-->

Panduan Hewan Peliharaan di Harvest Moon: Light of Hope

Bagaimana cara mendapat dan mengurus anjing, kuda, dan hewan lainnya di Harvest Moon: Light of Hope PC, PS4, Switch, dan Android? Inilah panduan lengkapnya!
Laman ini merupakan bagian Panduan Bermain Harvest Moon: Light of Hope. Di sini saya akan membahas semua hal yang berkaitan dengan Hewan Peliharaan yang ada di HM LoH.

Sudah tidak asing lagi bahwa Memelihara Hewan adalah sebuah kegiatan yang pasti ada dalam setiap seri Harvest Moon. Begitu juga di Light of Hope.

Nah, saya sudah sering sekali menerima pertanyaan terkait cara mendapatkan hewan ini dan itu, serta cara cepat meningkatkan not/love-nya. Oleh karena itu, artikel ini saya buat khusus untuk kamu yang sedang mengalami masalah tersebut.
Panduan Memelihara Hewan peliharaan di Harvest Moon Light of Hope

Cara Mendapatkan Anjing, Kuda, dan Hewan lainnya di Harvest Moon: Light of Hope

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki jembatan yang terletak di sebelah kanan bawah area gunung setelah mendapatkan palu. Di sana kamu akan mendapati sebuah rumah yang harus kamu perbaiki bernama Sofia's Livestock. Sebut saja mawar, eh rumahnya Sofia.

Setelah kamu memperbaiki rumah Sofia, keesokan harinya akan ada sebuah event yang terjadi. Sofia, kedua putranya Gabriel dan Michael, serta anjing mereka Max akan berkunjung. Mereka membutuhkan waktu satu hari untuk menetap dan yah siap siap jualan gitu deh.

Besoknya lagi akan ada sebuah event yang terjadi di mana Gabriel dan Max akan sedikit berbicara tentang memelihara dan membesarkan ternak. Setelah event ini, kamu bisa membeli hewan peliharaan di Sofia.

Untuk membeli hewan, sebelumnya kamu juga harus memperbaiki kandang ayam dan kandang hewan lainnya yang berada di belakang rumahmu. Saat membeli hewan, Sofia akan menjelaskan dasar memelihara hewan dan memberimu alat-alat untuk mengurus ternak, contoh: Brush, Pitchfork, Milker, dan Clipper.

Adapun hewan peliharaan yang dijual adalah sebagai berikut:
  • Ayam, harga: 3000 G, produk: telur
  • Sapi, harga: 7000 G, produk: susu
  • Domba, harga: 10000 G, produk: wool
  • Keledai Poitou, harga: 20000 G, produk: Donkey fur
  • Anjing, harga: 7000 G
  • Kuda, harga: 20000 G
  • Cotton Sheep, harga: 30000 G, produk: Cotton Candy Wool
  • Silky Donkey, harga: 60000G, produk: Silky Fur
  • Brown Chicken, harga: 6000 G, produk: Candy Egg
  • Brown Cow, harga: 20000 G, produk: Chocolate Milk

Semua hewan di atas akan kamu beli dalam kondisi masih bayi, kecuali kuda. Jadi butuh beberapa hari untuk membuat mereka tumbuh dewasa dan akhirnya menghasilkan produk (jika memang bisa).

Oh ya, jangan kaget kalau Anjing dan Kuda tidak ada dalam daftar hewan yang dijual di Sofia karena memang awalnya seperti itu.

Anjing akan dijual jika kamu sudah memasang Stone Tablet ketiga dan membuka area pantai, sedangkan kuda akan tersedia saat akhir musim spring tiba (kalau tidak salah).

Catatan: untuk Candy Animal (Cotton Sheep, Silky Donkey, dan Brown Cow) akan tersedia setelah kamu menyelesaikan misi utama.

