Tuesday, June 26, 2018

Panduan Story of Seasons: Trio of Towns: Awal Permainan

Beberapa hari yang lalu, saya sedikit mencoba seri Bokujo Monogatari (versi bahasa inggris dulu dikenal dengan nama Harvest Moon) yang saat ini dikembangkan oleh Marvelous, yaitu Story of Seasons: Trio of Towns. Dan saya berpikir untuk sedikit menulis apa yang saya dapatkan sementara ini.

Ini adalah sedikit ulasan diawal permainan ngapain aja dan seputar membuat karakter kamu di Story of Seasons: Trio of Towns.

Nah, permainan dibuka dengan sebuah adegan pengenalan yang menurut aku sangat keren animasinya. Setelah menonton pengenalan, atau menekan tombol apa saja untuk melewatinya, sentuh layar, lalu pilih New Game.

Memilih Mode

Kamu akan disuruh untuk memilih apakah kamu ingin bermain dalam Mode Seedling (Pemula) atau Mode Veteran. Kamu tidak dapat mengubah mode ini nantinya.

Mode Seedling cocok bagi kamu yang belum pernah memainkan game Story of Seasons atau Harvest Moon sebelumnya, atau bagi kamu yang menginginkan lebih sedikit tantangan.

Dalam Mode Seedling, barang-barang tertentu di toko (peralatan, ternak, dan barang-barang toko kelontong) akan menjadi 30% lebih murah, dan ketika kamu menggunakan alat, akan mengkonsumsi lebih sedikit stamina dibandingkan dengan Mode Veteran.

Mengkustomisasi Karakter

Panduan SoS: Trio of Towns Kustomisasi Karater

Selanjutnya kamu akan disuruh memilih apakah kamu ingin bermain sebagai laki-laki atau perempuan. Kamu tidak dapat mengubahnya lagi nanti, ya-iyalah masak transgender, haha.

Kemudian kamu dapat menyesuaikan penampilan karakter sesuai keinginan kamu. Kamu dapat memilih satu dari 5 warna kulit, 10 ekspresi wajah, 16 warna mata, dan 22 warna rambut. Kamu akan dapat kembali mengubah penampilan kamu, setelah event tertentu dalam game.

Selanjutnya, kamu dapat memilih hari ulang tahun karakter kamu, nama, dan kepribadiannya. Kamu dapat mengubah nama kamu nanti, tetapi tidak dengan hari ulang tahun atau kepribadian kamu.

Memilih Kepribadian

Kepribadian karakter akan memberi kamu bonus sebuah keuntungan kecil diawal permainan. Kepribadian karakter tidak dapat diubah setelah kamu memilihnya. Jadi, pilihlah dengan bijak atau pilih saja tipe kepribadian yang paling menguntungkan bagi kamu.

Ada 5 tipe kepribadian yaitu Animal Lover, AnglerSports EnthusiastTycoon, dan Charmer. Setiap tipe kepribadian memberi karakter kamu manfaat yang berbeda-beda: Berikut adalah perbedaannya:

Animal Lover: Ketika kamu mendapatkan hewan atau hewan peliharaan baru untuk peternakan kamu, baik yang baru lahir atau dibeli, hewan tersebut akan mempunyai satu hati persahabatan.

Angler: Ikan yang kamu tangkap akan memiliki Level Bintang yang lebih tinggi karena kamu akan memiliki level memancing awal yang lebih tinggi.

Sports Entusiast: Kamu akan memulai permainan dengan 6 heart stamina, yang aslinya hanya lima hati. Namun, kamu tidak akan pernah bisa mendapatkan lebih dari 10 heart stamina dalam permainan, tidak peduli kamu punya stamina berapa diawal.

Tycoon: Petualangan bertani kamu akan dimulai dengan 50.000 G, bukan 4000 G (2000 G ketika Frank memberimu peralatan, dan 2000 G ketika Frank menjelaskan seputar hewan).

Charmer: Setiap orang yang pada awalnya kamu temui akan memiliki bonus pertemanan atau tambahan pertemanan dengan kamu.

Semua kandidat pernikahan akan mulai dengan 10.000 Poin Persahabatan (1 hati), dan setiap orang desa yang lain akan memiliki 5000 FP (setengah hati). Kamu dapat melihat tingkat pertemanan kamu melalui rak buku di dalam rumah kamu.

