-->

Kalender Harvest Moon: Save The Homeland

Panduan untuk kamu yang pengen tahu tanggal ulang tahun penduduk, event, festival pada tiap musim berbeda secara kronologis di HM: STH
Halaman ini membahas semua hal yang berkaitan tentang kalender di Harvest Moon: Save The Homeland (STH) yang pertama kali dirilis pada konsol PS2, kemudian diporting ke PS3 dan PS4.

Kalender adalah salah satu fitur penting yang terdapat dalam game simulasi pertanian dan peternakan seperti Harvest Moon, Story of Seasons, dan Rune Factory.
Kalender Harvest Moon: Save The Homeland

Dalam Harvest Moon: Save The Homeland, kalender tersedia sejak awal permainan. Kamu bisa melihatnya tergantung dan mengaksesnya pada dinding di dalam rumahmu.

Kalender ini umumnya berfungsi sebagai pengingat dan untuk mengetahui semua kegiatan seperti festival, kontes, dan juga ulang tahun penduduk yang akan datang. Intinya, ia memudahkan kita dalam memanajemen permainan.

Namun agak sedikit berbeda, kamu tidak akan melihat tanggal ulang tahun maupun festival/kontes di kalender HM:STH. Hal ini dikarenakan tidak adanya festival atau kontes dalam game tersebut. Cukup menyedihkan dan disayangkan memang.

Lah terus apa fungsi kalendernya? 

Ada 4 musim yakni Spring (musim panas), Summer (musim panas), Fall (musim gugur), dan Winter (musim dingin). Dalam 1 musim terdapat 30 hari, jika kamu perhatikan dengan seksama, ada warna berbeda dalam kalender itu. Nah fungsinya itu menandakan cuaca yang berbeda yang akan terjadi pada tanggal-tanggal tersebut.
  • Warna kuning : Mild season (sejuk): Cuaca cenderung mendung/berawan 
  • Warna Biru : Wet season (basah): Cuaca cenderung hujan
  • Warna Merah : Dry season (kering): Cuaca cenderung cerah

Karena tidak ada keterangan khusus di kalender, maka saya lengkapi artikel ini dengan tanggal ulang tahun dari karakternya saja, yang sudah saya urutkan secara kronologis di Harvest Moon: Save The Homeland.

Spring

Tanggal Event
1 Ulang tahunmu
11 Ulang tahunnya Ronald
16 Ulang tahunnya Parsley
27 Ulang tahunnya Lyla

Summer

Tanggal Event
1 Ulang tahunnya Wallace
1 Ulang tahunnya Bob
8 Ulang tahunnya Gween
10 Ulang tahunnya Joe

Fall

Tanggal Event
2 Ulang tahunnya Louis
12 Ulang tahunnya Tim
20 Ulang tahunnya Gina
29 Ulang tahunnya Katie

Winter

Tanggal Event
2 Ulang tahun Woody
9 Ulang tahunnya Dia
10 Ulang tahunnya Kurt
25 Ulang tahunnya Martha

Sebagai catatan, kamu memang tidak bisa memilih tanggal ulang tahunmu sendiri karena sudah tentukan secara otomatis, yakni tanggal 1 Spring.

Panduan ini memang tidak bisa dibuat lebih rinci lagi karena ya penjelasan ini sudah mendetail. Saya sudah buatkan hadiah kesukaan/favorit penduduk dan event utamanya secara terpisah.

Itulah penjelasan tentang Kalender di Harvest Moon: Save The Homeland. Semoga panduan ini bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkannya ya. Terima kasih sudah membaca.

Baca juga: Ulang Tahun dan Hadiah Kesukaan Penduduk Harvest Moon:Save The Homeland

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.