-->

Cara Mendapatkan Semua Stone Tablet (Ending Main Quest) di Harvest Moon: Light of Hope

Begini cara mendapatkan semua stone tablet dan akhirnya tamat misi utama di Harvest Moon: Light of Hope untuk PC, PS4, Switch, dan Android.

Pada dasarnya ada 5 stone tablet yang harus kamu dapatkan untuk memulihkan cahaya mercusuar sehingga pulau Beacon terselamatkan dari bencana di Harvest Moon: Light of Hope. Hal ini juga menjadi penanda bahwa kamu telah menyelesaikan main quest/misi utama seri Harvest Moon ini.

Sebenarnya menyelesaikan main quest di Light of Hope terbilang cukup mudah dibanding dengan beberapa seri Harvest Moon yang pernah saya mainkan.

Tapi memang, ada pemain yang kesulitan atau stuck dalam misi tertentu sehingga mencari-cari, cara dan walkthrough untuk menemukan stone tablet. Nah, daripada saya ditanya dengan pertanyaan yang sama terus, mending saya buatkan saja panduannya.

Cara Mendapatkan semua stone tablet di Harvest Moon: Light of Hope

Sebelum ke penjelasan lebih dalam, saya kasih tips nih buat kamu yang kebingungan mencari stone tablet atau misi selanjutnya harus ngapain. Berikut adalah tips tersebut:

  • Jangan pernah men-skip dialog yang berhubungan dengan main quest meskipun kamu kurang paham bahasa Inggris karena semua petunjuk ada dalam dialog tersebut.
  • Perbaiki jembatan dan rumah penduduk yang sekiranya sudah bisa kamu perbaiki.
  • Setelah mendapatkan stone tablet, kamu harus memasangnya langsung di panel dekat mercusuar.

Kuncinya cuma itu sob untuk menyelesaikan misi utama dari Harvest Moon: Light of Hope. Oke, saya peringatkan, jika kamu tidak suka spoiler, lebih baik kamu berhenti di sini bacanya, tapi kalau kamu tidak mempermasalahkan itu, langsung saja ke pembahasan utamanya...

Cara Mendapatkan Semua Stone Tablet di Harvest Moon: Light of Hope

Berikut adalah tahapan yang harus kamu lalui untuk mendapatkan semua stone tablet-nya:

Cara Mendapatkan Stone Tablet ke-1

Kamu akan mendapatkannya setelah menyelesaikan tutorial yang diberikan oleh Jeanne. Keesokan harinya kamu akan bertemu Rowan dan mendapatkan Stone Tablet pertamamu.

Cara Mendapatkan Stone Tablet ke-2

Kamu akan diberi oleh Sam sebagai hadiah karena kamu telah memperbaiki toko/rumahnya. Kamu harus mempunyai kapak yang nantinya dipinjami oleh Naomi untuk mendapatkan softwood lumber sebagai material untuk memperbaiki rumah Sam.

Namun sebelum itu, kamu harus menyelesaikan misi untuk memberi Sally Bamboo Shot dan satu hasil panenmu untuk meyakinkannya bahwa kamu bukan orang asing yang berniat jahat. Oh ya, buat kamu yang tidak tau di mana rumah Naomi, dia tinggal di Beacon Town, rumahnya di pojok kanan bawah.

Tugasmu selanjutnya adalah memasang stone tablet kedua itu, namun kali ini tidak akan bekerja seperti stone tablet pertama. Kamu membutuhkan bantuan Blossom, kurcaci Pink. Untuk menemukannya, kamu harus memperbaiki toko bunga/rumahnya Carol.

Cara Mendapatkan Stone Tablet ke-3

Setelah memasang stone tablet ke-2 dan menyalakan cahaya mercusuar kedua, besoknya area gunung akan terbuka. Jelajahi area tersebut sampai mendapatkan event bertemu dengan Naomi, Sally, Doc, dan Nova.

Doc akan menyuruhmu untuk memperbaiki rumahnya. Jangan lupa mengambil stone tablet yang pecah setelah event dengan Nova selesai. Pasang stone tablet yang tidak sempurna itu di panel mercusuar untuk mendapatkan petunjuk. Selanjutnya kamu harus memperbaiki jembatan, rumah Gus dan Tambang.

