-->

Arti 'Random' dalam Bahasa Gaul dan Olshop

Apa arti 'random' dalam olshop dan bahasa gaul di media sosial? Ini dia jawaban lengkapnya!

Pernah gak sih kalau kamu pas nonton video di YouTube, kamu secara tidak sengaja mendapati judul video "random para tolol" sejenis itu? Atau dalam jual beli di online shop, si penjualnya memberi deskripsi "warnanya random."

Kamu mungkin bertanya-tanya, maksudnya apa, ya? Bukannya sepenuhnya karena tidak tahu, tapi masalahnya memang arti kata random itu cukup banyak dan cakupan konteksnya luas.

Maka dari itu, aku akan mencoba untuk membahasnya di sini. Barang kali aja ada orang yang membutuhkan informasinya juga. Baiklah, simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Arti 'Random' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Kata random sebenarnya berasal dari bahasa Inggris. Namun, memang makin ke sini kata ini semakin marak digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh orang-orang di media sosial atau platform lainnya.

Secara umum, arti random dalam bahasa Indonesia adalah acak, atau tidak teratur. Kalau dalam konteks lain, artinya random kemungkinan akan sama, tapi juga bisa sedikit berbeda.

Arti Kata Random dalam Bahasa Gaul

Dalam bahasa gaul misalnya, arti random bisa sedikit bergeser menjadi aneh-aneh, nyeleneh, sembarang, serampangan, tidak umum, tidak mudah ditebak, tidak mudah diprediksi, dan lain-lain. Kata-kata tersebut di atas bisa merujuk pada kata sifat, kata kerja, atau keterangan.

Sering kali, random ini biasa disandingkan dengan kata behaviour (perilaku), person (pribadi), sampling (pengambilan sampel), thinker (pemikir), things (hal-hal) dan thought (pendapat), menjadi:

  • Random behaviour, artinya perilaku yang nyeleneh atau tidak umum 
  • Random person, artinya pribadi/orang biasa, acak, atau tidak mudah ditebak
  • Random sampling, artinya  pengambilan sampel secara acak
  • Random thinker, artinya pemikir yang tidak mudah ditebak 
  • Random things, artinya hal-hal yang tidak terduga atau tidak umum 
  • Random thought, artinya pendapat acak, pendapat bebas  
  • Random comment picker, artinya tukang comot komentar acak 

Contoh Penggunan Kata Random Secara Umum:

"Si Ucil noh, anaknya tetangga sebelah, tuh bocah kelakuannya random banget sampai gak habis pikir gue."

"Pengambilan sampel bahan praktikan laboratorium biologi itu dilakukan secara random."

"Banyak banget hal random yang terjadi di tahun 2020 ini."

"Ini sebatas pendapat random gue terhadap ekonomi Indonesia di masa resesi."

Arti 'Random' dalam Olshop

Tergantung konteks obrolannya, singkatnya, arti kata random di online shop dapat berarti secara acak, sembarang, tidak menentu, atau hoki-hokian.

Seperti yang sudah sedikit saya sebut di paragraf di atas, semisal kamu mau beli barang atau pakaian di online shop atau e-commerce tertentu seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain.

Dalam deskripsinya tertulis atau penjualnya bilang "warnanya random ya kak" di online shop-nya.

Arti Kata Random di Olshop

Random di sini maksudnya bukan salah satu jenis warna ya, tapi lebih ke warnanya barang atau pakaiannya yang hendak kamu beli dipilihkan penjualnya secara acak, sembarang, atau kamu memang tidak bisa memilihnya sendiri.

Contoh kasus lain, katakanlah kamu dan temanmu ikutan undian berhadiah di Shopee. Lalu temanmu menggerutu, "huft, gak dapet-dapet, hasil undian di olshop itu sifatnya random banget ya." Random di sini bisa berarti acak, tidak menentu, atau hoki-hokian.

Kelihatannya ribet banget ya, berputar-putar, kayaknya sama aja. Ya intinya, sesuaikan aja arti random dengan konteks yang sedang dibahas, udah gitu aja.

Semoga penjelasan arti 'random' dalam olshop dan bahasa gaul ini bisa sedikit mencerahkan bagi kamu yang membutuhkan jawaban. Terima kasih sudah membaca.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.