-->

Kelebihan dan Kekurangan Bermain Game Android

Bermain Game Android Mempunyai kekurangan, akan tetapi juga mempunyai kelebihan yang membuat gamer banyak beralih ke game mobile.
Industri game memang maju sangat pesat, dulu Play Station 2 dikenal sebagai salah satu platform game yang paling merakyat sebelum platform baru lainnya muncul. Namun saat ini keadaan tersebut telah berubah, banyak platform baru yang membuat orang lebih tertarik untuk memakainya, salah satunya adalah Android.
Kelebihan dan Kekurangan Game Android

Game Android memang menjadi pilihan banyak kalangan, apalagi di Indonesia, selain harganya yang terjangkau, ada beberapa hal lainnya yang mungkin menyebabkan hal tersebut terjadi. Untuk itu, kali ini ID Harvest akan membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Bermain Game Android, tentunya hal dibawah ini adalah menurut pandangan penulis.

6 Kelebihan Main Game Android

Banyak peminat sudah pasti karena game android punya banyak kelebihan. Berikut adalah 6 Kelebihan main game android:

1. Bisa Dimainkan Kapanpun dan Dimanapun

Enaknya main game mobile khususnya yang berbasis android adalah bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja. Ketika lagi nganggur atau bosen karena nggak ada kerjaan, game android bisa menemanimu kapan saja. Hal ini merupakan kelebihan secara umum dari game mobile yang tidak dimiliki oleh kebanyakan platform game lainnya. 

2. Harga Gadgetnya Terjangkau

Kalau dibandingkan dengan harga platform game lain, harga dari Smartphone berbasis Android memang lebih murah, dan terjangkau oleh banyak kalangan, khususnya masyarakat Indonesia. Sehingga banyak pemain game yang memilih menggunakan Smartphone berbasis Android untuk memainkan suatu game dibanding platform lain.

3. Kebanyakan Gamenya Gratis

Di Google play, banyak sekali game android gratis yang bisa didapatkan dengan sangat mudah. Meskipun beberapa diantaranya mengharuskan pemain untuk membelinya, akan tetapi jika dibandingkan dengan banyaknya game gratis yang ada, jumlahnya tidak seberapa. 

Kalaupun diharuskan untuk membayar, harganya pun lebih murah dan tidak ribet instalnya. Cukup unduh dan instalasi akan berlangsung secara otomatis pada smartphone yang kalian gunakan, kemudian game tersebut pun siap untuk dimainkan.

4. Gamenya Simple dan Mudah Dipelajari

Udah pasti dong game android yang dibuat oleh para Developer yang mengkhususkan diri pada pembuatan game mobile, khususnya android kebanyakan sangat simple dan mudah dipelajari. Sekarang banyak orang yang nggak suka sesuatu yang ribet, oleh karenanya game yang simple tapi menarik biasanya yang banyak dimainkan oleh banyak orang saat ini, tidak hanya gamer saja.

5. Bisa Refund Pembelian Game

Google Play mempunyai fitur dimana kita sebagai pembeli bisa meminta uang kembali. Ketika kita membeli suatu game yang sekiranya tidak sesuai dengan yang diharapkan, kita bisa melakukan refund, dengan catatan proses refund ini dapat dilakukan dalam jangga waktu kurang dari 2 jam setelah membeli game tersebut.

Baca: Cara Refund Pembelian Aplikasi dan Game di Google Play Store

6. Banyak Game yang Support Kontroler

Untuk memudahkan pemain dalam memainkan game yang disukai, biasanya dibutuhkan suatu kontroler, meskipun sebenarnya tidak begitu perlu pada sebagian game android. Banyak game android yang sangat support oleh kontroler seperti Gamepad atau Stick Play Station.

