-->

Sang Penyelamat - Walkthrough Harvest Moon Innocent Life

Panduan Walkthrough Harvest Moon Innocent Life(HM IL), pada bagian pertama ini menceritakan tentang petualangan Life dalam menyelamatkan desa volcano dari kemarahan Spirit dimulai.
Halo Harvester, kali ini saya memutuskan untuk kembali memainkan Harvest Moon: Innocent Life setelah sekian tahun tidak bermain game tersebut. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya berniat membuat Walkthrough Harvest Moon: Innocent Life dari awal mulai sampai tamat kalau bisa. Jadi untuk pembahasan kali ini, saya akan membuat Walkthrough pengenalan, di mana petualangan Life selaku tokoh utama dimulai.
Sang Penyelamat - Walktrough Harvest Moon Innocent Life

Pertama kali masuk ke dalam game, kalian diharuskan memilih nama karakter, awalnya tokoh utama bernama Life, akan tetapi kalian bisa merubahnya sesuai keingingan kalian. Setelah memulai game, akan muncul angka-angka berwarna yang kemudian membentuk sebuah pulau, pulau tersebut sebenarnya bernama Heartflame (seiring berjalannya waktu akan dijelaskan lagi).

Dalam sebuah rumah, tampak seorang ilmuan bernama Dokter Hope, dia sedang membuat manusia robot(karaktermu) dan mendaftarkannya sebagai salah satu penduduk desa Volcano. Dokter Hope merupakan pencipta sekaligus ayah dari tokoh utama dalam Harvest Moon: Innocent Life.
Sang Penyelamat - Walktrough Harvest Moon Innocent Life

Saat pertama kali bertemu Dokter Hope, kalian akan ditanyai apakah kamu melihat gambar pulau yang telah aku kirim barusan? Jawablah "Yes". Jika kalian menjawab "No" maka Dokter Hope akan menunjukkan gambar pulau Heartflame sekali lagi.

Tugas pertama yang Dokter Hope berikan kepada kalian adalah belajar menanam sayuran, jika Life ingin menjadi manusia sesungguhnya, maka Life perlu memahami arti sebuah kehidupan. Salah satu penduduk bernama Gayak akan mengajarimu cara berkebun.

Ketika Gayak akan datang ke rumah Dokter Hope, kalian harus menemuinya di ruang tamu. Berjalanlah lurus ke bawah kemudian ke kiri untuk menuju ruang tamu. Setelah sampai di sana, bicaralah dengan Dokter Hope dan Gayak. Di sini Dokter Hope akan bertanya padamu apakah siap untuk belajar berkebun dengan Gayak? Jawablah "Yes". Jika kamu memilih "No", Dokter Hope hanya akan mengulang kalimat yang sudah dijelaskan sebelumnya tentang Easter Ruins.

Setelah kejadian ini Gayak akan mengajakmu kerumahnya, akan tetapi sebelum itu Dokter Hope memberikan alat penyiram tanaman (Watering Can) kepadamu. Diperjalanan menuju rumah Gayak, kamu akan bertemu dengan para kurcaci (Nature Sprites).

Sang Penyelamat - Walktrough Harvest Moon Innocent Life

Sesampainya di rumah Gayak, kalian akan diajari cara berkebun yang benar, cukup ikuti instruksi yang diberikan oleh Gayak untuk menyelesaikan tutorial yang diberikan. Di sini kalian akan mendapatkan Cangkul (Hoe), bertemu anjing kesayangan Gayak bernama Chocola, dan Istri Gayak yang bernama Marlene. Karena hari sudah mulai malam, kamu diundang untuk menginap dirumah Gayak.

Pada hari berikutnya, setelah bangun tidur turunlah kelantai bawah dan temui Marlene, di sini dia akan menyuruhmu makan. Marlene akan meminta pendapatmu tentang makanannya apakah enak atau tidak, jadi pastikan kamu menjawab "Yes". Kemampuanmu akan bertambah, Love dari 5 menjadi 6, Cooking dari 5 menjadi 6, dan Humor dari 0 menjadi 1.
Sang Penyelamat - Walktrough Harvest Moon Innocent Life

Jika kalian menjawab "No", Marlene akan nampak sedih, dia akan mengatakan bahwa kamu bebas untuk melanjutkan makan atau tidak jika makannya tidak enak. Kemampuan yang bertambah hanya Cooking, dari 5 menjadi 6.

Setelah makan, bicaralah lagi dengan Marlene dan dia akan memberimu kantong bibit, jika kalian bertanya lagi, dia memberitahumu untuk menemui Gayak di Basement rumah agar dia memberimu sebuah bibit. Pergilah ke Basement dan bicaralah dengan Gayak, dia akan memberimu 9 bibit Turnip.
Sang Penyelamat - Walktrough Harvest Moon Innocent Life

Kembalilah ke lantai atas lagi, di sini kalian akan bertemu dengan Marcia, Cucu dari Gayak dan Marlene. Dia akan menanyakan pertanyaan kepadamu, tapi kalian bisa memilih jawaban "Yes" atau "No" karena tidak ada efeknya sama sekali, respon yang diberikan juga sama saja. Tapi saya lebih suka memilih jawaban "Yes".

