparnya Jack disana karena pesawat yang dikendarainya gagal mesin, dan Jack kehilangan kontrol akan pesawat tersebut. Jack selamat dan mendarat pada pulau karena dia keluar dari pesawat yang dikendarainya sebelum pesawat tersebut jatuh.

Jack tahu ada perahu tua pada suatu tempat di pulau tersebut, oleh karena itu, tugas kalian dalam game ini adalah membantu Jack melewati hutan untuk menemukan perahu tersebut. Sehingga Jack nantinya bisa keluar dari pulau menggunakan perahu tersebut.


42. Rush Fight

Publisher: Woof Games
Harga: Gratis

Mencari game pertarungan yang simple, menyenangkan, dan dengan pertarungan yang cepat? coba mainkan game arkade terbaru di Google Play bernama Rush Fight. Di game android ini, kalian akan bertarungan dengan ratusan musuh dalam waktu beberapa menit saja.

Karakter kalian akan diserang oleh banyak musuh dari kiri dan kanan, sehingga kalian diharuskan untuk mengalahkan mereka agar mereka tidak mendekati kalian. Jika kalian berhenti untuk memukul, maka kalian akan kalah. Bertahanlah cukup lama dari pertarungan tersebut untuk mendapatkan skor yang tinggi.


43. Illi

Publisher: Set Snail
Harga: Gratis

Illi merupakan game teka-teki platform dimana kalian akan berperan sebagai makhluk aneh tapi lucu bernama Illi. Kalian diharuskan untuk menyelesaikan teka-teki dari dunia aneh dimana tidak ada gravitasi didalamnya.

Kalian bisa berpindah dari satu pijakan ke pijakan lainnya hanya dengan melompat, namun hati-hati bahwa disetiap pijakan tersebut terdapat jebakan dan rintangan.

44. Save Dan

Publisher: Lofasoft LLC
Harga: Gratis

Save Dan merupakan game tembak-tembak android dimana dalam game ini kalian bisa memembaki para zombie yang hendak menyerang Dan. Namun menariknya, semua zombie dalam game ini adalah perempuan-perempuan cantik(sebelum jadi zombie maksudnya).

Senjata yang kalian gunakan dalam game ini juga banyak seperti Thomson, AK 47, Sniper, Bazoka dan lain-lain. Namun senjata yang paling menarik disini adalah kalian bisa menggunakan pancingan ikan untuk memburu zombie. Saya rasa game android seperti ini sangat cocok dimainkan ketika kita lagi bosan dan ingin bersenang-senang.


45. Tormentum Dark Sorrow

Publisher: OhNoo Studio
Harga: 66.666 IDR (Full version) | Gratis (Demo)


Torrentum Dark Sorrow merupakan game petualangan point and click yang dipadukan dengan game teka-teki. Sebelum dirilis di android, sebenarnya game ini telah rilis pada Platform PC terlebih dahulu dan telah banyak menuai review positif.

Dalam Tormentum Dark Sorrow, kalian akan berperan sebagai seseorang yang kehilangan ingatannya dan terjebak dalam sebuah kurungan besi yang berada dalam sebuah kapal besar.

Tujuan kalian adalah mencari tahu kebenaran tentang tokoh utama tersebut, dan dunia fantasi tempat dia berada. Hal yang paling mengesankan dari game ini adalah design dan grafisnya yang sangat detail, dan cukup aneh. Tak ketinggalan juga teka-teki rumit yang membuat kalian harus memutar otak untuk menyelesaikannya.

46. Warhammer 40k: Freeblade

Publisher: Pixel Toys
Harga: Gratis


Warhammer 40k: Freeblade merupakan game pertarungan antar robot raksasa yang dipadukan dengan gameplay tembak-tembakan yang sangat keren. Kalau main game ini, kita serasa main game Gundam, robot hancur dan ledakan terjadi dimana-mana.

Di dalam game Warhammer 40k: Freeblade, kalian akan menggerakkan salah satu robot raksasa Imperial Knight, dan bisa melakukan kustomisasi senjata maupun upgrade untuk menjadikannya lebih kuat. Game ini juga mempunyai grafis yang sangat keren, aksi pertarungan yang seru dan tidak membosankan.


47. Star Knight

Publisher: LeftRight
Harga: 34.909


Star Knight merupakan game petualang platform asal Korea, dimana kalian akan berperan sebagai Naro dalam usahanya untuk mengembalikan kedamain pada planet Gaon yang diserang oleh monster jahat.

Hal yang membuat game ini bagus dimainkan adalah grafisnya yang bagus dan cocok meskipun tidak HD, serta gameplay-nya yang simple tapi seru.
Disetiap perjalanannya tidaklah mudah, kalian diharuskan untuk menghindari rintangan dan mengalahkan para musuh yang menghadang untuk bertahap hidup.


48. Papa Bravo

Publisher: NZIN Corp
Harga: Gratis


Papa Bravo merupakan game TPS (Third Person Shooter) Android pertama yang dirilis oleh Neobazar selaku anak perusahan NZIN Corp di asia tenggara. Selain Indonesia, Papa Bravo juga dirilis di 2 Negara lain seperti: Malaysia dan Singapura.

Papa Bravo menggunakan singkatan PB untuk memudahkan pemain mengenal game ini, meskipun sebenarnya PB lebih dikenal singkatan dari Point Blank yang merupakan game FPS Online yang sudah dikenal didunia.

Dalam game Papa Bravo, kalian bisa bermain melawan komputer (Story Mode) ataupun bermain dengan pemain lain (PVP atau Raid).

Dalam fitur Story Mode, selain melawan teroris kita juga akan melawan zombie yang dikendalikan oleh para teroris. Oleh karena itu, bagi kalian yang menyukai game tembak-tembak-an, harus coba juga game android yang satu ini.



49. The Child of Slendrina

Publisher: DVloper
Harga: Gratis


DVloper adalah publisher yang dikenal karena merilis game Horor seperti Slendrina The Cellar. DVloper kembali merilis game Horor terbarunya yang berjudul The Child of Slendrina. Judul yang cukup menarik saya rasa, karena membuat kita berpikir bahwa hantu juga bisa punya anak.

Pada dasarnya gameplay dari game ini hampir mirip dengan Slendrina The Cellar, bedanya disini kalian diharuskan untuk mencari potongan kunci untuk membuka brangkas yang berisikan Diary Slendrina.