Keesokan harinya akan ada event yang terjadi, kamu akan bertemu dengan cucu Gus, Melanie. Setelah itu, temui Gus di tambang. Dia akan meminjamimu palu dan memintamu untuk mencarikannya Iron Ore di tambang. Jika kamu selesai melakukan misi pada bagian ini, kamu akan mendapatkan palu. Kurcaci orange bernama Flint juga akan muncul.

Baca juga: Panduan Menambang di Harvest Moon Light of Hope

Luangkan waktumu beberapa hari untuk menambang sampai kamu bisa memperbaiki rumah Doc dan Cyril. Jika sudah mempunyai bahan yang cukup, segera perbaiki rumah Doc. Dan jika kamu punya Stone Tablet 3 yang pecah, dia akan meminjamnya untuk diteliti.

Selanjutnya perbaikilah rumah Cyril dan keesokan harinya kamu akan diberi pancing olehnya. Kini tugasmu adalah memancing pecahan stone tablet ketiga. Kamu bisa mendapatkannya jika memancing di depan Harvest Goddess Spring atau di sungat dekat lokasi ditemukannya stone tablet 3 yang pecah. Ketika kamu mendapatkan pecahan stone tablet itu, Dewy, kurcaci biru akan muncul.

Baca juga: Panduan Memancing di Harvest Moon Light of Hope

Untuk menyatukan kembali stone tablet ketiga itu, kamu akan memerlukan bantuan Doc. Dia akan memintamu untuk membawakannya 3 Iron Ore dan 5 Glass. Pasang stone tablet ketiga yang sudah disambung itu di panel mercusuar dan kamu akan membuka area pantai.

Catatan: ketika kamu dalam pencarian stone tablet ketiga ini, kamu sudah harus memperbaiki semua rumah penduduk yang tersisa (Bastian, Sofia, Tabitha, dan Gareth). Kamu juga harus memperbaiki kandang hewan, membeli hewan (Kurcaci merah Calvin muncul), dan memperbaiki Windmill (kincir angin) untuk kelancaran misi selanjutnya.

Cara Mendapatkan Stone Tablet ke-4

Keesokan harinya setelah memasang stone tablet ketiga, akan ada suara Edmond dari luar rumah. Setelah itu, kamu harus mengunjungi Harvest Goddess Spring untuk bertemu Edmond, Gareth, dan Tabitha. Mereka akan menerawang keberadaan Stone Tablet 4 dan 5 untukmu.

Dari situ kamu akan mengetahui bahwa stone tablet keempat berada di tangan Harvest Goddess. Tugasmu kini adalah menemukannya. Pentunjukmu saat ini hanya di pantai.

Pergilah ke pantai dan kamu mungkin akan mendapati Michael di sana, bicaralah dengannya. Selanjutnya kembali ke Beacon Town, dan kamu akan memicu terjadinya event di mana para penduduk sedang membahas tentang Blue Bird. Bicaralah dengan mereka semua untuk mendapatkan petunjuk.

Mulai dari sini saya agak lupa sih, mungkin keesokan harinya, pokoknya setelah bangun tidur, salah satu Kurcaci akan memberitahumu tentang Blue Bird. Pergilah ke pantai saat malam pukul 7:00 PM hari sedang cerah. Namun kali ini, kamu tidak mendapatkan petunjuk apapun.

Selanjutnya bicaralah dengan Gabriel dan dia akan memberitahumu petunjuk yang sangat penting untuk menemukan Blue Bird. Dia juga memberitahumu resep untuk membuat Delicious Animal Feed melalui Windmill (kincir angin). Bahan untuk membuatnya adalah tepung dan strawberry.

Setelah berhasil membuat Delicious Animal Feed, bicaralah dengan Gabriel lagi di depan rumahmu, intinya dia ingin ikut kamu dan melihat Blue Bird dengan mata kepalanya sendiri. Kemudian pergilah ke pantai saat malam pukul 7:00 PM ketika hari cerah.

Di sana kamu akan mendapatkan event Blue Bird muncul dan membawakan sebuah apel di depanmu, apel tersebut kemudian berubah menjadi kurcaci hijau bernawa Woody. Dia menyuruhmu untuk membawakan Strawberry Jam ke Goddess Spring.

