-->

Panduan Bermain Last Day on Earth Survival Terlengkap

Buku panduan, guide, walkthrough, tips, trik, dan cara bermain Last Day on Earth: Survival paling lengkap. Kode Bunker Alfa, Bravo. dan Charlie juga update setiap hari di sini!
Selamat Datang di Panduan Bermain Last Day on Earth Survival Terlengkap. Dalam laman ini kamu akan mendapatkan banyak sekali informasi, tips dan trik yang berguna dalam memainkan game tersebut.

Last Day on Earth: Survival adalah game strategi bertahan hidup bertemakan zombie yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Kefir! Studios untuk Android dan IOS. Meskipun masih dalam versi beta dan belum banyak yang bisa diakses, game ini masuk dalam jajaran Top Game di Google Play Store.
Panduan Bermain Last Day On Earth Survival Terlengkap

Game ini mirip dengan beberapa game seperti H1Z1 dan DayZ di PC, kamu berperan sebagai seorang Survivor bersama pemain lain (Multiplayer) di tengah kekacauan dunia akibat serangan Zombie.

Permainan dimulai di area antah berantah yang dipenuhi oleh Zombie. Area ini nantinya akan menjadi markasmu. Pelualanganmu sebagai seorang Survivor dimulai dari sini.

Di Last Day on Earth, kamu bisa melakukan banyak hal diantaranya; membuat sesuatu (crafting), membangun rumah, membunuh zombie dan survivor lain, serta mengumpulkan sumber daya untuk bertahan hidup.

Penjelasan Tentang Menu Utama di Last Day on Earth

Sebelum ke penjelasan lebih dalam, ada baiknya bagi kamu yang masih pemula memahami menu-menu di bawah ini terlebih dahulu.
Fungsi Menu Bermain Last Day On Earth Survival

Build House (Ikon Gergaji dan Palu)
Sebuah menu untuk memindahkan furnitur, membangun, dan mengupgrade rumah. Jika kamu ingin mengupgrade rumah, tinggal klik saja menu ini lalu pilih lantai, tembok, atau pintu mana yang hendak kamu upgrade.

Inventory (Ikon Tas)
Di sini kamu melihat barang-barang yang sedang kamu bawa atau pakai. Barang yang bisa dibawa akan diperbanyak kotaknya jika kamu menggunakan Backpack.

Blueprint (Ikon Kunci Pas)
Sebuah menu di mana kamu bisa membuat sesuatu (crafting) apapun untuk keperluan bertahan hidupmu. Kamu juga bisa melihat bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk membuatnya di sini.

Ketika level karakter bertambah satu, kamu akan mendapatkan 2 point untuk membuka barang baru yang bisa kamu kamu buat. Jadi intinya, semakin tinggi levelmu, semakin banyak dan bagus pula barang yang bisa kamu buat.

Shop (Ikon Koin)
Tempat di mana kamu bisa membeli barang/paket secara instan menggunakan koin hasil top up.

Ambush (Ikon Target)
Sebuah menu yang memungkinkan kamu menyerang/menyergap pemain lain dari jarak jauh menggunakan Dragunov Riffle.

Build New Base (Ikon Rumah ada tanda +)
Kamu bisa membuat rumah baru pada area lain, akan tetapi kamu harus membuat Zombie Truck terlebih dahulu.

Clans (Ikon Orang)
Tempat di mana kamu bisa bergabung atau membuat Clan sendiri. Jika kamu ingin membuat Clan sendiri, kamu harus membangun sebuah Radio Tower.

Apabila kamu mempunyai Clan, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan diantaranya:
  • Bisa memperebutkan Pump Jack dan Oil Refineries, di mana tempat-tempat tersebut berisikan sumber daya seperti bebatuan, logam, dan bahan bakar.
  • Kamu akan punya markas Clan.

Penjelasan lebih dalam terkait Clan dan Radio Tower, silahkan baca: Cara Bergabung dengan Clan di Last Day on Earth: Survival

Setting (Ikon Gear)
Di sini kamu bisa mengganti bahasa, mengatur musik, suara, grafik, dan men-disconect akun Google Play-mu jika kamu ingin mengulang dari awal.

Last Day on Earth: Survival World Map

Ada beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi di Last Day on Earth. Namun ada beberapa tempat yang mengharuskan kamu berpindah menggunakan kendaraan seperti ATV dan Helikopter.

Jika kamu ingin berpindah lokasi, kamu harus berjalan ke arah area rerumputan terlebih dahulu. Nanti akan muncul tampilan peta dan beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi (seperti gambar di atas).

Setiap kali kamu berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain, akan membutuhkan waktu beberapa menit untuk sampai, bergantung pada jarak tempuhnya. Akan tetapi, hal ini bisa dipercepat jika kamu menggunakan Energi atau Chopper.

Berikut adalah daftar lokasi yang bisa kamu kunjungi, selain rumahmu sendiri:

Rumah Survivor Lain 

Kamu bisa mampir untuk mencuri barang-barang yang disimpan di dalam rumahnya. Akan tetapi kamu harus membawa beberapa Hatchet, Iron Hatchet, atau C-4 untuk menerobos masuk. Hal ini bergantung dari bahan rumah itu sendiri.

Kalau cuman terbuat dari Pin Log, kamu bisa menghancurkan tembok atau pintunya dengan Hatchet.

Kalau dari Pine Planks, kamu harus menggunakan Iron Hatchet.

Kalau dari Stone Brick, kamu harus menggunakan C-4.

Farming Area

Farming area adalah tempat di mana kamu bisa menaikkan level karaktermu, mendapatkan barang-barang untuk keperluan bertahan hidup, dan membangun rumah.

Akan tetapi, setiap lokasi memiliki tingkat bahaya yang bisa saja membunuhmu, tanda bahaya ini bisa dilihat di atas lokasi tersebut.

1. Zona Hijau artinya tidak berbahaya.
Musuh: Roaming zombie (Major), Fast Bitter, Grey Wolf, Floater Bloaters (jarang sekali) dan Survivor lain.

2. Zona Kuning berarti cukup berbahaya (kamu harus berhati-hati).
Musuh: Roaming zombie, Fast Biter (Major), Toxic Spitter, Grey Wolf, Floater Bloaters, The Big One (jarang sekali), dan survivor lain.

3. Zona merah adalah tingkat bahaya tertinggi, jangan sekali-kali masuk jika tidak mempunyai perlengkapan memadai.
Musuh: Hampir semua jenis zombie ada di sini. Ambush dari Survivor lain.

Beberapa lokasi yang dikategorikan sebagai farming area adalah sebagai berikut:

1. Limestone Ridge
Ancaman: 1 (Zona hijau)
Batu: 1
Kayu: 1
Logam: 1
Loot: 1

2. Limestone Cliffs
Ancaman: 2 (Zona kuning)
Kayu: 1
Batu: 2
Logam: 2
Loot: 2

3. Limestone Spires
Ancaman: 3 (Zona merah)
Kayu: 1
Batu: 3
Logam: 3
Loot: 3

4. Pine Bushes
Ancaman: 1 (Zona hijau)
Kayu: 1
Batu: 3
Logam: 1
Loot: 3

5. Pine Grove
Ancaman: 2 (Zona kuning)
Kayu: 2
Batu: 1
Logam: 1
Loot: 2

6. Pine Wood
Ancaman: 3 (Zona merah)
Kayu (Pine dan Oak): 3
Batu: 1
Logam: 0
Loot: 3

7. Oak Bushes
Ancaman: 1 (Zona hijau)
Kayu Oak: 1
Batu: 3
Logam: 1
Loot: 3

8. Oak Grove
Ancaman: 2 (Zona kuning)
Kayu Oak: 2
Batu: 1
Logam: 1
Loot: 2

9. Oak Wood
Ancaman: 3 (Zona merah)
Kayu Oak: 3
Batu: 1
Logam: 0
Loot: 3

Oak Bushes, Grove, dan Wood hanya bisa diakses jika kamu mempunyai ATV.

10. Infected Forest
Meskipun termasuk dalam zona merah, lokasi ini sangat berbeda dari yang lain. Jangan pernah datang kemari tanpa perlengkapan penuh jika kamu tidak ingin mati. Di sini rumahnya The Big One.
Ancaman: 3
Kayu: 3
Batu: 1
Logam: 0
Loot: 3

11. Wooded Foothills

12. Frosty Backwoods

Angka 0, 1, 2, 3 di bawah kata ancaman adalah indikator dari banyaknya bahan/barang yang tersedia dalam lokasi tersebut. Semakin tinggi angkanya artinya semakin banyak.

Military Bunker (Alfa, Bravo, Charlie, Romeo, dll)

Military Bunker awalnya adalah markas tentara, tapi sekarang sudah jadi markasnya Zombie. Area luarnya tidak ada Zombie sama sekali. Hanya ada beberapa pohon yang bisa kamu tebang.

Pada area ini, semua item yang telah kamu ambil tidak akan diperbarui lagi. Kamu bisa menggunakan loker yang ada di kabinet bangunan utama sebagai tempat penyimpanan barang untuk sementara waktu.

Kamu membutuhkan CAC Card (A-Z) untuk membuka pintu masuk utama bangunan Bunker.

Daftar CAC Card yang terlihat dalam game saat ini:
  • CAC Card A (Alfa), dari zona kuning atau rumah survivor lain dekat Bunker Alfa.
  • CAC Card B (Bravo), dapat dari Loot box zona kuning.
  • CAC Card C (Charlie)
  • CAC Card D (Delta)
  • CAC Card F (Foxtrot)
  • CAC Card R (Romeo), dari event Plane Crash.
  • CAC Card Z (Zulu), dari mengalahkan The Big One.

Bunker Alfa
Saat pertama kali masuk area ini, kamu akan disambut oleh area hijau dan ada mayat tentara di depan pintu masuk utama. Dari mayat tentara tersebut, kamu akan mendapatkan CAC Card A (sekarang tidak ada) yang digunakan untuk membuka pintu bangunan utama Bunker Alfa.

Bunker Alfa memiliki ruang bawah tanah dari level 1 sampai 6 yang bisa diakses melalui Vault Door. Di ruang bawah tanah tersebut banyak sekali jebakan dan Zombie kuat yang berjaga-jaga.

Dari membunuh Zombie tersebut, kamu akan mendapatkan kupon berwarna hijau, kuning, dan merah yang bisa ditukar dengan koper berisi barang berharga.

