-->

Panduan Bermain Bunker Alfa Mode Hard di Last Day on Earth: Survival

Inilah Tips dan Trik Jitu untuk menyelesaikan Bunker Alfa Mode Hard di Last Day on Earth: Survival!
Akhirnya, Last Day on Earth: Survival update versi 1.6.9 setelah cukup lama tidak melakukan update. Kamu yang baru mendengar kabar ini pasti bertanya-tanya, kira-kira apa yang baru?

Pada update kali ini, Kefir! berfokus pada Bunker Alfa, menambahkan beberapa hal menarik di dalamnya termasuk Mode Hard. Jadi Bunker Alfa dengan kesulitan lebih sulit. Selain itu, juga terdapat senjata-senjata baru yang bisa didapatkan.

Update ini juga sekaligus menjadi jawaban terkait pertanyaan Cara membuka Overseer Room (ruang pengawas) di Bunker Alfa dan apa yang ada di dalamnya.

Hari ini, saya sempat mencoba beberapa update terbaru ini, sampai akhirnya saya bisa membuat Panduan Bermain Bunker Alfa Mode Hard di Last Day on Earth ini. Meskipun sejujurnya saya nyesel main mode hard karena memang sangat sulit dan banyak yang harus saya korbankan.

Cara Membuka Overseer Room di Last Day on Earth

Agar kamu bisa mengakses Bunker Alfa Mode Hard, kamu harus membuka Overseer Room dulu yang ada di lt. 1. Untuk membukanya, kamu harus menyelamatkan NPC (Specialist) yang berada di Bunker Alfa lantai 2. Dia berada di ruangan paling ujung lantai 2 yang dijaga oleh 2 Toxic Abomination (lihat gambar).
Cara Membuka Overseer Room di Last Day on Earth: Survival

Jangan khawatir, tidak ada perubahan yang signifikan dalam Bunker Alfa jika kamu tidak mengaktifkan Security Protocol, nanti akan saya jelaskan lebih detail di bawah.

Setelah berhasil menyelamatkan NPC tersebut, Overseer Room di lantai 1 akan terbuka. Pergilah ke lantai 1 untuk melihatnya.

Dalam ruangan pengawas tersebut, kamu akan mendapati NPC yang kamu selamatkan tadi berada di sana. Sekarang kamu bisa membuka beberapa hal baru, diantaranya; mengakses Bunker Alfa Mode Hard, memodifikasi senjata, dan mendapatkan senjata baru.
Cara Menaikkan Reputasi di Last Day on Earth

Kamu harus mengumpulkan banyak item yang hanya bisa didapat dari drop zombie di Bunker Alfa Mode Hard untuk mendapatkan reputasi dan kepercayaan dari NPC Specialist. Saat level reputasi mencukupi, kamu akan diberi item olehnya, gunakan item tersebut di komputer sebelah kiri NPC. Setelah keluar Map, kamu bisa mendapatkan hadiah senjata baru dari sebuah event.

Cara Mengakses Bunker Alfa Mode Hard

Cara akses Bunker Alfa Mode Hard Last Day on Earth
Kamu harus mengaktifkan Security Protocol lewat komputer yang ada di Overseer Room untuk memulai Bunker Alfa Mode Hard.

Saya sarankan kamu selesaikan dan ambil semua barang yang ada di dalam Bunker Alfa (normal) terlebih dahulu, karena setelah kamu mengaktifkan Security Protocol ini, lantai 2 dan 3 Bunker Alfa akan direset ulang.

Saya lihat banyak pemain yang bergabung dalam Grup Last Day on Earth bingung dan menanyakan ini. "Jika Security Protocol diaktifkan, apakah Bunker Alfa akan menjadi Mode Hard seterusnya?"

Tentu saja tidak, setelah 2 hari akan kembali seperti semula. Dan kamu diharuskan untuk menyalakan Security Protocol lagi untuk memulai Mode Hard.

Gambaran Bunker Alfa Mode Hard di Last Day on Earth

Kurang lebihnya sama seperti Bunker Alfa yang biasa. Hanya saja, ada beberapa area Bunker akan berubah menjadi gelap dan merah. Semua Zombie yang berada dalam lantai 2 dan 3 Bunker serangannya lebih kuat, pertahanannya lebih tinggi, dan larinya lebih cepat. Pokoknya mode ini sangat tidak anjurkan untuk pemula.

Kamu akan merasakan bahwa Roaming Zombie, Fast Bitter, Floater Bloaters, Toxic Abomination lebih sulit untuk dikalahkan dengan senjata melee. Jadi senjata Melee dalam mode ini kurang berguna sama sekali.

Frenzied Giant kelihatannya sama saja, tapi jangan salah, ketika HP (Healt Point) yang dia miliki di bawah 150, dia akan berlari cepat dan semakin cepat ketika akan mati.

Ada beberapa Zombie baru yang ditambahkan yaitu Exploder dan The Blind One (Bos lantai 3, Quarantine area).

Exploder adalah Zombie modifikasi dari Toxic Abomination, serangannya sama, hanya saja, dia akan meledak dan mengeluarkan 3 sampai 4 parasite ketika akan mati (HP di bawah 50).

Parasite yang dikeluarkannya ini sangat mematikan, jika dia menggigitmu 2 kali saja, kamu akan mati. Jadi berhati-hatilah.

