-->

Map dan Bangunan di Harvest Moon Seeds of Memories

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang Map dan Bangunan yang ada di Harvest Moon Seeds of Memories. Pada artikel ini juga dijelaskan cara mengupgrade rumah serta lumbung yang kalian miliki. Tempat-tempat mana saja yang bisa kalian kunjungi? adakah tempat rahasia yang bisa dikunjungi? berikut adalah ulasannya...
Pada artikel sebelumnya, saya sudah berjanji untuk membuat artikel tentang Map dan Bangunan yang ada di Harvest Moon Seeds of Memories. Nah untuk itu, tema artikel kali ini akan membahas kedua hal tersebut. Mungkin ada yang bertanya kenapa Map dan Bangunan digabung? Alasannya adalah keduanya saling berkaitan satu sama lain.

Map di Harvest Moon Seeds of Memories dibagi menjadi 4 area utama, yang pertama adalah pertanian kita, crossroad (jalan pertigaan menuju gunung dan kota chestnut), pegunungan, dan kota chestnut. Map di Harvest Moon Seeds of Memories terbilang sangat kecil dan mungkin mudah sekali bagi kalian untuk menghafalnya.

Pertanian

Pertanian terletak disebelah timur kota chestnut, Ingat saat pertama kali bermain HM SoM saat berada di Crossroad dan bertemu dengan hanna? berjalanalah kekanan jika ingin menuju pertanian, sekaligus rumahmu. Adapun Bangunan yang berdiri di pertanian kita ada 4 yaitu:

1. Rumahmu

Ini adalah rumah tinggal kalian, tempat kalian tidur, memasak, berumah tangga dan lain sebagainya. Rumah ini bisa diupgrade di Brutus menjadi lebih besar dengan adanya sedikit persyaratan. Untuk mengupgrade rumah lebih besar untuk pertama kalinya, dibutuhkan uang 85000 G, 10 Glasses, 5 Mithril, dan 40 Hardwood Lumber. Sedangkan, untuk mengupgrade rumah lebih besar untuk yang kedua kalinya, dibutuhkan uang 400000 G, 20 Wool, 3 Adamantite, dan 50 Hardwood Lumber.

Fasilitas yang didapatkan:

1. Upgrade rumah pertama:
  • Kulkas: untuk menyimpan makanan dan makanan yang sudah dimasak.
  • Tempat penyimpanan barang selain makanan.
  • Meja makan dengan 2 kursi (Tidak bisa dipakai).
  • Bisa menikah dan memelihara bobcat serta anjing.
2. Upgrade rumah kedua:
  • Dapur yang lebih besar.
  • Meja makan dengan 4 kursi.
  • Perapian.
  • Bisa membeli Crib(Tempat tidur bayi) seharga 2500 G, digunakan jika ingin mempunyai anak.

2. Pohon Harvest Sprite

Pohon harvest sprite terletak disebelah kanan rumahmu, berjalanlah sedikit kekanan dan kalian akan menemukan pohon ini. Pohon ini adalah tempat tinggal 3 kurcaci yang bernama Rowan, Dewy, dan Blossom. Pohon Harvest Spirit juga salah satu alasanmu harus menyelesaikan memories dan menjaga pertanian agar tetap berkembang.

3. Kandang Ayam (Chicken Coop)

Dari namanya sudah jelas ya, disini adalah tempat dimana kalian memelihara ayam. Jika kalian membeli ayam di Hunter, maka otomatis ayam tersebut akan langsung dikirim di tempat ini. Sementara yang saya temukan tidak ada upgrade dari kandang ayam ini, kalian hanya bisa memelihara 5 ayam didalamnya. Kandang Ayam terletak disamping kanan Pohon Harvest Sprite.

4. Lumbung (Barn)

Lumbung merupakan tempat dimana kalian memelihara Domba, Kuda, dan Sapi. Jika kalian membeli hewan-hewan tersebut, maka akan otomatis dikirim ditempat ini. Sebelum diupgrade, kalian hanya bisa memelihara sapi dan domba dengan jumlah maksimal 5, akan tetapi setelah lumbung diupgrade lebih besar, kalian bisa memelihara 7 ekor. Untuk membuat lumbung lebih besar, dibutuhkan uang 24500, 5 Oricalcum, 40 Softwood Lumber, dan 40 Hardwood Lumber. Lumbung terletak disebelah kanan kandang ayam.

Berikut adalah gambar lokasi bangunan yang ada di area pertanian di HM SoM.

