Sunday, October 4, 2020

Arti 'Bengek' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Ketika saya melakukan aktifitas yang menurut banyak orang tidak berguna di media sosial, yakni scroll-scroll beranda, dan baca komentar sebuah postingan, saya sering kali menemukan warganet yang bilang kata "bengek".

Saya mikir sejenak dan garuk-garuk kepala, dong. Setahu saya kalau dalam dunia kesehatan, bengek (mengi), yaitu sesak nafas, berbunyi ‘ngik’ saat bernapas adalah salah satu gejala dari penyakit asma.

Lha, terus korelasinya sama postingannya apa? Apakah warganet yang komen itu punya penyakit asma semua?

Arti Bengek dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Pernah nggak kamu juga mikir gitu ketika melihat banyak yang komen "bengek" di Twitter, Instagram, TikTok atau media sosial lainnya? Apa sih sebenarnya maksudnya? Kok sepertinya aneh dan rada nggak nyambung gitu ya.

Oleh karena itu, saya tertarik untuk membahasnya pada kesempatan kali ini. Jujur saja, saya memang sangat penasaran dengan kata ini. Sampai mengulik-ulik alasan mengapa banyak yang menggunakannya di media sosial.

Arti 'Bengek' Menurut KBBI

Benar, kamu tidak salah. Bengek pada awalnya hanyalah sebuah kata baku yang umum digunakan oleh orang Indonesia dalam dunia medis. Namun anehnya, makin ke sini, ia masuk ke dalam ragam bahasa gaul 2020 yang cukup sering digunakan oleh warganet dalam aktifitas bermedia sosial sehari-hari.

Pergeseran makna bahasa ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi saya pribadi. Jadi, kali ini saya berniat untuk membahasnya dengan sejelas-jelasnya di blog ini. Oke, pertama mari kita mulai dari cek di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Menurut (KBBI), bengek artinya adalah sesak nafas. Kondisi yang memungkinkan pengidap penyakitnya kesulitan untuk bernafas. Kalau dalam dunia kesehatan, pemicu bengek di antaranya adalah asap rokok, bulu hewan, debu, kelelahan, dan lain-lain.

Apa itu 'Bengek' dalam Bahasa Gaul?

Lain hal, Bengek menurut bahasa pergaulan anak zaman sekarang artinya sedikit bergeser menjadi suatu kondisi di mana kamu kesulitan bernafas KARENA tertawa terlalu kencang. Sampai berbunyi "Ngik Ngik Ngik", tetapi dalam tingkat yang lebih parah bisa "Ngik Ngok Ngik Ngok".

Ada juga yang mendefinisikan bahwa bengek adalah ketika kamu tertawa keras, hampir mati karena tidak bisa nafas, dengan emoticon menangis 😭.

Kayak begimana tuh?

Visualisasi lain yang cocok menggambarkan kondisi itu adalah video dari Lexa Febrianti (Masha Bengek, sekarang udah glow up) yang pernah viral beberapa tahun yang lalu. Dan saya yakin, video itu juga ikut andil dalam mempopulerkan kata bengek ini pada awalnya.

Bedanya dalam bahasa gaul, pemicunya adalah ketika mereka melihat sebuah postingan baik berupa tulisan, gambar, atau video yang sangat lucu di media sosial. Jadi jika ada yang menurut mereka sangat lucu, membuat mereka tertawa keras sampai sesak nafas, mereka akan memberi komentar "bengek".
Apa itu Bengek dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Entah kenapa mereka yang kebanyakan memakai kata bengek ini adalah warga Twitter, penggemar K-pop, dan juga pemain RP (RolePlayer). Sebelum kalangan dari media sosial lain seperti TikTok juga ikut-ikutan menggunakannya juga.

Ya pokoknya begitu lah arti kata 'bengek' dalam bahasa gaul di media sosial, Memang ada saja keusilan yang diciptakan oleh warganet setiap harinya. Kadang bikin kita harus mikir dulu, baru paham. Susah memang memahami mereka. Jadi, ambilah yang positif-positifnya saja.

Semoga penjelasan ini bisa sedikit mencerahkan atas rasa penasaran kamu juga. Terima kasih sudah membaca.

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.