Saturday, March 7, 2020

Apa Arti dan Asal Kata 'FUCEK'?

Bener-bener nggak nyangka sebenarnya. Postingan receh saya tentang arti kata "fucek" dalam bahasa gaul di Quora bisa mendapatkan banyak sekali pembaca dalam waktu beberapa hari saja.

Ya memang sih saya buat konten itu lebih cepat ketimbang situs Tribunews, Brainly atau situs lain, makanya saya punya keuntungan lebih. Dan memang banyak orang yang penasaran dengan arti dan asal-mula "fucek" ini hingga menjadi viral di media sosial.

Jadi agar jangkauannya lebih banyak lagi dan memudahkannya dicari oleh orang, maka saya juga terbitkan di blog ini meskipun sebenarnya beda topik. Saya masukkan ke sesi "Talk" saja.

Arti Kata Fucek Bahasa Gaul

Kata "Fucek" itu adalah plesetan yang diucapkan secara medok khas wong Jowo dari kata bahasa Inggris "F*ck" yang merupakan umpatan kekesalan atau makian kepada lawan bicaranya artinya brengsek, sialan, baj*ngan atau bisa juga djianc*k! Ada juga versi ceweknya yaitu "Pucek" yang mempunyai arti yang sama.

Asal Usul Kata Fucek

Populernya kata "fucek" itu awal-mulanya dimulai oleh Aspri Nurdin (@asprinurdin12). Dia adalah seorang adam kehawa-hawaan alias bencong yang berprofesi sebagai selebgram dengan jumlah pengikut yang cukup banyak.

Dalam sebuah video (udah dihapus) berdurasi 19 detik yang diunggah ke akunnya, dia meneriakkan kata-kata bernada marah yang berbunyi:

"Buat lo cowo cowo yang udah nyakiti gue waktu SMP, FUCEK dari Gue, EF-U-CE-KA, FUCEK...!!! Apalagi khususnya buat si riski tu, anak gang sebelah, Fucek kiiii Fucek."
Arti dan Asal Kata Fucek Bahasa Gaul
Postingan itu pun viral di instagram karena tingkahnya yang dianggap cringe bagi kebanyakan orang, apalagi dia meneriakkan kata FUCEK itu berulang kali sambil mengacungkan kedua jari tengahnya.

Namun, bukannya mendapatkan simpati karena hatinya disakiti oleh para cowok, terutama yang bernama si rizky, dia malah di-bully dan dibuat candaan oleh para warganet.

Mereka rame-rame ngetag nama temannya yang bernama riski, risky, rizki atau rizky untuk dimintai pertanggungjawaban.

Jadilah tujuan dia untuk mendapatkan perhatian (pansos) dari banyak orang tercapai. Ya memang itu cara dia merangkak menaikan popularitasnya. Meskipun itu dipandang buruk oleh banyak orang. Bagi kita yang cuman nonton, buat hiburan aja bosku.

Kenapa Kata Fucek Semakin Populer?

Meskipun video aslinya sudah dihapus, banyak orang merepost videonya di Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube. Kemudian banyak warganet yang menggunakan kata "fucek" ini untuk mengungkapkan kekesalannya pada suatu hal di Twitter hingga sekarang.

Tidak hanya sampai di situ. Banyak juga yang memparodikannya di Tik Tok. Ada beberapa orang yang membuatkan stiker fucek dan lagu remix DJ Fucek dari video aslinya. Sama seperti viralnya "Culametan Met Met" beberapa waktu yang lalu.

Hal yang paling oke adalah dengan menggunakan kata FUCEK ini, si pemakai bisa bebas berekspresi tanpa harus takut disensor KPI

Begitulah kira-kira sejarah nggak penting asal-muasal kata "fucek" yang sedang menjadi hal yang viral dan digunakan banyak anak milenial zaman sekarang. Adakah yang bisa menghentikannya?

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.