Khususnya senjata dan bahan-bahan untuk membuat kendaraan seperti Chopper, ATV, dan Helikopter. Sayangnya dapatnya hoki-hokian.
Kode Vault Bunker Alfa Last Day On Earth Survival

Untuk memasuki ruang bawah tanah tersebut, kamu membutuhkan Kode Vault yang diganti setiap 2 hari sekali. Hal ini juga menandakan bahwa zombie yang telah kamu kalahkan direset ulang.

Kode ini bisa didapatkan dari:
  • CB Radio
  • Mayat tentara yang ditandai x berwarna merah di Farming Area (Random)

Kode Bunker Alfa Update Today

Kamu juga bisa melihat Kode Vault Door Bunker Alfa (Daily Update) di sini. Jika sudah terlanjur ke Bunker Alfa tapi lupa melihat kodenya di CB Radio:

Pasword: 78948
Digunakan untuk tanggal: 16 sampai  18 Desember 2017. Pukul 06.00.

Baca juga: Panduan Bermain Bunker Alfa Mode Hard di Last Day on Earth: Survival

Bunker Bravo
Penampakan area luar dari Bunker Bravo sama dengan Bunker Alfa, hanya saja di sini terlihat lebih gersang. Kamu membutuhkan CAC Card B untuk membuka pintu masuk utama Bunker.

Tidak seperti Bunker Alfa, Kamu harus mencari CAC Card B sendiri di farming area zona kuning dan merah, biasanya didapat dari Loot Box. Bisa juga didapatkan dari event Air Drop Supply.

Hati-hati jika kamu ingin ke Bunker Bravo karena kamu akan disambut langsung oleh banyak sekali zombie, setelah membuka pintu bangunan utama Bunker. Di sana dijaga 15 Fast Biter, 1 Floater Bloater, dan 1 Toxic Abomination.

Ruang bawah Bunker Bravo tidak bisa dimasuki karena mesin yang digunakan untuk membuka Vault Door rusak.

Perlengkapan minimal yang harus dibawa:

Senjata: 1 Glock 17 dan 1 Machete (main aman) atau 2 Machete dan 1 Full Durability.
Armor: Tactical Armor Full Durability (main aman) atau di bawahnya juga tidak masalah kalau tidak punya.
Makanan: 20 Carrot Stew dan sedikit tambahan makanan atau obat.
Minuman: Bottle of Water

Bunker Charlie (Belum Bisa Diakses)
Bunker Charlie terletak pada sebuah pulau di tengah laut. Untuk menuju ke sana, kamu harus mengendarai sebuah Helikopter. Kamu membutuhkan CAC Card C untuk masuk Bunker Charlie. Kartu ini bisa didapatkan di loker Bunker Bravo.

Catatan: Jangan masuk ke Bunker Alfa, Bravo, dan Charlie jika kamu tidak mempunyai persiapan yang matang. Persiapan ini meliputi strategi, senjata, armor, obat, minuman dan makanan yang lengkap!.

Pump Jack (Belum Bisa Diakses)

Di sini kamu bisa mendapatkan Limestone dan logam. Namun, kamu harus bergabung dengan Clan terlebih dahulu untuk mengakses tempat ini.

Watch Tower

Watch Tower adalah lokasi baru yang bisa diakses tanpa menggunakan ATV pada update 1.6.0. Jika kamu mampir ke tempat ini, kamu dapat membuka beberapa area rahasia yang sebelumnya tidak teridentifikasi di peta. Namun, hal ini tidak semudah kedengarannya.

Ketika kamu masuk ke area ini, kamu membutuhkan Crowbar (linggis) untuk membuka pintu yang bertuliskan "Keep Out" yang di dalamnya ada beberapa Floater Bloater dan Toxic Abomination yang berjaga-jaga.

Untuk mengaktifkan Watch Tower kamu harus membuat sebuah Electric Generator yang sudah tahap finalisasi. Kamu juga membutuhkan Chopper untuk membawa Generator itu dari rumahmu ke Watch Tower.

Jadi, saya sarankan kamu membuat dan membawa Crowbar, Electric Generator, dan beberapa senjata api sebelum mampir ke lokasi ini.

Ketika kamu meletakkan Generator yang sudah tahap finalisasi di Watch Tower, akan ada banyak Zombie lagi yang datang menyerangmu. Hal ini dikarenakan suara berisik dari Generator menarik perhatian mereka.

Setelah itu, kamu bisa mengakses Watch Tower sepenuhnya dan membuka zona baru yang mempunyai musim Winter.

Sebagai tambahan, di area Watch Tower ini kamu juga bisa mendapatkan Oak Log dengan cara menebang pohon Oak menggunakan Iron Hatchet.

Event di Last Day on Earth: Survival

Dalam waktu-waktu tertentu (random) akan ada event di dalam Last Day on Earth. Di peta, umumnya akan nampak tanda seru berwarna biru.

Beberapa diantaranya akan memberikan keuntungan besar kepadamu, jadi jangan sampai ketinggalan ketika event tersebut muncul, waktunya sangat terbatas soalnya.

Berikut adalah daftar event tersebut:

Humanitarian Air Drop Supply
Humanitarian Air Drop Supply Last Day On Earth Survival

Tentara menjatuhkan kotak bantuan berisikan barang berharga seperti senjata dan item crafting untuk kebutuhanmu. Barang-barang berguna untuk crafting kendaraan juga bisa kamu dapatkan dari sini.

Di sini akan ada banyak Zombie yang berjaga-jaga dan sering respawn tiba-tiba. Jadi berhati-hatilah. Siapkan juga perlengkapanmu sebelum menuju ke tempat jatuhnya kotak.

Plane Crash
Plane Crash Last Day On Earth Survival

Ada pesawat jatuh artinya berkah dalam game ini. Kamu bisa mendapatkan banyak sekali barang berharga seperti senjata, full armor, item crafting dari insiden tersebut.

Penjagaan areanya juga tidak ketat seperti Air Drop Supply, palingan cuma ada Roaming Zombie dan Grey Wolf. Jadi tidak perlu bawa banyak perlengkapan ketika ingin pergi ke event ini. Kalau bisa tidak usah bawa apapun.

Sayangnya, event ini hampir tidak pernah muncul lagi jika kamu mencapai level 35 ke atas.

Zombie Horde
Setiap 24 jam sekali, akan ada segerombolan Zombie yang mengarah ke rumahmu. Jika kamu menetap di rumah saat event ini terjadi, kamu akan melihat banyak sekali Zombie yang hendak menerobos masuk rumahmu.

Jika rumahmu masih terbuat dari Pine Log dan tidak ada jebakannya sama sekali, akan sangat mudah bagi mereka untuk menghancurkan rumahmu.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidak menghadang dan melawannya mereka. Cukup jangan masuk ke area rumahmu dan offline sampai mereka lewat. Zombie Horde hanya akan menghancurkan 1 tembok rumahmu.

Update 1.5.6: Zombie Horde akan tetap menghancurkan banyak sekali (mencapai 5 atau lebih) tembok Pine Log rumahmu meskipun kamu offline.

Dealer
Dealer akan muncul setelah kamu membuat CB Radio. Dia akan menawarimu untuk bertukar barang yang dia inginkan, apa yang dia minta ini sifatnya berubah-ubah.

Barang yang dia minta akan ditukar dengan Weapon Crate miliknya. Kotak ini berisikan senjata random.
Dealer Last Day On Earth

Kamu bisa menyerang Dealer, namun kamu akan diserang balik olehnya menggunakan senjata M16. Jadi jangan macam-macam, haha.

Healer
Healer akan muncul di rumahmu setiap 1 hari sekali setelah Zombie Horde. Dia akan memberimu pilihan makanan, setelah kamu memakan salah satunya, kamu harus menonton sebuah iklan.
Healer Last Day On Earth

Makanan tersebut mempunyai efek sebagai berikut:

1. Brainweed Seeds: Exp yang kamu dapat akan meningkat 100 % (Dikalikan 2).
2. Herbal Mix: Damage serangan menggunakan tangan akan meningkat sebesar 30 %.
3. Infected Venison: Damage serangan senjata pertarungan jarak dekat akan meningkat sebesar 20 %.
4. Muddy Broth: Kesempatan menemukan bagian-bagian kendaraan akan meningkatkan sebesar 5%.
5. Muscle Vines: Me-restore energi sampai maksimal (100).
6. Strange Berries: Kesempatan menemukan sebuah senjata meningkat sebesar 5%.
7. Dan lain lain.

Efek ini hanya berlaku 1 jam, kecuali Muscle Vines.

Trik: Jika kamu sudah mempunyai kupon yang siap ditukar dengan koper berisi senjata, bagian kendaraan, dan armor di Bunker Alfa, jangan ditukar dulu kuponnya!

Jika kamu ingin mendapatkan tangki atau setang motor dengan cepat, makanlah Muddy Broth dari Healer terlebih dahulu sebelum menukar kupon di Bunker Alfa untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan bagian kendaraan.

Meskipun hanya menambah 5% kemungkinan, namun angka tersebut sangatlah berarti. Jika kamu melakukan hal ini, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan bagian terpenting dari crafting kendaraan yang sulit sekali didapatkan.

Cara ini juga berlaku untuk Strange Berries jika kamu ingin mendapatkan banyak senjata api.

Rest Stop
Ini adalah event baru yang muncul pada update 1.5.8. Tapi untuk menuju ke tempat event, kamu harus mempunyai sebuah Chopper. Hampir mirip seperti Plane Crash, di sini kamu bisa mendapatkan barang-barang yang cukup berharga.

Bedanya, tempat ini sangat berbahaya. Ketika kamu mengunjungi event ini, akan ada 4 kemungkinan yang terjadi.

Pertama, kamu akan disambut oleh 1 Survivor (NPC AI) yang mencoba mengarahkanmu ke 2 temannya. Namun ketika sampai, kamu akan dibegal oleh mereka.

Kedua, salah satu dari Survivor akan mendatangimu untuk minta tolong karena temannya dikepung oleh segerombolan zombie. Mereka tidak akan menyerangmu kecuali kamu menyerang mereka atau mengambil sesuatu dari mereka.

Ketiga, Akan Ada 3 Survivor. 2 berdiri di dekat Chopper dan 1 lagi berburu rusa. Survivor ini tidak rela ketika kamu memasuki area event ini karena ada banyak rusa untuk diburu. Jadi dia menyuruhmu untuk pergi dari area event.

Keempat, ada 2 grup Survivor (jumlah total 8 orang). Mereka ini sedang memperebutkan sesuatu. Jika kamu tidak mengganggu mereka, mereka akan saling serang satu sama lain. Adapun sisa pengendara yang selamat bisa kamu bunuh dengan mudah. Ini adalah bagian event Rest Stop terbaik daripada yang lain.

