Friday, December 1, 2017

Cara Mendapatkan Semua Stone Tablet (Ending Main Quest) di Harvest Moon: Light of Hope

Pada dasarnya ada 5 stone tablet yang harus kamu dapatkan untuk memulihkan cahaya mercusuar sehingga pulau Beacon terselamatkan dari bencana di Harvest Moon: Light of Hope. Hal ini juga menjadi penanda bahwa kamu telah menyelesaikan main quest/misi utama seri Harvest Moon ini.

Sebenarnya menyelesaikan main quest di Light of Hope terbilang cukup mudah dibanding dengan beberapa seri Harvest Moon yang pernah saya mainkan.

Tapi memang, ada pemain yang kesulitan atau stuck dalam misi tertentu sehingga mencari-cari, cara dan walkthrough untuk menemukan stone tablet. Nah, daripada saya ditanya dengan pertanyaan yang sama terus, mending saya buatkan saja panduannya.
Cara Mendapatkan semua stone tablet di Harvest Moon: Light of Hope

Sebelum ke penjelasan lebih dalam, saya kasih tips nih buat kamu yang kebingungan mencari stone tablet atau misi selanjutnya harus ngapain. Berikut adalah tips tersebut:
  • Jangan pernah men-skip dialog yang berhubungan dengan main quest meskipun kamu kurang paham bahasa Inggris karena semua petunjuk ada dalam dialog tersebut.
  • Perbaiki jembatan dan rumah penduduk yang sekiranya sudah bisa kamu perbaiki.
  • Setelah mendapatkan stone tablet, kamu harus memasangnya langsung di panel dekat mercusuar.

Kuncinya cuma itu sob untuk menyelesaikan misi utama dari Harvest Moon: Light of Hope. Oke, saya peringatkan, jika kamu tidak suka spoiler, lebih baik kamu berhenti di sini bacanya, tapi kalau kamu tidak mempermasalahkan itu, langsung saja ke pembahasan utamanya...

Cara Mendapatkan Semua Stone Tablet di Harvest Moon: Light of Hope

Berikut adalah tahapan yang harus kamu lalui untuk mendapatkan semua stone tablet-nya:

Cara Mendapatkan Stone Tablet ke-1

Kamu akan mendapatkannya setelah menyelesaikan tutorial yang diberikan oleh Jeanne. Keesokan harinya kamu akan bertemu Rowan dan mendapatkan Stone Tablet pertamamu.

Cara Mendapatkan Stone Tablet ke-2

Kamu akan diberi oleh Sam sebagai hadiah karena kamu telah memperbaiki toko/rumahnya. Kamu harus mempunyai kapak yang nantinya dipinjami oleh Naomi untuk mendapatkan softwood lumber sebagai material untuk memperbaiki rumah Sam.

Namun sebelum itu, kamu harus menyelesaikan misi untuk memberi Sally Bamboo Shot dan satu hasil panenmu untuk meyakinkannya bahwa kamu bukan orang asing yang berniat jahat. Oh ya, buat kamu yang tidak tau di mana rumah Naomi, dia tinggal di Beacon Town, rumahnya di pojok kanan bawah.

Tugasmu selanjutnya adalah memasang stone tablet kedua itu, namun kali ini tidak akan bekerja seperti stone tablet pertama. Kamu membutuhkan bantuan Blossom, kurcaci Pink. Untuk menemukannya, kamu harus memperbaiki toko bunga/rumahnya Carol.

Cara Mendapatkan Stone Tablet ke-3

Setelah memasang stone tablet ke-2 dan menyalakan cahaya mercusuar kedua, besoknya area gunung akan terbuka. Jelajahi area tersebut sampai mendapatkan event bertemu dengan Naomi, Sally, Doc, dan Nova.

Doc akan menyuruhmu untuk memperbaiki rumahnya. Jangan lupa mengambil stone tablet yang pecah setelah event dengan Nova selesai. Pasang stone tablet yang tidak sempurna itu di panel mercusuar untuk mendapatkan petunjuk. Selanjutnya kamu harus memperbaiki jembatan, rumah Gus dan Tambang. Kurcaci orange bernama Flint akan muncul.

Keesokan harinya akan ada event yang terjadi, kamu akan bertemu dengan cucu Gus, Melanie. Setelah itu, temui Gus di tambang. Dia akan meminjamimu palu dan memintamu untuk mencarikannya Iron Ore di tambang. Jika kamu selesai melakukan misi pada bagian ini, kamu akan mendapatkan palu.

Baca juga: Panduan Menambang di Harvest Moon Light of Hope

Luangkan waktumu beberapa hari untuk menambang sampai kamu bisa memperbaiki rumah Doc dan Cyril. Jika sudah mempunyai bahan yang cukup, segera perbaiki rumah Doc. Dan jika kamu punya Stone Tablet 3 yang pecah, dia akan meminjamnya untuk diteliti.