Perjalanan mencari kunci tersebut tidak tidak mudah karena kalian akan dihantui oleh Slendrina, Anak Slendrina, dan Slenderman. Setelah mendapatkannya kalian diharuskan untuk keluar menuju tempat yang aman karena area tersebut akan hancur.


50. White Day

Publisher: ROIGAMES
Harga: 99.227 (Full version) | Gratis (Lite version)

White Day merupakan Game Horor Korea bernuansa klasik yang menceritakan tentang Hui-min, selaku tokoh utama, dan beberapa temannya yang terjebak di sekolah saat tengah malam. White Day sendiri adalah nama sekolah, dimana sekolah tersebut memiliki banyak cerita misterius, dipenuhi hantu, dan berbagai macam kengerian.

Dalam game ini, kalian juga akan dikejar-kejar oleh seorang penjaga sekolah misterius yang ingin menangkapmu. Jadi yang bisa kalian lakukan hanya lari dan bersembunyi dari kejarannya.

Sebenarnya game ini telah lama dirilis pada platform PC, tepatnya pada tahun 2001. Akan tetapi di bulan April 2016 ini, game ini diremake kembali pada platform mobile oleh ROIGAMES.


51. Heaven Knight

Publisher: LYTO MOBI
Harga: Gratis

Heaven Knight merupakan game RPG 3D yang mempunyai grafis yang cukup bagus dan efek animasi yang bercahaya. Banyak sekali hero chibi yang bisa dipakai dalam game ini, jumlah totalnya ada 150 hero. akan tetapi kalian hanya bisa memakai 4 hero saja. Tanker, Warrior, dan Support adalah kombinasi yang sangat bagus digunakan dalam game ini.

Meskipun hanya memakai 4 hero, kalian bisa mengontrol penuh semua hero tersebut sesuai keinginanmu. Mode dan misi yang bisa dimainkan dalam game ini juga cukup banyak, selesaikan dungeon untuk mendapatkan item dan meningkatkan level hero, atau lakukan PVP jika kalian ingin melawan pemain lain.


52. Goo Saga

Publisher: Toka Loka Games
Harga: 74.000 IDR

Goo Saga merupakan game petualangan platform dimana kalian harus memandu makhluk elastis yang bernama Goo dalam perjalanan berbahaya untuk menemukan penciptanya. Musuh yang dihadapi nantinya adalah robot dan juga terdapat bos pada tahap tertentu. Beberapa area juga terdapat puzzle yang harus dipecahkan.

Kalian juga harus mengumpulkan pecahan kristal yang nantinya digunakan untuk meningkatkan kemampuan dari Goo. Pecahan kristal itu sendiri mempunyai warna yang berbeda-beda, dan ketika Goo menyentuhnya, warnanya juga berubah menjadi warna kristal tersebut. Hal ini membuatnya menarik untuk dilihat, apalagi yang melihatnya adalah anak-anak.

53. Chameleon Run

Publisher: Noodlecake Studios Inc
Harga: 26.469 IDR

Chameleon Run merupakan game runner yang cukup unik, berbeda dengan game runner yang biasanya, dalam Chameleon Run kalian diharuskan untuk mengumpulkan gelembung, dan melewati rintangan dengan cara melompat serta berganti warna sesuai warna area yang kalian pijak.

Ada 3 warna yang dimiliki oleh setiap area yaitu Hitam, Kuning, dan Merah muda. Untuk warna hitam, kalian harus menghindarinya, sedangkan untuk warna kuning dan merah muda, kalian harus mengganti warna karakter kalian sesuai dengan area rintangan untuk dapat melewatinya.

Game android ini benar-benar mengetes konsentrasi dan kecepatan pemain karena semuanya serba cepat dan rintangannya tidak terduga.


54. MechCom 2

Publisher: Game Dev Team
Harga: 13.260 IDR

MechCom 2 merupakan game strategi secara real time yang terinspirasi oleh Warzone 2100. Di game ini yang harus kalian lakukan adalah membangun markas, dan membuat pasukan robot lebih kuat untuk digunakan melawan pasukan robot lainnya.

Ini adalah game yang sangat simple namun menyenangkan, tidak ada fitur IAP yang membuatnya menarik, dan tentunya bisa dimainkan secara offline.


55. Gun Bird II

Publisher: Mobirix
Harga: Gratis

Gun Bird II merupakan game tembak-tembakan bernuansa klasik dimana kalian akan berperan sebagai karakter-karakter yang unik dan mempunyai cerita berbeda-beda.

Hal yang perlu dilakukan dalam game ini hanyalah mengalahkan semua musuh yang berupa robot, dengan cara menembaki mereka. Pertarungan tembak-menembak tersebut selalu bertempat diudara, mungkin karena itu nama dari game ini adalah Gun Bird.


56. Kingdom Heart Unchaned X

Publisher: Square Enix Inc
Harga: Gratis


Kingdom Heart Unchaned X merupakah game RPG yang menceritakan tentang kisah cahaya dan persahabatan yang dapat mengatasi kekuatan kegelapan. Dalam game ini, banyak ditemukan karakter Disney seperti: Aladin, Donald Bebek, Goofy, Alice, Mickey Mouse, dan masih banyak lagi.

Mereka akan bergabung bersama Sora, sang kesatria pemegang pedang kunci, dan karakter dari game populer Square Enix yaitu Final Fantasy, mereka semua bertarung untuk melindungi teman dan menyelamatkan dunia dari kekejaman.

Karakter yang kalian pakai nantinya adalah Sora. Nah dalam perjalanan menyelamatkan dunia, nanti kalian bakal bertemu satu per satu karakter semua karakter diatas. Kalian juga bisa mengkustomisasi avatar yang kalian gunakan dengan Fashion ala Disney, Kingdom Heart, dan Final Fantasy.


57. Infinite Skater

Publisher: Space Inch, LCC
Harga: Gratis

Infinite Skate merupakan game endless runner dimana kalian harus mengumpulkan kristal dan melewati rintangan disetiap perjalanan dengan menggunakan skate board ajaib. Pemain skate board yang bisa digunakan ada 2 yaitu Eido dan Amrita. Dari segi gameplay, Infinite Skater tampak seperti game runner lainnya dan tidak ada yang spesial.

