-->

Apa itu Nudge di TikTok, dan apa fungsi fitur baru ini?

Arti nudge di TikTok, dan fungsinya. Apa yang terjadi ketika kamu me-nudge seseorang di TikTok? Cari tahu semua jawabannya di sini!

TikTok telah menjadi salah satu aplikasi media sosial paling populer. Menarik banyak sekali pengguna yang gemar menonton, membuat, dan berbagi video berdurasi pendek tentang topik apa pun seperti keuangan, software, digital marketing, atau video hiburan.

Dengan pertumbuhan platform yang berkelanjutan, fitur-fitur baru terus diperkenalkan, termasuk ikon dan tombol yang mungkin sulit dipahami oleh pengguna baru dan pengguna lama.

Jika kamu adalah pengguna aktif TikTok, beberapa dari kamu mungkin sudah melihat fitur "Nudge" saat menggunakan aplikasi ini ponselmu.

Nudge Meaning: Apa itu nudge di TikTok dan fungsinya

Fitur baru di TikTok ini memiliki maksud dan tujuan ganda, yang terkadang dapat membingungkan pengguna. Dan jika kamu belum melihatnya, itu tandanya kamu belum mendapatkan akses menggunakannya.

Dalam artikel ini, saya akan membahas apa arti dan fungsi dari fitur nudge, sehingga kamu dapat lebih memahami fitur baru ini di aplikasi TikTok. Yuk mulai!

Apa arti Nudge di video TikTok?

Fitur "nudge" dalam bahasa kita disebut "colek," "senggol dong," atau "dorongan kecil" adalah cara unik untuk mendorong perilaku pengguna di platform TikTok.

Kamu dapat menggunakan fitur baru ini untuk menarik atensi, meningkatkan keterlibatan dan membangun komunitas, tetapi sangat penting untuk memahami cara menggunakannya secara efektif.

Salah satu cara sederhana untuk menggunakan strategi nudge adalah dengan memberikan kredit kepada kreator yang menginspirasi konten videomu dengan me-mention video mereka dalam deskripsimu.

Apresiasi terhadap kreator lain akan mendorong kolaborasi dan membantu membangun hubungan dalam komunitas TikTok.

Dengan memberikan kredit, kamu dapat membantu membangun kepercayaan dan menunjukkan bahwa kamu menghargai karya kreator lain.

Maksud lain dalam menggunakan fitur nudge adalah untuk mendorong pemirsa agar menonton lebih banyak konten videomu.

Tombol sederhana ini dapat menjadi strategi marketing yang ampuh untuk memicu respons psikologis dari calon pelanggan, meningkatkan keterlibatan, dan membangun pengikut di platform TikTok.

Menggunakan dorongan kreatif, seperti cliffhanger atau konten teaser, dapat menjadi cara yang ampuh untuk membuat pemirsa tetap terlibat dan mendorong mereka untuk terus menonton dan terlibat lebih banyak dengan konten videomu.

Mengelola fitur nudge secara kreatif dan strategis dapat meningkatkan jangkauanmu lewat pesan langsung (DM) dan membangun pengikut setia di TikTok.

Apa arti Nudge di TikTok Live?

Fitur nudge di TikTok Live adalah cara baru bagi penonton untuk memberi tahu kreator favoritnya bahwa mereka ingin kreator tersebut melakukan siaran langsung (Livestream).

Ini adalah fitur langsung yang memungkinkan pengguna untuk menunjukkan dukungan mereka kepada kreator favoritnya hanya dengan melalui klik tombol.

Dengan menggunakan fitur dorongan, pemirsa dapat memberi tahu kreator favoritnya bahwa mereka tertarik untuk melihat mereka Live.

Tindakan ini menciptakan rasa kebersamaan dan hubungan antara kreator dan penontonnya.

Ini juga bisa menjadi tolok ukur bagi kreator untuk mengetahui berapa banyak pengguna yang tertarik untuk melihat siaran langsung mereka. Jumlah ini dapat membantu merencanakan konten di masa depan dan memastikan bahwa kreator memenuhi kebutuhan audiens mereka.

Fitur dorongan juga merupakan cara yang mudah dan menyenangkan untuk berinteraksi dengan pengguna lain di aplikasi. Ini seperti tepukan ramah di bahu.

Cara yang bagus untuk terhubung dengan orang lain dan membangun hubungan dalam komunitas TikTok.

Tapi sangat penting untuk menggunakan tombol nudge secara bertanggung jawab dan menghindari spam. Tujuannya adalah untuk membangun keterlibatan dan hubungan yang tulus dengan kreator, pengikutmu dan pengguna lain, bukan untuk mengganggu mereka.

Meminta seseorang Live dengan fitur Nudge

Untuk menggunakan fitur nudge, pertama-tama kamu harus memastikan bahwa pengguna, seller atau kreator tersebut telah mengaktifkannya di profile settings > creator tools.

Setelah diizinkan, kamu dapat mulai meminta mereka untuk melakukan siaran langsung dengan mengikuti langkah-langkah mudah ini:

Langkah #1: Buka profil kreator dan ketuk ikon Lonceng di sebelah nama mereka di sudut kanan atas.

Langkah #2: Kamu sekarang membuka Live notification settings. Ketuk tombol "Nudge" untuk memberi tahu mereka bahwa kamu ingin mereka Live.

Langkah #3: Selesai! Kamu akan menerima pesan yang mengatakan, "Nudged. You will be notified when they go Live." Kalo mereka Live, nanti kamu akan diberitahu.

Tampilan fitur nudge hanya dapat dilihat olehmu, dan kamu dapat mematikannya kapan saja. Jadi, jika kamu kewalahan disenggol dan didorong mulu, kamu dapat menonaktifkan fitur ini di pengaturan profilmu.

Nudge di TikTok Live sebenarnya adalah cara yang bagus untuk menunjukkan dukunganmu kepada kreator favoritmu dan mendorong mereka untuk terhubung dengan audiens mereka secara langsung.

Namun, penting untuk diingat bahwa keputusan untuk melakukan siaran langsung pada akhirnya harus diserahkan kepada kreator. Dan jangan sampai kamu membuat mereka merasa tertekan atau terbebani dengan berondongan kemauanmu.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.