Tuesday, June 19, 2018

Panduan Memahami Level Pertemanan dan Trading Pokemon di Pokemon Go

Sudah hampir dua tahun setelah peluncuran di Android dan iOS, Pokemon Go akan secara resmi kedatangan salah satu fitur yang dulu paling dinanti, yaitu TRADING POKEMON, bersamaan dengan Sistem NEW FRIENDS. Akhirnya kamu akan dapat melakukan tukar-menukar Pokemon dengan orang-orang terdekat.

Yah, saya juga sudah lama banget nggak menjamah dan menulis sesuatu tentang Pokemon Go, karena memang popularitasnya di Indonesia kian meredup. Namun, karena ada update besar ini, saya tertarik untuk mengulasnya sedikit.

Niantic pagi ini mengumumkan bahwa sistem Trading akan tiba di samping sistem Teman baru, yang akan menawarkan berbagai fitur sosial online dengan orang terdekat.

Fitur Teman akan mulai diluncurkan ke Pokemon GO akhir pekan ini, fitur ini memungkinkan kamu untuk terhubung dengan teman di kehidupan nyata dan melacak petualangan mereka di Pokémon GO. Kamu akan dapat mengirimi mereka item, mendapatkan bonus dan bahkan menukar Pokemon.

Cara Menambah Teman di Pokemon Go

Level Pertemanan - Pokemon Go

Kamu harus terlebih dahulu meminta mereka untuk membagikan Kode Trainer mereka dengan kamu. Di beranda trainer akan tampak tampilan baru, ada tulisan "Me" dan " Friends" di samping kanannya  > ketuk "Add Friends" untuk menambah teman.

Kemudian cukup masukkan Kode Trainer mereka dan kirimi mereka permintaan pertemanan. Jika mereka menerimanya, kalian akan menjadi teman, dan kamu akan melihatnya di Daftar Teman kamu.

Tingkat Pertemanan

Setelah kamu menambahkan teman, kamu akan dapat mencapai satu dari empat Tingkat Pertemanan: Good Friend, Great Friend, Ultra Friend, dan Best Friend.

Meningkatkan level pertemanan kamu akan menawarkan berbagai bonus, termasuk mengurangi biaya Stardust untuk trade Pokemon, damage tambahan selama battle di Gym bersama seorang teman, dan tambahan Premiere Ball selama raid bersama seorang teman.

Berikut adalah bonus untuk setiap level pertemanan:

Good Friend: Bisa menukar semua Pokemon kecuali Mythical

Great Friend: Diskon Stardust untuk trade, bonus serangan selama pertempuran dengan teman itu, satu tambahan Premiere Ball untuk raid bersama teman itu

Ultra Friend: Diskon stardust tambahan untuk trade, bonus serangan yang lebih besar selama pertempuran dengan teman itu, dua Premiere Ball tambahan untuk raid bersama teman itu

Best Friend: Diskon stardust utama untuk trade, bonus serangan terbesar selama pertempuran dengan teman itu, empat Premiere Ball tambahan untuk raid bersama teman itu

Cara Meningkatkan Level Friendship di Pokemon Go

Ketika kamu mengirim Hadiah ke teman atau berpartisipasi dalam Gym battle dengan mereka, kamu dapat meningkatkan Tingkat Pertemanan (Friendship Levels) kamu. Seiring dengan Tingkat Pertemanan kamu, kamu akan mendapatkan bonus saat kamu bermain bersama.

Misalnya, ketika kamu dan seorang Great Friend berpartisipasi dalam Gym battle atau Raid battle bersama-sama, kamu bisa mendapatkan bonus Attack untuk memberi keunggulan pada Pokémon kamu. Kamu dapat meningkatkan Tingkat Pertemanan kamu sekali per hari per teman.

Kamu juga dapat membangun Tingkat Persahabatan kamu dengan trading Pokémon bersama teman.

Cara Trade atau Tukar Pokemon ke Teman di Pokemon Go

Cara Trade di Pokemon Go

Trading Pokemon hanya dapat dilakukan dengan pemain di daftar teman kamu, dan hanya jika kamu berada dalam jarak 100 meter satu sama lain. Intinya, kamu harus dekat dengan seorang teman dan memiliki Level Trainer 10 atau lebih tinggi.

Hal ini sangat tidak menguntungkan bagi spoofer atau player yang suka terbang karena tidak bisa melakukan trading dari jarak jauh tanpa adanya ikatan pertemanan.

Melakukan trading Pokemon dapat menghasilkan bonus candy untuk Pokémon yang kamu tukar, dan bonus itu dapat meningkat jika Pokémon yang kamu tukarkan tertangkap di lokasi yang berjauhan satu sama lain.

Semua tindakan tukar-menukar Pokemon membutuhkan Stardust, dan beberapa trading membutuhkan lebih banyak Stardust daripada yang lain. Saat kamu membangun atau meningkatkan Level pertemanan dengan teman yang ingin saling trading, kamu dapat melakukannya dengan Stardust yang jauh lebih sedikit.

Pokémon tertentu, seperti Pokémon legendaris, Shiny Pokémon, atau Pokémon yang saat ini tidak ada dalam Pokédex kamu, membutuhkan Special Trade untuk ditukarkan, jadi ingatlah hal itu sebelum melakukan trading.

Special Trade hanya dapat dilakukan sekali per hari dengan Teman Baik (Good Friend) atau Sahabat Terbaik (Best Friend), dan seringkali membutuhkan banyak Stardust untuk menyelesaikan Special Trade.

Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada teman betapa kamu peduli padanya! Tapi jangan senang dulu, Stardust yang dibutuhkan di sini tidaklah sedikit, karena bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan stardust untuk Shiny dan Pokemon Legendaris yang belum terdaftar di Pokedex kamu.

Jadi sangat tidak cocok juga untuk kamu yang mikirnya bisa jual-jual Pokemon ke semua pemain untuk mendapatkan uang (RMT) dari fitur ini. Tapi seperti yang saya jelaskan di atas, stardust tersebut akan berkurang jumlahnya jika level pertemanan kamu semakin tinggi.

Efek yang Diterima Pokemon Ketika Ditukar 

Keuntungan lain dari saling bertukar Pokemon, yaitu misalkan status CP, IV, dan HP  Pokemon yang ditrade akan diatur ulang, menghasilkan status baru yang acak untuk Pokemon yang kamu terima.

Kisaran kemungkinan hasil CP, IV, dan HP bisa sangat besar atau sangat kecil tergantung pada level pertemanan kamu, Best Friend tentu akan jauh lebih mungkin untuk menerima Pokemon yang lebih kuat.

Bonus Update: Hadiah dan Telur Alolan Baru

Saat kamu memutar Photo Disc di PokéStop atau Gym, kamu memiliki kesempatan untuk menerima Hadiah khusus. Meskipun kamu tidak dapat membuka Hadiah yang kamu terima dari PokéStop, kamu dapat mengirimnya ke teman di Daftar Teman kamu.

Di dalam Hadiah (Rewards) akan ada setumpuk item-tem yang bermanfaat, yang akan diterima teman kamu bersama dengan kartu pos (Postcard) yang menunjukkan di mana kamu mengambil Kado kamu.

Hadiah tersebut juga dapat disertai kejutan khusus: Telur yang ketika menetas, akan berisi bentuk Alolan dari Pokémon yang aslinya ditemukan di regional Kanto.

Sumber: Pokemon GO Live, Andrew IGN 

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.