Apapun yang kamu lakukan, bunuh saja mereka semua. Jika kamu berhasil mengalahkan mereka, kamu bisa mengambil barang-barang mereka, baik yang dibawa atau ditaruh di motor. Oleh karena itu, siapin senjata, makanan, dan obat terlebih dahulu sebelum masuk ke area event ini.

Wrecked Ship

Smuggler's Camp

*(Klik untuk informasi lebih lanjut)

Cara Memunculkan Event Rest Stop, Humanitarian Air Drop Supply, Plane Crash, dan Dealer

Event-event ini akan muncul jika energi yang kamu memiliki sedang sedikit (30 ke bawah) atau ketika kamu keluar masuk area. Jadi, berikut adalah tips yang bisa saya berikan:

1. Dari rumahmu, Pergilah ke lokasi paling jauh di peta. Ingat, kamu harus mempunyai energi berjumlah 100. Gunakan energi untuk mempercepat perjalanan.

2. Farming dulu di tempat tersebut agar energi yang terbuang tidak sia-sia. Ketika kamu keluar area ini, ada kemungkinan salah satu event akan langsung keluar. Namun jika belum, lanjut ke langkah berikutnya.

3. Kembalilah ke rumahmu, gunakan energi untuk mempercepat perjalanan.

4. Masuklah ke rumahmu untuk meletakkan barang-barangmu. Setelah itu, keluarlah dari area rumahmu.

5. Salah satu dari ketiga event di atas akan muncul.

Tips: Jika kamu tidak punya cukup energi untuk mempercepat perjalanan menuju lokasi event, tontonlah iklan. Pilih lokasi tertentu, tekan gunakan energi, tonton iklan, dan energimu akan bertambah 15 poin.

Panduan Bertahan Hidup di Last Day on Earth: Survival

Bertahan hidup adalah inti dari game ini. Setiap detik waktu yang kamu buang sangatlah krusial. Jika kamu gagal bertahan, kamu akan mati sia-sia.

Barang-barang yang sudah kamu dapatkan akan menghilang selama-lamanya kecuali jika kamu mati pada area tertentu seperti Rumahmu, Mlilitary Bunker, Humanitarian ADS, dan Crashed Plane.

Jika mati di situ, Kamu masih memiliki kesempatan untuk mengambil barang-barangmu kembali dari mayatmu sebelumnya. Untuk area event, kamu harus mengambilnya kembali sebelum event tersebut hilang.

Ada beberapa hal yang dapat membuat kamu meninggal, yaitu kelaparan, dehidrasi, terkena gas beracun (hanya terjadi di Bunker), kedinginan, dibunuh oleh Zombie dan Survivor lain.

Ketika karakter mulai lapar dan haus, nanti akan ada tulisan " I'am Hungry atau I'am Thristy" dan sebuah ikon akan mulai muncul di atas kepalanya. Jika tingkat lapar dan haus mencapai 0, kamu akan mulai kehilangan Healt Point (HP) dan akhirnya mati.

Saya ingatkan juga bahwa poin kelaparan dan kehausan ini turunnya sangat cepat, makanya kamu harus siap sedia makanan dan air minum setiap saat.

Cara Mendapatkan Makanan

Makanan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu makanan mentah dan matang. Perbedaan signifikan dari keduanya adalah banyaknya HP atau Poin lapar/haus yang bertambah ketika dimakan.

Kalau makanan mentah, nambahnya sedikit banget, berbeda jika sudah dimasak (matang), nambahnya akan lebih banyak.

Jadi usahakan untuk memasaknya terlebih dahulu jika memungkinkan, namun jika tidak, ya makan saja mentah-mentah.

Berikut adalah daftar makanan di Last Day on Earth dan cara mendapatkannya. 

1. Berry
Berry bisa didapatkan dengan mudah dari Farming Area. Pada peta akan tampak gambar tumbuhannya.

HP: +5
Lapar: -2
Haus: -1

2. Berry Tea
Kamu harus membuat Campfire terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Untuk membuat Campfire dibutuhkan 5 Pine log, 5 Limestone, dan 1 Plant Fiber.

Tinggal letakkan saja Berry di Campfire dan isi bahan bakarnya dengan kayu, selang beberapa menit Berry Tea akan siap diseduh.

HP: +0
Lapar: - 5
Haus: -30

3. Carrot
Kamu harus membuat Garden Bed untuk mendapatkan Wortel. Diperlukan material berupa 5 Pine Log dan 1 Plant Fiber untuk membuat Garden Bed.

Sedangkan untuk bibit Wortelnya, bisa didapatkan ketika kamu mengambil Plant Fiber di Farming Area.

HP: +15
Lapar: -25
Haus: -5

4. Carrot Stew
Masaklah Wortel dengan bantuan Campfire.

HP: +20
Lapar: -25
Haus: -5

5. Raw Meat
Daging mentah didapatkan dari berburu hewan (rusa) atau serigala di Farming Area. Untuk membunuh seekor rusa, kamu harus mengendap-endap dengan cara klik ikon yang terletak di pojok kanan bawah layar, kemudian setelah dekat, baru seranglah dia.

HP: +7
Lapar: -5
Haus: -5

6. Juicy Steak
Masaklah Daging mentah dengan bantuan Campfire.

HP: +20
Lapar: -30
Haus: -5

7. Jerky
Kamu hanya perlu meletakkan Daging mentah di Meat Dryer untuk membuatnya. Dibutuhkan material berupa 5 Pine Plank, 12 Rope, dan 10 Limestone untuk membuat Meat Dryer.

HP: +20
Lapar: -40
Haus; -5

8. Baked Bean
Kamu bisa mendapatkannya dari Loot Box di Farming Area.

HP: +15
Lapar: -25
Haus: -5

Tips: Buatlah secara berurutan 2 Garden Bed, 2 Campfire, dan 2 Meat Dryer, jika memang kamu sudah bisa membuatnya. Saya pastikan kamu akan terhindar dari mati kelaparan.

Baca juga: Bahan Bakar Paling Efisien di Last Day On Earth: Survival

Cara Mendapatkan Air

Air bisa didapatkan dengan mudah jika kamu membuat Rain Catcher. Kamu hanya memerlukan 10 Pine Log, 3 Piece of Cloth, dan 2 Scrap Metal untuk membuatnya.

Meskipun di dalam game sendiri tidak terjadi hujan, kamu tetap bisa mengisi air dengan alat tersebut. Kamu hanya perlu meletakkan botol kosong di Rain Catcher, selang beberapa menit, botol tersebut akan terisi penuh oleh air yang bisa diminum (Haus: -50).

Jika kamu tidak punya botol airnya, kamu bisa mendapatkannya dari kotak atau tas (Loot Box) di Farming Area, Air Drop Supply, Crashed Plane, Military Bunker atau mencuri dari rumah Survivor lain.

Selain air dalam botol, kamu bisa meminum Beer dan Berry Tea untuk meredakan dahaga untuk sementara waktu. Tapi hati-hati, jika kamu minum Beer, kamu akan langsung kebelet pipis.

Tips: Jangan buang botol kosong. Buatlah 2 Rain Catcher agar ketersediaan air minum melimpah.

Cara Mengalahkan Zombie dan Survivor lain

Sebenarnya untuk mengalahkan mereka sangat mudah jika kamu punya senjata, armor, dan persediaan makanan yang lengkap. Main rambo aja pasti menang. Nah bagaimana kalau punya perlengkapan pas-pasan atau bahkan nggak punya sama sekali?

Pastinya membutuhkan strategi dan teknik untuk bertahan. Di sini saya akan jelaskan beberapa diantaranya:

1. Gunakan teknik mengendap-endap
Kamu bisa mengendap-endap dengan cara menekan ikon yang terletak di pojok kanan bawah. Gunakan teknik ini untuk memudahkanmu membunuh zombie satu per satu. Damage akan dikalikan 3 kali lipat jika kamu menyerang musuh secara diam-diam.

2. Tarik perhatian Zombie satu per satu
Kadang-kadang, ada zombie yang jaga-nya bergerombol 3 orang atau lebih. Sehingga teknik mengendap-endap tidak bisa digunakan.

Jadi kamu perlu menarik perhatian mereka satu per satu agar mengejarmu dengan cara berjalan seperti biasa. Kamu juga bisa menggunakan panah sebagai opsi lain. Jika salah satu dari mereka melihatmu, dia akan mengejarmu.

Dengan mengalahkan mereka satu per satu akan lebih mudah daripada melawan mereka secara bersamaan.

3. Pindah area dulu jika kamu dikepung oleh Zombie dan Survivor lain
Kalau cuman ada 1 zombie dan 1 Survivor jangan takut untuk melawannya. Namun jika zombie terlalu banyak yang mengejar, bahkan ada Survivor lain juga, lebih baik lari pindah area saja.

Baru setelah aman, masuklah kembali ke area tersebut. Setidaknya Zombie yang menyerangmu akan kembali ke posisi awalnya (tapi tetap akan mengejarmu) dan Survivor yang memburumu tadi akan hilang.

Tapi jika kamu yakin bisa mengalahkan mereka, ya silahkan dilawan saja. Karena memang ada beberapa Survivor yang memiliki barang bawaan yang berharga, jadi sayang untuk dilewatkan.

Catatan: Beberapa jenis Zombie membutuhkan cara khusus untuk mengalahkannya.

Panduan Farming Material di Last Day on Earth: Survival

Kamu akan melakukan banyak sekali Farming material dalam game ini. Hal ini juga bertujuan untuk menaikkan level dengan cepat. Jadi diperlukan cara yang tepat untuk farming. Langkah-langkah yang sering saya gunakan adalah seperti ini:

1. Tentukan lokasi Farming
Saya sarankan untuk farming di zona hijau atau kuning saja, jangan sampai ke merah. Kalau tujuan kamu untuk farming bahan saja, pilih zona hijau. Kalau mau sekalian naikin level karakter, saya sarankan kamu pilih zona kuning. Tapi kalau memang bahan tersebut hanya ada di Zona merah, ya terpaksa kamu harus Farming di sana.

Selain itu, pilihlah lokasi yang berisikan bahan yang kamu butuhkan. Jika kamu butuh kayu (Pine Log), pergilah ke Pine Bushes atau Pine Grove. Jika kamu butuh Limestone atau Logam, pergilah ke Limestone Ridge atau Limestone Cliffs. Jika kamu butuh Oak log, pergilah ke Oak Bushes, Grove, dan Zona merah.

