Monday, April 13, 2020

Apa Arti dan Asal Kata 'Gemoi' atau 'Gemoy'?

Kamu nggak sengaja lihat warganet pakai caption dan komentar "gemoi" atau "gemoy" pada status yang ada foto kucing, chat-an dengan gebetan, cewek cantik, oppa-oppa Korea, atau cowok gantengnya di media sosial seperti TikTok dan Twitter. Emang apaan sih artinya? Darimana asal katanya???

Apa Arti dan Asal Kata 'Gemoi' atau 'Gemoy'?

Kata "gemoi" atau "gemoy" termasuk dalam bahasa gaul yang artinya adalah gemas, menggemaskan, imut, atau lucu. Anak gaul zaman now biasanya menyebutnya dengan istilah gemay, gemesh, gumush, atau ucuul.

"Gemoi" atau "gemoy" berasal dari kata dasar gemas yang diucapkan secara alay menjadi gemay, lalu dipelintir lagi menjadi gemoy. Jadi, "gemoy" adalah kata yang berawal dari kata plesetan yang diplesetkan lagi.

Asal Mula Munculnya Kata Gemoi atau Gemoy

Populernya kata "gemoy" berawal dari pengguna bernama Bayulinho alias Naufal yang mengucapkan kata "gemoy" yang terdengar seperti "gemoi" dalam video yang dia unggah di TikTok.

Dalam video itu nenampakkan temannya yang sedang rebahan di paving dan dipijit kakinya karena habis terjatuh. Sambil dia memberi tahu penontonnya dengan ucapan yang kira-kira berbunyi...
"BrEaking nEws breaKinG NewS
aAaaa Putraa blalanG kAwin JaToh
Ok GAis ThaNkS f0r WatcHing
aAaahhhh GeMoYyyyy
a4aahhhh GEmoiiii
Namun, cara mengucapkannya itu bukan dengan nada suara asli. Melainkan suaranya diedit dengan diberi efek "electro" seperti pakai Autotune sehingga terdengar unik di telinga.

Kamu bisa menambahkan efek suara tersebut setelah membuat video, klik fitur "efek suara" yang terletak di pojok kanan atas layar aplikasi TikTok. Jangan lupa untuk menyalakan internet kamu.

Ini kemudian menjadi ciri khas yang melekat pada dirinya dalam membuat konten di TikTok. Saking seringnya videonya muncul di FYP (For You Page) atau berandanya TikTok, dia sempat dijuluki oleh sebagian pengguna sebagai "penguasa FYP". Sebutan yang sebenarnya terlalu lebay alias berlebihan.

Kenapa Kata Gemoi atau Gemoy Bisa Menjadi Semakin Populer?

Nggak begitu populer banget sih, kata ini mencapai puncak popularitas pada bulan Februari 2020 lalu, tapi popularitasnya redup karena viralnya "Culametan Met Met". Iya, video bicara cepat dari anak Sunda bernama Risa yang masih duduk di bangku SMP itu, yang kemudian diremix menjadi sebuah lagu.

Setelah video "gemoy"-nya itu beredar, banyak pengguna TikTok yang terinspirasi dari kontennya si Bayu. Mengucapkan kata "aAaaa Gemoooiiii", "Thai teaaaa Gemooiiii" atau yang lain dengan editan suara "electro" di konten TikTok mereka.

Banyak juga pengguna TikTok dan warga Twitter yang menggunakan kata tersebut untuk mengomentari hal-hal yang menggemaskan menggantikan kata-kata gaul yang sebelumnya sudah ada

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.