-->

Apa itu 16.com di Facebook dan Mengapa Dilarang?

Apa itu arti 16.com? Kenapa tidak bisa muncul di komentar Facebook dan Instagram? Ini dia jawabannya!

Semenjak kasus jebakan situs aneh seperti kekma(dot)ga menyerang, aku jadi lebih berhati-hati dalam membuka situs web yang tidak aku ketahui isinya. Aku tidak mau dengan mudahnya tertipu oleh postingan random yang berniat untuk menjebak orang di media sosial.

Aku selalu mengecek kembali komentar di postingan itu terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sekarang. Dan tak lupa mengecilkan volume perangkat. Tak terkecuali situs "16.com" ini yang aku amati lagi cukup ramai dibahas di Facebook dan Instagram.

Apa itu 16.com di Facebook dan Mengapa dilarang?

Aku lihat banyak orang yang mengeluh tidak bisa berkomentar menggunakan "16.com" tanpa petik dalam sebuah postingan di Facebook. Aku lihat komentar postingannya aman. Tidak ada orang yang mengumpat atau marah-marah karena merasa ditipu.

Aku hanya melihat banyak orang berkomentar karena tertantang untuk mencoba. Beberapa saja yang terlihat menyimpang. Aku yang penasaran akhirnya memberanikan diri mencoba untuk ikutan berkomentar "16.com" juga. Dan benar saja, Facebook tidak mengijinkanku membagikan komentar itu!

Muncul sebuah tanda peringatan (!) berwarna merah dan pemberitahuan bahwa 16.com tidak bisa tampil dan dibagikan di Facebook dikarenakan tautannya terdeteksi melanggar kebijakan komunitas. Hmm, kenapa tautan situs lain enggak, ya? Aku pun mulai bertanya-tanya...

Apa itu 16.com di Facebook dan Instagram?

Tidak ada informasi yang relevan dan kredibel ketika aku mencari "Apa itu 16.com" atau "16.com Facebook meaning" di Google. Hasil pencarian teratas yang muncul malah situs 16personalities.com. Akhirnya, aku ketikkan saja alamat domainnya di pencarian, sambil berharap tidak ada hal yang mengagetkan, dan inilah hasilnya.

Apa itu 16.com di Facebook?

Sekilas, tidak ada yang nampak mencurigakan dari domain ini. Hemat saya, 16.com ini adalah sebuah domain yang belum pernah terpakai atau sudah terpakai tapi masa aktifnya sudah berakhir, tidak diperpanjang lagi oleh pemiliknya.

Untuk memperkuat pernyataan itu, aku coba cek peringkat situsnya di Alexa. Cukup mengejutkan juga domain ini sudah mempunyai peringkat 831,739 dalam trafik dan engagement internet global selama 90 hari terakhir. Blog ini kalah. Tidak banyak data yang muncul lagi selain itu.

Aku tambahkan data dari SimilarWeb: peringkat global 454,889, peringkat negara terbaik 57,945 di China, peringkat dalam kategori teknologi dan elektronik komputer 17,958. Kunjungan dalam sebulan <50k, durasi kunjungan 16 menit 17 detik, dan halaman per kunjungan 19,98. Semua angka per artikel ini ditulis.

Benar-benar aneh. Jika memang domain 16.com ini tidak pernah dipakai mengapa datanya menunjukkan seolah-olah pernah ada yang memakainya. Atau memang popularitasnya naik gegara tidak bisa digunakan sebagai komentar di Facebook ya.

Mengapa Facebook tidak mengizinkan menampilkan '16.com'?

Ya yang jelas, Facebook melarang tautan dari domain ini untuk dibagikan di platform mereka. Namun, aku masih tidak menemukan alasan yang tepat kenapa domain ini harus diblock oleh Facebook. Selain, sudah ditandai oleh bot sebagai spam, promosi, atau melanggar standar kebijakan komunitas Facebook lainnya.

Apakah ini karena alamat domainnya bekas dipakai situs asal Tiongkok? Beberapa waktu yang lalu, saya mendengar kabar bahwa platform sosial bernama Tsu diblokir oleh Facebook karena sistem keamanan mereka mendeteksi tautan situs tersebut tidak aman.

Saya juga cek tautan tetangganya 17.com mengarah ke situs berbahasa Mandarin soalnya. Namun tidak diblok oleh Facebook. Entahlah, saya kurang paham. Bagaimana menurutmu?

Begitulah penjelasan mengenai apa itu 16.com di Facebook dari kami. Apabila kamu punya informasi tambahan yang lebih menarik, silakan komen di kolom komentar ya. Semoga artikel singkat ini bisa memberi sedikit pencerahan. Terima kasih sudah membaca.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.