2. Siapkan peralatan sebelum berpindah dari rumah
Berikut ini adalah barang-barang yang setidaknya harus kamu bawa:

Alat Farming: Hatchet atau Pickaxe
Senjata: Spear (Zona hijau), Senjata Melee dengan damage 30 ke atas (Zona kuning), dan Senjata api untuk Zona merah.
Armor: Shirt, Cargo Pants, Dad Hat, dan Sneakers atau lebih baik (tidak wajib untuk zona hijau).
Makanan: Carrot Stew, Juicy Steak, atau Jerky bawa maksimal 20 (Pilih salah satu saja)
Minuman: Bottle of Water atau Berry Tea

Selain barang di atas, apalagi barang berharga, taruh di rumah saja, jangan dibawa.

3. Kalahkan semua Zombie penjaga dan Survivor lain (jika ada)
Ketika kamu sudah memasuki lokasi yang kamu pilih, kalahkan zombie penjaganya terlebih dahulu. Caranya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

4. Gunakan fitur "Auto" untuk Farming
Jika semua Zombie sudah terkalahkan, gunakan fitur "Auto" yang terletak di pojok kiri bawah layar untuk memulai farming. Kamu tinggal menunggu saja sampai semua barang dan sumber daya alam terambil.

Jika inventory penuh, jangan ragu untuk menghapus barang yang sudah tidak diperlukan. Kamu juga bisa manfaatkan Loot Box di area tersebut untuk memindahkan barang untuk sementara waktu.

5. Pastikan kembali bahwa kamu sudah mengambil semua item di area Farming ini
Selain dengan cara mengaktifkan fitur Auto, juga bisa dengan melihat peta di pojok kanan atas. Jika masih ada ikon pohon, batu, tumbuhan, bulatan berwarna kuning, dan tanda x di peta, Itu artinya ada barang/item yang belum terambil.

6. Kembalilah ke rumah, taruh item di kotak penyimpanan atau gunakan langsung. Ulangi langkah 1 sampai 5.

Tips dan Trik Bermain Last Day on Earth Survival lainnya

  • Jangan gunakan makanan/obat ketika hendak naik level karena Healt Point-mu akan terisi penuh kembali.
  • Upgrade rumahmu agar bertahan dari serangan Zombie dan menghindari pencurian item oleh Survivor lain.
  • Jika kamu ingin membuat Chopper, kamu harus mengupgrade lantai menjadi level 2 dulu karena ini dibutuhkan untuk meletakkan projek membuat Chopper.
  • Letakkan barang atau makanan di Kantong (Pocket) untuk penggunaan cepat.
  • Jika kamu ingin melihat deskripsi item, tekan dan tahan tepat pada item yang kamu inginkan, nanti akan muncul penjelasan singkatnya.
  • Pastikan kamu mandi jika terkena muntahan dari Toxic Spitter, agar bau badanmu tidak menarik perhatian zombie.
  • Ketika bertarung 1 vs 1 dengan musuh, menebang pohon, memecah batu, dll, tahan saja tombol aksinya, tidak perlu menekannya berulang-ulang.

FAQ

Q: Min saya ingin main game ini, gimana cara download-nya?
A: Gunakan link ini sob, Android: goo.gl/JQu42X,  IOS: goo.gl/wnUkgA

Q: Saya masih pemula, apa yang harus saya lakukan ketika awal bermain?
A: Farming material, Naikin Level, Buat Rain Chatcher, Garden Bed, Campfire, dan Bangun rumah pertamamu.

Q: Bagaimana cara saya merubah nama?
A: Klik di sini sob.

Q: Min sesudah game ini rilis, nggak beta lagi, apakah semua progres akan direset ulang?
A: Saya kurang tau mengenai itu. Tapi yang namanya tahap beta, ya kemungkinan besar direset ulang, apalagi levelnya. Saran saya, jangan terlalu intense (terlalu sering) main dulu biar nggak cepat bosan dan nggak kecewa kalau progresnya direset. Baik direset atau enggak nantinya, seenggaknya kamu sudah punya pengalaman bermain. Itu yang penting.

Q: Apa benar kalau kita curi barang dirumah survivor lain, bisa dicuri balik oleh pemain lain? Jadi, pencuri dicuri oleh pencuri gitu.
A: Untuk saat ini tidak akan ada yang mencuri.

Q: Survivor yang nyerang kita itu pemain lain kah?
A: Dia bukan pemain, melainkan hanya NPC AI (Artificial Intelligence).

Q: Min saya mau buat Berry Tea, tapi kok waktu jadinya nggak jalan-jalan ya?
A: Itu karena jumlah Berry yang kamu taruh di Campfire kurang dari 3.

Q: Apakah benar kalau kita buka Weapon Crate dari Dealer di box event Airdrop selalu dapat senjata api?
A: Tidak, itu hanya mitos, saya sudah coba sendiri dan tidak selalu dapat senjata api.

Q: Bagaimana Cara mendapatkan atau menyalakan api?
A: Klik di sini untuk penjelasan lengkapnya.

Itulah Panduan Bermain Last Day on Earth: Survival Terlengkap. Jika ada sesuatu yang baru atau salah, artikel ini akan diupdate segera. Oh ya, buat yang mau nambahin tips dan trik, silahkan komen saja di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Baca juga: Panduan Bermain Yu-Gi-Oh! Duel Link Terlengkap

Anda mungkin menyukai postingan ini

191 komentar

  1. Unknown
    gimana caranya mandi jika terkena muntahan dari Toxic Spitter
    • Muafiach
      Kamu buat dulu shower lewat blueprint. Bahan untuk membuatnya 10 Pine log, 1 Piece of Cloth, dan 3 Iron ore. Untuk mandi, kamu harus punya 2 botol berisi air.
  2. Febri
    Gan mau tanya dong, gue main ini game, pas gue pergi ke bunker alfa di lantai 1 nya bisa di eksplor tapi pas mau naik life untuk ke lantai selanjutnya gak bisa, lift nya rusak gitu, kurang power pemberitahuannya. Itu gimana ya gan cara benerinnya?
    • Muafiach
      Itu karena Smartphone yang kamu gunakan tidak support sob. Mungkin juga karena baterainya tinggal dikit. Tapi setau saya klo muncul tulisan itu pas naik lift dari lv 1 bunker alfa, itu artinya HP tidak support.
  3. i^m-newbie
    Gan mau nanya.. Saya pengen masuk bunker bravo,, rencananya pengen nyari tangki motor :'v .. Itu gmana masuknya ya ? Zombie udh ane tewaskan semua.. Kalau bisa kasi tau dong tempat tanki motor sama spionnya :v
    • Muafiach
      Bunker Bravo ruang bawah tanahnya nggak bisa/belum bisa dimasuki sob. Mesinnya rusak yg buat buka Vault. Bagian-bagian motor buat Crafting Chopper saat ini masih ngandelin Bunker Alfa. Dari nukerin kupon berwarna kuning merah di lv 1 Bunker Alfa. Nah itu dapetnya hoki-hokian.
  4. Archryzt
    Beh Mantep Masih Anget Artikelnya 😅
    Btw , Bnyak Item Yg Butuh "Oak Atau Ash Wood" Dan Butuh Transport , Tp Transpotpun Nggak Jadi-Jadi , Udh Lvl 40 , Jadi Looting Barang Nyicil Transport Cuma Dari Bunker Yah?? Btw Susah Bunkernya , 😅
    D Artikel Sebelah Ada Fitur Trade , Itu Dmna Yahh?? Makasih Bang. 😅
    • Muafiach
      Sebenarnya bisa lewat curi dari rumah survivor lain atau zona kuning atau merah sob, developernya sendiri yg bilang lewat AskDev. Tapi itu jarang sekali didapatkan. Apalagi bagian inti dari bagian kendaraan, misal setang atau tangki.

      Iya, butuh pengalaman juga buat slesain Bunker Alfa.

      Ya mungkin aja ada kedepannya, tapi saya kurang tau itu. Wkwk
    • Unknown
      Bunker alfa lantai 2 cara ngalahin big one gmn sob
    • Muafiach
      @ Dadan Ahmad Emang udah bisa masuk ke ruangannya sob? 😂
  5. Unknown
    Min barusan ane ke markas zombie yg zona merah paling ujung, kenapa klo pake senjata api gk mempan buat ngalahin si zombi berotot alias the big one tpi klo pake senjata palu si thor bisa cuman nguranginnya -1 sedangkan HP nya 1000, gimana nih ada tips atau trick gk buat ngalahin si zombi the big one itu
    Thx sebelumnya
  6. Muafiach
    Saya rasa untuk saat ini The Big One tidak untuk dibunuh. Lagi pula nggak Worth it banget. Dalam game sendiri belum banyak senjata atau armor yang bisa dibuat. Iya dia kebal sama mini gun atau Ak47 (Damage cuman -1).

    Ada beberapa teori sih yang ada dipikiran saya.

    1. The Big One Bakal di-nerf.
    Memang hampir mustahil ngalahin The Big One untuk saat ini, jadi menurut saya, akan ada nerf buat The Big One ini. Baik itu kebalnya atau HP-nya yang diturunin.

    Misal kita asumsikan nggak di-nerf selamanya sama si Kefir.

    1. Bakal ada senjata khusus atau lebih baik dari senjata sekarang untuk ngalahin The Big One.

    2. Saat Multiplayer rilis, kamu bisa mengajak teman atau satu Clan untuk rame-rame ngalahin The Big One jadi lebih mudah.

    Jadi nggak usah khawatir, pasti kamu akan bisa ngalahin kedepannya. Tapi nggak saat game-nya versi Beta.

    Tapi klo pengen ngalahin sekarang saran saya atau saran beberapa member yang saya lihat di forum LDOE.

    Bawa:
    1. 7-9 Shotgun (Damage 3) + VSS Ventorez?
    2. Swat armor (2 lapis)
    3. First Aid Kit+Makanan untuk sisa slot.