Selanjutnya perbaikilah rumah Cyril dan keesokan harinya kamu akan diberi pancing olehnya. Kini tugasmu adalah memancing pecahan stone tablet ketiga. Kamu bisa mendapatkannya jika memancing di depan Harvest Goddess Spring atau di sungat dekat lokasi ditemukannya stone tablet 3 yang pecah. Ketika kamu mendapatkan pecahan stone tablet itu, Dewy, kurcaci biru akan muncul.

Baca juga: Panduan Memancing di Harvest Moon Light of Hope

Untuk menyatukan kembali stone tablet ketiga itu, kamu akan memerlukan bantuan Doc. Dia akan memintamu untuk membawakannya 3 Iron Ore dan 5 Glass. Pasang stone tablet ketiga yang sudah disambung itu di panel mercusuar dan kamu akan membuka area pantai.

Catatan: ketika kamu dalam pencarian stone tablet ketiga ini, kamu sudah harus memperbaiki semua rumah penduduk yang tersisa (Bastian, Sofia, Tabitha, dan Gareth). Kamu juga harus memperbaiki kandang hewan, membeli hewan (Kurcaci merah Calvin muncul), dan memperbaiki Windmill (kincir angin) untuk kelancaran misi selanjutnya.

Cara Mendapatkan Stone Tablet ke-4

Keesokan harinya setelah memasang stone tablet ketiga, akan ada suara Edmond dari luar rumah. Setelah itu, kamu harus mengunjungi Harvest Goddess Spring untuk bertemu Edmond, Gareth, dan Tabitha. Mereka akan menerawang keberadaan Stone Tablet 4 dan 5 untukmu.

Dari situ kamu akan mengetahui bahwa stone tablet keempat berada di tangan Harvest Goddess. Tugasmu kini adalah menemukannya. Pentunjukmu saat ini hanya di pantai.

Pergilah ke pantai dan kamu mungkin akan mendapati Michael di sana, bicaralah dengannya. Selanjutnya kembali ke Beacon Town, dan kamu akan memicu terjadinya event di mana para penduduk sedang membahas tentang Blue Bird. Bicaralah dengan mereka semua untuk mendapatkan petunjuk.

Mulai dari sini saya agak lupa sih, mungkin keesokan harinya, pokoknya setelah bangun tidur, salah satu Kurcaci akan memberitahumu tentang Blue Bird. Pergilah ke pantai saat malam pukul 7:00 PM hari sedang cerah. Namun kali ini, kamu tidak mendapatkan petunjuk apapun.

Selanjutnya bicaralah dengan Gabriel dan dia akan memberitahumu petunjuk yang sangat penting untuk menemukan Blue Bird. Dia juga memberitahumu resep untuk membuat Delicious Animal Feed melalui Windmill (kincir angin). Bahan untuk membuatnya adalah tepung dan strawberry.

Setelah berhasil membuat Delicious Animal Feed, bicaralah dengan Gabriel lagi di depan rumahmu, intinya dia ingin ikut kamu dan melihat Blue Bird dengan mata kepalanya sendiri. Kemudian pergilah ke pantai saat malam pukul 7:00 PM ketika hari cerah.

Di sana kamu akan mendapatkan event Blue Bird muncul dan membawakan sebuah apel di depanmu, apel tersebut kemudian berubah menjadi kurcaci hijau bernawa Woody. Dia menyuruhmu untuk membawakan Strawberry Jam ke Goddess Spring.

Karena kamu belum mempunyai resep untuk membuat Strawberry Jam, pergilah ke restoran Bastian. Akan terjadi sebuah event di mana kamu diberi resep untuk membuat Strawberry Jam oleh Elise. Setelah itu kamu bisa membuat Strawberry Jam di rumahmu.

Bawa Strawberry Jam yang telah kamu buat ke Goddess Spring. Blue Bird yang sebelumnya kamu lihat akan datang dan berubah menjadi Harvest Goddesss. Dia akan memberimu stone tablet keempat yang dibawanya.

Cara Mendapatkan Stone Tablet ke-5

Setelah memasang Stone Tablet 4, sebuah portal menuju Harvest God akan terbuka di depan mercusuar. Temui Harvest God dan dia akan memberimu stone tablet kelima. Ketika kamu hendak memasang stone tablet kelima, tiba-tiba terjadi badai dan sebuah petir menyambar stone tablet itu dan menghancurkannya. Adanya badai dan petir ini adalah ulah Gorgan.

