-->

Cara Google Translate Mendapatkan Uang Untuk Google

Jangan salah, meskipun layanannya gratis, ternyata begini cara Google Translate mendapatkan uang!
Semua orang pasti mengenal Google Translate, salah satu alat daring milik Google yang bisa membantu kamu untuk menerjemahkan kata, kalimat, atau paragraf dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Meskipun terjemahan terkadang tidak akurat, namun Google Translate setidaknya bisa membantu kita memahami maksud dari sesuatu yang ingin kita ketahui terjemahannya.

Selama ini, kita bisa menggunakannya secara gratis. Pernah nggak sih kamu berpikir "gimana caranya Google Translate mendapatkan uang?" jika model bisnisnya dilakukan dengan cara seperti itu. Nah, untuk itu kali ini saya akan membahas...

Cara Google Translate Mendatangkan Keuntungan Bagi Google

Secara langsung, Google Translate memang tidak nampak menghasilkan keuntungan berupa uang bagi Google. Mengingat, tidak ada iklan dan layanannya yang gratis untuk penggunaan individu.

Lebih tepatnya, Google Translate ini adalah contoh yang bagus dari produk machine learning (AI) yang bisa menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Dibantu dengan umpan balik dari penggunanya untuk memperbaiki kesalahan terjemahannya.
Cara Google Translate Mendapatkan Uang Untuk Google
Salah satu terjemahan yang mengada-ada di Google Translate.

Dari aktifitas itu, Google sebenarnya sudah mendapatkan keuntungan dari simbiosis mutualisme meskipun menyediakan layanannya secara gratis kepada penggunanya.

Ini kemudian bisa digunakan untuk meningkatkan fitur layanannya yang lain secara keseluruhan. Misalnya seperti menerjemahkan ulasan yang lebih akurat di Google My Business, Google Maps, dan Play Store ke bahasa lain atau sebaliknya.

Ya, faktanya memang tidak semua yang dilakukan Google akan langsung menghasilkan uang. Sebenarnya tujuannya kayak gitu untuk apa sih?

Tentu saja untuk mengumpulkan pengguna layanannya sebanyak mungkin agar menjadi "die hard fans" terlebih dulu dan tidak pindah lapak ke lain hati. Ini nantinya yang akan menjadi sumber uang bagi mereka di masa depan.

Mereka juga bisa menjual API (Application Programming Interface) Google Translate kepada perusahaan atau pengembang aplikasi yang membutuhkan layanan terjemahannya. Seperti menjualnya ke pengembang gim yang memerlukannya untuk merilis gim mereka ke dalam berbagai bahasa yang berbeda.

Siapa tahu juga di masa depan mereka bisa menciptakan perangkat di mana perbedaan bahasa tidak lagi menjadi pembatas bagi manusia untuk saling berkomunikasi. Dari semua itulah Google Translate mendatangkan keuntungan bagi Google.

Sekian pembahasan Cara Google Translate Mendapatkan Uang Untuk Google. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat, Terima kasih sudah membaca.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.