    Tips: Main di ujung area, ketika The Big One deket tembak sekali, lari ganti lokasi. Masuk lagi ulangi.
    • Unknown
      Izin sharing pengalaman, saya udah bisa bunuh the big one 3x, 2x di sarangnya dan 1x dizona merah. Yg p1 saya pake senjata mesin dapet dari bunker alfa (agak berat jalannya jadi lambat) dan kedua ketiga saya pake vss ventorez (damage 2). Strateginya main di tepi zona, serang dan keluar masuk lagi, siapin healing/ medis d short control. Dan kalo mati cuma dapet zulu card warna merah, sampe skrg blm tau kegunaannya
  7. Unknown
    Gan, saya pergi ke rumah survivor lain yang paling ujung, ada ATV yang masih tahap pengerjaan, sama di halaman nya ada chopper,
    Apakah chopper itu bisa dicuri atau gimana sih
    Cara nyuri chopper tersebut
    • Muafiach
      Nggak bisa dicuri sob, klo itu Chopper cuman bisa diambil bensinnya doang. ATV nggak bisa diapa-apain juga sob. Klo pengen bahan kendaraan itu bisanya yg dari Box-nya.
    • Unknown
      Mungkin kalo chopper survival lain itu kalo di isi full tank bensin nya dan di repainting apa bisa di bawa pulang gan?
      Lagian dapat cat buat repainting nya jg susah bgt gan, saya cuma punya satu yg warna biru. Buat nge-repainting nya di butuhkan 5kaleng cat. Gimana tu gan?
    • Muafiach
      @ Septina Arnelis tetep nggak bisa, sekarang kalau mau dpt gas tank buat Chopper lebih gampang karena ada sistem raider.
  8. Unknown
    Kalau rumah kita di kroyok zombie, chest sama item di dalam nya hilang gak gan?
    • Muafiach
      Zombie Horde nggak bisa hancurin Box sob. Dia juga nggak bisa hancurin tembok lv 3 dalam sekali serang. Tapi klo kena serangan berkali-kali tembok lv 3 pun bisa aja hancur. -AskDev 6 September 2017.
  9. 18 Th Baam
    Memang tunngu harus naik level dulu supaya dapat learn point. kalau iya levelnya batasnya tertinggi sampai berapa gan.
    • Muafiach
      Iya harus, saat ini max level 99 sob.
  10. Unknown
    Min,sy dah nyangkut daerah awal doang sisanya butuh transport tp barang" nya susah banget dapetin nya.. Ada saran ga? Dah level 67 nih tp ya cuman gini" doang
    • Muafiach
      Yah, jangankan level segitu yang level 99 aja saya yakin masih banyak yang berkutat di Bunker Alfa wkwk. Ya wajar sob ini game belum sepenuhnya rilis. Tunggu Big update ke depan barang kali banyak yang baru.
  11. abi febrian
    masbro cara pasang radio tower gmana
    • Muafiach
      Nggak bisa untuk saat ini sob, meskipun kamu bisa buat sekarang, nggak akan bisa ditaruh di manapun.
  12. Aliet
    Salam kenal bro.
    Begini, pas sy lagi balik ke home, tiba2 ditengah para zombie2 mati deh, pas saya revive ... eh harus ngulang dari awal lagi, koq bisa gitu ya? Apa ada cara restore profil yang lama?
    Kalau ganti hp, bisa main dengan profile yang lamakah dari hp yg satunya?
    Terima kasih.
    • Muafiach
      Lah itu kok bisa langsung mati, balik pas zombie horde? Emang awalnya level berapa sob?. Kalau udah konek ke Google Play Account, klo mati, pindah hp (Android), atau apapun pasti nggak akan kereset.
  13. Unknown
    skill apa aja yg di butuh kan saat lvl tinggi mohon pencerahan nya supaya kalau sudah reset tidak salah lagi
    • Muafiach
      Skill yang sampean maksud ini apa ya sob? Skill main atau mungkin point blueprint?

      Skill bertahan hidup yang paling dibutuhkan untuk main game ini, mau level berapapun kamu. Baik bertahan hidup dari pemain lagi, NPC, atau zombie ketika Farming di Zona merah atau Bunker.

      Coba diperjelas lagi pertanyaannya sob biar nggak bikin salah paham 😂.
    • Unknown
      Mungkin maksud dia gini min...
      Kira2 apa aja yg di ambil blueprint nya saat sudah lvl 99

      Supaya nanti pas sudah release open beta nya ...dia jadi ga salah ambil
    • Muafiach
      @ Yogi Goy Setelah saya baca berulang-ulang, kayaknya iya itu yang dimaksud 😂
  14. Rayhan Rachman
    Perkiraannya barang apa saja yang muncul saat rilis sepenuhnya dan kapan kira2 sudah gak beta lagi?
    • Muafiach
      Wah kalau itu sih saya kurang tau pastinya sob. Awal tahun 2018 kali baru rilis full.

      Perkiraan apa saja yang baru:

      1. Lokasi baru (pelabuhan, kota, dll)
      2. Musim baru (Winter untuk kedepannya)
      3. Musuh baru (Modifikasi FG untuk musim Winter)
      4. Sistem/fitur baru (mancing, dll)
      5. Beberapa barang yang ada di blueprint mulai banyak yg bisa dibuat/akses.

      Dan masih banyak lagi sob.
  15. Unknown
    Gan, cara masuk overseer room gimana ya? Cari kunci nya dimana ya
    • Muafiach
      Pintunya belum bisa dibuka atau kuncinya belum bisa didapatkan untuk saat ini sob.
  16. Unknown
    Bro, gue mau nanya dong. Nih gue kan abis maen ke tempat survivor lain dan pulang bawa bekal :D nah yg mau gue tanyain, kalo misalnya gue nih abis kecolongan juga, barang2 gue ilang semua apa masih tetep bor? Gue soalnya semalem juga jebol pintu rumahnya tapi bukan pintu pine log, udah gue upgrade gitu, tapi kok barang2 gue engga ada yg ilang ya. Mohon jawabannya, tengkyu.
    • Muafiach
      Kenapa barang-barang kamu nggak hilang? Itu karena saat ini nggak ada yang mencuri. Jadi meskipun rumah kamu nggak ada temboknya pun, untuk saat ini nggak masalah. Tapi untuk kedepannya ya harus ada, kalau bisa diupgrade.

      Saya juga lagi nunggu info baru, ini sebenarnya memang bisa saling mencuri rumah antar player atau tidak. Atau hanya markas clan aja yang bisa Raid. Kalau antar player bisa saling curi (kemungkinan besar bisa), ya pasti barang-barang kita nanti hilang. Ya masak udah dicuri masih ada 😂. Yah lihat aja perkembangan kedepannya sob, hehe.
  17. Unknown
    Min mau tanya bahan2 mau buat tower carinya dmn ya...coz saya udah level 99. Thanks
    • Muafiach
      Jadi gini, untuk saat ini Radio Tower itu nggak bisa dibuat. Kenapa? Karena ada bahan yang belum ada/tidak bisa didapatkan.

      Cara buat Radio Tower itu kan dibutuhkan 8 Oak Plank, 10 Steel Bar, 10 Wiring, dan 25 Scrap Metal. Yang jadi masalah di sini, Oak Plank dan Steel Bar. Bahan dasar material tersebut hanya bisa di dapatkan di lokasi dengan nama "Oak" ex: Bushes, etc, yaitu Oak log dan Steel Swarf.

      Saya yakin kamu udah tau bahwa untuk menuju lokasi tersebut harus butuh ATV untuk saat ini. Setau saya, ada juga material untuk buat ATV yang belum bisa didapatkan.

      Ada masalah lagi, kemungkinan besar ada tahap finalisasi juga untuk buat Radio Tower. Butuh lagi bagian Radio Tower, ex: Dish Atenna dan Signal Amplifier. Itu bisa didapatkan dari zone kuning, merah, dan event Humanitarian ADS.

      Jadi Radio Tower memang tidak bisa dibuat untuk saat ini, kalau pun ada yang bisa, saya yakin dia pake mode. Itupun juga percuma karena nggak bisa diletakkan di manapun Radio Tower-nya.

      Kira-kira itu yang saya tau, CMIIW.
  18. iL Capitano
    Untuk pemula, bener2 sangat membantu artikel ini.. Saya baru main hari ini.. Cuma saya bingung kalo posisi mati karna kelaparan.. Itu saya mulai dr awal apa melanjutkan game sebelumnya dgn char lain ? Trims..
    • Muafiach
      Ya semoga bisa terbantu dengan adanya artikel ini. Mati karena penyebab apapun dalam LDoE, karakter akan ditransportasikan kembali ke rumah dalam kondisi tidak membawa apapun. Pake karakter yang sama dan game-nya tetep lanjut.
  19. Unknown
    min bagi cara penggunaan poin crafting yg baik(skill untuk crafting) soalnya point itu ada yg ngekonsumsi 1 ada yg 2
    • Muafiach
      Lihat kedepannya dulu ada waktu atau nggak buat nulis, wkwk. Intinya gini, kamu gunain aja untuk membuka barang yang kamu butuhkan/menurut kamu akan diperlukan untuk kedepannya.
  20. Unknown
    min cara selesain bunker alfa gimana min. musuh si gendut sekali libas dah koit.sama bisa gak dapet koin tanpa ngecash? dari awal kan 25. makasih min
    • Muafiach
      Kalau pengen lebih jelas mending lihat YouTube sih. Saya juga belum bikin pembahasan lebih dalamnya di sini. Kalau mau ngalahin FG pake senjata jarak jauh jangan melee. Ada jenis FG yang memang sekali pukul mati. Jadi minimal ya pake panah atau Glock 17. Serang > lari > serang lari, gitu terus sambil jaga jarak.

      Berhubung dalam Last Day On Earth nggak ada misi khusus atau harian, jadi nggak bisa dapetin koin tanpa ngecash. Awal doang itu dikasih 25, tapi entah kenapa ntar kok hilang sendiri koinnya jadi tinggal 5 (klo nggak salah).
  21. Unknown
    Min aku lg butuh bahan logam mentah, buat bikin meja fabrikasi kayu. Cara y gimana ya.. nyari y susah dpt y scrap mulu. Sampe mati trus kena zombi padahal bekal y sudah banyak.. eh mati di tempat.. jd ilang semua deh.
    • Muafiach
      Iron ore maksudnya? Kamu Farming aja ke Limestone Ridge, hancurin batu yang ada logamnya pake pickaxe.

      Kalau mau aman ya maling aja ke rumah survivor lain.
  22. Tekno Pandu
    Gan , card bunker alpha saya ilang gara" di kill pemain lain , dapetin lagi dimana yak ? Di mayat yg di bunker alpha ngga ada masa
    • Muafiach
      Kalau tidak salah, di rumah survivor lain yang ditengah itu ada.