6 Kekurangan Main Game Android

Adapun kekurangan yang saya rasakan ketika bermain game android adalah sebagai berikut:

1. Pemain Cepat Bosan

Ya, sudah pasti kalau kendala yang dimiliki oleh pemain dalam memainkan suatu game mobile baik itu berbasis android ataupun IOS adalah cepat bosan. Mungkin dalam beberapa menit saja setelah kalian menginstal suatu game kemudian tidak cocok, pasti kalian langsung menguinstalnya. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini, seperti: fitur game tidak ada update terbaru, pemain main terus, karena game-nya terlalu simple, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: 10 Alasan Penyebab Bosan Main Game Android

2. Menguras Daya Baterai Smartphone

Main game android memang selalu menguras daya baterai Smartphone dengan cepat. Oleh karena itu sebenarnya main game android pada Smartphone tidak bisa dilakukan dalam waktu yang lama. Akan tetapi bagi sebagian pemain yang kurang puas main bentar, pasti melakukan hal ini.

Ya, hal tersebut adalah main game sambil nge-charge. Hal ini menyebabkan menurunnya daya tahan beterai sehingga baterai tersebut akan cepat habis tapi juga cepat terisi. Istilah yang sering dipakai akan fenomena ini adalah baterai melembung, kinerja Smartphone-pun juga ikut turun nantinya.

3. Banyak Iklan yang Muncul

Game yang diunduh secara gratis memang memiliki kemungkinan besar akan ada banyak iklan yang terpampang di dalam game tersebut. Banyak pemain game android termasuk saya, yang kesal ketika lagi seru-seru main, kemudian iklan dalam bentuk video muncul secara tiba-tiba. Hal ini sebenarnya tidak begitu menjadi masalah jika iklan tersebut tidak mengganggu jalannya permainan.

4. Update-nya Terus-Terusan

Hal paling menjengkelkan lainnya dari memainkan game android adalah updatetannya yang terus-terusan, khusus nya yang bersifat online. Pemain diharuskan untuk memperbarui aplikasi setiap ada sesuatu yang baru pada game tersebut. Tidak masalah kalau ukurannya kecil, tapi kalau besar? Kuota internetpun kembali menjadi korban akan hal ini. Game gratis tapi makan kuota terus-terusan ya sama aja bohong.

5. Banyak Pengguna Aplikasi Pihak Ketiga

Alasan saya sekarang tidak pernah berani mengeluarkan uang sepeserpun untuk game online android adalah banyaknya pengguna Aplikasi pihak ketiga. Mereka melakukan kecurangan untuk mencapai kemenangan dengan cara yang tidak adil. Contohnya Pokemon Go saat ini.

Banyak pemain diluar sana ingin bermain bersih, ada juga yang malah mengeluarkan banyak uang untuk memperbagus karakternya, akan tetapi usaha mereka semua dihancurkan oleh para pengguna yang tidak bertanggung jawab ini. Tidak masalah jika digunakan dalam game offline, lha ini kebanyakan dipakai untuk game online yang merugikan pemain lain.


6. Rilis Game Dinomerduakan

Dibanding dengan platform IOS, Game yang rilis di Android kebanyakan dinomerduakan. Pasalnya game mobile yang rilis terlebih dulu ke pasaran, kebanyakan berlabuh pada platform IOS (meskipun tidak semuanya). Sehingga bagi para gamer yang menggunakan smartphone berbasis Android, harus sabar menunggu beberapa bulan kedepan agar bisa memainkan game mobile yang baru rilis tersebut.


Kesimpulan

Semua hal pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dalam bermain game android pun juga begitu. Sebenarnya itu semua juga tergantung bagaimana kita secara bijak menyikapi hal tersebut. Tapi satu hal yang pasti bahwa bermain game android masih menjadi pilihan banyak kalangan sampai saat ini.

Itulah Kelebihan dan Kekurangan Bermain Game Android menurut pandangan saya, apabila kalian memiliki pendapat lain mengenai hal ini, silahkan komen di kolom komentar biar kita sama-sama tau. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian, Terima Kasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini

1 komentar

  1. Unknown
    Ini nih Ane Setuju gan :v
    Kelebihan & Kekurangan nya, Mending Main Game Lewat Konsol atau Emulator (Di Android)
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.