Saturday, October 17, 2020

Arti dan Asal Mula Komen 'Si Kecil Aktif Ya Bund' di Media Sosial

Baru-baru ini, ada kata-kata atau kalimat yang membuat saya bingung sekaligus penasaran di media sosial. Kata-kata itu adalah "Si kecil aktif ya bund", "Si kecil mulai aktif ya bun", "Si kecil aktif ya mom." 

Biasanya juga ditambahi dengan pertanyaan, dikasih asupan apa sih bun?

Apakah kamu juga familiar dengan kata-kata sejenis itu di media sosial seperti TikTok, Twitter, Instagram, Facebook, dan lain-lain?

Sebenarnya, kalimat itu maksudnya apa sih? Bagaimana asal mulanya kok bisa sampai banyak yang komen seperti itu? 

Saya pun mempunyai pertanyaan serupa saat pertama kali melihatnya. Jadi, akhirnya saya mencari tahu sendiri dan ketemulah sedikit pencerahan!

Ini lumayan gila sih sebenarnya. Pembahasan ini ternyata cukup sulit karena saya sendiri harus mengubek-ubek hampir semua media sosial untuk menemukan jawabannya.

Gegara tulisan ini, saya juga ngelakuin hal paling kurang kerjaan yang pernah saya lakuin, yakni nonton banyak iklan sampai pening kepala. Oke langsung saja, simak penjelasan yang saya temukan sampai saat ini.


Arti Kata 'Si Kecil Aktif Ya Bund' di Media Sosial

"Si kecil aktif ya bund" itu adalah kalimat respon yang diberikan kalau di dunia nyata biasanya diucapkan oleh tetangga ketika melihat perilaku anak yang sudah mulai aktif bergerak, beraktifitas, dan bermain. Bund itu dalam bahasa gaul adalah panggilan untuk bunda atau mom. 

Sama halnya di dunia maya, kata-kata itu mulanya digunakan oleh warganet untuk mengomentari video terkait anak yang aktif bergerak, bermain, dan beraktifitas di media sosial.

Awal mula populernya ada ibu-ibu yang membuat video bersama anaknya di TikTok. Lalu ada salah satu warganet yang memberikan komentar semacam "Si kecil mulai aktif ya bund" itu. Dan menjadi top komen karena disukai dan dikomen balik oleh lebih banyak orang. 

Orang-orang pun mulai menggunakan kata-kata itu untuk mengomentari video lain. Tak jarang juga pengguna centang biru ikutan-ikutan pakai untuk mendapatkan eksposur dari kepopulerannya. Ini mirip halnya kayak fenomena "Keju mozarella khas Malangnya kak" dulu.

Terkadang juga dipakai sebagai caption dan komen becandaan terhadap anak yang saking aktifnya membuat banyak orang geleng-geleng kepala. Yang trending itu dua anak kecil boncengan motor kecebur kolam.

Kemudian makin melebar keluar konteks untuk mengomentari video joget dari pengguna yang dianggap aktif bergerak riang gembira. Tak jarang juga kata ini diplesetkan penggunaannya menjadi ambigu, bikin otak traveling, menjurus ke hal berbau "body shaming".

Contoh:

Netizen: "Si Kecil aktif ya, bund"

RT: "Loh emang ada anak kecil di sini, mbak?" 

Netizen: "Ya enggak sih mas, cuman ada yang kelihatan kecil aja gitu."

RT: "Apanya yang kecil, mbak?"

Netizen: "Astagfirullohaladzim, kamu ini berdosa banget."

RT: "Heh, kamu jangan solimi!"

*RT = Rumput Tetangga

Padahal, aktif bergerak bukan berarti "si Kecil" nakal ya bun. Akhirnya menjadi semakin populer lah kata-kata itu. 

Asal Usul Sebenarnya 'Si Kecil Mulai Aktif Ya Bund' di Media Sosial

"Si Kecil mulai aktif ya bund" ini sebenarnya adalah kata-kata yang terinspirasi dari copywriting iklan susu anak. Kata kunci "si kecil", "aktif", "bun" sejenis ini cukup marak ditemukan dalam iklan Dancow, SGM, dan topik terkait parenting. 

Ya cuma bedanya, tidak disebutkan secara eksplisit sama persis seperti kalimat itu dalam video. Saya sudah cari betul-betul informasinya beberapa hari ini. Sampai menonton semua video kompilasi iklan susu berbagai merek di YouTube, tapi belum menemukan iklan mana yang benar-benar cocok.

Sumber yang cukup kredibel saya dapat dari postingan di Facebook dan Twitter resmi mereka. Dua kandidat di atas saya jadikan utama karena beberapa hal di bawah ini. 

Pertama, ini sebenarnya adalah teknik copywriting yang khas dari postingan Dancow yang diunggah dari sejak tahun 2012.

Arti dan asal mula si kecil aktif ya bund


Kedua, selain karena karena iklan SGM aktif - Playound yang rada-rada mendekati, ada juga saya temukan dalam postingan SGM seperti ini..

Asal mula komen 'si kecil aktif ya bund'


Ini contoh lain dalam postingan parenting.

Si kecil sudah mulai aktif ya bund

 

Jika saya jadi pihak entah itu Nestle Dancow, SGM, atau merek susu lainnya. Saya akan angkat kembali atau bikin iklan baru dengan kata-kata terkait ini untuk menjangkau pemasaran yang lebih luas. Mumpung momennya masih ada. Ya ini sih hanya sekedar saran, itupun kalau dibaca sama pihak internalnya.

Demikian arti dan asal mula ucapan "si Kecil aktif ya bund" dalam bahasa gaul di media sosial. Kalau penjelasannya kurang lengkap, mohon untuk dimaklumi, ya. Sebab, konten kali ini cukup susah untuk dicari sumber-sumbernya daripada konten yang saya buat biasanya.

Semoga penjelasan ini bisa sedikit memberi pencerahan bagi kamu yang penasaran. Terima kasih sudah membaca.

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.