      Kalau belum lama mainnya dan nggak pengen ribet cari-cari, mending diulang aja. Tapi coba dulu deh maling di rumah-rumah survivor lain.
  23. Unknown
    Gan ane level 70 uda kucuri semua barang survivor lain ke rumah lawan, tpi pas balek kenapa dinding kujebolkan masih tetap semula 3 rumah lawan kayak gitu, uda gitu barang kucuri semua ga terupdate.
    Apa pemainny enceng main offline atau tdk ada pembaharuan dari developerny, padahal kalau lawan isi barang lagi bisa nyurik lagi wkwkwk
    • Muafiach
      Emang gitu sob, sekarang itu kan cuman rumah kosong NPC. Pernah di reset tapi cuman rumah yang di ujung kiri yg ada chopper-nya. kedepannya kalau memang udah multiplayer ya mungkin bisa nyuri bolak-balik. Tapi pasti lebih sulit wkwk. Bayangin kalau barang-barangmu gantian dicuri semua? Nangis yang ada wkwk
  24. Unknown
    Gan, kalau udah maling di rumahnya survivor lain, tuh rumah bisa di malingin lagi gak ? (Maksudnya ada waktu reset buat base survivor) soalnya maling di rumah survivor lain lebih mudah dapat item-item bagus 😂
    (Jangan ditiru di dunia nyata)
    • Muafiach
      Pernah ke reset kok sob abis update versi brapa gitu saya lupa, tapi rumah survivor yang ujung itu. Klo yang lain kayaknya belum.
  25. Ethical Hacking
    Susah Wak :v kalau sudah tinggi levelnya... Apalagi kalau mati dan barang berharga hilang.. ! Kesel banget gw hahaha
    • Muafiach
      Iya, yang rada ngeselin ketika level tinggi adalah event plane Crash dan Airdrop akan jarang muncul.
  26. Unknown
    Cara manfaatin gold bar gimana yah ? Bingung mau di jual gak tau mau dijual kemana, bukan hanya gold bar Jam tangan, kamera, dan hp fungsinya apa ?
    • Muafiach
      Itu buat ditukar dengan Weapon Crate ke Dealer sob.
  27. Unknown
    Min klo d bunker alfa nglewatin yg senjata otomatis gmna yah? Mohon pencerahannya wkwkwk
    • Muafiach
      Tembak dari jarak jauh pake panah, m16, atau Glock 17 (klo bisa). Bisa sih nekat nyerang pake senjata melee, tapi buang" makanan atau obat.
  28. Unknown
    Bro dlu gua main ud sempet connect google jg, tapi pas reinstall main lagi kok malah balik ke lv awal lagi ya, ini save gamenya gmn sebenarnya?
    • Muafiach
      Kayaknya itu gara" hapus data sebelum uninstall deh. Langsung tanya ke Kefir! Support aja sob dan jelasin detail masalahnya. Kali aja mereka bisa bantu.
    • Unknown
      Gan caranya dapetin connecting rod gmn ya ?
    • Muafiach
      @ Dadan Ahmad Maulana dari event Humanitarian ADS dan Nuker kupon di Bunker Alfa.
  29. Unknown
    pasword buker alfa hari ini apa gan
    • Muafiach
      Kode Bunker Alfa hari ini sudah saya update, 07347.
    • Unknown
      thank's gan
  30. Unknown
    Min, kalo mw kasih nyala campfire dan lain2nya gimana?? Wkwk... Nggak ngerti caranya
    • Muafiach
      Perasaan di atas udah disebutkan deh sob, isi bahan bakarnya dengan kayu. Campire dan Furnace nyalainnya rata-rata pake kayu, termasuk Pine Log, Pine Plank, dan Arang.
  31. Unknown
    Min adakah cheat dalam game ini?
    • Muafiach
      Kalau cheat saya kurang satu sob, kalau mod Last Day On Earth emang ada. Saya kurang tertarik bahas cheat maupun mod game online di blog ini.
  32. Unknown
    Gan gmna caranya gabung clan bikin tower nya aja nggak bisa..??
    • Muafiach
      Ya tunggu Kefir untuk update dan rilis Multiplayer dan Clan dulu sob. Seperti yang saya bilang di artikel ini, game ini belum banyak yang bisa diakses.
  33. Unknown
    Cara buang mayat dari dlm rumah gimana y?
    • Hanz
      Ntar dihilangkan sama Kefir sob sabar aja. Klo nggak ya kamu mati bunuh diri aja di luar rumah biar mayat yang ada di dalam rumah pindah di luar.
  34. Unknown
    Bro mau tanya. Dapetin steel bar, titan bar, dll itu tuh dmna ya? Ane taunya bikin bar dari iron ore sama bauxite doang. Bahan2 lainnya dapetin nya dmna ya? Pokok ny yg ada di recipe pembakaran metal itu gan
    • Muafiach
      Steel Bar sekarang bisa dibuat melalui Refined Melting Furnace Sob. Klo Titan Bar bahannya belum ada kayaknya.

      Untuk buat Titan Bar kamu perlu 1 Iron Bar, 1 Aluminium Bar, 1 Chopper Bar, dan 2 Charcoal. Crafting itu semua lewat Melting Furnace, kecuali Charcoal harus buat di Campfire.

      Iron Bar sama Aluminium bahan dasarnya kamu udah tau kan dapetnya darimana. Kalau bahan dasar copper ore itu dari Winter zone "Wooded Foothills".
  35. Joodan K
    Gan mohon bantuannya, saya udah level 94, udah buat segala proyek tapi belum satu pun selesai, Chopper salah satunya, saya udah buat lama, padahal saya udah liat yt berkali kali banyak gamers" yang udah selesai Chopper nya, salah satunya channel "Gamers Sejati" dll, nah Chopper saya kurang 15 engine part, Chooper Fork(setir) , dan Chopper gas tank,, lagian saya juga udah open koper tiket hijau 5 kali, koper tiket kuning 4 kali dan koper tiket merah 3 kali, tapi belum nemu" gas tank ama fork nya chopper gan, gimana ya gan... Mohon bantuan.. Thx
    • Muafiach
      Bisa dibilang itu perjuangannya kurang sob. Ada malah yang udah tukar kupon merah hampir 10 kali lebih belum dapat Gas Tank. Jadi ya gitu main terus di Bunker alfa, pantang nyerah sampai dapat bagian bahan-bahan untuk membuat Chopper.

      Kalau sekarang masih dikira sulit didapatkan, saya rasa Kefir! juga nanti naikin kemungkinan dapat Gas Tank, dll.

      Kalau kamu nggak mau, ada tuh di YouTube yg jelasin cara "reloot" saat nukerin koper di Bunker Alfa. Jadi dia copy file LDoE gitu yg udah ke save saat di diluar Bunker. Kemudian di copy di tempat lain. Nah pas dia mau nukerin itu kupon dan terjadi nggak dapat Gas Tank, dia copypaste lagi file yang di copy tadi di folder awal zombi. Blablabla gitu namanya ane lupa. Jadi dia bisa reloot/tukar ulang kuponnya sampai dapat item yg diinginkan.

      Lebih jelasnya mending lihat YouTube sob.
  36. Joodan K
    Ooo ok ok gan, soalnya game ini cuman saya mainin jarang" karena bukan game utama saya, jadi cuman sekedar, buat infonya thx thx, sudah dapat membantu, terimakasih gan achmad
    • Hanz
      Iya sama-sama. Semoga kedepannya bisa jadi Chopper-nya.
  37. Unknown
    Min cara dapetin OAK dimana lagi selain di WATCH TOWER ?
    • Hanz
      Zona merah untuk saat ini. Oak Bushes, Grover, dan Wood untuk kedepannya.
  38. Satrio
    Backpack bisa di gedein ga?
    • Muafiach
      Bisa sob, crafting aja Military Backpack atau lebih baik di atasnya kalau sudah bisa.
  39. Unknown
    Malam Min saya mau nanya saya kan udah masuk ke bunker alfa masukin kode tabung terbuka tapi kenapa pas mau naik lift nya gak ada akses atau bacaan pilihan 1,2,3,4,5,6... masuk sih masuk min tapi hanya sebuah ruangan yg ada pintunya gak mau naik karna kurang energi aku gak tau itu lantai brapa min.... aku sudah tonton di youtube mereka bisa kok pilih lantai brapa tapi aku gak ada pilihannya... mohon pecerahannya min
    • Muafiach
      Kalau kamu scroll ke atas, udah ada yang tanya pertanyaan ini sob. Kalau lift nggak bisa di akses dan tulisannya muncul, artinya HP yang kamu gunakan tidak support/kompatibel untuk masuk ke ruang bawah tanah Bunker Alfa. Entah karena memang tipe HP-nya yang nggak bisa atau sisa RAM-nya yang kurang.
    • Unknown
      Makasi min... atas sarannya dan fast responnya.... saya suka
    • Muafiach
      Sama-sama sob, terima kasih. Jangan sungkan-sungkan untuk tanya lagi, kalau bisa kasih saran/solusi, pasti akan kita jawab secepatnya. 😀
  40. Unknown
    Ini saya sudah level 70. Tiba2 gamenya ga bisa main lagi. Entah nge bug atau error. Kira2 klo saya ngulang main lagi bisa login google gak. Biar ga main dari awal lagi?
    • Muafiach
      Coba tanya ke salah satu akun sosial medianya Kefir! sob kali aja bisa bantu balikin. Jelasin detail masalahnya juga.

      Bisa aja connect Google, biasanya saya sebelum download game di Playstore, di hp saya sudah log-in email yg ingin digunakan untuk main game tsb. Jadi ntar pas main itu kita nggak perlu conect" an manual lagi karena sudah otomatis diconect-kan saat pertama kali buka game tsb.
  41. Unknown
    Min ane mau tanya nih. Bapak dealer nya itu kapan jualan lagi ya. ane tunggu kok lama . Mohon pencerahan nya min. Thank
    • Muafiach
      Dealer keluarnya Random sob. Seperti yg sudah saya jelasin di postingan ini. Kadang-kadang si Kefir! juga sering ngerubah presentase keluarnya, jadi kadang sering keluar kadang jarang sekali keluar.