Berdiskusilah dengan Harvest God, Harvest Goddess, dan Edmond di Goddesss Spring. Selanjutnya kamu diminta untuk menemui Doc untuk membuat stone tablet kelima yang baru. Doc memintamu untuk membawakan 2 Jade, 10 Stone, dan 1 Pink Rose (Spring) /Sunflower (Summer), tergantung kamu sedang dalam musim apa sekarang.

Doc akan kembali memintamu untuk membawakan bunga yang kamu berikan padanya kepada Carol, nantinya Carol akan membalasnya dan menyuruhmu memberikan bunga balasannya ke Doc. Pada akhirnya kamu mendapatkan stone tablet kelima yang baru dibuat oleh Doc.

Namun perjuanganmu tidak sampai di situ, ternyata tiruan stone tablet kelima itu tidak mempunyai kekuatan yang sama dengan aslinya. Jadi perlu ditambah kekuatan magic.

Dari sini nantinya kamu akan mengetahui bahwa Nova adalah putri dari Gorgan, Underworld King. Sehingga dia bisa menambah kekuatan di stone tablet, namun masih lemah.

Untuk meningkatkan kekuatan Nova, kamu harus meminta Cyanocrystal yang dibawa oleh ayahnya, Gorgan. Selanjutnya kamu harus memperbaiki jembatan di dekat rumah Jeanne untuk menemui Gorgan.

Namun, usahamu untuk meyakinkan Gorgan tidaklah berhasil dan kamu disuruh untuk pergi dari daerah kekuasannya. Kembalilah ke Goddess Spring.

Pilihan terakhirmu adalah menemukan kurcaci terakhir, Oliver. Kamu harus membawa 1 Pink Dahlia (dalam game terjadi bug, harusnya Yellow Dahlia), 1 Yellow Perch, dan 1 Great Wool ke Goddess Spring.

Ketika kamu telah menyelesaikan itu semua, pasanglah stone tablet kelima, akhirnya mercusuar kembali pulih sepenuhnya dengan bantuan semua penduduk Beacon Town. Pulau Beacon terselamatkan dan jalan cerita utama pun berakhir, Tamat!

Itulah Cara Menemukan Semua Stone Tablet di Harvest Moon: Light of Hope. Saya harap panduan ini bisa membantu kamu yang sedang kesulitan menyelesaikan jalan cerita utama. Misi selanjutnya adalah menikah dan mempunyai anak. Apabila ada pertanyaan terkait artikel ini, jangan ragu untuk bertanya, semoga bermanfaat...

Baca juga: Cara Menikah di Harvest Moon Light of Hope

39 komentar:

  1. min numpang tanya cara ngedapetin yellow dahlia itu gimana ya?? soalnya aku nanam bibit pink dahlia itu gak pernah mutasi jadi yellow dahlia? sama cara ngedapetin great wool itu min berapa ya not kambingnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya Kamu tidak butuh Yellow Dahlia, event Oliver muncul akan terjadi jika kamu punya Pink Dahlia.

      Kalau kesulitan dapat Yellow Dahlia dari mutasi tanaman, selesaikan aja request dari Tabitha.

      Saya dapatnya waktu kambing punya 4 not musik. Kalau kesulitan dpt Great Wool juga bisa didapat dari nyelesaikan request ke 5 Gabriel.

      Delete
    2. Iya sama-sama, senang bisa membantu.

      Delete
  2. Min tanya cara mendapatkan bread gimana

    ReplyDelete
  3. Brati g ada tmatnyo dong min? Hbs merid ngapain lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau saya sih biasanya cari-cari apa yang bisa saya lakukan lagi. Mungkin ada rahasia yang belum terungkap.

      Delete
  4. Replies
    1. Rumah yang letaknya sebelah kanan toko/rumah Sam.

      Delete
  5. min, kok ini waktunya ko ga jalan ya? 06.00 AM terus, dari awal tutorial, bingung jadinya gabisa ke toko" ataupun ke lainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah masak? Saya lancar" aja tuh. Belum slesain tutorial kali?

      Delete
  6. min cara ngedapetin olive flounder gimana?(quest cyril yang ke-5)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca artikel panduan memancing yang pernah saya buat.

      Delete
  7. Replies
    1. Iya sob, apa yang udah saya tulis di ya emang itu yang dibutuhkan.

      Delete
  8. Min saya kelewat event blue bird ditahun pertama nih, sekarang udah masuk winter, apa nanti ada event blue bird lagi engga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew emang sekarang udah tahun 2? Ikuti aja syarat-syarat yang udah saya jelaskan di atas.

      Delete
  9. Btw min, ini anaknya emg ad yak? Klo ad tolong sertakan do artikel donk min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, beberapa hari ini saya g update ada ujian. Tapi tetep saya usahakan.