Dari kelima kepribadian di atas, mana yang terbaik untuk dipilih?

Menurut aku Tycoon karena aku tau dalam game semacam ini dapat uang di awal permainan itu sangat sulit dan sangat penting.

Setelah kamu membuat pilihan, kamu diminta untuk mengonfirmasi. Kamu dapat kembali dan membuat perubahan, atau kamu dapat melanjutkan untuk memulai permainan.

Awal Mula Keinginan Menjadi Seorang Petani

Kamu memimpikan masa ketika ibumu, Marlena, membawamu ke sebuah peternakan/pertanian saat kamu kecil. Di sana kamu mulai mengenal mengelus hewan (sapi) dan memanen buah.

Awalnya kamu takut memegang sapi, tapi kamu bisa melakukannya. Kamu menyukai kehidupan desa dan ingin tinggal di sana.

Tapi tiba-tiba, adik perempuanmu membangunkanmu untuk makan malam. Setelah makan malam, ayahmu, Daryl, mengatakan bahwa keluargamu harus pindah karena pekerjaannya.

Namun, kamu cukup dewasa untuk membuat keputusan sendiri, jadi kamu mengatakan bahwa kamu ingin menjadi seorang petani dan hidup mandiri.

Setelah berdebat semalaman dengan ayahmu, akhirnya dia setuju untuk membiarkanmu menjadi seorang petani, membiarkan kamu untuk merasakan bahwa pilihan yang kamu ambil itu salah.

Keesokan harinya kamu akan naik angkutan ala pedesaan untuk pergi ke Westown. Di sana, kamu bertemu paman kamu, Frank. Dia yang nantinya akan mengajarimu banyak hal untuk menjadi seorang petani/peternak yang hebat.

Tour Desa: Bertemu Beberapa Penduduk Desa

Keesokan harinya, kamu mendapatkan tur Westown dari Frank. Di perjalanan menuju rumah Megan, kamu akan diperkenalkan dengan tanaman liar yang tumbuh dan bisa kamu ambil jika memang sudah waktunya.

Kamu akan diperkenalkan oleh seorang penduduk bernama Megan, kemudian kamu di ajak ke alun-alun untuk bertemu beberapa penduduk desa di kota dan melihat toko-toko yang mereka jalankan.

Frank, akan membiarkanmu untuk berkeliling sendiri. Pergilah area atas jika kamu ingin tau letak kantor pos, restoran, toko bunga, toko kelontong, dan rumah sherif.

Jika kamu selesai atau sudah puas keliling, pergilah ke selatan (ke bawah area) untuk kembali ke rumah Frank.

Berlajar Bertani

Panduan Berkebun di SoS: Trio of Towns
Keesokan harinya, kamu diberi rumah kumuh dan pertanian baru yang sudah siap pakai. Frank memintamu memberi nama pertanian kamu. Kamu dapat mengubahnya nanti melalui rak buku di rumah kamu.

Frank bertanya apakah kamu memiliki pertanyaan atau tidak. Dia bisa menjelaskan berbagai mekanisme permainan jika kamu membutuhkannya.

Dia juga memberi tahu kamu untuk memasukkan item ke dalam kotak pengiriman (Shipping Box( sebelum pukul 17:00 untuk menjualnya, dan kamu akan dibayar keesokan paginya.

Saat permainan berlangsung, kamu akan dapat mengubah tujuan kotak pengiriman, untuk mengirim barang-barang ke desa-desa lain.

Setelah itu, Frank memberi kamu Cangkul, Watering Can, Kapak, Sabit, 5 bibit lobak, 10 roti kentang, dan 2000G.

Sementara ini, kamu bebas untuk bertani, tanamlah semua bibit lobak yang diberi oleh Frank. Mekanisme bertaninya ini sedikit berbeda dengan Harvest Moon, jadi mungkin kamu akan perlu sedikit beradaptasi.

Selanjutnya, apabila kamu pergi ke Westown: North (alun-alun), kamu akan belajar tentang pekerjaan paruh waktu (Part-time jobs) kepada Horatio.

Untuk sementara itu dulu sob untuk artikel kali ini, belum banyak yang bisa aku explore dari Story of Seasons: Trio of Towns. Aku harap artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih.

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.