Setelah kejadian ini, Gayak dan Marcia akan mengantarmu kerumah Dokter Hope. Diperjalanan, Marcia memberitahumu bahwa dia pernah melihat Nature Sprite di tempat di mana kamu pernah melihatnya juga.

Sesampainya di rumah, kalian akan disambut oleh seorang pelayan wanita bernama Vita. Dia akan mengantarmu menemui Dokter Hope, dan tak lama berselang kalian akan diajak untuk makan malam bersama, makan malam ini sekaligus perayaan karena Life besoknya akan pergi ke Easter Ruin. Setelah makan malam dan karena sudah arut malam, Gayak dan Marcia akhirnya pulang.

Sebelum pergi, Life diberi beberapa pesan oleh Dokter Hope, berikut adalah bunyi pesannya:
Ada banyak ilmu pengetahuan di buku ini dan pengetahuan itu juga ada di kepalamu, akan tetapi semua ilmu pengetahuan di dunia tidak akan membantumu memahami beberapa hal. Mungkin hal yang paling sulit dipahami adalah hati manusia dan arti sebuah kehidupan.
Di sini Dokter Hope akan memberimu pertanyaan, tidakkah kamu setuju Life? Jawablah "Yes". Dokter Hope akan merespon baik akan jawabanmu. Akan tetapi jika kalian menjawab "No" juga tidak masalah, Dokter Hope juga akan memahami bahwa kamu masih belum bisa memahaminya saat ini.

Sang Penyelamat - Walktrough Harvest Moon Innocent Life

Untuk itu sangatlah penting bagi Life belajar memelihara tanaman dan hewan di Easter Ruins untuk memahami hal yang disampaikan Dokter Hope di atas. Pada akhirnya kamu bisa membuka segel yang berada di reruntuhan (Ruins).

Setelah kejadian ini, Dokter Hope akan mengantarmu tidur pada Shining Pod. Kemampuanmu akan meningkat, Love bertambah dari 6 menjadi 7, Intelligent bertambah dari 20 menjadi 21.

Setelah bangun agak terlambat dan orang yang akan mengantarmu ke Easter Ruin belum datang, temui dahulu Dokter Hope di pemakaman keluarga Grain. Pergilah keluar rumah, dan berbeloklah ke kiri untuk menemukan Dokter Grain. Tak lama kemudian penduduk bernama Moonlight akan datang kerumahmu untuk mengantarmu ke rumah baru yaitu Easter Ruins. Petualangan Life untuk menyelamatkan kota/desa Volcano baru akan dimulai setelah sampai di sana.

Sang Penyelamat - Walktrough Harvest Moon Innocent Life

Nah untuk Walkthrough kali ini itu saja yang bisa saya jelaskan, untuk bagian selanjutnya akan dilanjutkan pada artikel selanjutnya. Sekian, Terima kasih.

Baca kelanjutannya: Walkthrough Harvest Moon Innocent Life Spring Minggu Pertama

Anda mungkin menyukai postingan ini

6 komentar

  1. Unknown
    Gan, di HM IL ini kapan tamatnya ya?
    • Muafiach
      Tahun pertama jika kamu menyelesaikan misi menyelamatkan pulau Heartflame. Tahun kedua jika kamu selesaikan misi dari Fire Spirit suruh nanam tanaman dalam jumlah banyak. Setelah tahun 2, kamu bebas melakukan hal yang kamu inginkan, jadi yg dikatakan benar-benar tamat itu setelah selesaikan misi Tahun 2, tapi menurut saya selesai misi tahun 1 itu adalah tamatnya hm il karena ceritanya udah nggak lanjut lgi.
    • Unknown
      Kalo udah tamat bisa masuk ke lubang pas winter lagi gak? Mau msk tapi ada tulisan "green jewel as guide" atau semacamnya. Terus, desert yang gede ada di map gak bisa dimasukin ya? Tolong jawab. Trims.
    • Muafiach
      @Ilo sSs nggak bisa klo udah tamat, bisa lewat jalan pintas dari Goa tapi itupun g bisa naik ke atas. Klo map dessert itu jalan menuju dan rumahnya Fisherman aja yg bisa di eksplore.
  2. Unknown
    Gan ,ni harvest moon bsa nikah gak soalnya gue gak prnah maininnya dan abis gue baca ni artikel kayaknya ni harvest moon rumit banget ya. Pls dijawab ya.
    • Muafiach
      Nggak bisa nikah karena karakter utama seorang robot. Nggak terlalu rumit sih klo udah tau polanya, tapi memang klo pertama kali main itu rada susah apalagi dalam menemukan "Jewel" pada seri Harvest Moon ini.
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.