Karena kamu belum mempunyai resep untuk membuat Strawberry Jam, pergilah ke restoran Bastian. Akan terjadi sebuah event di mana kamu diberi resep untuk membuat Strawberry Jam oleh Elise. Setelah itu kamu bisa membuat Strawberry Jam di rumahmu.

Bawa Strawberry Jam yang telah kamu buat ke Goddess Spring. Blue Bird yang sebelumnya kamu lihat akan datang dan berubah menjadi Harvest Goddesss. Dia akan memberimu stone tablet keempat yang dibawanya.

Cara Mendapatkan Stone Tablet ke-5

Setelah memasang Stone Tablet 4, sebuah portal menuju Harvest God akan terbuka di depan mercusuar. Temui Harvest God dan dia akan memberimu stone tablet kelima. Ketika kamu hendak memasang stone tablet kelima, tiba-tiba terjadi badai dan sebuah petir menyambar stone tablet itu dan menghancurkannya. Adanya badai dan petir ini adalah ulah Gorgan.

Berdiskusilah dengan Harvest God, Harvest Goddess, dan Edmond di Goddesss Spring. Selanjutnya kamu diminta untuk menemui Doc untuk membuat stone tablet kelima yang baru. Doc memintamu untuk membawakan 2 Jade, 10 Stone, dan 1 Pink Rose (Spring) /Sunflower (Summer), tergantung kamu sedang dalam musim apa sekarang.

Docakan kembali memintamu untuk membawakan bunga yang kamu berikan padanya kepada Carol, nantinya Carol akan membalasnya dan menyuruhmu memberikan bunga balasannya ke Doc. Pada akhirnya kamu mendapatkan stone tablet kelima yang baru dibuat oleh Doc.

Namun perjuanganmu tidak sampai di situ, ternyata tiruan stone tablet kelima itu tidak mempunyai kekuatan yang sama dengan aslinya. Jadi perlu ditambah kekuatan magic.

Dari sini nantinya kamu akan mengetahui bahwa Nova adalah putri dari Gorgan, Underworld King. Sehingga dia bisa menambah kekuatan di stone tablet, namun masih lemah.

Untuk meningkatkan kekuatan Nova, kamu harus meminta Cyanocrystal yang dibawa oleh ayahnya, Gorgan. Selanjutnya kamu harus memperbaiki jembatan di dekat rumah Jeanne untuk menemui Gorgan.

Namun, usahamu untuk meyakinkan Gorgan tidaklah berhasil dan kamu disuruh untuk pergi dari daerah kekuasannya. Kembalilah ke Goddess Spring.

Pilihan terakhirmu adalah menemukan kurcaci terakhir, Oliver. Kamu harus membawa 1 Pink Dahlia (dalam game terjadi bug, harusnya Yellow Dahlia), 1 Yellow Perch, dan 1 Great Wool ke Goddess Spring.

Ketika kamu telah menyelesaikan itu semua, pasanglah stone tablet kelima, akhirnya mercusuar kembali pulih sepenuhnya dengan bantuan semua penduduk Beacon Town. Pulau Beacon terselamatkan dan jalan cerita utama pun berakhir, Tamat!

Itulah Cara Menemukan Semua Stone Tablet di Harvest Moon: Light of Hope. Saya harap panduan ini bisa membantu kamu yang sedang kesulitan menyelesaikan jalan cerita utama. Misi selanjutnya adalah menikah dan mempunyai anak. Apabila ada pertanyaan terkait artikel ini, jangan ragu untuk bertanya, semoga bermanfaat...

Baca juga: Cara Menikah di Harvest Moon Light of Hope

Anda mungkin menyukai postingan ini

80 komentar

  1. Unknown
    min numpang tanya cara ngedapetin yellow dahlia itu gimana ya?? soalnya aku nanam bibit pink dahlia itu gak pernah mutasi jadi yellow dahlia? sama cara ngedapetin great wool itu min berapa ya not kambingnya?
    • Muafiach
      Sebenarnya Kamu tidak butuh Yellow Dahlia, event Oliver muncul akan terjadi jika kamu punya Pink Dahlia.