Jadi langkah-langkah singkat yang harus kamu lakukan untuk memelihara hewan adalah sebagai berikut:

1. Memperbaiki jembatan di gunung
Material: 5 Softwood Lumber, 2 Stone
Harga: 600 G

2. Memperbaiki Sofia's Livestock
Material: 3 Softwood Lumber, 10 Stone
Harga: 300 G

3. Memperbaiki Barn
Material: 30 Softwood, 10 Material Stone
Harga: 1500 G

4. Memperbaiki Kandang ayam
Material: 20 Softwood Lumber, 7 Material Stone
Harga: 1000 G

Cara Mendapatkan Bobcat di Harvest Moon: Light of Hope

Bobcat atau kucing liar adalah satu-satunya hewan yang tidak bisa kamu beli. Namun kamu bisa memeliharanya jika kamu sudah mengupgrade rumah untuk pertama kalinya di Doc.

Dibutuhkan uang sebanyak 85000 G dan beberapa material berupa 40 Hardwood Lumber, 5 Mithril, dan 10 Glass untuk upgrade rumah ini.

Selanjutnya kamu hanya harus datang setiap hari ke area pegunungan untuk mengelus Bobcat. Jika sebelum upgrade rumah kamu sudah melakukan itu dan cukup berteman dengan Bobcat, kamu bisa langsung memeliharanya.

Cara Cepat Meningkatkan Hati/Not Kuda, Anjing, dan Hewan Lainnya di HM LoH

Jika kamu ingin mendapatkan produk hewan dengan kualitas yang lebih baik, misalnya Great Wool, Great Egg, dll, tentu kamu harus meningkatkan pertemanan dengan hewanmu.

Saya sendiri tidak tau apakah trik meningkatkan not/hati hewan peliharaan dalam 8 menit di HM SoM bisa digunakan dalam game ini. Karena saya belum mencobanya secara langsung. Oleh karena itu, pakai cara manual dulu saja ya sob.

Kamu harus memberi makan, mengelus, mengangkat, dan menyikat hewan peliharaanmu jika kotor setiap hari. Selain itu, kandang juga harus bersih dari kotoran ternak.

Tanamlah banyak rumput dan keluarkan hewan peliharaan kamu saat hari cerah, tidak hujan. Kemudian masukkan saat hari mulai malam. Jangan dibiarkan di luar.

Makanan hewan yang kamu berikan juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan not hewan, pemberian Delicious Animals Feed tentu akan menambah tingkat pertemanan lebih cepat daripada Great Animals Feed atau Animals Feed.

Jika kamu ingin melihat kondisi hewan peliharaanmu, klik saja sebuah notebook yang terletak di dekat pintu masuk kandang. Dari situ kamu bisa melihat jumlah not, apakah hewan tersebut lapar, kotor, atau sakit.

Cara Mendapatkan Pakan Ternak (Delicious Animals Feed) di Harvest Moon: Light of Hope

Selain membeli pakan ternak di Sofia seharga 30 G. Kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan kualitas yang lebih baik dengan bantuan Windmill (kincir angin) yang terletak di samping barn atau puncak gunung.

Tapi kamu harus memperbaiki Windmill itu terlebih dahulu untuk membuatnya bekerja kembali. Adapun material untuk memperbaikinya adalah 20 Softwood Lumber, 2 Iron, dan uang sebesar 1000 G.

Nanti akan ada misi di mana kamu diharuskan untuk membuat Delicious Animals Feed (bicaralah dengan Gabriel untuk mendapatkan resepnya) untuk menarik perhatian dan menemukan Bluebird yang merupakan jelmaan Harvest Goddess.

Setelah itu kamu bisa membuat Delicious Animals Feed dari campuran 2 tepung (Flour) dan 2 Strawberry melalui Windmill.

Itulah Panduan Memelihara Hewan di Harvest Moon: Light of Hope. Jika ada suatu pertanyaan terkait artikel ini, jangan sungkan untuk bertanya. Semoga bermanfaat...