Map dan Bangunan Harvest Moon Seeds of Memories


Pertigaan Jalan (Crossroad)


Map dan Bangunan Harvest Moon Seeds of Memories

Crossroad merupakan area pertama kali kalian memulai game HM SoM. Crossroad juga merupakan jalan yang menghubungkan area pegunungan dan kota Chestnut. Jika kalian berjalan menuju utara(keatas), kalian akan memasuki area pegunungan. Sedangkan jika kalian berjalan ke barat(kekiri), kalian akan memasuki area kota Chestnut. Penduduk yang biasanya bermain disini di sore hari adalah Sally, Jimmy, dan Tony. Bobcat pun biasanya muncul ditempat ini.

Pegunungan

Untuk pergi atau mencapai ke area pegunungan ada dua rute, yaitu dari pertanianmu menuju Crossroad lalu berjalanlah ke utara, atau kalian bisa menuju ke kota Chesnut terlebih dahulu kemudian berjalanlah ke utara untuk menuju area pegunungan. Adapun bangunan dan tempat yang bisa kalian kunjungi di area pegunungan ini ada 7 yaitu:

1. Rumah Brutus

Map dan Bangunan di Harvest Moon Seeds of Memories
Area Bawah Gunung
Ini adalah tempat dimana Brutus tinggal bersama dengan 2 anaknya yang bernama Tony dan Jimmy. Disini kalian juga bisa meminta Brutus untuk mengupgrade rumah lebih besar, menggabungkan bahan tambang, membeli pagar, dan membeli tempat tidur bayi (Crib). Rumah Brutus terletak di sebelah utara Crossroad.

2. Tenda

Tempat dimana Gilbert akan tinggal didalamnya jika diluar dalam keadaan hujan, jika tidak hujan, kalian tidak akan menemukan siapa-siapa didalamnya. Tenda ini terletak disebelah kiri rumah brutus, tepatnya didepan sebuah danau.


3. Kolam Air Panas

Map dan Bangunan Harvest Moon Seeds of Memories
Area Tengah Gunung
Di suatu tempat di Gunung juga terdapat kolam air panas, tepatnya disebelah utara rumah Brutus. Jika kalian berendam disini, stamina kalian yang berkurang akan terisi kembali.

4. Tambang

Tambang merupakan tempat dimana kalian bisa mendapatkan batuan berharga untuk membuat rumah lebih besar. Menambang juga merupakan penghasilan yang paling besar dalam HM SoM. Terdapat 100 level dalam menambang, untuk mencapai semua itu tidak mudah. Dibutuhkan bersediaan makanan yang cukup banyak untuk mengisi stamina yang terkuras selama menambang. Akan tetapi terdapat trik dimana kalian bisa mencapainya dengan mudah, bagaimana caranya? Baca selengkapnya artikel berjudul Tips Cepat Menambang Sampai Level 100 di HM SoM.


5. Kuil Harvest Goddess

Map dan Bangunan Harvest Moon Seeds of Memories
Area Puncak Gunung
Tepatnya di puncak gunung, terdapat kuil Harvest Goddes yang juga merupakan tempat tinggal Harvest Goddes.


6. Batu Besar Diantara 2 Pilar

Disebelah kiri kuil Harvest Goddes terdapat batu besar yang diapit oleh 2 pilar, apakah itu? itu adalah pintu masuk untuk bertemu salah satu dewa di HM SoM bernama Gorgan. Jika batu tersebut dihancurkan, kalian bisa masuk kesana dan bertemu dengan Gorgan, akan tetapi kalian harus berteman dengan Andrea terlebih dahulu.

7. Petak Kosong

Disamping kanan kuil Harvest Goddes terdapat area kosong yang tidak terdapat apa-apa pada awalnya. Jika kalian kesana, hanya akan menemukan sebuah petak kosong seperti tempat menanam tumbuhan. Kalian harus berteman dengan Gilbert terlebih dahulu untuk mendapatkan bibit Skytree darinya, kemudian berbicara kepada Sam untuk mendapatkan Special Fertilizer. Jika sudah punya keduanya, datanglah ketempat ini dan kalian akan bertemu Harvest God.

Jika kalian ingin membuka jalan rahasia diatas, baca informasi selengkapnya artikel berjudul Cara Bertemu Dengan Gods di HM SoM.

Kota Chestnut (Chestnut Town)

Kebanyakan penduduk Harvest Moon Seeds of Memories tinggal di Chestnut Town, kecuali Gilbert, Brutus dan anaknya. Adapun bangunan dan tempat yang bisa kalian kunjungi ada 12 yaitu:

1. Rumah/Toko Tabitha

Disini kalian bisa bertemu dengan Tabhita dan dia akan memberi tips- tips kepada kalian. Rumah atau Toko Tabitha ini buka pada jam 10 AM-6 PM dan tutup pada hari Jum'at dan Saptu.

