-->

Bahan Bakar Paling Efisien di Last Day on Earth: Survival

Inilah urutan bahan bakar terbaik untuk menyalakan api Campfire, Melting Furnace, dan Refined Furnace di Last Day On Earth: Survival.
Seperti yang kita tau bahwa saat ini ada 5 bahan yang bisa kita gunakan sebagai bahan bakar untuk membuat Campfire, Furnace, dan Refined Furnace bekerja, yaitu Pine Log, Pine Plank, Oak Log, Oak Plank, dan Charcoal (Arang).

Perangkat di atas cukup penting peranannya karena kamu bisa membuat makanan dan mengolah logam menjadi batangan logam.

Mungkin ada pertanyaan yang terlintas di benak sobat, bahan bakar mana sih yang paling baik digunakan menyalakan perangkat tersebut?
Bahan Bakar Paling Efisien di Last Day on Earth: Survival

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, baru-baru ini, saya sedikit melakukan eksperimen terkait efisiensi waktu pembakaran dan waktu pembuatan bahan bakar di atas. Jadi, berikut adalah apa yang saya dapatkan dari eksperimen tersebut...

Bahan Bakar dengan Efisiensi Waktu Pembakaran Terbaik di Last Day On Earth: Survival

Perbedaan waktu di dalam tabel di bawah ini akibat adanya perbedaan tingkat pembakaran dari alat, di mana Furnace memiliki tingkat pembakaran yang lebih tinggi dibanding Campfire.
Nama
Campfire
Furnace
Pine Log
2 Menit
1 Menit 20 detik
Pine Plank
3 Menit
2 Menit
Oak Log
2 Menit
1 Menit 20 detik
Oak Plank
3 Menit
2 Menit
Charcoal
6 Menit 40 detik
5 Menit 20 detik
Sebagai mana kamu lihat pada tabel di atas, efisiensi waktu pembakaran antara Pine log dan Oak log, Pine Plank dan Oak Plank adalah sama. Keempat bahan tersebut memiliki efisiensi waktu di bawah Charcoal.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Charcoal adalah bahan bakar yang paling efisien (paling tahan lama) dalam hal waktu pembakaran. Diikuti oleh Pine Plank dan Oak Plank.

Tapi, dari sini kita juga mengetahui bahwa Oak Log dan Oak Plank sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan sebagai bahan bakar. Hal ini karena kedua bahan tersebut lebih sulit didapatkan daripada Pine Log.

Efisiensi Waktu Pembuatan Bahan Bakar di Last Day on Earth: Survival

Kita sudah tau bahwa Pine Plank dan Charcoal adalah bahan bakar yang paling efisien, tapi membutuhkan waktu lebih lama untuk proses pembuatannya. Untuk merubah 1 Pine Log menjadi 1 Pine Plank melalui Woodworking Bench dibutuhkan waktu 4 menit.

Sama halnya dengan Charcoal, kamu juga harus menunggu 4 menit dan membutuhkan bahan bakar tambahan untuk membuatnya melalui Campfire, Ini kurang menguntungkan jika kamu sedang terburu-buru membutuhkan makanan atau Iron Bar (misalnya).

Dalam kondisi ini, Pine Log adalah opsi bahan bakar terbaik yang bisa kamu pilih karena kamu tidak perlu mengolahnya. Tapi sekali lagi, saya lebih menyarankan untuk setidaknya buatlah menjadi Pine Plank terlebih dahulu.

Jika kamu yang lagi santai, kamu bisa menggunakan strategi di bawah ini untuk membuat Charcoal.

Strategi Terbaik untuk Membuat Charcoal di Last Day on Earth: Survival

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat ketersediaan Charcoal tetap ada:
  1. Selalu stok persediaan Pine Log.
  2. Letakkan 20 Pine Log (jika punya) di 2 Woodworking Bench berbeda. 
  3. Setelah mendapatkan Pine Plank, letakkan 10 Pine Plank di Campfire dan isi bahan bakarnya dengan 8 atau lebih Pine Plank.
  4. Setelah kamu mendapatkan 6 Charcoal, gantilah bahan bakarnya dengan 6 Charcoal tersebut.
  5. Letakkan 10 Pine Plank (tidak kurang tidak lebih) di Campfire untuk mendapatkan 20 Charcoal. Isi bahan bakarnya dengan 6 Charcoal yang kamu dapatkan sebelumnya.
  6. Simpan 14 Charcoal, dan gunakan 6 sisanya untuk mengulangi proses mulai langkah 5.

Itulah Bahan Bakar Paling Efisien di Last Day On Earth: Survival. Perlu diingat bahwa efisiensi bahan bakar ini bisa saja berubah dan tergantikan oleh bahan bakar lainnya yang mungkin akan dirilis oleh Kefir!. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Baca juga: Panduan Bermain Last Day on Earth: Survival Terlengkap

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.