Thursday, January 4, 2018

Masalah Ketika Bermain Harvest Moon: Light of Hope dan Cara Mengatasinya

Selamat tahun baru 2018, beberapa hari ini, Saya berpikir untuk rehat menulis di blog ini sejenak dan mencoba mengembangkan blog saya yang lain. Makanya jarang aktif di sini.

Sekarang saya kembali, dan kali ini saya akan membahas beberapa masalah di Harvest Moon Light of Hope yang sering/pernah ditanyakan di blog maupun fanspage Facebook ID Harvest.
Cara Mengatasi Masalah Ketika Bermain Harvest Moon: Light of Hope

Postingan ini juga sekaligus menjadi postingan pertama saya di awal tahun 2018 di blog ini.

Pada dasarnya, kebanyakan masalah ini terjadi karena ada bug/glitch dalam game. Jadi diperlukan trik khusus untuk mengatasinya.

Meskipun begitu, beberapa masalah di bawah ini mungkin sudah diperbaiki oleh pihak pengembang di versi terbaru Harvest Moon: Light of Hope.

Cara Mengatasi Beberapa Masalah Ketika Bermain Harvest Moon: Light of Hope


1. Scene Oliver muncul tidak terjadi meskipun kamu sudah punya item yang diminta
Dalam sebuah percakapan dengan kurcaci, kamu diharuskan untuk membawa 1 Yellow Perch, 1 Yellow Dahlia, dan 1 Great Wool ke Goddess Spring untuk membuat Oliver muncul.

Akan tetapi karena ada kesalahan dalam game, meskipun kamu membawa item-item yang saya sebutkan di atas, tidak ada scene yang terjadi.

Setelah saya cari-cari, ternyata kita tidak membutuhkan Yellow Dahlia, melainkan kamu harus membawa Pink Dahlia. Baru scene Oliver muncul akan terjadi.

2. Stuck di Mercusuar setelah bertemu Oliver
Masalah ini sering sekali ditanyakan di fanspage atau blog ID Harvest. Umumnya, setelah Oliver muncul, kamu hanya diharuskan untuk menuju Mercusuar untuk menyelesaikan main quest.

Namun ketika terjadi masalah ini, kamu akan stuck dan semua penduduk hanya berdiam diri. Nova yang seharusnya memulai percakapan pun, hanya bergerak ke kanan sedikit lalu diam.

Jadi cara mengatasinya gimana?

Dulu ketika saya mengalami masalah ini ketika akhir summer tahun 1, sebelumnya saya save dulu setelah bertemu Oliver. Kemudian saya tidak langsung menuju ke Mercusuar. Namun saya habiskan waktu 2 harian untuk melakukan hal lain.

Setelah itu, saya coba-coba datang kembali ke Mercusuar dan scene yang awalnya stuck kembali berjalan semestinya.

Cara ini belum pasti bisa bekerja untukmu juga, jadi silahkan lakukan kegiatan seperti biasa tapi jangka waktunya berbeda. Karena menurut saya bug ini terjadi karena kita namatin storyline-nya kecepetan.

3. Masalah tidak bisa membeli item di Sam/Carol/Bastian atau tidak bisa mengolah barang tambang di Gus
Hal hanya dikarenakan masalah yang sepele. Penyebabnya, tas yang kamu miliki tidak bisa menampung item lain lagi.

Cara mengatasinya, kamu hanya perlu menjual atau paling tidak meletakkan item yang tidak kamu butuhkan dalam lemari penyimpanan dan kulkas di rumahmu.

4. Cannot hold any more item types in your bag
Kamu akan menerima pemberitahuan ini setiap saat jika tas kamu penuh. kamu hanya dapat membawa 99 jenis barang yang berbeda dan tidak boleh ada lebih dari 99 barang yang sama.

Namun tidak perlu khawatir, barang yang kamu dapatkan akan secara otomatis dipindahkan ke kotak penyimpanan di rumah.

Sama seperti masalah nomor 3, kamu perlu menjual atau menaruh beberapa barang di penyimpanan jika kamu tidak ingin menerima pemberitahuan ini lagi.

Catatan: kamu tidak dapat menguprade tas/ransel kamu di sini.

5. Keledai Poitou tidak tumbuh dewasa
Ketika saya hitung, Keledai Poitou membutuhkan waktu 30 hari untuk tumbuh dewasa dan menghasilkan bulu. Jika lebih dari itu, maka dapat dipastikan bahwa kamu sedang mengalami masalah ini.

Solusi yang bisa saya berikan adalah coba jual Keledai Poitou yang tidak bisa tumbuh dewasa itu, lalu belilah yang baru di Sofia.

6. Dalam game tidak ada suaranya (No sound)
Banyak hal yang menyebabkan hal ini. Bisa jadi download an mu tidak sempurna atau saat mengekstrak file game, ada file tertentu yang eror, dan lain sebagainya.

Jika kamu mengalami masalah suara ini, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan menurut Ceecee [Natsume] di Steam:
  • Pastikan untuk keluar dari Steam sepenuhnya (jangan hanya menutupnya ke latar belakang), kemudian restart komputer/laptop kamu.
  • Pastikan mengatur perangkat suara yang ingin kamu gunakan untuk permainan di atur ke perangkat suara utama.
  • Jalankan game sebagai administrator (run as administrator).

7. Tidak bisa menyelesaikan request
Ini terjadi jika kamu tidak membaca request yang dikirimkan oleh penduduk setiap hari di kotak surat depan rumah.

Jadi cara mengatasinya ini juga sangat mudah, baca saja request yang dikirimkan itu untuk menghilangkan tanda seru berwarna merah. Hal itu menandakan bahwa request dari penduduk bisa mulai kamu selesaikan.

8. Mengapa begitu sulit untuk mendapatkan produk-produk berkualitas dasar seperti wool, cotton candy wool, silky fur, great wool, great cotton candy wool, great silky fur, dll?
Jika kamu tidak ingin mendapatkan kualitas yang lebih tinggi, berhentilah memberi makan hewan-hewan kamu dengan Great Animals Feed atau Delicious Animals Feed, berikan saja yang biasa.

Upgrade kandang hewan kamu untuk memelihara lebih banyak hewan juga merupakan saran yang bagus untuk kamu.

Tetapi jika kamu masih tidak mendapatkan kualitas yang kamu inginkan, Kamu dapat menggunakan Trik Save and Load untuk mengubah kualitas produk hewan kamu.

Save sebelum kamu mengambil produk dari hewan kamu, jika tidak mendapatkan kualitas yang kamu inginkan, load lagi, begitu seterusnya.

Demikian Cara Mengatasinya Beberapa Masalah di Harvest Moon: Light of Hope. Apabila kamu punya mengalami masalah lain selain di atas, kamu bisa sampaikan lewat kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Baca juga: Cara Mendapatkan Semua Stone Tablet (Ending Main Quest) di Harvest Moon: Light of Hope

3 komentar:

  1. Gan kenapa pas mau nambang level yang tersave cuma sampai 56. Setelah itu tidak tersave walaupun sudah lebih dari 61 jadi harus mengulang dari 56

    ReplyDelete
  2. Mantap min lanjutin, keren ni blog, mau jadi kontributor tapi kayaknya si admin dah gercep lengkap artikelnya mantapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih sob, sebenarnya kita jarang update kok karena kekurangan penulis.

      Delete

Terima kasih telah membaca artikel ini. Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.