Baca juga: Panduan Menambang di Harvest Moon: Light of Hope

Anda mungkin menyukai postingan ini

54 komentar

  1. Vic rorimpandey
    gan ayam saya lapar. bagaimana cara kasih makannya? saya sudah letakkan animal feed. tapi kok dia masih lapar?
    • Muafiach
      Kasih makan aja seperti biasa pakai animal feed, nanti dia makan-makan sendiri. Emang makannya lama dan jangan dilihatin terus.
    • Semcool234
      Sama gan awalnya ane juga kira kok laper trus ini ayal, kambing sama sapi padahal di tempat makanannya dah ada makanan. Tricknya simple jangan dilihatin misal pagi ngasih makan tinggalin aja siang baru samperin, di perah susunya/ambil wool/telornya. Begitu klo ane sih :3
    • Muafiach
      ^ Nah sip gan, emang gitu yang bener, haha.
  2. Unknown
    gan biar besar hewannya nunggu berapa hari??
    • Muafiach
      Wah saya lupa nyatet brapa harinya. Kurang lebih 10 atau 14 hari kali ya. Ya pokoknya ditunggu sampai dewasa aja sob, hehe.
  3. Unknown
    netesin telur ayam gimana dah wkowkowko
    • Muafiach
      Buset dah, tinggal taruh telur ayam di tempat netesin pojok kanan kandang.
  4. Kaesa
    Ralat min, Saya pas di spring tahun pertama bisa kok pelihara Anjing ama Kudanya.
    • Muafiach
      Anjing memang bisa Spring, kuda yg saya emang rada bingung soalnya waktu itu saya pas summer. Jadi syaratnya harus beli semua hewan, misal anjing atau apa? Merhatiin nggak?
    • Unknown
      Sepertinya kalau kuda di akhir musim spring udah tersedia..
  5. Unknown
    Gan, kuda belinya ada waktunya atau menyelesaikan misi tertentu? karena ga tersedia di sofia, tapi anjing udah beli
  6. Unknown
    gan, kok saya brush sapi ga bisa ya? bisanya cuman di elus doang?
    • Muafiach
      Sikatnya hanya bisa pas hewanmu kotor. Kalau nggak ya di elus aja.
  7. Unknown
    Cara ngeluarin hewan gimana ya min? Pencet tombol apa?
    • Muafiach
      Tekan lonceng di luar kandang.
  8. Unknown
    cara dapetin great wool gimana sih?
    • Muafiach
      Tergantung sekarang not musik hewan mu brapa. Kalau semisal masih di bawah 4 not musik ya kamu harus kasih makanan Great / Delicious animal feed. Kalau semisal udah di atas 4, ya kasih aja animal feed. Hasilnya random jadi emang butuh kesabaran. Saran saya jangan cuma pelihara 1 Domba.
  9. Unknown
    Min cara bikin pager yg dari lumber di sekitar kebun kita bisa ga sih?
    • Muafiach
      Naikin pertemanan dengan Doc ntar dia nyediain pager/fence itu.
  10. Unknown
    Min, cape euy ngurus hewan, bisa nyuruh harvest sprites ga sih? Kek hm btn gitu?
    • Muafiach
      Saya pengennya juga gitu, tiap masing-masing kurcaci bisa dimintai tolong, tapi saya belum tau di HM LoH ini bisa atau tidak. Kalau emang tidak bisa, Ya semoga aja Natsume melakukan update fitur seperti itu kedepannya.
  11. Blogger Indonesia
    Min, keledai ane udah full semua not.nya kok masih baby aja, belinya bareng sama kuda, lah kudanya udah bisa diajak jalan-jalan,, gimana ya min?
    • Hanz
      Kuda emang dari awal bisa dinaikin sob, kamu baru beberapa hari kali belinya. Dianggap full not musik itu kalau warnanya pink bkn abu-abu.
    • Blogger Indonesia
      Iya, Udah full pink min, tapi tetep baby,,, gimana ya min? Ini keledainya ane udah jual sama sofia dan beli yg baru siapa tau bisa jadi adult
    • Muafiach
      Wah baru tau saya ada masalah seperti itu. Saya kurang tau solusinya sob, maaf ya. Gpp coba aja beli hewan baru kali aja bisa gede.
  12. Cheat Game
    Gabriel ny ngpain gan di samping rumah
    • Muafiach
