-->

PCSX2 vs DamonPS2, Lebih Seru dari Drama Korea

Benarkah DamonPS2 Pro mencuri/menggunakan source code dari PCSX2 dan PPSSPP?
Pada bulan November 2017, muncul emulator bernama DamonPS2 Pro di Google Play Store. Mungkin kamu sudah mengetahui bahwa emulator ini bisa menjalankan game PS2 di platfrom mobile, khususnya Android.

Emulator ini menjadi perbincangan dikalangan penggemar game PS2 di Indonesia maupun luar negeri. Forum terkenal seperti Reddit.com pun juga ramai yang membahas emulator DamonPS2 Pro ini.

Kita sendiri juga sempat membahas Cara Bermain Game PS2 di Android Menggunakan Emulator DamonPS2 Pro

Dari beberapa komentar yang saya baca di forum reddit, banyak yang mempertanyakan apakah emulator ini scam/fake/palsu atau malah serius dikembangkan. Ada juga bilang bahwa emulator ini mencuri beberapa source code dari emulator lain, seperti PCSX2 yang merupakan emulator PS2 di PC.

Kabar ini pun sampai ke telinga pengembang PCSX2 dan DamonPS2 Pro, sehingga jadilah sebuah drama saling klaim yang lebih seru dari drama Korea.
Drama PCSX2 vs DamonPS2
Original image: ShowTodayTV.com

Klaim versi DamonPS2

Di tanggal 5 Januari 2018, DamonPS2 membuat sebuah pengumuman melalui FP Facebook bahwa aplikasi mereka tidak akan tampil untuk sementara waktu di Google Play karena adanya pelanggaran deskripsi yang tidak sesuai kebijakan Google Play.

Setelah itu, DamonPS2 membuat beberapa postingan panjang mulai tanggal 10 sampai 17 Januari 2018. Intinya sebenarnya sama, mereka mengklarifikasi dan bersikukuh bahwa mereka memiliki 100% copyright dari source code Damon PS2 Pro.

Mereka mengklaim bahwa Google Play telah menolak beberapa DMCA request dari beberapa pengembang emulator, seperti PCSX2.

Dihapusnya DamonPS2 Pro dari Google Play murni karena ada klaim pemilik hak cipta dari nama-nama game PS2 yang disebutkan di deskripsi.

Klaim versi PCSX2

Pada tanggal 11 Januari 2018, pihak pengembang PCSX2 membuat sebuah postingan mengklaim bahwa DamonPS2 telah mencuri source code PCSX2. Mereka juga memposting beberapa gambar di Facebook, salah satunya mendapati bahwa Gameindex.dbf yang digunakan DamonPS2 sama seperti PCSX2.

Parahnya lagi, menurut pihak PCSX2 yang telah melakukan kontak via E-mail sebelumnya, DamonPS2 terus mengklaim bahwa mereka tidak mencuri source PCSX2. Namun pihak PCSX2 ditawari sejumlah uang oleh pengembang DamonPS2 Pro untuk diam. Intinya sebagai uang tutup mulut.

Menanggapi respon dari pihak Damon yang tidak sesuai harapan, pihak PCSX2 berniat melakukan DMCA Takedown dengan harapan bahwa DamonPS2 Pro akan dihapus dari Google Play.

Namun sebelum itu terjadi, DamonPS2 Pro sudah tidak lagi berada di Google Play. PCSX2 beranggapan ini hanya akal-akalan Damon untuk menghindari banned dari Google Play. Menyadari apa yang akan dilakukan pihak PCSX2.

Pendapat ID Harvest Mengenai Drama Ini

Jika kita di posisi Developer, tentu kita akan memberi respon yang sama dengan PCSX2 dengan melaporkan ke DMCA takedown jika memang terbukti source code kita dicuri. Sama halnya jika artikel kita dicopas tanpa ijin tanpa dikasih sumber yang mengarah ke blog kita.

Sedangkan jika sebagai pengguna, pasti kebanyakan dari kita menginginkan adanya emulator DamonPS2 ini untuk dikembangkan lebih lanjut. Kita sudah menunggu lama akan datangnya emulator yang dapat menjalankan game PS2 dengan lancar di platfrom mobile. Tidak peduli adanya keributan antar Developer ini, yang penting bisa main game PS2.

Ini sangat ironis, seharusnya kedua Developer ini bisa bekerja sama untuk mengembangkan emulator PS2 untuk platform mobile yang stabil. Namun sekarang itu tidak mungkin terjadi.

Ketika salah satu admin ID Harvest mencoba mengomentari postingan PCSX2 di Facebook, seperti ini...
Mungkin kamu perlu mulai menstabilkan emulator PCSX2 di Android bung, daripada menuduh/menyerang pengembang Damon, mungkin kamu perlu merekrutnya.

Mereka terang-terangan merespon bahwa tidak ingin bekerja sama dengan pengembang DamonPS2 Pro yang melakukan kebohongan kepada PCSX2 dan pengguna, serta tidak mengakui menggunakan source code dari PCSX2.

Namun mereka juga tidak bisa mengembangkan PCSX2 di Android karena kesibukan pekerjaan di dunia nyata.

Hmm, entahlah siapa yang benar dan siapa yang salah di sini.

Untuk titik tengah masalah ini, saya setuju dengan DamonPS2, biarlah Google yang menjadi juri/hakim terakhir untuk menentukan siapa yang benar dan siapa yang salah.

Kalau memang DamonPS2 Pro kembali dirilis di Google Play dan bertahan selamanya di sana, maka tuduhan PCSX2 ini tidak sepenuhnya benar. Namun jika tidak pernah dirilis lagi, dapat disimpulkan bahwa DamonPS2 adalah penipu.

Full story:

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.