Sunday, July 23, 2017

Festival Pokemon Go Berakhir dengan Bencana, Ini Penyebabnya!

Lagi dan lagi, masalah besar terjadi di Pokemon Go. Namun kali ini lebih parah karena terjadi selama pergelaran event Akbar Festival Pokemon Go di Grant Park Chicago.

Mungkin kamu sudah tau bahwa festival tersebut akan menjadi ajang terungkapnya Pokemon Legendaris Pertama di Pokemon Go.

Namun ternyata, acara tersebut tidak berjalan baik seperti yang diharapkan oleh pihak penyelenggara dan sekaligus penggembang Pokemon Go.

Festival Pokemon Go Berakhir dengan Bencana, Ini penyebabnya

Saya sendiri tidak hadir dalam acara tersebut, tapi saya mengikuti berita dan Live streaming dari festival ini. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk membuat artikel ini karena saya pikir ini sangat menarik untuk dibahas.

Berdasarkan Forbes dan Sliphroad sub Reddit, ada beberapa masalah yang terjadi selama festival Pokemon Go berlangsung, diantaranya:
  1. Server Down
  2. Bandwidth rendah
  3. Aplikasi Pokemon Go sering ngecrash
  4. Live streaming gagal

Beberapa masalah tersebut membuat pemain tidak bisa login ke dalam game Pokemon Go.

Itu semua terjadi karena banyaknya pemain yang login dalam game secara bersamaan dalam area yang sempit. Serta kurangnya persiapan dan kesiapan pihak penyelenggara dalam meminimalisir masalah yang terjadi.

Terakhir saya melihat Live streaming via YouTube, hanya muncul gambar Pokemon Go Fest dan terdengar suara musik saja. Video live streaming-nya tidak nampak sama sekali.

Ketika pemberi pengumuman naik ke atas panggung untuk memberitahu masalah yang terjadi, banyak pemain meneriakkan teriakan "We can't play" atau " Fix Your Game! ".

Akibat masalah ini, banyak Trainer yang sudah datang ke dalam event tersebut kecewa dan marah besar. Banyak dari mereka memilih kembali ke rumah/ hotelnya masing-masing karena sudah kehilangan motivasi untuk menyelesaikan tantangan di Festival Pokemon Go.

Pihak pengembang sendiri sudah mengonfirmasi akan melakukan refund penuh atas pembayaran tiket masuk yang harganya berkisar 20$. Niantic juga memberikan 100$ dalam bentuk Pokecoin sebagai kompensasi akibat masalah ini.

Saat ini, Niantic memperluas jangkauan dan memunculkan Pokemon spesial, Egg, dan Pokestop dalam radius 2 KM dari Grant Park sampai 24 Juli pagi hari CDT (Hanya terlihat oleh pengguna QR code valid).

Sembari mereka berusaha memperbaiki dan meningkatkan konektivitas, demi kelancaran festival Pokemon Go.

Update 1 Agustus 2017: Meskipun begitu, ada beberapa gamer yang datang dari Negara lain memilih jalur hukum untuk menuntut Niantic. Mereka merasa mengalami kerugian finansial lebih besar karena sudah datang ke Chicago (Polygon).

Ini terlihat sangat menyedihkan, apalagi bagi pemain yang datang jauh-jauh untuk mengikuti festival Pokemon Go.

Seharusnya ini menjadi ajang untuk bersenang-senang dan kesempatan bagi Niantic untuk mengesankan pemain, tapi malah menjadi bencana yang makin merusak citra Pokemon Go di mata pemain.

Update: Para pemain yang hadir dalam festival Pokemon Go dan memiliki QR code yang valid akan langsung diberi Pokemon Legendaris, yaitu Lugia dalam akunnya.

Pemain global juga memiliki kesempatan untuk melawan dan menangkap Articuno dan Lugia sekarang juga.

Jadwal Legendary Raid (PDT):

Articuno: Sekarang - 31 Juli 2017
Moltres: 31 Juli 2017 - 7 Agustus 2017
Zapdos: 7 - 14 Agustus 2017

0 komentar

Post a Comment

Terima kasih telah membaca artikel ini. Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.