      Itu misi cari Bluebird. Dia nungguin kamu biar diajak lihat Bluebird.
  13. Cendykia Ditto
    Min, keledai yg putih biar bisa adult dan ngehasilin silky fur butuh waktu berapa lama ya?
    Lama banget, pdhl belinya bareng domba pink dan tuh notnya udah full duluan drpd si domba tp si domba bisa dipanen duluan
    • Muafiach
      Seperti itu termasuk bug, komentar sebelum kmu juga kena masalah ini.
  14. Unknown
    Min cara dapat great cotton candy wool gimana min?
    • Muafiach
      Pake aja trik Save load klo nggak mau ribet.
  15. Unknown
    liat hati anjing sama bobcat dimana sob :v
    • Muafiach
      Bisa di cek lewat menu sebelah kanan atas layar sob.
  16. Erico Septian
    Min Anjingnya Gk Bisa Dikasih Kado Ya
    • Muafiach
      Hahaha nggak bisa sob, emang mau dikasih kado apa? :V
  17. Sam
    Min, lonceng buat ngeluarin hewan itu emang udah tersedia diluar kandang atau harus didapetin dulu? Thx
    • Muafiach
      Sudah tersedia sob
  18. Unknown
    min itu donkey gak bisa di naikin ya?
  19. Ven Jr.
    Min Keledai poitoi ane yang pertama ane jual karna kagak besar2 terus ane beli lagi keledai tu 2 skrang not pink udah penuh semua tapi kok gak besar juga yak ? wkwkwk Kira2 berapa hari keledai itu jadi dewasa dan hasilin fur ? 20 atau 30 min ? Btw bagi screenshot keledai dewasa mu min mau liat bukti kalo benar keledai itu bisa dewasa wkwkwk.. ane mau bererin bridge di deket mercusuar pake dunkey tapi kagak ada hadeh... Kirim ss ke fb ane yak min Agatha ven Jr. Terima kasih min semua info tentang HM LoH ini di tunggu update nya...
    • Hanz
      Kirim pesan aja di FP Facebook ntar dikirim, bisa besar tapi emang ada bug yg bikin g besar-besar.
  20. Unknown
    Min saya udh nyelesein misi tp kok yg keluar di tempat jualan sofia cuman brown chicken ya? Trs sebelumnya bisa beli sapi domba lagi, sekarang udah gak bisa beli lagi di pilihannya sofia gakada. Itu kenapa ya min?
    • Muafiach
      Kandang hewan (barn) kamu penuh, makanya nggak bisa beli lagi. Harus di-upgrade dulu biar bisa nampung banyak atau jual salah satu hewan kamu.
  21. hellodaisu
    Min ane punya ternak kenapa stress mulu ya padahal udah dikasih makan dibersihin dielus elus napa masih stress ya
    • Muafiach
      Kandangnya udah dibersihin dari kotorannya blum sob? Sekali" ajak keluar kandang dari pagi sampek sore.
  22. Unknown
    Gan mau nanya,sebelum jalan cerita utama selesai saya sudah upgrade large house,tetapi setelah selesai jalan cerita utama masih ada opsi large house di doc,padahal saya sudah upgrade apakah itu bug?
  23. Unknown
    Gan mau nanya,sebelum jalan cerita utama selesai saya sudah upgrade large house,tetapi setelah selesai jalan cerita utama masih ada opsi large house di doc,padahal saya sudah upgrade apakah itu bug?
    • Muafiach
      Masih ada opsinya tapi bisa dibeli lagi atau ndak? kalau ndak bisa kan ya bukan masalah besar, kalaupun bug juga tidak terlalu mengganggu permainan.
  24. Ramdani
    Min, tingkatan tertinggi dari telur, Susu Dan wool itu Apa?

    Miracle atau supreme?
    • Muafiach
      Miracle sob
  25. Mishy Harvester
    Gan ini klo note domba dah 5 apakah masih bisa ngasilin great wool?
    Apa harus beli lagi?
    Butuh bgt buat nyelsain misi terakhir...
    • Muafiach
      Susah kalo udah 5 note, mending beli lagi.
  26. Yuri
    Min, gW udah minta bantuan bobcat. Tapi kok dia gak bantuin malah ngikutin doang
    • Muafiach
      Minta bantuan buat apa?
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.