Sunday, December 24, 2017

Cara Mempunyai Anak di Harvest Moon: Light of Hope

Memiliki seorang anak di Harvest Moon: Light of Hope adalah salah satu tujuan akhir pemain setelah menikah. Maka tidaklah salah apabila banyak dari kamu yang bertanya bagaimana cara punya anak di seri Harvest Moon ini.

Di Harvest Moon Light of Hope, kamu bisa memiliki dua orang anak. Akan tetapi, masih belum banyak diketahui apakah anak ini nantinya dapat membantu kita dalam berkebun atau tidak.
Cara Mempunyai Anak di Harvest Moon: Light of Hope
Scene Melanie melahirkan anak
Oke, tidak perlu panjang lebar, langsung aja, berikut adalah...

Cara Mempunyai Anak Pertama di Harvest Moon: Light of Hope

Tentu untuk memiliki anak kamu harus menikah terlebih dahulu, Di sini saya asumsikan kamu sudah menikah, jika belum, silahkan baca Cara Menikah di Harvest Moon: Light of Hope.

Setelah itu, kamu harus membuat tempat tidur bayi (Crib) dengan bantuan Doc. Dibutuhkan material berupa 5 Hardwood Lumber, 5 Wool, 1 Silver, serta uang sebesar 2500 G untuk membuatnya.

Seperti kebanyakan seri Harvest Moon, selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk mempunyai anak setelah menikah hanyalah menunggu hingga waktu yang tepat. Namun pertanyaannya, butuh waktu berapa lama sampai anak tersebut lahir dan tumbuh dewasa?

Nah, jadi begini timeline-nya...

Istrimu akan hamil setelah 30 hari (1 musim) pernikahan. Jadi semisal kamu menikah tanggal 20 Winter tahun 1, istrimu Akan hamil tanggal 20 Spring tahun 2.

Akan terjadi sebuah scene di mana istrimu tidak enak badan, setelah kamu memanggil Jeanne ke rumah, kamu akan mengetahui bahwa istrimu tidaklah sakit tapi dia sedang hamil.

30 hari setelahnya,  akan terjadi sebuah scene lagi di mana istrimu akan memintamu untuk memilih jenis kelamin anak yang akan dilahirkannya. Kamu bisa memilih laki-laki (Boy) atau perempuan (Girl), selain itu nggak ada ya sob :).

30 hari setelahnya lagi, Istrimu akan melahirkan seorang anak yang jenis kelaminnya tergantung pilihanmu sebelumnya. Entah anak siapa itu sebenarnya.

Kamu juga akan diberi resep untuk membuat susu bayi dan mainan (Book Picture dan Rattle) oleh Carol. Pastikan untuk memberi anakmu susu dan memainkan mainan untuknya setiap hari. Jika tidak, anakmu tidak akan bisa tumbuh dewasa.

30 hari setelah anakmu lahir, akan ada scene di mana anakmu bisa merangkak.

30 hari setelah anakmu bisa merangkak, akan ada scene di mana dia akan bisa berjalan.

30 hari setelah anakmu bisa berjalan, akan ada scene lagi di mana dia dapat berbicara.

30 hari setelah anakmu bisa berbicara, akhirnya dia tumbuh dewasa sepenuhnya. Dalam kondisi ini, kamu tidak perlu lagi memberinya susu karena dia bisa hidup mandiri.

Apabila di total, paling tidak kamu membutuhkan waktu 7 musim (210 hari) setelah menikah agar bisa punya anak pertama sampai dewasa. Tentu ini waktu yang sangat lama dan mungkin bisa membuatmu bosan menunggu.

Cara Mempunyai Anak Kedua di Harvest Moon: Light of Hope

Saya yakin kita bisa memiliki anak kedua seperti seri Harvest Moon sebelumnya meskipun saya sendiri belum punya anak kedua ini.

Tapi, dari pengalaman saya main selama ini, hampir semua fitur di Light of Hope diadaptasi dari Seeds of Memories dan Skytree Village.

Saya sempat berpikir bahwa Light of Hope ini adalah Seeds of Memories yang tidak jadi dirilis di platform PC dengan penambahan fitur dari Skytree Village dan sedikit penambahan fitur baru.

Balik ke topik pembahasan awal...

Untuk mempunyai anak kedua, kira-kira singkatnya seperti ini...

Istrimu akan hamil anak kedua setelah 30 hari anak pertamamu tumbuh dewasa sepenuhnya (dapat berjalan dan berbicara).

Cek di Doc apakah dia menyediakan tempat tidur bayi lagi atau tidak. Jika tersedia, kamu harus membelinya. Sedangkan proses selanjutnya hampir sama saja seperti anak pertama.

Itulah Cara Mempunyai Anak di Harvest Moon: Light of Hope. Saya akan meng-update artikel ini jika menemukan informasi terbaru. Semoga bermanfaat...

10 komentar:

  1. min, tolong diusahain cantumin screenshot dong biar ada bukti.
    kan kalau kita baca tulisan aja gini kan masih pada ngawang benar enggaknya info nya. khususnya juga pada page yang bahas mutasi tanaman.
    mohon maaf sebelumnya dan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sarannya sob.

      Memang banyak tulisan tapi hampir semua panduan yang saya tulis di blog ini berdasarkan pengalaman saya bermain dan memang dalam game-nya seperti itu. Kecuali cerita fiksi. Terserah reader aja mau percaya atau nggak

      Saya emang sengaja tidak kasih banyak gambar di artikel yang saya tulis. Kalau 5 gambar satu halaman mungkin tidak masalah, kalau emang harus dikasih saya kasih, tapi kalau lebih banyak dari itu yang saya nggak bisa. Bikin loading laman berat. Mutasi tanaman itu nggak mungkin saya kasih semua gambar tanamannya.

      Delete
  2. Kalo dengan karakter cewek gimana gan?

    ReplyDelete
  3. Min harvest moon ini slsai tamat di tahun berpa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuman main quest bisa di tahun 1. Kalau pengen punya anak bisa sampai 3-4 tahun.

      Delete
  4. min, kata gus ada watering can yg bisa nyiram selahan. itu beneran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah, selahan? Selahan itu itu brapa petak? Sacred watering can aja cuma 15 petak klo g salah. Kalau yg sampean maksud selahan itu semua lahan dalam sekali siram ya pasti g mungkin. Masak ada yg begituan 😂

      Delete

Terima kasih telah membaca artikel ini. Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.