Namun yang menarik disini adalah kalian bisa menggunakan bantuan hewan untuk melewati rintangan yang menghadang, tentunya hal tersebut sangat terbatas dan juga tidak sering muncul. Tapi dari semua itu yang paling saya suka adalah awal mulai running yang jatuh dari atas langit, nggak tau kenapa itu tampak keren.

58. MaskGun

Publisher: June Software Inc
Harga: Gratis

Mencari game FPS android yang bisa dimainkan secara Multiplayer? Maka MaskGun adalah pilihan yang tepat. Dalam MaskGun, kalian bisa mengundang teman untuk bermain bersama, ada 2 mode yang bisa dimainkan yaitu DeatchMatch dan Tim DeatchMatch. Untuk Tim DeatchMatch sendiri, pemain terdiri dari 5 orang per tim.

Seperti namanya MaskGun, game ini identik sekali dengan topeng. jadi semua tentara menggunakan topeng. Kalian juga bisa memilih sendiri topeng dan senjata yang digunakan agar karakter kalian terlihat lebih garang.


59. Roll Spike Sepak Takraw

Publisher: MEDIASOFT ENTERTAINMENT
Harga: Gratis

Roll Spike Sepak Takraw merupakan game olahraga sepak takraw atau voli menggunakan kaki. Olahraga ini lebih dikenal di Negara yang terletak di Asia tenggara daripada benua lainnya. Negara yang bisa dipakai di game ini misalnya: Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Jepang, dan masih banyak lagi.

Dalam game ini, tiap tim terdiri dari 3 orang. Kalian bisa memilih sendiri pertandingan berjalan berapa ronde, misalnya 1,2, dan 3. Tim yang mencapai 5 poin pertama ditiap ronde, maka merekalah pemenangnya.


60. Angry Birds Action

Publisher: Rovio Entertainment Ltd
Harga: Gratis

Rilis oleh Rovio, Angry Birds Action merupakan game arkade android yang seru untuk dimainkan. Saya rasa game ini sangat cocok dimainkan anak-anak bersama orang tuanya.

Selain karena grafis dari game ini bisa dibilang sangat bagus dan sangat berwarna, gaya permainannya juga cukup menyenangkan.


Tujuan dari game ini adalah menghancurkan barang-barang, menghindari jebakan, dan menyelamatkan telur dari para babi dengan cara meluncur seperti Pinball.



61. Dark Sword

Publisher: Nanoo Company Inc
Harga: Gratis

Dark Sword merupakan game 2D RPG Android bertemakan Hack n Slash yang mempunyai grafis cukup unik. Warna hitam gelap (Siluet) menjadi ciri khas grafis dari game ini.

Dalam game ini, pemain diharuskan untuk mengalahkan musuh yang ada pada setiap tahapnya. Senjata yang digunakan juga bisa diganti dan diupgrade, sesuai level karakter yang dimiliki.



62. A Dark Dragon AD

Publisher: Sponge Mobile
Harga: Gratis

A Dark Dragon AD merupakan game RPG 2D yang cukup unik. Pasalnya, pemain diharuskan untuk berpetualangan di dunia yang gelap dan mengalahkan monster yang ada untuk mendapatkan barang.

Barang atau item yang didapatkan nantinya akan berguna untuk membangun desa. Jalan cerita dari game ini bisa ditentukan sendiri oleh pemain, tergantung dari pilihan pemain itu sendiri.



63. Robocide

Publisher: PlayRaven
Harga: Gratis

Robocide merupakan game online strategi yang bertemakan peperangan antar robot. Jadi dalam game ini, kalian juga bisa bertarung melawan pemain lain dan menentukan siapa yang paling hebat.

Kontrol dari game ini terbilang cukup mudah, hanya dengan sekali pencet pada layar smartphone, kita bisa memerintah banyak sekali robot. Dalam game ini kalian juga bisa mengoleksi dan mengupgrade robot andalan yang bernama Titan untuk menjadi lebih kuat.



64. The Walking Dead : Michonne

Publisher : Telltale Games

The Walking Dead : Michonne merupakan game petualangan episode ketiga dari Telltale Games yang dirilis sebagai perluasan cerita dari The Walking Dead : Seasons Two. Game tersebut akan membawa pemain kembali ke masa dimana populasi manusia hancur karena virus zombie. Seperti judulnya, game ini akan berfokus pada karakter paling yang sering menggunakan pedang pada seri The Walking Dead yaitu Michonne.

Gameplay yang ditawarkan dari game ini hampir sama seperti seri The Walking Dead yang sudah dirilis sebelumnya, menawarkan urutan aksi yang simple tanpa teka-teki yang rumit. Tapi perlu diingat, game ini juga tidak untuk dimainkan anak-anak karena terdapat serangkaian aksi kekerasan yang brutal.


65. Girl x Battle

Publisher: Xiao Junyun
Harga: Gratis

Girl x Battle merupakan game RPG 2D yang menggunakan karakter-karakter anime perempuan cantik dan lucu dalam permainannya. Akan tetapi, gameplay dari game ini bisa dibilang hampir mirip dengan game RPG lainnya.

Dengan menggunakan karakter anime yang berbentuk chibi dan bisa mengeluarkan jurus, kalian harus mengalahkan musuh disetiap tahap misi yang berbeda.


Jika kalian penggemar anime, mungkin saja game android yang satu ini sangat cocok untuk kalian coba mainkan. Pasalnya, kalian juga bisa mengoleksi karakter-karakter anime perempuan cantik dan imut yang jumlahnya sangat banyak.



66. Rayman Classic

Publisher: Ubisoft Entertainment
Harga: 75.000 IDR

Rayman Classic merupakan game petualangan 2D yang versi originalnya telah lama dirilis pada tahun 1995. Dalam rangka menyambut ulang tahun yang ke 20, Rayman Classic dibawa kembali oleh Ubisoft pada Platform Mobile, khususnya android.

Dalam game ini, pemain akan berpetualangan menggunakan karakter Rayman dan tujuannya adalah untuk mengalahkan musuh pada tahap yang berbeda. Sama seperti judulnya, grafis dari game ini terbilang sangat klasik, karena masih bergrafis pixel.