Terakhir untuk final Bos The Blind One (TBO lain), bukan The Big One yaaa. Seperti namanya, dia adalah Zombie buta yang tidak bisa melihat. Tapi bisa mendengar suara dan merasakan pergerakkanmu.

Dia Mempunyai HP 1000 dan pergerakkan cepat seperti The Big One. Kemampuan khususnya adalah regenerasi HP dan nyeruduk seperti banteng.

Cara Menyelesaikan Bunker Alfa Mode Hard Lantai 2 & 3 di Last Day on Earth?

Saya tidak bisa memberi cara dan strategi yang runut bagaimana cara menyelesaikan Bunker Alfa Mode Hard sampai lantai 3 dan melawan The Blind One. Karena saya sendiri mati berulang kali ketika melakukannya, senjata saya habis tak bersisa saat percobaan pertama.

Jadi, Saya hanya bisa memberikan tips dari pengalaman saya agar kamu tidak mengalami apa yang saya rasakan. Berikut adalah tips untuk menyelesaikan Bunker Alfa Mode Hard lantai 2 & 3:
  • Kamu tidak harus mengalahkan semua Zombie pada lantai 2 & 3 untuk mendapatkan item yang bisa meningkatkan reputasimu. 
  • Bawa semua senjata api yang kamu punya, jangan membawa senjata melee (kecuali untuk melawan The Blind One) dan panah karena kurang begitu berguna. Jangan lupa bawa First Aid Kit yang banyak juga!
  • Sangat dianjurkan memakai Armor SWAT.
  • Saat melawan zombie, apalagi Frenzied Giant dan Exploder, pakai senjata api jarak jauh, contoh: M16, AK47, atau Vss Vintorez. Lari sambil jarak jarak, kemudian serang, begitu seterusnya.
  • Spot untuk ajak muter-muter zombie di lt. 2 yang paling bagus adalah di lorong yang sebelumnya ada 2 Floater Bloaters. Tapi pintu kamar tengah jangan dibuka.

Cara Mengalahkan The Blind One di Last Day on Earth

Cara ini saya dapatkan dari Resbakk Gaming, salah Youtuber yang pernah saya masukan dalam daftar 5 Channel YouTube yang Wajib Ditonton Jika kamu Bermain Last Day on Earth.

The Blind One bisa dikalahkan hanya dengan senjata melee (2 Saw Blade Manace) atau Shotgun, kira-kira caranya seperti ini:

Saat melawan The Blind One, jangan pernah keluar ruangan pertarungan karena HP yang dia miliki akan kembali menjadi 1000. Di sini kamu akan dibantu oleh 2 alarm yang bisa kamu nyalakan untuk mencegah The Blind One regenerasi HP. Alarm pertama ada di depan dekat pintu masuk, kedua di terletak di pojok sebelah kiri ruangan.

Mula-mula arahkan The Blind One ke pojok ruangan dekat alarm kedua, karena dia akan regenerasi HP dengan cara memakan bangkai yang ada di situ saat HP-nya 700 ke bawah. 

Serang The Blind One menggunakan Saw Blade Manace seperti biasa, sambil perhatian durability-nya. Ketika dia memukulmu 5 kali, setelah itu dia akan mengeluarkan serangan spesialnya (nyeruduk). Arahkan ke tembok yang dekat dengan alarm, dan hindari serangannya agar nabrak tembok. Saat dia pusing, seranglah dia dan kamu akan mendapatkan damage serangan yang lebih besar. 

Untuk meningkatkan damage seranganmu lebih banyak lagi, gunakan teknik menyerang secara diam-diam (sneak attack) menggunakan Saw Blade Manace saat TBO pusing (Damage 58). Jika TBO ingin regenerasi HP, cepat-cepatlah nyalakan alarm yang ada di posisi tersebut. Ini adalah strategi dasar untuk mengalahkannya.

Update 29/11/2017: Sekarang damage sneak attack sama seperti serangan biasa.

Selanjutnya ketika HP The Blind One berada di angka 600 an, berpindahlah posisi ke tempat alarm pertama. Lakukan seperti cara di atas. Ketika HP TBO di bawah 300 an, dia akan memakan bangkai untuk regenerasi HP. Saat ini terjadi, tekan alarm secepatnya. Sekarang, kamu tinggal mengalahkan TBO dengan strategi dasar yang sudah saya jelaskan di atas.

Kira-kira seperti itulah Panduan Bermain Bunker Alfa Mode Hard di Last Day on Earth: Survival. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu punya gambaran mengenai update kali ini dan bisa menyelesaikan Bunker Alfa mode hard. Sekian, terima kasih.

Baca juga: Panduan Bermain Last Day on Earth: Survival Terlengkap

Anda mungkin menyukai postingan ini

5 komentar

  1. Unknown
    Setelah kita mengalahkan the blind one kita harus ngpain lagi min? Trus cara masuk ruangan the big one lt2. Gimana caranya?
    • Muafiach
      Ya terserah kamu sob, mau lanjut cari item untuk dapetin disket buat tuker senjata atau nggak.

      Masih belum bisa.
  2. Unknown
    Cara manjat tembok gimana?
    • Muafiach
      Itu dulu bisa manjat tembok buat masuk ruangan The Big One, tapi sekarang tidak bisa, udah di perbaiki Kefir!. Cek YouTube aja klo pengen jelas, soalnya dulu saya blum kesampean nyoba bug itu.
  3. Mia
    A couple of sets of fleece socks and long clothing will go far in keeping you warm. You ought to likewise pack some agreeable jeans survival kits
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.