-->

Cara Mempunyai Anak di Harvest Moon: Light of Hope

Bagaimana cara punya anak di Harvest Moon: Light of Hope untuk PC, PS4, Switch, dan Android? Berapa lama anak sampai tumbuh dewasa? Artikel ini akan menjawabnya!
Memiliki seorang anak di Harvest Moon: Light of Hope adalah salah satu tujuan akhir pemain setelah menikah. Maka tidaklah salah apabila banyak dari kamu yang bertanya bagaimana cara punya anak di seri Harvest Moon ini.

Di Harvest Moon Light of Hope, kamu bisa memiliki dua orang anak butuh konfirmasi). Akan tetapi, masih belum banyak diketahui apakah anak ini nantinya dapat membantu kita dalam berkebun atau tidak.
Cara Mempunyai Anak di Harvest Moon: Light of Hope
Scene Melanie melahirkan anak
Oke, tidak perlu panjang lebar, langsung aja, berikut adalah...

Cara Mempunyai Anak Pertama di Harvest Moon: Light of Hope

Tentu untuk memiliki anak kamu harus menikah terlebih dahulu, Di sini saya asumsikan kamu sudah menikah, jika belum, silahkan baca Cara Menikah di Harvest Moon: Light of Hope.

Setelah itu, kamu harus membuat tempat tidur bayi (Crib) dengan bantuan Doc. Dibutuhkan material berupa 5 Hardwood Lumber, 5 Wool, 1 Silver, serta uang sebesar 2500 G untuk membuatnya.

Seperti kebanyakan seri Harvest Moon, selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk mempunyai anak setelah menikah hanyalah menunggu hingga waktu yang tepat. Namun pertanyaannya, butuh waktu berapa lama sampai anak tersebut lahir dan tumbuh dewasa?

Nah, jadi begini timeline-nya...

Istrimu akan hamil setelah 30 hari (1 musim) pernikahan. Jadi semisal kamu menikah tanggal 20 Winter tahun 1, istrimu Akan hamil tanggal 20 Spring tahun 2.

Akan terjadi sebuah scene di mana istrimu tidak enak badan, setelah kamu memanggil Jeanne ke rumah, kamu akan mengetahui bahwa istrimu tidaklah sakit tapi dia sedang hamil.

30 hari setelahnya,  akan terjadi sebuah scene lagi di mana istrimu akan memintamu untuk memilih jenis kelamin anak yang akan dilahirkannya. Kamu bisa memilih laki-laki (Boy) atau perempuan (Girl), selain itu nggak ada ya sob :).

30 hari setelahnya lagi, Istrimu akan melahirkan seorang anak yang jenis kelaminnya tergantung pilihanmu sebelumnya. Entah anak siapa itu sebenarnya.

Kamu juga akan diberi resep untuk membuat susu bayi dan mainan (Book Picture dan Rattle) oleh Carol. Pastikan untuk memberi anakmu susu dan memainkan mainan untuknya setiap hari. Jika tidak, anakmu tidak akan bisa tumbuh dewasa.

30 hari setelah anakmu lahir, akan ada scene di mana anakmu bisa merangkak.

30 hari setelah anakmu bisa merangkak, akan ada scene di mana dia akan bisa berjalan.

30 hari setelah anakmu bisa berjalan, akhirnya dia tumbuh dewasa sepenuhnya. Dalam kondisi ini, kamu tidak perlu lagi memberinya susu karena dia bisa hidup mandiri.

Tapi, ketika awal adegan anak kamu tumbuh besar, ia akan terjangkit oleh penyakit yang dikenal dengan sebutan "Petrifaction" dan kamu harus menggunakan obat (Petrifaction remedy) untuk menyembuhkannya.

Untuk mendapatkan obat itu, kamu butuh bantuan, secacara berturut-turut dari Jeanne > Edmond > Harvest God > Gorgan > Harvest Goddess > Doc > Harvest God.

Catatan: Kamu akan membutuhkan 10 Harwood Lumber, 40 Glass, dan 1 Soul Gem untuk membuat Magic Pot di Doc Arsitek untuk menampung obat tersebut.

Setelah kamu menggunakan obat, anak kamu akan baikkan (sehat) pada keesokkan harinya dan kamu akan mendapatkan "Help from Above" trophy.

Apabila di total, paling tidak kamu membutuhkan waktu 6 musim (180 hari) setelah menikah agar bisa punya anak pertama sampai dewasa. Tentu ini waktu yang sangat lama dan mungkin bisa membuatmu bosan menunggu.

Cara Mempunyai Anak Kedua di Harvest Moon: Light of Hope?

Saya yakin kita bisa memiliki anak kedua seperti seri Harvest Moon sebelumnya meskipun saya sendiri belum punya anak kedua ini.

Tapi, dari pengalaman saya main selama ini, hampir semua fitur di Light of Hope diadaptasi dari Seeds of Memories dan Skytree Village.

