Wednesday, October 7, 2020

Arti 'HT" atau 'H/T' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Saya sedang bertanya kepada diri saya sendiri sebelum menulis artikel ini. Soalnya saya baru melihat istilah yang belum saya pahami. Benar sekali, itu adalah singkatan HT.  Otak saya meronta-ronta saking penasarannya.

Apa itu HT sebenarnya?

Pikiran saya ketika pertama kali membacanya malah tertuju pada Handy Talky. Sebuah alat komunikasi genggam, biasanya digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh maupun dekat dengan orang lain dalam sebuah acara, proyek, atau pekerjaan.

Tetapi, tentu saja saya tidak langsung percaya pada pikiran spontan saya itu. Akhirnya saya mencari informasi lebih dalam terkait hal ini. Nah, akhirnya ketemulah jawabannya!

Arti 'HT" atau 'H/T' dalam Bahasa Gaul

Bagi kamu yang penasaran dengan arti akronim 'HT' ini sampai mengetikkan kata kunci HT meanHT meaning, atau What does HT mean di Google, tidak perlu repot-repot lagi, silakan simak saja penjelasan berikut ini.

Arti 'HT' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Ketika saya telusuri lagi, usut punya usut, singkatan bahasa gaul ini cukup marak ditemukan di Twitter dan Instagram sebelum warga dari media sosial lain mulai ikut-ikutan menggunakannya juga.

Ada dua arti utama yang saya soroti, sebab ini singkatan yang ambigu. Yang pertama HT adalah 'Hastag' dan yang kedua adalah HT untuk 'Hat Tip'.

Pertama, HT dalam bahasa gaul adalah singkatan dari #hashtag (tagar). Saya pilih ini sebagai utama karena ada fenomena "drop HT" di Twitter. Paling ramai saat ini adalah penolakan RUU cipta kerja (omnibus law) yang disahkan oleh DPR. Selebihnya akan saya jelaskan di bawah.

Kedua, HT adalah singkakan dari istilah 'Hat Tip'. Kalau dalam bahasa Indonesia lebih cocok diartikan menjadi "angkat topi". Ini sebenarnya lebih merupakan isyarat pengormatan yang kamu berikan kepada pengguna lain saat kamu menemukan konten yang bagus di Twitter.

Selain HT, ada singkatkan lain yakni RT (ReTweet). Namun, alih-alih mengucapkan RT, kamu dapat menunjukkan dukungan dan apresiasi dengan memberikan 'HT (Hat Tip)' kepada pengguna tersebut.

Jadi dalam konteks percakapan online, HT digunakan sebagai pengakuan dan dukungan bahwa seseorang telah membawa sebuah informasi menarik untuk mengapresiasi penulis aslinya, atau memberikan inspirasi untuk sebuah tulisan yang bermanfaat.

Tujuan 'Drop HT' di Twitter

Arti 'Drop HT' dalam Bahasa Gaul di Twitter

Dari yang saya amati nih ya, banyak warganet Twitter yang meminta mutualnya atau pengguna lain untuk "drop HT". Meminta mereka untuk ikutan nimbrung dan meramaikan postingannya (utas/thread) dengan memberikan #hashtag tertentu.

Tujuannya buat apa? Bukan hanya untuk mengelompokkan dan mengorganisir update postingan dengan baik.

Namun tujuan utamanya biar topik atau informasi yang lagi dibahas itu masuk trending. Tentu ini bisa dimanfaatkan untuk kebaikan, tapi juga disalahgunakan untuk keburukan. Jadi, jangan langsung ikut-ikutan.

Contoh Penggunaan 'HT' dalam kalimat di Media Sosial


Hat Tip untuk blog ID Harvest yang telah menjelaskan arti HT ini kepada kami. :3

Tolak pengesahan RUU cipta kerja oleh DPR. Ayo drop HT please.

Kalau dalam platform Medium, sinonimnya mungkin seperti "clap" atau tepuk tangan. Kalau di platform Quora, ini lebih ke "upvote" atau dukung naik. Untuk umumnya ya Label Topik (Niche).

Sebenarnya singkatan ini yang memiliki makna dan tujuan yang bagus, sayang sekali belum banyak yang mengerti apa arti sebenarnya. Dan mungkin bisa menjadi lebih populer dari waktu ke waktu jika sudah banyak yang mengetahui maksudnya.

Jadi, jangan lupa bagikan pengetahuan ini kepada pengguna media sosial lainnya biar pada tahu ya!

Demikian penjelasan tentang arti "HT" dalam bahasa gaul di media sosial khususnya Twitter. Semoga penjelasan ini bisa sedikit mencerahkan bagi kamu yang penasaran. Terima kasih sudah membaca.

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.