67. Lego Jurassic World

Publisher: Warner Bros. International Enterpraise
Harga: 66.202 IDR

Kini film Jurassc World juga ada versi Legonya. Dalam game Lego Jurassic World, kalian akan berpetualangan menggunakan karakter-karakter Lego dalam dunia yang dipenuhi oleh para Dinosaurus. Menariknya, jalan cerita petualangan dari game Lego Jurassic World juga mirip dengan apa yang ada di film.


68. Tesla Tubes

Publisher: Kiloo
Harga: Gratis

Tesla Tubes merupakan game puzzle, dimana pemain disuruh untuk menyambungkan sebuah baterai dalam sebuah papan untuk mendapatkan energi listrik.

Dalam setiap tahapnya, juga akan ada rintangan yang menyulitkan pemain dalam menyelesaikan puzzle yang ada. Game android satu ini bisa dibilang sangat simple, adiktif, dan sangat cocok dimainkan dalam waktu senggang.



69. Basketball Stars

Publisher: Miniclip.com
Harga: Gratis

Jika kalian penggemar olahraga Basket, cobalah game android yang satu ini. Dalam game Basketball Stars, kalian bisa melawan pemain lain dan bertanding basket 1 lawan 1 dengan mereka.

Jadi kalian juga membutuhkan koneksi untuk memainkan game android ini. Ketika menang, kalian bisa mendapatkan item dan uang yang bisa digunakan untuk memperbagus karakter yang kalian gunakan.


Dari segi grafis dan permainannya, game ini sangat layak untuk dicoba, terutama bagi kalian penggemar game yang bertemakan olahraga.



70. 7 Mages

Publisher: Napoleon Games, s.r.o
Harga: Gratis

7 Mages merupakan game RPG dengan gameplay mekanik yang sangat klasik namun terlihat menarik ketika dimainkan. Untuk sekelas game mobile dan bersifat gratis hanya untuk beberapa map, grafis yang ditawarkan cukup memukau.

Dalam game ini, pemain diharuskan untuk menyelesaikan puzzle disetiap tahap area yang berbeda, dan disetiap tahap itu pula kalian juga akan bertemu musuh-musuh yang harus dikalahkan.



71. Kungfu Panda: Battle of Destiny

Publisher: Ludia Inc
Harga: Gratis

Kungfu Panda: Battle of Destiny merupakan game pertarungan kartu dimana pemain diharuskan untuk mengatur strategi untuk mencapai kemenangan.

Kartu-kartu yang digunakan adalah karakter yang pernah muncul dalam film Kungfu Panda itu sendiri. Kalian juga bisa bertarung dengan pemain lain, mengoleksi kartu, dan mengejar ranking dalam game ini,


72. Futurama: Game of Drones

Publisher : Wooga
Harga : Gratis

Penggemar dari serial kartun Futurama patut senang, karena game baru Futurama: Game of Drones sudah rilis di Android. Futurama: Game of Drones merupakan game teka-teki yang merangkap sebagai game petualangan yang dirilis oleh Wooga.

Berperan sebagai Bender, Fry, Leela dan lain-lainnya, dalam game ini permain harus menyocokkan minimal 4 Drone secara bebas (asal berdekatan tidak masalah) untuk menyelesaikan setiap tahap teka-teki yang diberikan. Setiap area akan mempunyai misi yang berbeda-beda dan tentunya akan semakin sulit.

Gaya permainan game ini sangat simple dan familiar, namun konsep dan jalan cerita yang ditawarkan sangat berbeda, tentunya lebih menarik dan menyenangkan.


73. Kendall and Kylie

Publisher : Glu
Harga : Gratis

Kendall and Kylie merupakan game petualangan 2D dimana pemain bisa memilih dan mengedit sendiri Avatar yang diinginkan. Seperti namanya, Kendall and Kylie juga merupakan official game dari model sekaligus presenter yang dikenal lewat acara Kardashians yaitu Kendall dan Kylie Jenner. Oleh karena itu, Kalian juga bisa melihat secara langsung video singkat mereka pada game ini.

Tujuan dari game ini adalah menjadikan karakter mu terkenal dan populer. Menariknya, pemain bisa memilih sendiri jalan cerita yang terjadi, sesuai pertanyaan yang diajukan pada game ini. Jika kalian pernah memainkan salah satu game saudaranya yang bernama Kim Kadarshian, gaya permainnya hampir mirip dengan game tersebut.


74. Cyber Breaker

Publisher : Vortex Panda Entertainment
Harga : 9.522 IDR

Satu lagi game android yang gaya permainnya tidak asing lagi, karena gameplay-nya sama persis game Breaker lainnya. Namun yang membedakan Cyber Breaker dengan game sejenisnya adalah fiturnya yang lumayan banyak dan tampilannya yang bercahaya karena dipenuhi oleh lampu Neon.

Pada klasik sejenis yang pernah dirilis dulu, kita akan disuruh menghancurkan balok kayu, batu, es dan semacamnya, namun untuk game ini kita akan disuruh menghancurkan benda-benda fiksi yang bentuknya aneh dan bercahaya.

75. Metal Slug Attack

Publisher : SNK Playmore
Harga : Gratis

Kalau denger namanya Metal Slug, kita bakal inget jaman-jaman PS 1 yang sempat populer dulu. Nah, dalam rangka menyambut ulang tahun yang ke-20 dari seri Metal Slug, SNK Playmore merilis Metal Slug Attack yang merupakan sekuel dari Metal Slug Defence secara global di Android.

Selain mempunyai misi untuk mengalahkan pasukan tentara dan robot jahat yang diperankan oleh komputer, Kalian juga bisa bermain dengan pemain lain diseluruh dunia. Untuk menjadi pemain yang terkuat, kalian harus bisa mengatur strategi dan Deck yang matang agar bisa mengalahkan para penantang kalian.



76. Evo Explores

Publisher : Stampede Games
Harga : 20.000 IDR

Evo Explores merupakan game teka-teki yang sangat simple, akan tetapi tidak mudah untuk memecahkan teka-teki pada setiap tahapnya. Menggunakan karakter robot berwarna orange dan hijau, kalian harus berjalan pada planet yang berputar-putar dan menemukan jalan keluar dari area tersebut.

Game ini cukup membuat pemain berpikir keras, jalan yang tidak terlihat seperti jalan keluar tapi malah sebaliknya, jadi percayalah dengan apa yang kamu lihat. Jika kalian penggemar Monument Valley, seharusnya kalian juga suka game ini karena gameplay-nya terinspirasi oleh game tersebut.