      Semakin tinggi level juga sepertinya mempengaruhi. Seperti Plane Crash yang jarang banget keluar kalau udah level 35 ke atas.
  42. Unknown
    Min cara naikin lvl tas/ gmna agar bisa bnyak bwaannya
    Terimakasih :)
    • Muafiach
      Crafting dan Pake aja Military Backpack, atau Backpack lainnya yang baik di atasnya.
  43. Unknown
    apakah kita bisa mencari teman atau perkumpulan atau clan di dalam game ini ?
    • Muafiach
      Bisa sob untuk kedepannya, tidak untuk saat ini. Untuk update informasi Clan silahkan klik itu kata" berwarna hijau di atas.
    • Unknown
      Gan cara dapetin Copper bar gmn ya
  44. Muafiach
    @ Dadan Ahmad, cari bahan dasarnya (Copper ore) di Winter Zone, lalu tinggal buat Copper Bar melalui Melting Furnace.
  45. Unknown
    Bos mau nanya dong,masih newbie nie,,
    Saya udah lv 11,dan dihome laen saya tewas ditembak(by glock),nah saya psti kalo revive psti ilang semua item saya,gmna dong caranya biar gak ilang..mungknkah jika 1 hari menunggu life nya akan tetap sama item saya ato ilang tetep?thx
    • Muafiach
      Kalau mati, barang-barang tetep akan hilang sob. Kalau pengen balik, ya ambil lagi dari mayat kamu sebelumnya (itu kalau memang mayatnya masih ada tidak hilang). Pada tempat-tempat tertentu kamu bisa ambil lagi, tapi kalau mati di farming area, kamu nggak bisa ambil seperti yg sudah saya jelaskan di atas.

      Waktu yang muncul pas kamu mati itu bukan waktu tunggu revive, tapi waktu berapa lama kamu hidup. Jadi klo mati ya revive aja langsung, percuma nunggu waktu itu.
  46. Unknown
    Min password bunker alfa hari ini apaan 😁😁
    • Muafiach
      Di atas sudah saya update sob.
  47. Fathira Eldiena F
    Min ulas juga tentang kegunaan item yang ada di Blueprints, biar nanti waktu pake point jadi efektif.. 👍
    • Muafiach
      Dari awal ada kepikiran buat itu, tapi masih ngumpulin niat wkwk. Soalnya butuh riset dan waktu lama buat artikel itu 😂
  48. Unknown
    Nice blog Sangat Membantu Good Job ✓
  49. Unknown
    Tips: hancurin turret pake panah aja. Di bunker alpha ada 2 turet. Lantai 2 dan 3.
    Harus wajib buat 3 panah kalo cuma 2 kurang. Cara nya mengedap endap dlu kalo tulisan turet muncul sasar dah pake panah. Tinggal tekan tombol hit trs lepas dst
  50. Unknown
    Aku udah berkali kali slesein bunker alpha. Isinya ya itu2 doang. Yg terpenting bunuh semua zombi biar dqpet tiket.
  51. Unknown
    Kalo mau slesein chooper/herley
    Untuk gas tank nya + setir nya dll mending beli aja paketnya. Kyknya harganya 15-20rb deh. Dripd capek2 dpetin. Ya kan. Tested.
    Klik icon uang logam di bagian bawah kanan cari pake kendaraan dan beli
  52. Unknown
    Min,, bisa ngancurin tembok sendiri ga,, atau ngancurin kayu runcing,,gwa bikin kayu runcing , Tapi kaga sengaja bikinya didepan pintu ,Ada solusi ga
    • Muafiach
      Bisa sob. Tekan aja ikon gergaji dan palu, terus pilih tembok mana yang ingin dihancurkan. Tekan gambar tembok warna merah ada tanda x untuk menghancurkan temboknya.
    • Unknown
      Mau tanya gan. Klo pengen dapetin oak & bebatuan selain ore bisa dapat darimana ya. Soalnya saya blum punya kendaraan jd ga bisa akses tempat lain. Terima kasih
    • Muafiach
      @ Calon Sarjana Zona merah sama ngandalin event aja dulu.
  53. Unknown
    Cara dapetin card A buat buka bunker Alfa selain dimayat Ada ga ya ,,
    • Muafiach
      CAC Card A bisa didapatkan dari mana aja sob, contoh: Zona hijau, kuning, rumah survivor lain (dulu ada), dan event Airdrop.
  54. Unknown
    Tips: dikala energi habis dan kalian bosan menunggu perjalan menuju ke tempat tujuan, mendingan selingin main AOV/mobile legend. Lumayan 1x match bisa nunggu sambil kita sampai ke tempat tujuan
  55. Unknown
    Gara2 updte terbaru jadi gk bisa bikin tembok beton.. Skrng pake oak plank sebelumnya pake bata sma plank kayu doang
    • Muafiach
      Sabar aja sob, ini v beta jadi wajar kalau si Kefir! coba-coba ini dan itu. Kalau belum keluar multiplayer nggak masalah sih, lagian tembok untuk sekarang nggak guna, haha
  56. Unknown
    Mau nanya gan. Cara namatin misi bunker A, peralatan yg di bawa apa ajh? Trus cara nutupin pipa bocor pake apaan? Trus dapet hadiah apa ajh? Tiap hari main pengen beresin moto masih ga dapet perlengkapannya. Mohon pencerahannya gan makasih.
    • Muafiach
      Wah kalau saya jelasin soal Bunker Alfa di komentar bisa panjang banget. Harus dibikinin artikel sendiri. Peralatan apa aja yang dibawa juga tergantung strategi pemainnya, mau pake senjata api atau tidak, mau clear semua atau nggak.

      Musuh utamanya lt 2 dan 3 di sini masih Frenzi Giant, jumlahnya total 17 (klo nggak salah). 7 di lt 2 dan 10 di lt 3. Jadi paling nggak kamu harus punya senjata (panah atau senjata api) yang bisa ngalahin FG itu, ditambah ngalahin zombie lain, diantaranya Roaming Zombie, Fast Bitter, Toxic Spitter, Floater Bloater, dan Toxic Abomination.

      Pipa bocor di lt 2 yg bisa ditutup hanya yang di awal aja sob setelah Gore area , selanjutnya nggak bisa.

      Ya hadiah dari nukerin kupon kebanyakan Armor, senjata, bahan bakar, item untuk craft kendaraan, dan lain lain.
  57. Unknown
    Kalau learn point di reset, apa yg terjadi?
    • Muafiach
      Poin yang sudah diinvestasikan sebelumnya akan balik reset dari awal. Jadi kamu bisa gunain poin tersebut yang jumlahnya sesuai level kamu saat ini untuk mempelajari blueprint yang baru. Mengganti pola pengambilan blueprint yang salah dari pengalamanmu sebelumnya.
  58. Unknown
    bru nemu game ini ternyta asik bnget, tpi binggung waktu bikin tea kuk g ada apiny ya? trua cri apinya dimna ya min?
    • Muafiach
      Coba dibaca lagi artikel ini mulai cara mendapatkan makanan, sudah saya jelaskan di bagian itu, hehe. :)
  59. Unknown
    Bro cara nambah slot backpack gimana ya? Gw udah beli tas nambah slot 5, biar slotnya yg belum kebuka ada 5 lagi, naah yg itu gimana cara bukanya?
    • Muafiach
      Saat ini cuma bisa buat sampai Military Backpack sob. Selebihnya masih nggak bisa. Mungkin untuk membuka max slot itu harus pake Tactical Backpack. Tapi bahan dasar buatnya belum ada, khususnya Titan Bar.
    • Unknown
      cara crafting miltary backpack gimana min? tas ane masih basic backpack soalya??
      makasih
  60. Unknown
    Nyimak aja gan,,, spek nga memadai,,heee
  61. panjol
    Mau nanyak
    Saya maen ni game uda lama tp sampek sekarang masih bingunb cara nambah slot di tas yg kita bawak gmn ya ?
    Saya liat di youtube uda ada yg nambah 1 baris slot tasnya
  62. panjol
    Sry om nanyak lg. Untuk masuk ke banker alfa pakek kartu A
    Nah pas ane ke banker jumpai mayat didepan pintu yg ane dapet malah kode untuk masuk bukan id cardnya
    Itu gmn ya untuk dapetin id cardnya
    Uda keliling" farm ga nemu juga id card untuk buka bunker alfanya
    • Muafiach
      Sudah sering saya jawab pertanyaan-pertanyaan semacam ini sob, cek komentar sebelum bertanya.

      Saya perjelas aja untuk CAC Card Bunker Alfa. Dulu memang didapatkan dari mayat tentara di depan Bunker A, tapi sekarang memang nggak bisa didapat dari situ.

      Pengalaman saya sendiri sering nemu CAC Card A di Farming Area Zona Kuning, dari drop Zombie atau Loot Box. coba kamu ke Limestone Ridge.

      Saya kemarin abis cek juga di rumah survivor lain sebelah kanan deket Bunker A itu ada juga CAC Card A. Semoga membantu.
  63. Unknown
    masak makanan apinya darimana min
    • Muafiach
      Isi bahan bakarnya dengan kayu (pine log), pine plank, charcoal. Tinggal di drag ke kotak bahan bakar. Baca lagi artikel ini sob sudah saya jelaskan. Kalau pengen penjelasan lebih detail baca itu: Bahan Bakar Paling Efisien.
  64. J42K
    Gan ane mau nanya
    1.di depan bunker alfa kan ada mayat nah setelah ane cek cuma ada glock 17 setelah keliling farming area ane cuma dpt keycard B, C, F, ama D nah kemungkinan besarnya dapet keycard A itu di event atau rumah survivor?
    2.item/blueprint apa sajakah yg belom bisa di buat/pake di versi beta saat ini?
    3.setiap berapa kali sekali item2 di farming area dan rumah survivor di reset?
    Maaf ya kalo pertanyaannya banyak sama ada yg di ulang2 pertanyaannya
    • Muafiach
      1. Cek komentar saya sebelumnya.

      2. Blueprint yang mempunyai bahan dasar seperti, tungsten, titan bar, mesiu, sulfur, plank ash, electronic, dll.

      3. Nggak tentu, kadang butuh beberapa versi update baru ke reset.
  65. Chez
    Mas Achmad. Saya mau tanya. Kadang kok gbs mindahin furniture ya. Jd pas nunjuk gambar gergaji (untuk masuk ke building dan furniture) nah di furniture nya itu ada gambar kotak putih dan ada angka 10. Itu artinya apa ya? Pas mau buat zombie truck juga muncul gambar itu. Jadi gbs di build. Untuk bunker Alfa juga mentok lantai 1,2,3 aja. Pernah liat di YouTube untuk bunuh the big one di bunker Alfa juga harus lompat ke dinding. Itu juga belum bisa sampe skrg. Ada bbrp pintu juga belum bisa dibuka dengan keterangan the door stuck dan overseer keycard required.
    • Muafiach
      1. Ya lihat dulu barang apa yang mau dipindahkan, butuh space brapa, syaratnya nempatinnya apa dan di mana, udah bisa dibuat atau belum. Angka itu menunjukkan jumlah maksimal furniture yang bisa kamu buat, dalam kasus kamu ini max 10. Abis itu kamu g bisa bikin lagi, atau nggak bisa ditaruh lagi.

