-->

Inilah yang Terjadi Jika Kamu Ngecheat di Harvest Moon: Hero of Leaf Valley

Sebelum kamu mencari-cari cara cheat di Harvest Moon: Hero of Leaf Valley, ada baiknya kamu ketahui dulu efek yang ditimbulkannya.
Ngecheat merupakan sebuah jalan pintas bagi sebagian orang untuk mendapatkan sesuatu dengan cepat/instan dalam suatu game.

Memang kelihatannya sangat asik karena kita tidak perlu bersusah payah melakukan hal-hal yang ribet.

Namun tanpa disadari, sebenarnya ada efek negatif yang bisa ditimbulkan dari penggunaan cheat ini ketika bermain Harvest Moon: Hero of Leaf Valley.

Di sini ID Harvest akan merangkum beberapa...

Efek Ngecheat di Harvest Moon: Hero of Leaf Valley


1. Tools atau Item tidak dapat diganti
Contohnya seperti ini, ketika kamu pegang Hammer, kamu tidak dapat menggantinya menjadi Watering Can. Ini adalah salah satu masalah legend yang sebelumnya banyak yang tidak tau penyebabnya.
Efek Ngecheat di Harvest Moon: Hero of Leaf Valley

Awalnya saya juga bingung, banyak yang tanya masalah ini di blog ini. Karena saya tidak pernah mengalami masalah ini ketika bermain HM HoLV, jadi saya tidak bisa memberi solusinya.

Akhirnya saya cari info sana sini dan bikin survey terkait masalah ini di fanspage Facebook. Beberapa orang setuju bahwa masalah ini diakibatkan karena kamu mengaktifkan cheat.

Cheat yang seperti apa?

Saya rasa cheat yang berhubungan dengan upgrade peralatan max, item 99, dan menambah jumlah penyimpanan dalam tas.

Permainan mungkin berjalan lancar di awal, namun bisa saja kamu mengalami masalah ini kedepannya.

Solusi: Pindahkan 99 item yang merupakan penyebab peralatan/item tidak bisa diganti dari tas ke Tool Box di rumahmu.

Sapi tidak bisa diperah
Masalah ini akan terjadi jika kamu mengaktifkan cheat 'Barn Auto Feeder'. Yang efeknya kamu tidak perlu lagi memberi makan hewan peliharaanmu di kandang karena akan terisi sendiri setiap harinya.

Loh yang kasih makan siapa min?

Setan kali, hehe

Seperti yang saya sebutkan di atas, efek penggunaan jenis cheat ini adalah kamu mungkin tidak bisa memerah susu sapi. Sekalipun sapi tersebut telah/akan menghasilkan susu emas.

Cepat Bosan dan Malas
Kalau ada yang bilang bahwa ngecheat dalam game itu bikin seru, saya rasa salah besar. Kalau game seperti GTA mungkin benar, tapi jika kamu menggunakannya untuk bermain Harvest Moon, maka hanya akan membuat kamu makin bosan.

Kenapa?

Poin utama dari Harvest Moon adalah bertani, beternak, manajemen waktu dan menjalin pertemanan dengan penduduk, dan lain-lain. Jika kamu menggunakan cheat untuk memanipulasi poin utama di atas, tentu sama saja kamu menghapus inti dari game itu sendiri.

Lah terus buat apa kita main kalau keseruan dari bermain Harvest Moon hilang karena pakai cheat? Ini yang harus kita renungkan.

Lagian nih, Harvest Moon adalah jenis game santai dan terbilang mudah. Jadi kita tidak perlu terburu-buru untuk mendapatkan sesuatu secara instan.

Penutup
Itulah hal-hal yang bisa terjadi jika kamu menggunakan cheat di Harvest Moon Hero of Leaf Valley. Sebenarnya masih banyak masalah yang belum diketahui penyebabnya secara pasti seperti Stuck/macet di tambang dan saat keluar rumah.

Apakah ini efek cheat juga?

Entahlah, saya belum punya jawaban yang pasti.

Terserah kamu mau main pake cheat atau tidak karena semua orang berhak memilih. Namun, kamu harus siap menerima efek dari penggunaan cheat ini.

Jika kamu mengalami beberapa masalah di atas, terutama nomer 1 dan 2, coba matikan cheat-nya.

Pergi ke pengaturan (settings) > System > Enable Cheats jangan dicentang.

Anda mungkin menyukai postingan ini

7 komentar

  1. Indo Subs 21
    hehehe cheater gan maklumin aja btw ane juga hehehe susah ningkatim fp penduduk
  2. Dunz
    Sebebarnya yang no 1 gak pake cheat juga bisa kejadian saya pernah beli pakan ayam 99 setelah itu gak bisa ganti peralatan, harus di masukan dulu ke penyimpanan di rumah
    • Wahyu R
      Sama saya beli benih padi tiba tiba 99 dan tidak bs diganti,tp benihnya tdk bs disimpan dirumah. Ada solusi kah?
    • Pencari Rejeki
      Katanya sih itu bug di versi indonesianya gan. Gak tau juga sih, tapi oe mainin yang english gak pernah kejadian kek gitu. Pas mainin yang indonesia ngestuck gak bisa ganti tool pas abis beli bibit 99.
  3. Nurul Hidayah Sholiha
    makasih infonya min
    • Muafiach
      Iya sama-sama kak maaf baru bales soalnya lama nggak aktif di blog.
  4. Pencari Rejeki
    Untuk cheat yang ke dua bisa kalian akalin atau fix dengan cara, pertama, jangan diaktifin dulu itu cheatnya. Perah dulu sapinya, setelah itu baru kalian aktifin cheatnya lalu jalanin game lagi. Setelah game jalan langsung buka cheat lagi, matiin cheatnya. Dijamin sapi kalian besok bisa diperah dan hasilin gold milk.

    Sekedar info aja.
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.