      Kalau kesulitan dapat Yellow Dahlia dari mutasi tanaman, selesaikan aja request dari Tabitha.

      Saya dapatnya waktu kambing punya 4 not musik. Kalau kesulitan dpt Great Wool juga bisa didapat dari nyelesaikan request ke 5 Gabriel.
    • Unknown
      thanks min atas infonya
    • Muafiach
      Iya sama-sama, senang bisa membantu.
  2. Unknown
    Min tanya cara mendapatkan bread gimana
    • Muafiach
      Beli di restoran Bastian.
  3. Yadi Seeyhan
    Brati g ada tmatnyo dong min? Hbs merid ngapain lg?
    • Muafiach
      Ya kalau saya sih biasanya cari-cari apa yang bisa saya lakukan lagi. Mungkin ada rahasia yang belum terungkap.
  4. Unknown
    Restoran bastian yang mana
    • Muafiach
      Rumah yang letaknya sebelah kanan toko/rumah Sam.
  5. Unknown
    min, kok ini waktunya ko ga jalan ya? 06.00 AM terus, dari awal tutorial, bingung jadinya gabisa ke toko" ataupun ke lainya
    • Muafiach
      Lah masak? Saya lancar" aja tuh. Belum slesain tutorial kali?
  6. Unknown
    Sangat membantu sekali trimakasih
  7. Ali
    min cara ngedapetin olive flounder gimana?(quest cyril yang ke-5)
    • Muafiach
      Baca artikel panduan memancing yang pernah saya buat.
  8. Winter
    Min, itu harus great woll y?
    • Muafiach
      Iya sob, apa yang udah saya tulis di ya emang itu yang dibutuhkan.
  9. DMartin
    Min saya kelewat event blue bird ditahun pertama nih, sekarang udah masuk winter, apa nanti ada event blue bird lagi engga ya??
    • Muafiach
      Wew emang sekarang udah tahun 2? Ikuti aja syarat-syarat yang udah saya jelaskan di atas.
  10. Unknown
    Btw min, ini anaknya emg ad yak? Klo ad tolong sertakan do artikel donk min
    • Muafiach
      Ada, beberapa hari ini saya g update ada ujian. Tapi tetep saya usahakan.
  11. Unknown
    Min cara mendapatkan cosmos gimana.
    • Muafiach
      Baca artikel di blog ini yang judulnya Cara Upgrade Peralatan di Harvest Moon Light of Hope.
  12. Unknown
    min tanya aku udah di summer tapi di carol gk jual bibit pink rose,caranya gimana??
    • Muafiach
      Sekarang sampai misi yang mana? Udah urut belum seperti penjelasan di atas? Klo tidak salah Spring itu harusnya udah ada lo bibitnya. Coba naikin hati Carol sama ngerjain request-nya.
    • Unknown
      udah sampek stone ke 5 dan bahannya cuma kurang pink rose,aku belum dapet quest dari carol
  13. Unknown
    Min cara bikin sugar gimana
    Waktu ane cari ke bastian malah gk bisa beli..
    Item yg di butuhkan pun gk jelas..
    Fast respon y min..
    1lagi min strawbery cake kok resep nya gk dapet dapet sih.
    Tq min
    • Muafiach
      Emang bisa ya bikin Sugar sendiri? Ane g terlalu merhatiin sih. Biasanya juga beli dari Bastian cman 50 G. Cara mendapatkan resep udah saya bahas di artikel Panduan memasak.
  14. Andre
    Sangat membantu min.. Makasih banyak
  15. Unknown
    min itu kalau woolnya itu lebih tinggi dari great wool (supreme wool atau ultimate wool) gimana?? soalnya kambingnya dikasi makan delicious feed terus
    • Muafiach
      Tidak bisa broo, harus Great Wool.
  16. Unknown
    Min mau tanya. Kan ini udah ngebangkitin si oliver, terus tinggal nyatuin kekuatan di lighthouse. nah pas udah ke lighthouse kok para karakternya cuma ngelingkarin stone tablet kelima tanpa ngelakuin apa-apa? apa emang butuh waktu lama? karakternya cuma ketap-ketip aja
    • Muafiach
      Itu bug/glitch, Nova nggak mulai percakapan. kamu lakuin kegiatan lain dulu 1 sampai 2 harian jangan langsung ke Mercusuar.
    • Unknown
      Saya sudah coba menunggu sampai 3 harian. Tetapi masih saja Nova tidak memulai percakapan. Itu baiknya bagaimana ya ? Terimakasih
    • Muafiach
      @Ratri Puspitasari saya dulu cuman skip tidur 2 hari, ke tempat Nova dengan jalan kaki. Udah gitu aja terus tidak macet lagi.
    • Unknown
      Berarti dicoba terus gitu ya min ? Skip tidur 2 hari itu maksudnya gimana min ?
    • Muafiach
      @ Ratri iya dicoba terus aja setiap harinya. Tak tinggal tidur 2 hari, abis tidur sehari, tidur langsung sehari lagi.
    • Unknown
      Cara ngilangin bug nya itu gmn ya min ? Karena saya sudah coba skip tidur 3 hari (bangun langsung tidur lagi sampai 3 hari) masih tetap saja Nova tidak memulai percakapan ketika di mercusuar
    • Muafiach
      Kalau beli ori di steam tinggal di update versinya saya rasa udah hilang.
  17. Hy
    hedeh gara gara mimin saya membuang buang waktu
    kenapa?
    di cara mendapat tablet stone ke 3 mimin mengatakan perbaiki rumah doc ,habis itu mimin bilang luangkan beberapa hari untuk perbaiki rumah doc dan cyril , namun ane udh ounya semua bahan di hari itu akhirnya ane perbaiki lalu ane tidur besoknya ane ke labnya doc tapi ada tulisan not there people pas jam 7 pagi ane pun tahan sampe jam 2 siang dan lagi lagi not there people anepun kerumah trs tidur
    besoknya begitu lagi trs ane tidur lagi dan ke lab doc lagi dan tetap begitu terus ane oun bingung karena di sini mimin cuma bilang perbaiki rumah doc trs luangkan bebrapa hari trs nanti doc bakalan minjem pecahan tablet stonenya, maka dari itu saya coba mncari web lain yg mungkin bisa bantu saya memecahkan kenapa docnya gk ada dilabnya
    TERNYTA OH TERNYATA
    setelah memperbaiki Lab Doc
    kita harus ke bridge lebih tepatnya ke mercusuar abis itu pasang dlu pecahan tablet stone ke 3nya abis itu BARU KELAB DOC!!!