2. Rumah/Toko Gareth

Disini kalian bisa bertemu dengan Gareth dan dia juga akan memberimu tips-tips sama halnya dengan Tabitha. Rumah atau Toko Gareth ini buka pada jam 10 AM-6 PM dan tutup pada hari Minggu dan Senin.

3. Rumah/Toko Hunter

Disini kalian bisa bertemu dengan Hunter dan membeli semua hal yang berhubungan dengan hewan peliharaan. Rumah atau Toko Hunter ini buka pada jam 10 AM-6 PM dan tutup pada hari Selasa dan Saptu.

4. Toko Bunga Milik Iris

Disini kalian bisa bertemu Iris dan April dan membeli semua hal yang berhubungan dengan bunga, bibit, dan pupuknya. Toko ini buka pada jam 10 AM-6 PM dan tutup pada hari Saptu dan Minggu.

5. Bar Milik Luke

Disini kalian bisa bertemu dengan kebanyakan orang yang ada di Harvest Moon Seeds of Memories karena penduduk seperti Andrea, Brutus, Emily, Gilbert, Hanna. Tabhita, dan Tony sering berkunjung disini. Namun tempat ini hanya buka pada malam hari yaitu pada jam 6 PM- 2 AM dan tutup pada hari Selasa dan Kamis.

6. Restauran Milik Hanna

Tempat dimana kalian bisa membeli bahan makanan dan resep masakan. Disini kalian juga bisa bertemu dengan banyak penduduk seperti Naomi, Sally, Hunter, dan Luke. Restauran ini buka pada jam 10 AM-6 PM dan tutup pada hari Senin dan Jum'at.

7. Toko Milik Sam

Disini kalian bisa bertemu Sam setiap hari, menjual hasil tambang dan panen serta membeli barang seperti umpan ikan dan lumber.


8. Rumah Naomi dan Sally

Naomi dan sally tinggal di rumah ini. Perkunjunglah kesini di pagi hari dan kalian akan bertemu dengan mereka.

9. Rumah Iris

Iris dan April tinggal dirumah ini.


10. Rumah Luke

Luke tinggal dirumah ini, akan tetapi dia jarang sekali ada dirumah. Biasanya kalau kalian mau bertemu dengannya di pagi hari, dia sudah berada didepan rumah andrea. 

11. Rumah Andrea

Andrea tinggal sendiri dirumah ini, tapi kalian bakal kesulitan menemuinya ketika berada dirumah. Biasanya dia ada didepan bar miliki Luke jika dipagi hari.

12. Rumah Catherine

Catherine tinggal dirumah ini.

Keterangan: Rumah Andrea, Catherine, Iris, dan Luke adalah beberapa bangunan yang penghuninya sering di luar rumah. Jika pada hari-hari biasa mungkin kalian akan mendapati rumah-rumah tersebut kosong saat kalian kunjungi. 

Berikut adalah Map dan lokasi bangunan yang ada di kota Chestnut.

Map dan Bangunan Harvest Moon Seeds of Memories
Kota Chestnut bagian Utara
Map dan Bangunan di Harvest Moon Seeds of Memories
Kota Chestnut bagian Selatan
Itulah penjelasan tentang Map dan Bangunan di Harvest Moon Seeds of Memories, bila teman-teman Harvester ingin menambahkan atau mungkin mengoreksi informasi yang kami berikan, silahkan berkomentar dibawah postingan ini. Sekian, Terima Kasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini

9 komentar

  1. Muafiach
    Ada kesalahan typo pada keterangan ss diatas dimana tenda itu adalah tempat tinggal Gilbert bkn Gareth ya >.<
  2. Unknown
    Cara dapetin memory gareth gimana sih? Ane ko idah 3 notenya masih ga ada apa2 sama doi. Kira2 harus dirumahnya apa diluar?
    • Hanz
      Memory ke brp gan ?
  3. Unknown
    ada artikel tentang memories ga? dan gimana dapetinnya.. aku ada yg ga nemu2 nihh. makasih min
    • Hanz
      Sayangnya belum ada sob, mohon bersabar :)
  4. Unknown
    Memory dari awal gareth gan blm muncul
    • Muafiach
      lagi dibuatkan gan minggu ini diusahakan kelar 150 memories HM SoM
    • Unknown
      Itu ko rumah Hunter malah jadi rumah Brutus namanya min.
    • Muafiach
      oh iya gan kesalahan itu, bikin artikel ini pas malem hari jdi rada ngelantur, nanti diperbaiki keterangan gambarnya.
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.