77. Stack

Publisher : Ketchapp
Harga : Gratis

Mencari game android terbaru yang simple dan menyenangkan? Mungkin game bernama Stack ini cocok untuk kamu mainkan. Tujuan dari game ini sangat sederhana, kalian hanya perlu menumpuk sebuah balok dan raih skor setinggi-tingginya.


78. Pac-Man Puzzle Tour

Publisher : Bandai Namco Entertainment
Harga : Gratis

Ceritanya Pac-Man lagi mengejar hantu yang suka mencuri buah nih, bantu dia menangkap hantu tersebut dengan menyelesaikan teka-teki pada setiap tahap yang berbeda. Gameplay dari Pac-Man Puzzle tour ini hampir sama dengan Futurama : Game of Drones, bedanya, Pac-Man Puzzle Tour menggunakan buah dalam permainan mencocokkan teka-tekinya.

Selain itu, dalam mencocokkannya hanya diperlukan minimal 3 buah saja, dan hanya menerima 1 deret horizontal dan vertikal (bukan asal berdekatan seperti Futurama : Game of Drones). Entah kenapa, sepertinya game teka-teki mencocokkan sesuatu memang lagi marak baru-baru ini dan yang membedakan adalah hanyalah konsepnya.



79. Colonial Conquest

Publisher : Argonauts Interactive
Harga : 53.349 IDR

Colonial Conquest sebenarnya telah dirilis dan bisa didapatkan di Steam pada tahun 2015, namun sekarang diadaptasi versi mobile-nya pada smartphone berbasis Android. Game strategi ini mengambil latar belakang peperangan pada era victoria, yang terjadi pada akhir tahun 1800 sampai 1900 awal.

Dalam Colonial Conquest, pemain harus memperluas kerajaan kolonial dan menjadi kekuatan dominan di dunia dengan cara penaklukan atau penjajahan. Memperkuat benteng, Area kekuasaan, dan Mengelola prabrik sangatlah penting untuk mencapai tujuan tersebut. Enam negara besar yang dapat dimainkan diantaranya : Amerika serikat, Jerman, Inggris, Rusia, Jepang, dan Prancis. 


80. Kitty Pawp: Bubble Shooter

Publisher : Freeze Tag Games
Harga : Gratis

Kitty Pawp: Bubble Shooter ini merupakan salah satu game android yang cocok dimainkan bersama anak-anak dan orang tua, terlebih lagi yang menyukai kucing. Pasalnya, karakter yang berperan sebagai si penembak ini adalah kucing yang lucu dan menggemaskan. 

Seperti game klasik sejenisnya, pemain diharuskan untuk menembak gelembung yang terletak diatas layar, tentunya juga harus mencocokkan warna dari gelembung tersebut untuk menang. Meskipun terlihat simple dan familiar, tapi kamu bisa menemukan banyak kesenangan dalam game ini.


81. Mental Hospital 4

Publisher : AGaming+
Harga : Gratis | 14.845 (Full Version)

Mental Hospital 4 adalah game horor android terbaru yang dirilis oleh AGaming+ di tahun 2016, game ini juga merupakan kelanjutan dari Mental Hospital 3 yang sebelumnya sudah dirilis terlebih dahulu. Menceritakan tentang karakter utama yang masih dihantui oleh kisah mengerikan Rumah sakit jiwa pada seri sebelumnya.

Dalam game ini, pemain disuruh mencari berkas-berkas, gambar, ataupun catatan yang bisa digunakan sebagai petunjuk untuk mencari jalan keluar. Jika kalian penggemar game horor seperti P.T (Silent Hills) atau Outlast, mungkin kalian juga akan menyukai game ini karena beberapa chapter diantaranya memiliki latar belakang tempat yang hampir mirip dengan game tersebut. 


82. Clickkers Pirates

Publisher : Grogshot Games,S.L
Harga : Gratis

Pada dasarnya kalian hanya perlu menekan layar Smartphone kalian untuk memainkan game ini. Jika kalian pernah mainkan Tap Titans, kamu bakal tidak akan asing lagi dengan Gameplay dari game android ini.

Namun yang membedakan adalah nuansa bajak laut dan monster-monster aneh yang harus dikalahkan. Banyaknya hadiah atau harta karun yang bisa didapat bergantung pada banyaknya monster-monster yang bisa kamu kalahkan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, kalian juga bisa mendapatkan awak kapal baru dan bisa diajak berpetualang pada dunia menakjubkan lainnya.


83. Dragon & Elves-Global Edition

Publisher : Morefun dne
Harga : Gratis

Dragon & Elves merupakan game MMORPG 2,5 D yang sebenarnya rilis pada akhir Desember 2015, namun pada tanggal 18 Februari 2016 terdapat aplikasi baru dengan nama Dragon & Elves-Global Edition muncul di Google Play Store. Setelah saya lihat, ternyata tidak ada perbedaan yang signifikan pada fitur yang ditawarkan, hampir semuanya sama saja.

Dan anehnya, game tersebut tidak berasal pada satu publisher yang benar-benar sama dan versi satunya masih ada di Google Play. Jadi mungkin yang membedakan game ini dengan versi satunya, hanyalah peluncurannya dengan skala yang lebih luas.


84. Fantasy Chronicles

Publisher : Zen Shu
Harga : Gratis

Fantasy Chronicles merupakan 3D MMORPG yang memungkinkan pemain untuk mengendarai hewan peliharaan, seperti serigala ataupun naga dalam permainannya.

Tidak hanya untuk tunggangan, hewan tersebut juga akan membantu pemain dalam pertarungan. Game ini sangat keren dan salah satu yang saya rekomendasikan untuk kamu mainkan. Selain grafis animasi yang bagus, gameplay yang ditawarkan juga sangat menarik.

Fiturnya juga sangat luas dan sangat menjanjikan, diantaranya :

  • Memungkinkan pertarungan secara real-time dengan banyak pemain lain pada satu layar.
  • Bisa melakukan pertukaran barang secara bebas, dan melakukan PK dengan pemain lainnya.
  • Dunia penjelahan yang sangat luas disertai suasana siang dan malam, pencahayaan dinamis, kualitas gambar yang bagus.
  • Pemain bisa memilih beberapa karakter yang bebeda Job.
  • Bisa menggunakan Kombinasi kombo dan skill yang berbeda-beda.
  • Dan masih banyak yang lainnya.
Jika kalian penggemar MMORPG, coba mainkan juga Fantasy Chronicles ini pada smartphone berbasis Android yang kalian miliki.