    Dan akhirnya saya berhasil melewati t…
    • Muafiach
      Lah makanya dibuka matanya lebar-lebar kalau baca. Udah jelas2 sebelumnya saya tulis "pasang stone tablet yang tidak sempurna itu di panel Mercusuar untuk mendapatkan petunjuk".

      Masalah luangkan waktu untuk nambang kalau kamu udah punya bahannya ngapain nambang lagi? Ya langsung aja perbaiki g usah di suruh.

      Lagian buang-buang waktu berapa hari sih? Paling 1-2 hari an doang dalam game, gitu aja udah komplen nyalahin orang.
  18. Unknown
    Min, ane saranin dikasih foto character"nya, barang atau alatnya, biar gk bingung -,-
    • Muafiach
      Maunya seperti itu sob tapi saya nggak bisa kalau 1 halaman di isi banyak sekali gambar karena bikin loading blog berat. Soalnya blog ini nggak pake hosting seperti website besar.
  19. Dita naff
    Min kalo cara dapetin donkey fur tuh gimana..yang untuk perbaikan jembatan
    • Muafiach
      Pelihara hewan Poitou Donkey, ntar ngehasilin Donkey Fur dia.
  20. Unknown
    min cara upgarde kandang ternak harus apa atau bagaimana dulu?
    • Muafiach
      Ya selesaikan main quest ini dulu.
  21. vinyac
    Min, mau tanya, kalau Harvest Goddess Spring itubad di sebelah mana y?
    • Muafiach
      Di area atas gunung, bangunan kuil warna biru.
    • Unknown
      Min cara dapatin bahan utk perbaiki rumah doc dimana ya?
  22. Muafiach
    @Jesica Lim dari nambang, itu di atas udah saya cantumkan link-nya.
  23. Unknown
    awalnya agak susah.. setelah di teliti dengan cermat.. ternyata mudah.. :)

