Wednesday, December 27, 2017

Cara Mudah Bermain Game PS2 di Android Menggunakan Emulator DamonPS2 Pro

Kini hadir DamonPS2 Pro, emulator yang dapat memainkan game PS2 di Android dengan lancar. Emulator ini dikembangkan oleh DamonPS2, Developer aplikasi yang berasal dari Hongkong, China.

Dengan slogan The Fastest PS2 Emulator for Android in Global, tentu saja banyak Gamer yang kepincut dengan keistimewaan emulator ini.
Cara Mudah Bermain Game PS2 di Android Menggunakan Emulator DamonPS2 Pro
Bermain HM STH dengan DamonPS2 Pro

Sedikit informasi...

Sebenarnya saya sudah mendengar kemunculan emulator ini di Google Play Store sekitar 2 Minggu yang lalu, tapi karena kemarin-kemarin sibuk bikin panduan Harvest Moon: Light of Hope, jadi saya baru sempat mencoba dan membahasnya di blog ini sekarang.

Dalam artikel ini, saya akan membahas secara detail tentang DamonPS2 Pro, bagaimana cara bermain game PS2 menggunakan emulator tersebut, dan review-nya.

Selain Damon, sebelumnya juga ada emulator PS 2 lain bernama Play!. Meskipun begitu, pengembangan emulator tersebut terbilang lambat karena masih banyak game PS 2 yang dimainkan dengan emulator tersebut blackscreen hingga saat ini.

Berbeda dengan Play!, meskipun terbilang emulator yang baru dirilis, DamonPS2 Pro mampu menjalankan banyak game PS 2.

Sang Developer sendiri mengklaim bahwa emulator ini mampu menjalankan banyak Game PS2 pada beberapa smartphone Android tertentu.

Misalnya seperti Samsung Galaxy S8, Mi6,  Huawei P10 dan smartphone dengan spesifikasi yang setara (Snapdragon 835)  mampu menjalankan 90% game PS2 dengan lancar.

Beberapa contoh game yang dapat dimainkan diantaranya:
  • Final Fantasy XI, dapat 60 fps
  • God of War 2, dapat 55 fps
  • Contra - Shattered Soldier, dapat 48 fps
  • Marvel vs Capcom 2, dapat 60 fps

Cara Bermain Game PlayStation 2 di Android Menggunakan Emulator DamonPS2 Pro

Ikuti langkah-langkah di bawah ini melakukannya:

1. Pertama-tama kamu membutuhkan beberapa bahan di bawah ini:

Emulator DamonPS2 Pro
Kamu bisa membelinya di Google Play Store seharga 99.999 IDR.

Update 9 Januari 2018: DamonPS2 Pro dihapus sementara dari Google Play karena pelanggaran dalam penggunaan deskripsi yang tidak sesuai spesifikasi/standar Google Play.

Kamu juga mendapatkannya gratis lewat web tertentu, tinggal cari lewat Google dengan kata kunci 'Download DamonPS2 Pro' atau gunakan link di bawah ini:
Link: https://goo.gl/HbUwpT

Jika kamu tidak ingin terlalu ribet update dan cara install-nya, saya saranin langsung beli di Play Store.

ISO Game PS 2
Kamu bisa mendownload semua game di website seperti Emuparadise, Coolrom, Loverom, dan lain-lain. Ketik 'Download Nama Game ISO PS2' di Google.

Bios PS2
Kamu dapat dengan mudah mendapatkannnya di Google.
Link: https://goo.gl/Kf7tkX
*Copy paste link di atas di brower-mu.

Parallel Space
Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini gratis di Google Play Store.

2. Ekstrak file zip bios menggunakan aplikasi 7zipper/Z archiver/Rar ke dalam folder di Memori Internal.

Kalau belum punya salah satu ekstraktor di atas, install terlebih dahulu, download gratis di Google Play Store.

3. Ekstrak file zip ISO game PS 2 ke dalam folder yang kamu mau, satu folder dengan BIOS juga tidak masalah.

4. Install aplikasi Pararel Space, lalu buka aplikasi tersebut, tambahkan DamonPS2 Pro, kemudian aktifkan Mode Cepat (tekan ikon titik di bagian kanan atas layar) untuk menghilangkan lisensi dari DamonPS2 Pro.
Cara Jalankan DamonPS2 Pro lewat Pararel Space
Catatan: kamu tidak memerlukan langkah ini jika membeli di Play Store.