85. Idle Frontier-Magic Adventure 

Idle Frontier-Magic Adventure merupakan game RPG 2D yang tidak begitu banyak membutuhkan peran aktif pemain untuk memainkannya. Bagi kalian yang tidak suka capek, dan lebih senang untuk menonton suatu permainan, mungkin game satu ini cocok untuk kalian mainkan.

Karena semua gameplay pertarungan dari game RPG ini adalah otomatis, yang perlu dilakukan pemain hanya memasang peralatan, mempromosikan karakter, dan mengatur skill untuk menjadikan karakter lebih kuat.



86. Juggernaut Wars

Publisher : My.com
Harga : Gratis

Juggernaut Wars merupakan game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) terbaru yang diluncurkan ke android pada tanggal 18 Februari 2016 kemarin, meskipun sebenarnya telah rilis terlebih dulu di IOS. Tentu game seperti ini memiliki fitur PvP, dimana kita bisa beradu strategi melawan pemain lain, serta PvE, dimana kita bisa melawan banyak musuh dalam dungeon.

Game ini memiliki kualitas grafis 3D dan gameplay yang lumayan bagus dan menarik. Terdapat 30 Karakter dengan kemampuan yang berbeda yang bisa dimainkan oleh para pemainnya. Akan tetapi, pada permainannya kalian hanya bisa menggunakan 5 hero saja.


87. Medal Masters

Publisher : Nexon
Harga : Gratis


Pada tanggal 18 Februari 2016, Nexon Company juga merilis game terbaru yang berjudul Medal Masters di Android. Medal Masters merupakan salah satu game online RPG 2D yang menggunakan karakter-karakter lucu dalam permainanya. Dibantu oleh Eriel, tujuan kalian dalam game ini adalah untuk menjadi summoner terhebat yang pernah ada.

Pada awalnya kalian hanya bisa menggunakan 2-3 hero saja, akan tetapi seiring berjalannya waktu kalian bisa menggunakan lebih dari 240 hero, namun kalian hanya bisa memakan 5 saja dalam setiap permainan. Hero yang digunakan juga bisa berevolusi, dari yang biasa-biasa saja, berubah menjadi hero dengan perlengkapan perang yang lengkap.


88. RPG Revenant Dogma

Publisher : Kemco
Harga : Gratis | 15.000 IDR (Premium)

RPG Revenant Dogma merupakan game RPG 3D klasik besutan dari Kemco yang dirilis di android pada tanggal 4 Februari 2016. Dalam game ini kalian akan berperan sebagai Caine, dan pada petualangannya dia bertemu dengan gadis misterius yang menggunakan topeng.

Pertemuan aneh ini akan menjadi skema besar yang dapat mengubah dunia Manusia dan Therians, memungkinkan terjadinya kehancuran atau kesejahteraan pada dunia mereka.


Di game ini pemain juga bisa mengatur sendiri senjata yang dipakai, jika mau kalian juga bisa menjualnya untuk mendapatkan emas, ataupun menghancurkan senjata tersebut menjadi material yang digunakan untuk memperkuat senjata. Memanfaatkan senjata secara efektif ini akan sangat penting dalam petualanganmu.



89. Sword Strom 

Satu lagi game RPG yang cukup seru dan tidak ada salahnya untuk dicoba. Sword Strom merupakan game online RPG 3D yang menggunakan karakter layaknya seorang kesatria. Dalam game ini para kesatria yang digunakan bisa mengeluarkan jurus-jurus keren, tidak hanya fisik, tapi jurus sihir pun bisa digunakan.

Pemain juga bisa membuat peralatan seperti pedang dan tameng dari bahan-bahan yang didapat dari dungeon untuk memperkuat karakter. Selain itu, kalian juga bisa bertarung dengan pemain lain pada mode Arena untuk menentukan siapa yang paling kuat.


90. Ys Chronicles II

Ys Chronociles II merupakan sekuel dari game Kemco yang rilis terlebih dahulu yaitu Ys Chronicles 1. Sebenarnya game ini juga sudah jauh-jauh hari sebelumnya rilis pada platform PC, namun kini hadir di Android pada bulan Februari 2016.

Setelah sukses pada seri pertamanya, Ys Chronicles II kembali menampilkan gaya permainan RPG Jepang yang unik dan khas.
Game ini menceritakan tentang petualangan lanjutan Adol Christin, dimana kamu akan berpetualangan dan mengungkap rahasia pulau yang belum terpecahkan pada seri sebebelumnya.


Tugas tokoh utama(kamu) adalah membebaskan Kota legendaris Ys dari kejahatan, dengan tekad yang kokoh, kamu juga harus mengembalikan harapan pada tanah yang dikepung oleh para Demon dan dilemahkan oleh rasa putus asa.

Ada banyak fitur yang ditawarkan dari game ini, seperti : Gaya permainan yang mudah dipelajari, Adanya sistem petunjuk, Bisa memilih sendiri Soundtrack yang kamu inginkan, Suport Virtual Pad dan Joystick, serta masih banyak yang lainnya.



91. Fantasy Mage - Defeat The Evil

Publisher : Illogical
Harga : 39.113 IDR

Dalam game ini pemain akan berperan satu-satunya penyihir muda yang ditugaskan untuk menyelamatkan desa dari serangan pasukan tengkorak. Pemain bisa menyerang dan mengalahkan pasukan tengkorak tersebut dengan menembakkan bola sihir yang mempunyai elemen, seperti : api, air, dan lain-lainnya. 

Pada dasarnya pemain hanya harus memilih target yang ingin dikalahkan dan menghindari setiap serangan yang diluncurkan musuh. Sistem pertarungan dari game ini kelihatannya mudah tapi sebenarnya sulit untuk menemukan strategi yang tepat untuk menang. 

Terdapat 60 tahap dalam game ini, dan pada setiap tahap tersebut pemain harus berhasil mengalahkan semua pasukan tengkorak pada jumlah tertentu. Jika menang, pemain akan mendapatkan item yang bisa digunakan untuk memperkuat karakter sebagai hadiahnya.


