Sunday, November 12, 2017

Penggunaan Cheat dan MOD dalam Dunia Game, Gamer Wajib Tau!

Dalam dunia game, mungkin kamu tidak asing dengan istilah Cheat dan MOD. Kedua istilah tersebut memang selalu dicari-cari oleh pemain game dengan niatan tertentu.

Akibatnya banyak Gamer yang ribut dan saling hujat sana-sini ketika ada pemain yang menggunakan Cheat dan MOD ini. Oleh karena itu saya cukup tertarik untuk mengulas topik ini meskipun masalah ini sudah lumrah terjadi sejak jaman dulu.

Bukan maksud mengecewakan, namun yang akan saya bahas di sini bukan cara menggunakan Cheat dan MOD dalam game ini atau itu yaa. Tapi lebih membahas tentang fenomena penggunaannya.

Pengertian, Perbedaan Cheat dan MOD dalam sebuah Game

Saya akan menjelaskan dengan umum saja agar orang awam pun lebih mudah memahaminya.

Cheat diartikan sebagai perbuatan curang menggunakan segala cara yang bisa memudahkan pemain dalam bermain game. Cheat game juga sering diartikan sebagai progam ilegal.

Misalnya menggunakan aplikasi pihak ketiga atau kode untuk mendapatkan banyak uang secara instan dalam suatu game tertentu. Serta masih banyak tujuan lainnya.

Penggunaan cheat dalam game tertentu seperti GTA bisa membuat pemainan lebih asik dan menyenangkan. Ini tujuan sampingannya saja.

Jaman dulu, kalau kita pengen ngecheat, itu harus pakai kaset Gameshark. Namun di era modern saat ini, beragam cara bisa dilakukan untuk mencurangi suatu game.

MOD singkatan dari Modification artinya modifikasi atau mengubah, dalam konteks ini, yang dirubah adalah file progam asli dari game-nya. Cakupannya pun sangat luas karena hampir semua hal dari game itu sendiri bisa dimodifikasi.

Adapun yang biasa dimodifikasi oleh seorang Modder adalah tampilan, bahasa, kostum, karakter, dll agar sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Membuatnya lebih menarik adalah tujuan utamanya. Yah, Gamer memang tidak akan pernah puas dengan game yang biasa-biasa saja.
MOD Main Bareng Ashley Resident Evil 4
Mod Mabar sama Ashley by Rebellion S. Kennedy
Selain gambar di atas, saya juga sering banget lihat MOD keren Resident Evil 4 lainnya, di mana dalam salah satu MOD tersebut, Karakter utama (Leon) bisa diganti dengan Jack Krauser, bahkan Bos zombie sekalipun.

Jadi sebenarnya MOD dan Cheat itu sangat berbeda dalam hal tujuan utama penggunaannya. Meskipun keduanya punya beberapa kemiripan sehingga kadang ada Gamer mengatakan bahwa MOD adalah Cheat.

Kenapa dan Kapan MOD dikatakan sebagai Cheat?

Jaman berubah defisini dan kegunaan MOD pun bisa ikut berubah. Ketika sebuah MOD digunakan dalam Game Online bertujuan untuk mencurangi permainan dan sebagai alat untuk merugikan pemain lain, tentu MOD tidak ada bedanya dengan Cheat.

Fenomena dan kondisi ini banyak saya temui dalam Game Android. Kalau baru-baru ini, dalam game Last Day on Earth.

Keadaannya pun sangat memprihatinkan, saking banyaknya pengguna MOD dalam Game Android, ada pemain yang share gambar di grup dikit-dikit dicurigai MOD padahal hasil usaha sendiri.

Apalagi yang benar-benar terbukti pengguna MOD yang share gambar, akan dibenci dan dibully habis-habisan padahal niatannya cuma nanya, kadang sampai di kick dari grup juga. Kadang kasian sih ngelihatnya.

Well, tapi gimana lagi ya, bayangin aja kita susah-susah main murni dari awal dan ada orang yang seenakknya pakai cara instan, hmm pasti gregetan, hehe.

Kesimpulan

Penggunaan Cheat dan MOD dalam sebuah game sebenarnya sah-sah saja. Asalkan konteks penggunaannya sesuai. Kalau kamu menggunakannya dalam sebuah game offline, tentu tidak akan menjadi masalah. Jadi tidak perlu saling menghujat.

Akan tetapi jika kamu menggunakannya dalam sebuah game online, tentu saja akan merugikan banyak pihak, termasuk Developer dan pemain lain.

Jika kamu Gamer senjati, tentu kamu tidak akan menggunakan Cheat dan MOD ini dalam game online. Sebagai upaya saling menghargai dan menjunjung sportifitas sesama pemain.

Tapi, hal ini juga kembali ke diri kalian masing-masing karena semua orang berhak memilih. Resiko juga ditanggung sendiri.

0 komentar

Post a Comment

Terima kasih telah membaca artikel ini. Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.