    membantu sekali.. terima kasih gan :)
    • Muafiach
      Sama-sama sob, senang bisa membantu.
  24. Unknown
    Mau tanya, kok setelah smua nya di dapat masih jg ga bisa ya malah cuma diem aja, saya dapet oliver di musim semi (spring), terus saya ke tempat lampunya malah ga terjadi apa2 cuma pada ngumpul doang trus udah nyetag disitu aja ga ada klanjutannya?? Mohon pencerahan
    • Muafiach
      Baca komentar sebelumnya sob, udah sering yang tanya masalah ini.
  25. Unknown
    Thx Min sangat membantu, akhirnya saya bisa tamat dalam waktu gk sampai 1 minggu hehe
    • Muafiach
      Sama-sama sob.
    • Unknown
      Gan saya dudah punya 2 jade 1 sunflowe sama 10 stone, kok pas ke rumah doc gak.terjadi event apa apa ya? Mohon bantuannya gan.
    • Muafiach
      @ Rieko Ramadhan lha kamu dpt perintahnya ketika musim apa? Kalau Spring Pink rose, kalau summer baru Sunflower.
  26. Elll
    Min kan saya udah tarok stone ke 3 terus jalur ke pantai tetap gak ke buka padahal saya udah ngebangun rumah penduduk dll
    • Hanz
      Udah nyala belum lampu mercusuar yang ketiga? Coba dicek lebih teliti lagi. Harusnya klo udh berhasil masang stone tablet 3 dan lampunya nyala, besoknya pantai langsung terbuka.
  27. ajeng anis Dshinta
    Min, caranya dapet olive flounder sama strawberry cake gimna ya?
    • Muafiach
      Caranya sudah saya bahas di artikel panduan memancing dan memasak.
    • ajeng anis Dshinta
      Thanks min, ngebantu bgt
  28. Unknown
    Makasih min udah sangat membantu. Saya menamatkan jalur cerita utama cuma dalam waktu 3 hari ^_^
  29. uzuaan
    Tablet stone yg terakhir yg ngeselin -_-

    :v
  30. Unknown
    Min, kalo mau jumpa gabriel dimana ?
    Untuk tablet stone yg ke 4
    Thanks min
    • Muafiach
      Gabriel bisa ditemui di area gunung (di deket rumahnya), kalau nggak ya cek di kandang sapi/kuda (barn).
  31. Unknown
    Cara Mendapatkan Yellow Dahlia Dan Yellow Perch Di Mana Yah Min?
    • Hanz
      Yellow Dahlia mutasi dari Pink Dahlia. Bibitnya juga bisa didapat dari menyelesaikan request Cyril. Yellow Perch dari mancing.
  32. Unknown
    Pusing Hewannya Udah Full Notnya Semua Wkwk , Susah Dapet Greet Wool
    • Meow Chan
      Coba cuekin hewannya 🤣
      Turun ga note nya
  33. Unknown
    Ninggal Nungguin Request Gabriel Yang Ke 5
  34. Unknown
    min tanya donkk. perch ini ikan atau gmn?
    • Muafiach
      Iya, ikan. Mancing di sungai pertanian kamu banyak.
  35. Air Hujan
    Kalo jalur cerita utama nya tamat , gak ad lagi event min?
    • Muafiach
      Kalau event utama yg berkaitan dgn jalur cerita nggak ada deh kayaknya, tapi masih ada event/misi sampingan seperti request penduduk, ngelengkapin medal, punya anak, buka-buka toko baru, dll.
  36. Iwan Setiawan
    Kenapa harus great wool ya? Saya punyanya ultimate & supreme wool soalnya hewan saya udh not 10 semua
    • Muafiach
      Udah ketentuan dari pengembangnya sob, ikutan aja.
    • Iwan Setiawan
      Kalo misi biasanya kan misal ada orang yg minta strawberry, trus kita punyanya great strawberry nah itu kita bisa kasih. Jadi menurut saya harusnya bisa karena yg kita punya lebih bagus 😅 #cmiiw
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.