92. Star Trek Timelines

Star Trek kini hadir dalam game Android tidak hanya dalam film saja, tepatnya tanggal 15 januari 2016 kemarin game android ini rilis. Bagi kamu para penggemar film Star Trek, kamu harus coba game terbaru Android yang satu ini.

Star Trek Timelines merupakan game strategi peperangan pesawat luar angkasa 3D, yang didalamnya terdapat banyak karakter Star Trek dalam berbagai Era. Pembuatan game Star Trek Timelines ini dikabarkan untuk merayakan ulang tahun Star Trek yang ke 50th bersama penggemarnya, terutama para penggemar game.



93. Ocean Wars

Ocean Wars merupakan game strategi android yang mengharuskan pemain untuk membangun, memperluas sebuah pulau dan mempertahankan pulau yang kamu bangun tersebut dari serangan makhluk laut serta bajak laut serakah lainnya.

Dalam game Android ini, kamu juga bisa menjelajah wilayah laut yang belum dipetakan, beraliansi dengan berbagai pemain di seluruh dunia untuk menaklukan lautan.


Sekilas, game strategi ini hampir mirip dengan Clash of King tapi tentunya juga tidak sama persis, ada kelebihan dan kekurangan diantara masing-masing game tersebut.



94. Total Clash

Total Clash merupakan game strategi yang berbasis pada peperangan di benua Eropa. Game Strategi ini mengharuskan pemainnya untuk membentuk sebuah pasukan yang kuat agar bisa menaklukan pemberontakan yang terjadi.

Mungkin bagi kalian pengguna Smartphone berbasis IOS sudah mencoba game strategi yang satu ini karena sudah rilis terlebih dahulu di tahun 2015 kemarin.

Dalam game strategi ini kalian juga bisa membentuk sebuah aliansi dengan pemain lain dari berbagai negara sehingga dapat memperkuat dominasi anda pada peperangan.

Sedikit penjelasan fitur dari game ini diantaranya : Pertarungan secara real time dengan pemain lain,  Support bahasa Inggris, China, Korea dan masih banyak lagi. Untuk fitur-fitur lainnya bisa kalian lihat sendiri di Google Play.


95. The Incorruptibles

The Incorruptibles merupakan game RTS yang dibuat oleh para mantan Developer yang merintis game yang cukup populer yaitu Age of Empires.

Gameplay dari game ini bisa dibilang cukup menarik, karena jarang sekali game strategi Android yang mempunyai gameplay seperti The Incorruptibles ini.

Namun karena hal tersebut banyak pemain yang sudah mencoba game ini, berkata bahwa The Incrorruptibles ini terlalu berat untuk dimainkan di HP. Untuk itu, bagi yang ingin mencoba game RTS yang satu ini harus mempersiapkan Smartphone yang mumpuni.


96. Magic Wars

Magic Wars merupakan game strategi peperangan fantasi yang melibatkan ras Manusia, Orc, dan mayat hidup, ketiga ras itulah yang bisa kalian pilih untuk dimainkan dalam game.

Sama seperti game RTS lainnya, dalam game ini kalian juga diharuskan untuk membangun kotamu sendiri, memperkuat pasukan, dan membentuk aliansi dengan pemain lain dari berbagai negara.

Beda game strategi ini dengan game strategi lain yaitu dalam membangun sebuah kota, game ini bisa dibilang lebih cepat karena hanya membutuhkan biaya yang relatif rendah.


97. Chibi 3 Kingdoms

Chibi 3 Kingdoms merupakan salah satu game strategi Android buatan Indonesia yang dinaungi oleh MainGames selaku Developer, jadi kalian harus bangga dan selalu mendukung agar Developer game tersebut dapat membuat game yang lebih bagus lagi.

Game ini bisa dibilang cukup lucu karena menghadirkan karakter-karakter 3 Kingdoms dalam bentuk yang menggemaskan, meskipun begitu, keseruan dari game ini masih tetap ada ketika pertarungan adu strategi dimulai.


98. Last Kingdom - War Z

Last Kingdom - War Z merupakan game Strategi Android terbaru yang juga menarik untuk dimainkan. Yang paling menarik dari game ini adalah pemain diharuskan membangun kerajaan dan memperkuat pasukan untuk bertahan dari serangan para Zombie.

Pemain juga bisa bertarung melawan pemain lainnya secara global tanpa ada batasan regional. Sebagai game baru, Last Kingdom - War Z merupakan game yang cukup potensial, meskipun untuk saat ini belum dikenal banyak kalangan.



99. Tale Seeker: Puzzle RPG

Tidak seperti game RPG biasanya, Tale Seeker menggunakan fitur permainan yang sangat menarik yaitu dengan menggunakan kartu-kartu monster yang bisa dikoleksi lebih dari 600 buah.

Untuk menjadikan karakter dalam kartu tersebut lebih kuat, kalian diharuskan untuk memecahkan sebuah puzzle sederhana. Saya kurang begitu paham kenapa game ini lebih digolongkan kedalam game RPG daripada game bergenre Puzzle atau Card.

Padahal dari segi gameplay, game ini tidak begitu mengarah ke RPG. Namun karena itulah, game yang satu ini dapat dikatakan sebagai game yang sangat unik daripada RPG lainnya.


100. Sword Adventure - 3D MMOPARPG

Jika kamu penggemar serial anime Sword Art Online, kamu harus coba game yang satu ini. Sword Adventure merupakan salah satu game bentuk adaptasi dari Sword Art Online dalam versi Chibi.

Banyak karakter dari anime tersebut ada dalam game Sword Adventure ini, seperti : Kirito, Asuna, Leifa, Sinon dan lain-lain, hadir dalam bentuk yang menggemaskan. Sword Adventure menggunakan gameplay 3D MMOPARPG pertama yang digunakan dalam game versi mobile.


MMOARPG itu apa? MMOARPG adalah fitur sebuah game yang memungkinkan kamu dapat menggunakan tidak hanya satu karakter dalam waktu yang sama. Meskipun ukuran game ini cukup besar yaitu 147 Mb, tapi sepadan lah ya untuk gameplay yang didapatkan.