      2. Zombie truck belum bisa dibuat.

      3.Itu cuman glicth sob, jadi bisa masuk ruangannya The Big One level 2 Bunker. Harusnya belum bisa.

      4. Room overseer (ruang pengawas) juga belum bisa diakses untuk saat ini. Sepertinya ntar butuh kartu untuk masuk ke sana.

      Semoga menjawab pertanyaan kamu sob.
  66. Unknown
    Ane udah buka lojasi baru gan. Yg ada season winterx. Ane akses lewat generatorx. Byk brg baru didp di winter lokasi. Hehehe. Ente udah smpe mana gan,??
    • Muafiach
      Sayangnya saya kalau main nunggu update an baru, nggak setiap hari. Sekalian nunggu udah nggak versi beta lagi. 😂
  67. Unknown
    Hallo min, keren artikel nya ngebantu banget..
    Btw cara bikin api gimana ya? Kaya crafting batu bata juga buth api, mohon jawaban nya makasih
    • Muafiach
      Tinggal drag aja pine Log, pine Plank, Charcoal di kotak bahan bakar alatnya. Kalau mau lebih jelas cara mendapatkannya silahkan baca artikel kita yg " Bahan Bakar Paling Efisien di Last Day On Earth: Survival".
  68. Unknown
    Saya udah taro 20 pine log tp gak mau jalan ya min..
    Di bawah pine log itu kaya ada gambar api, harus di isi api apa gimana min?
    • Muafiach
      2 2 nya kamu isi, yang atas kamu isi bahan yg ingin kamu olah. Yang bawah kamu isi juga pake bahan bakar yang saya sebutkan di atas.
  69. Unknown
    Makasih jawaban atas jawaban sebelum nya bang admin hehe..
    Oh iya cara beresin even cargo ship gmn ya bang mimin? Soalnya setiap mau buka box besar zombie cepeg bgt dateng nya jd gagal..pdhl udah di matiin semua pake bom dari drum itu..
    Makasih sblmnya bang admin..
    • Muafiach
      Ini lagi mau saya buatkan pembahasannya mudah kok. Tunggu aja.
  70. aha
    Bagus banget gan guide nya, tingkatkan lagi klo ada update/patch baru. Gua support banget dah!😀😀
  71. Unknown
    Mau tanya ni klo mau ngelewatin kamar gas dilantai 3 gmna ya caranya?apa ada trik untuk matikan gas nya?
    • Muafiach
      Ngga ada trik atau cara matiinya. Harus pakai Gas Mask. Kalau hoki bisa didapat dari nuker kupon.
  72. Abd
    Min pas kita ke bunker alfa kita lupa liatnya password balik lagi kerumah, itu bunkernya ketutup lagi gak? Kalo ketutup kartu kita A hilang ya min?
    • Muafiach
      Nggak ketutup. Sekali buka terbuka terus.
  73. Unknown
    Min. Saya mau tanyak kalo udh mati gara2 kelaparan. Itu barang2nya bakal hilang gak min ?saya masih pemula ,masih bingung cara mainnya.
    • Muafiach
      Mati karena penyebab apapun akan hilang kalau kamu mati di Farming Area. Nggak akan hilang kalau matinya di rumahmu, Bunker, dan events seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Cuma hati-hati aja mayat-nya ketimpuk sebelum barang-barangnya kamu ambil lagi gara-gara mati 2 kali, barang-barang yang ada di mayat sebelumnya akan hilang.
  74. Unknown
    Salam kenal min..
    Ane mau konfirmasi, jadi buat smentara ini radio tower, atv, lantai 4-6 bunker Alfa , bunker charlie belum bisa di akses ya ?
    Terus kira2 kapan update lagi ?
    Thanks min..
    • Muafiach
      Iya belum bisa. Minggu ini nggak ada update, mungkin Minggu depan.
  75. Unknown
    Permisi bang, saya mau tanya. Saya sudah di lantai 3 bungker alfa, tapi disana ada senjata mesin otomatis. Mungkin ada caranya buat matiin itu senjata ? Terima kasih bang
    • Muafiach
      Kamu pakai panah atau senjata jarak jauh lain seperti M16 atau Ak47. Sebelumnya kamu harus ngendap-ngendap dulu jangan sampai ketahuan turret-nya. Kalau udah ketahuan keluar masuk area Bunker dulu karena kamu bakal diincer terus.

      Ngendap-ngendap sampai di deket kotak-kotak dekat tembok, pokoknya kena jangkauan serang senjatamu. lalu tembak seperti biasa. Nanti turret-nya g akan nyerang kamu.
  76. Unknown
    berapa kali event dealer muncul setelah beli radio
    • Muafiach
      Tidak ada yang tau sob karena random. Bisa 1, 2, atau 3 dalam sehari.
  77. Unknown
    Mencuri motor dr base orng lain bisa gk min? 😂 Sementara itu dl prtanyaan saya thanks.
    • Muafiach
      Tidak bisa sob. Kita cuma bisa kasoh bensin tapi tidak bisa bisa dicuri.
  78. Unknown
    Gan...kira kira update terbaru LDOE nya kapan?
    • Muafiach
      Ditunggu aja gan, yang tau hanya Developer-nya. Update kali ini emang lama, mungkin lagi nyiapin update besar.
  79. Unknown
    Info bagi yang mau ivent cargo kapal Kalo bisa gan bunuh zombie nya pake sejata golok atau palu yang ga bersuara berisik nanti ada zombie Dateng lagi tapi jalannya agak lambat terus buka aja terus petinya nanti kebukanya mepet banget sama zombie yang mau mukul
  80. Unknown
    Min, tolong tips nya buat upgrade backpack dong. Sy sdh baca komen diatas cm ndak ngeh soal military backpack, cara craftingnya gmn? Makasiih min
    • Muafiach
      Hmm, nanti akan saya buat pembahasan lengkapnya deh, soalnya pertanyaan ini sudah sering sekali ditanyakan.

      Padahal mudah aja, di blueprint, Military Backpack itu kebuka saat kamu udah level 64. Klo blum lv 64, jgn harap bsa crafting military backpack. Klo udh lv 64, tinggal unlock pake 2 poin agar kmu bisa buat. Lalu tinggal cari bahan-bahan yg dibutuhkan buat crafting military backpack yg Bahan" sudah tertera di blueprint.
    • Unknown
      Iya ga perhatiin kl ada military backpacknya 😅 hehehe, waduh masih jauh buat dapetin upgrade backpacknya. O iya min ditunggu pembahasan soal event cargo kapal nya ya. Thank you
  81. Unknown
    Min update baru versi 1.6.9 ada 2 pintu kebuka. Lantai 1 overser orangnya ada di pojokan lantai 2.terus lantai 3 ada juga pintu yg bisa di buka tp ane ga paham ada apaan isinya (takut mati). Tolong di bahas min. Makasih
    • Muafiach
      Waduh iya nih ketinggalan update, saya lagi sibuk bahas game lain. Kalau sempat akan saya bahas.
  82. Unknown
    Min gua di bunker alfa level 2. Trus lawan floater giant. Masa gua sekali pukul mati. Gimana cara lawanya thanks
    • Muafiach
      Pakai senjata jarak jauh, ex: panah dan senpi. Serang sambil lari jaga jarak.
  83. REKTOR IKOPIN
    Min bangun Base dulu yang kuat / langsung ke bunker? Apa dulu nih bingung ane
    • Muafiach
      Kalau sekarang bangun base itu nggak wajib, base saya aja seadanya. Yg penting masih bisa buat nampung kotak penyimpanan storage, alat, dan projek lainnya.

      Kalau udah punya cukup perlengkapan mending nyoba Bunker sekalian.
  84. Unknown
    Bro sejauh ini kendaraan di ldoe apa aja yg bisa di pake ya? Soalnya udh crafting heli sama zombie truck, pas mau build gabisa, icon gambar nya putih gitu. Thx bro
    • Muafiach
      Cuma Chopper yang bisa dicrafting sekarang sob. ATV, Helikopter, dll belum bisa.
  85. Unknown
    Gimana cari ATV TRANSMISSION di bungker alfa ada gk? Gimana carinya min?
    • Muafiach
      Masih belum bisa didapatkan.
    • Unknown
      Thanks infonya min
    • Unknown
      Min update besar besaran itu tgl kapan ya? Saya tau cuma januari 2018.thanks
  86. Unknown
    Min klo mau cari titan bar dimana ya ?
    • Unknown
      Di pumb jack
  87. Khuluq
    Bang nanya, sebenernya base yg ada di map itu punya survivor lain apa npc yak, gw dilema mo raid :v klo punya survivor takutnya mereka dendam lg :v btw sorry yak klo pertanyaan owe udh ada yg nanyain, yg komen terlalu banyak :v loat atu" ntar lama :v btw ditunggu bang responnya
    • Muafiach
      Itu punya NPC, Multiplayer blum keluar. Maling aja gpp lagian nggak ada yang akan dendam kok :v /
    • Khuluq
      Alhamdulillah :v klo gitu pan gw semangat lg buat main :v tengkyu bang :v
  88. Ojanx
    lengkap banget panduannya, thanks ya.
  89. Unknown
    Gan. Update terbaru dong. Itu di area farming ada 3 survivor senjata lengkap (2 pake m16, 1 glock). Diajak ngbrol ga bisa. Maen tembak ajh untuk ga mati. Mohon pencerahannya
  90. Unknown
    Bang mau tanya gimana cara supaya kapasitas back packer dan penyimpanan mobil di mobil yg di home supaya kapasitas nya bertambah ?
    thx mohon dijawab
    • Muafiach
      Beberapa hari ini saya kurang update LDoE juga sih ini.
      Maksudnya Zombie truck? Itu belum bisa diperbaiki setau saya, space kotaknya pun ya seadanya itu masihan.
  91. Unknown
    Bang udah bisa blom nyari ATV TRANSMISSION NYA saya liat di YT ada yg bisa. Mohon dijawab ya
  92. Unknown
    bang cara memperluas inventory backpak tanpa upgrade military gimana caranya?? tolong bang infonya :
    #makasih
    • Muafiach
      nggak ada cara lain sob, harus craft military backpack.
  93. Unknown
    Bos ane dpt anak anjing masukin ke boxes sampe rumah buka nya bingung pencerahan boss
  94. Unknown
    Cara mendapatkan anjing kok susah udh 2hari baru dpt 2,smua zona &event udh dcari ,ga ad jg,gmn tu
Komentar baru tidak diizinkan.