5. Jalankan DamonPS2 Pro dari dalam aplikasi Parallel Space. Ketika sudah masuk ke menu utama, buka menu BIOS lalu cari file BIOS yang telah kamu ekstrak tadi (misalnya scph10000.bin)

6.  Aktifkan atau centang BIOS.
Bios DamonPS2 Pro

7. Langkah terakhir, buka menu Games dan jalankan ISO game yang telah kamu ekstrak tadi.

8. Selamat, sekarang kamu bisa bermain game PS 2 di Smartphone Android kamu.

Sayangnya, dikarenakan masih dalam tahap awal pengembangan, beberapa game PS2 yang berat belum bisa dimainkan dengan lancar di smartphone dengan spesifikasi yang lebih rendah dari yang saya sebutkan di atas.

Untuk membuktikannya, saya melakukan percobaan dengan memainkan Harvest Moon: Save The Homeland. Berikut adalah hasil percobaan saya...

Review DamonPS2 Pro untuk Bermain HM STH di Android (Tested on Flash Plush 2)

Spek HP:
  • OS: Android Marsmallow 6.0
  • Prosesor: Mediatek Helio P10 Octacore 1.4GHz
  • GPU: Mali-T850MP2
  • RAM 2 GB
  • Memori Internal 16 GB (Modified to 32 GB with external sd card)
Seperti yang kamu ketahui, Harvest Moon: Save The Homeland adalah salah satu contoh game berat seperti Harvest: A Wondetful Life SE jika dimainkan di Android. Jadi saya pilih game tersebut sebagai sampel untuk review kali ini.

Ketika pertama kali masuk, muncul tulisan Natsume, Marverlous dan sebagainya masih lancar. Namun setelah masuk ke dalam menu utama, ada adegan anjing muter-muter, game-nya lag dan berjalan lambat (slow motion)

FPS (Framerate per second) yang didapatkan selama main bisa mencapai 30-40 FPS, tapi entah kenapa tetap saja masih lag atau lambat meskipun saya coba otak-atik settingannya.

Dari percobaan di atas, dapat disimpulkan bahwa:
  1. Emulator DamonPS2 Pro masih dalam tahap awal pengembangan seperti yang sudah saya jelaskan di atas.
  2. Prosesor yang kurang cocok. Seperti yang kita ketahui, Mediatek memang kurang baik untuk bermain game jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon. Mungkin, itu salah satu penyebab kenapa game berjalan sangat lambat. Saya dapat informasi bahwa minimal Chipset-nya harus Snapdragon 625 atau lebih baik.
  3. GPU yang kurang baik. GPU Mali memang kurang cocok untuk game dibandingkan dengan Adreno milik Qualcomm, GPU ini kalah jauh.
  4. RAM hanya 2 GB kurang memadai. Dalam menjalankan game berat, RAM sangat mempengaruhi. Saya rasa paling tidak kita membutuhkan RAM 4 GB untuk bisa memainkan game seperti Harvest Moon: Save The Homeland dengan lancar.

Meskipun begitu, dari beberapa emulator yang pernah saya coba seperti Play! atau Dolphin (meskipun sejatinya bukan Emulator PS2), saya rasa sejauh ini DamonPS2 Pro adalah emulator terbaik untuk bermain game PS 2 di Android.

Sang Developer DamonPS2 sendiri berjanji akan melakukan update setiap 2 minggu sekali untuk mengatasi bug dan mempercepat kinerja emulator ini.

So, yah, meskipun saya kurang beruntung karena belum bisa mencoba emulator ini di salah satu smartphone yang punya spesifikasi tinggi, tapi saya harap artikel ini  bisa menjadi gambaran untukmu, apakah smartphone yang kamu gunakan bisa memainkan game PS2 di Android atau tidak.

Semoga kedepannya emulator ini bisa menjalankan game PS2 dengan baik di smartphone dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Itulah Cara Bermain Game PS2 di Android Menggunakan Emulator DamonPS2 Pro. Artikel ini akan saya update segera jika ada perkembangan terbaru terkait emulator ini.

Silahkan bertanya apabila kamu mempunyai kesulitan saat instalasi. Bagi yang sudah memainkan game PS2 pada smartphone tertentu dengan emulator ini, saya harap kamu bisa sharing pengalamannya juga di kolom komentar di bawah ya. Terima kasih.

Baca juga: Cara Mudah Bermain HM HoLV di Android

0 komentar

Post a Comment

Terima kasih telah membaca artikel ini. Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.