      Delete
  10. Min cara mendapatkan cosmos gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca artikel di blog ini yang judulnya Cara Upgrade Peralatan di Harvest Moon Light of Hope.

      Delete
  11. min tanya aku udah di summer tapi di carol gk jual bibit pink rose,caranya gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sampai misi yang mana? Udah urut belum seperti penjelasan di atas? Klo tidak salah Spring itu harusnya udah ada lo bibitnya. Coba naikin hati Carol sama ngerjain request-nya.

      Delete
    2. udah sampek stone ke 5 dan bahannya cuma kurang pink rose,aku belum dapet quest dari carol

      Delete
  12. Min cara bikin sugar gimana
    Waktu ane cari ke bastian malah gk bisa beli..
    Item yg di butuhkan pun gk jelas..
    Fast respon y min..
    1lagi min strawbery cake kok resep nya gk dapet dapet sih.
    Tq min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bisa ya bikin Sugar sendiri? Ane g terlalu merhatiin sih. Biasanya juga beli dari Bastian cman 50 G. Cara mendapatkan resep udah saya bahas di artikel Panduan memasak.

      Delete
  13. Sangat membantu min.. Makasih banyak

    ReplyDelete
  14. min itu kalau woolnya itu lebih tinggi dari great wool (supreme wool atau ultimate wool) gimana?? soalnya kambingnya dikasi makan delicious feed terus

    ReplyDelete
  15. Min mau tanya. Kan ini udah ngebangkitin si oliver, terus tinggal nyatuin kekuatan di lighthouse. nah pas udah ke lighthouse kok para karakternya cuma ngelingkarin stone tablet kelima tanpa ngelakuin apa-apa? apa emang butuh waktu lama? karakternya cuma ketap-ketip aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bug/glitch, Nova nggak mulai percakapan. kamu lakuin kegiatan lain dulu 1 sampai 2 harian jangan langsung ke Mercusuar.

      Delete
  16. hedeh gara gara mimin saya membuang buang waktu
    kenapa?
    di cara mendapat tablet stone ke 3 mimin mengatakan perbaiki rumah doc ,habis itu mimin bilang luangkan beberapa hari untuk perbaiki rumah doc dan cyril , namun ane udh ounya semua bahan di hari itu akhirnya ane perbaiki lalu ane tidur besoknya ane ke labnya doc tapi ada tulisan not there people pas jam 7 pagi ane pun tahan sampe jam 2 siang dan lagi lagi not there people anepun kerumah trs tidur
    besoknya begitu lagi trs ane tidur lagi dan ke lab doc lagi dan tetap begitu terus ane oun bingung karena di sini mimin cuma bilang perbaiki rumah doc trs luangkan bebrapa hari trs nanti doc bakalan minjem pecahan tablet stonenya, maka dari itu saya coba mncari web lain yg mungkin bisa bantu saya memecahkan kenapa docnya gk ada dilabnya
    TERNYTA OH TERNYATA
    setelah memperbaiki Lab Doc
    kita harus ke bridge lebih tepatnya ke mercusuar abis itu pasang dlu pecahan tablet stone ke 3nya abis itu BARU KELAB DOC!!!

    Dan akhirnya saya berhasil melewati tahap 3

    intinya mimin kalo mimin paham
    itu yg mimin kasi judul
    Cara Mendapat Tablet Stone Ke-3 itu
    dibagian bawah kan ada mimin buat perbaiki rumah doc ama cyril abis itu luangkan beberaoa waktu dll seterusnya tapi mimin gk ngasi tau sesudah oerbaiki rumah doc kita harus pasang pecahannya dlu di mercusuar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah makanya dibuka matanya lebar-lebar kalau baca. Udah jelas2 sebelumnya saya tulis "pasang stone tablet yang tidak sempurna itu di panel Mercusuar untuk mendapatkan petunjuk".

      Masalah luangkan waktu untuk nambang kalau kamu udah punya bahannya ngapain nambang lagi? Ya langsung aja perbaiki g usah di suruh.

      Lagian buang-buang waktu berapa hari sih? Paling 1-2 hari an doang dalam game, gitu aja udah komplen nyalahin orang.

      Delete
  17. Min, ane saranin dikasih foto character"nya, barang atau alatnya, biar gk bingung -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maunya seperti itu sob tapi saya nggak bisa kalau 1 halaman di isi banyak sekali gambar karena bikin loading blog berat. Soalnya blog ini nggak pake hosting seperti website besar.

      Delete
  18. Min kalo cara dapetin donkey fur tuh gimana..yang untuk perbaikan jembatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelihara hewan Poitou Donkey, ntar ngehasilin Donkey Fur dia.

      Delete

Terima kasih telah membaca artikel ini. Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.