101. BattleHand

BattleHand merupakan RPG 3 dimensi yang mempunyai gaya pertarungan yang sangat unik. Selain itu grafis 3D dari game Android yang satu ini, bisa dibilang sangat bagus. Fitur unggulan lain dari BattleHand yaitu mempunyai sistem pertarungan menggunakan skill battle card.

Ketika karakter mengeluarkan kemampuan, terdapat animasi keren yang akan muncul layaknya bermain game pada PC. Jika kamu penggemar game RPG dengan kualitas grafis yang bagus dan gameplay yang menarik, saya sarankan kamu mencoba game BattleHand ini.


102. RPG Asdivine Menace

RPG Asdivine Menace merupakan sekuel dari game buatan KEMCO sebelumnya yaitu RPG Asdivine Dios, dengan jalan cerita yang bisa dibilang sangat bagus. Berbeda dari RPG diatas sebelumnya, RPG Asdivine Menece ini menggunakan fitur RPG 2 Dimensi yang masih jadul, tapi jangan salah, gameplay dari game ini sangat bagus dan area baru yang bisa dijelajahi sangat luas.

Untuk memainkan game ini, alangkah baiknya jika kalian memainkan dulu game RPG Asdivine Dios agar tau jalan cerita sebelumnya. Itu jika belum belum main, kalau sudah pernah memainkannya, langsung saja mainkan game keren RPG Asdivine Menace ini.



103. DemonSouls

DemonSouls merupakan RPG yang juga menggunakan grafis klasik dalam gameplay-nya. Kamu diharuskan untuk melawan Demon dan menguasai kemampuan mereka dengan cara meningkatkan kekuatan senjata dan armor.

Banyak sekali fitur yang ada dalam game ini yang kamu bisa cek langsung di Google Play Store. Sejauh ini, game ini tampak bagus, karena termasuk game yang mudah untuk dimainkan. Jika kamu penggemar game bernuansa klasik, tidak ada salahnya untuk mencoba game RPG keren yang satu ini.



104. Age of Wushu Dynasty

Age of Wushu Dynasty sebenarnya juga terdapat dalam versi PC, namun kini hadir versi mobile-nya. Game ini bisa dibilang sebagai bentuk visualisasi seni bela diri Cina yaitu Wushu, yang mengambil latar belakang dinasti cina kuno.

Game RPG yang satu ini bisa dibilang memiliki gameplay yang sangat cepat, selain itu juga mempunyai efek-efek keren ketika karakter memukul, mungkin game ini juga bisa dikatakan dalam game hack n' slash karena hal tersebut.


Dari segi grafis, Age of Wushu sudah memiliki kualitas yang cukup bagus, namun mungkin kurang dalam penambahan musik saja. Untuk fitur lain, kalian bisa mengeceknya sendiri di Google Play Store, karena terlalu banyak jadi saya tidak bisa menjelaskannya semua disini.


105. Lost Journey

Publisher : Dreamsky
Harga : 12.529 IDR

Lost Journey merupakan game petualangan 2D android bertemakan teka-teki, dimana kalian akan berperan sebagai seorang gadis kecil bernama Jenifer yang berpetualang didunia fantasi (Dunia yang menyerupai cermin).

Diawal permainan kalian akan bertemu seorang peri dari surga yang berwujud kupu-kupu dan katanya akan memandu kamu. Nah jadi ceritanya, si Jenifer ini kemungkinan udah meninggal tapi dia tidak bisa masuk surga karena arwahnya tersesat, jadi dipandu deh sama peri tersebut.

Namun kupu-kupu tersebut tidak benar-benar memandu kamu sepenuhnya, karena semua tergantung pemain untuk dapat menyelesaikan teka-teki rumit yang ada tanpa bantuan.


Tujuan dari game ini sebenarnya adalah untuk menemukan pecahan-pecahan ingatan dari Jenifer yang hilang pada dunia fantasi yang rumit tersebut dan membantu dia menemukan kebahagiaanya kembali di surga.


106. Danse Macabre : Crimson (Full)

Publisher : BigFish Games
Harga : 41.412 IDR

Dalam game Danse Macabre : Crimson Cabaret, kamu diharuskan untuk menyelidiki kasus pembunuhan bintang klub terkenal, Sophie Dubois yang telah diracuni menggunakan perantara bunga Mawar?

Kumpulkan bukti-bukti, tangkap dan temukan alasan sang pelaku melakukannya. Kalian juga bisa menyumpulkan benda-beda tersembunyi lainnya dalam game ini serta memainkan tambahan gameplay dan bonus mini-games.

Bagi kamu yang suka memecahkan misteri dan memainkan game teka-teki yang grafisnya bagus, mungkin game ini cocok untuk kamu mainkan.


107. Vampire Legends (Full)

Publisher : Artifex Mundi
Harga : 26.250 IDR (Harga diskon 30%) 

Vampire Legends merupakan game petualangan bertemakan teka-teki dengan elemen horor, berdasarkan kasus terdokumentasi pertama mengenai vampir. Pada abad ke-18 di Eropa, 50 tahun setelah tanah dinasti Habsbrurg hancur karena terserang wabah besar, namun ketakukan akan datangnya kembali wabah tersebut masih sangat terasa.

Serangkaian kejadian mengerikan terjadi lagi, kematian yang tidak bisa dijelaskan terjadi di Kota Kisilova (Sekarang diketahui bernama Kisiljevo), yang merupakan kota terpencil di Serbia. Kejadian ini membuat para penduduk takut dan mulai meninggalkan tempat tinggal mereka.


Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pangeran Wuttemberg mengutus seorang penyidik (Kamu) untuk menyelidiki apa yang terjadi di Kota Kisilovia tersebut. Jadi inti gameplay dari game ini adalah kalian harus memecahkan teka-teki yang diberikan pada setiap tahap area yang berbeda, hingga menemukan jawaban apa yang sebenarnya terjadi pada Kota Kisilova.

108. N.O.V.A Legacy



110. Dynasty Warrior: Unleashed


Itulah 100+ Game Android Terbaik 2017 yang dirilis di tahun 2016 hingga 2017. Sekian, Terima kasih.

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami ada menjawab pertanyaan yang kamu ajukan. Jika pengen jawaban cepat, silahkan gabung "Forum Harvest Moon Indonesia (ID Harvest)" di Facebook.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.
2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.
3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.
4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.
5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.
6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.