Saya sempat berpikir bahwa Light of Hope ini adalah Seeds of Memories yang tidak jadi dirilis di platform PC dengan penambahan fitur dari Skytree Village dan sedikit penambahan fitur baru.

Balik ke topik pembahasan awal...

Untuk mempunyai anak kedua, kira-kira singkatnya seperti ini...

Istrimu akan hamil anak kedua setelah 30 hari anak pertamamu tumbuh dewasa sepenuhnya (dapat berjalan dan berbicara).

Cek di Doc apakah dia menyediakan tempat tidur bayi lagi atau tidak. Jika tersedia, kamu harus membelinya. Sedangkan proses selanjutnya hampir sama saja seperti anak pertama.

Itulah Cara Mempunyai Anak di Harvest Moon: Light of Hope. Saya akan meng-update artikel ini jika menemukan informasi terbaru. Semoga bermanfaat...

Anda mungkin menyukai postingan ini

21 komentar

  1. Akbar Nash
    wah lama juga yak 😂😂
    • Muafiach
      Iya sob, emang lama haha
  2. Fans Flash Up
    min, tolong diusahain cantumin screenshot dong biar ada bukti.
    kan kalau kita baca tulisan aja gini kan masih pada ngawang benar enggaknya info nya. khususnya juga pada page yang bahas mutasi tanaman.
    mohon maaf sebelumnya dan terima kasih
    • Muafiach
      Terima kasih sarannya sob.

      Memang banyak tulisan tapi hampir semua panduan yang saya tulis di blog ini berdasarkan pengalaman saya bermain dan memang dalam game-nya seperti itu. Kecuali cerita fiksi. Terserah reader aja mau percaya atau nggak

      Saya emang sengaja tidak kasih banyak gambar di artikel yang saya tulis. Kalau 5 gambar satu halaman mungkin tidak masalah, kalau emang harus dikasih saya kasih, tapi kalau lebih banyak dari itu yang saya nggak bisa. Bikin loading laman berat. Mutasi tanaman itu nggak mungkin saya kasih semua gambar tanamannya.
  3. Unknown
    Kalo dengan karakter cewek gimana gan?
    • Muafiach
      Sama saja sob.
  4. Unknown
    Min harvest moon ini slsai tamat di tahun berpa?
    • Muafiach
      Kalau cuman main quest bisa di tahun 1. Kalau pengen punya anak bisa sampai 3-4 tahun.
  5. tyaa
    min, kata gus ada watering can yg bisa nyiram selahan. itu beneran?
    • Muafiach
      Hah, selahan? Selahan itu itu brapa petak? Sacred watering can aja cuma 15 petak klo g salah. Kalau yg sampean maksud selahan itu semua lahan dalam sekali siram ya pasti g mungkin. Masak ada yg begituan 😂
  6. Unknown
    ane maen udah tahun ke 3 musim panas, anak ane udah tahap bisa berjalan n berbicara tp sblmny ternyata ada scene dulu anakmu ternyata terkena penyakit semacam penyakit "putri tidur" jd anakmu tidak bisa bangun n hanya tidur terus n warna rambutny jg memutih waktu km tanya ke edmond n harvest goddess ternyata itu memang penyakit yg dulu pernah melanda kota ini tp ga tau knp bisa ada lg penyakirny itu trus km disuruh ke bbrp tmpt sblmny nanti terakhirny km hrs ke doc utk membuat cawan magic bahanny 40 glass material, 10 softwood lumber, ama 1 soul geam stlh nanti doc berhasil membuat cawan magicny itu km hrs ke harvest god utk menaruh ramuan/obat penyembuhny di cawan magic tsb akhirny tinggal km balik kermh trus ada scene lg dah nanti esoknya dia sudah sembuh dr penyakit "putri tidur" ny itu.
    • Muafiach
      Iya benar sob, ini artikelnya udah lama ndak tak update. Ada yang salah juga hihi. Terima kasih atas tambahan informasinya :)
  7. Unknown
    Setelah besar anakny tinggal dmn min!?
    • Muafiach
      Tetap di rumah.
  8. Kurnia Ritma Dhanti
    Lucu banget bisa jadi gede. Dulu maen HM BTN kayanya bayi mulu ga gede2.

    Terus selama nunggu anak gede dan nunggu bikin (?) anak kedua misinya ngapain min? Selesein request doang yaa?
    • Muafiach
      Kebanyakan selesaikan request sih untuk membuka hal-hal baru. Bisa juga ngelengkapi trophi, ensiklopedia, dll.
  9. Unknown
    Kalo karakterku cewek, harvest moon yang cewek, apa tetep bisa punya anak? Kok ini aku main udah ngelewatin 30 hari pertama kok dia gak ngomong sakit ya
    • Muafiach
      Bisa sama saja. Cuman nanti yang lahiran kamu. Salah ngitung tanggalnya kali, coba dihitung lagi, hehe.
  10. Unknown
    Min anaknya mending laki laki apa perempuan?
    • Muafiach
      cowok
  11. Unknown
    Kalo anak yg dah dewasa bantu2 di ke on gk?
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.