-->

Cara Mudah Setting PCSX2 di Laptop / PC dengan Foto

Cara Mudah Setting & Memainkan PCSX2 di Laptop / PC dengan Gambar. Mulai dari Cara Install PCSX2, Menginstall Bios / Setting Bios PCSX 2, Control Pad, Sampai Menjalankan Game. Dan juga Link Bios PCSX2 Full 100% Work
PCSX2 adalah salah satu emulator untuk memainkan game PS 2 yang menurut saya adalah yang terbaik. Tetapi untuk menggunakan PCSX2 termasuk sulit, dikarenakan sebelum menggunakannya kalian membutuhkan beberapa file. 

Dan menurut saya ini adalah salah satu Emulator yang paling sulit untuk diseting. Maka dari itu sekarang saya akan berbagi Cara Mudah Setting PCSX2 di PC / Laptop.
Cara Setting PCSX2 di Laptop

File Yang Dibutuhkan

Sebelum menginstallnya kalian membutuhkan 3 file. Yaitu :
  1. ISO Game
  2. PCSX2 Setup
  3. Bios PCSX2
Kalian boleh browsing terlebih dahulu ketiga file tersebut, Jika ada error berarti file yang kalian download rusak / korup.


Cara Mudah Install PCSX 2 Dengan Cepat + Foto :

1. Install PCSX 2 Setup.exe Yang Telah Kamu Download
Cara Setting Bios dan Install PCSX 2

Saya sarankan kalian untuk langsung mendownload di pcsx2.net karena itu adalah official website PCSX2. Versi terbaru dari applikasi ini adalah 1.4.0 ( Saya sangat tidak menyarankan versi ini, karena belum 100& work. Jadi gunakan saja versi 1.2.1 ) kamu dapat mendownloadnya secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Setelah download selesai klik file hasil download dan install. Setelah selesai klik close.


2. Buka Shortcut PCSX2 1.4.0 ( Not Recommended ) / PCSX 1.2.1 Yang ada Di Desktop
Cara Setting Bios dan Install PCSX2

Setelah membuka applikasi PCSX2 kalian akan diarahkan ke menu pemilihan bahasa. Pilihlah bahasa yang kamu inginkan. Lalu, klik next / lanjutkan. dan kamu akan diarahkan ke menu plugins, tidak usah mengganti apapun cukup gunakan pengaturan default.


3. Extract Bios lalu Setting Bios ke PCSX2
Cara Setting Bios dan Install PCSX 2

Setelah menginstall PCSX2, komputer / laptop akan otomatis membuat folder bernama PCSX2, letaknya di My Document. Ekstrak bios yang sudah kalian download ke folder PCSX2 > Bios.

Lalu klik tulisan ulang muat jika Pilihan bios belum keluar seperti gambar diatas. Pilih salah satu bios ( lebih baik USA ) lalu klik akhiri / finish.

4. Setting Controller Pad pada PCSX2
Cara Setting Bios dan Install PCSX2

Sebelum kalian memainkan game yang kalian inginkan. PASTIKAN !! kalian sudah mengatur controllers pad. Karena jika tidak kalian tidak akan dapat bergerak sama sekali. Setelah klik Pengaturan Plugin, akan terbuka menu baru, pilih menu Pad 1. Lalu edit sesuka kalian. 

Caranya klik salah satu tombol yang kalian inginkan dengan kursor lalu klik tombol keyboard yang kalian inginkan. Contoh : Saya ingin tombol L1 menjadi huruf Q di keyboard, Jadi klik kiri tulisan L1 lalu pencet tombol Q di keyboard.

5. Menjalankan Game di PCSX2
Cara Setting Bios dan Install PCSX 2

Disini, game yang saya gunakan sebagai contoh adalah game Harvest Moon - A Wonderful Life SE, jadi kalian harus menyiapkan filenya terlebih dahulu. Pertama ekstrak file yang sudah download dimanapun yang kalian inginkan, tapi saya merekomendasikan taruh di 1 folder agar tidak bingung saat mencarinya. 

Pastikan file Berformat ISO, agar PCSX2 dapat menjalankannya. Setelah itu klik Temukan / Browse dan pilih file hasil ekstrakan tadi. Jika sudah, Klik Sistem > Jalankan Game, tergantung kamu mau penuh / cepat tergantung spek PC / Laptop. jika merasa kuat jalankan saja secara penuh.

Cara Setting Bios dan Install PCSX2

Tadaa !! Harvest Moon A Wonderfull Life SE siap dimainkan. Cara diatas sangat ampuh jika digunakan untuk Bermain Harvest Moon A Wonderful Life SE ( HM AWL SE ) ataupun Harvest Moon Save The Homeland ( HM STH ).


Referensi

Jika kalian susah untuk menemukan Bios / ISO / Emulator, kalian dapat menggunakan link dibawah ini sebagai Referensi
[ Link ] Bios PCSX2 Full = http://www.mediafire.com/?m4kivwpun1jjosr
[ Link ] PCSX2 versi 1.2.1 = http://pcsx2.net/download/viewdownload/48-pcsx2-v1-2-1/117-pcsx2-1-2-1-standalone-installer.html
[ Link ] ISO Harvest Moon A Wonderful Life SE = http://www.emuparadise.me/Sony_Playstation_2_ISOs/Harvest_Moon_-_A_Wonderful_Life_-_Special_Edition_%28USA%29/150703
[ Link ] ISO Harvest Moon Save The Homeland http://www.emuparadise.me/Sony_Playstation_2_ISOs/Harvest_Moon_-_Save_the_Homeland_%28USA%29/150704
Peringatan !! Link diatas sepenuhnya tanggung jawab website yang dituju. ID Harvest hanya membagikannya sebagai Referensi jika kalian tidak menemukan file sejenis yang bisa / dapat digunakan.

Anda mungkin menyukai postingan ini

16 komentar

  1. Unknown
    kak aplikasi buat main game ps2 di Android namanya apa ya? saya udah cari-cari tapi banyak yang gak work. tapi kalo file gamenya udah ada, mohon bantuannya.
    • Muafiach
      Hmm PPSSPP sebenarnya bisa buat main ps 2, meskipun hnya beberapa game saja. Klo PCSX2 emang kayaknya msih blom bener" support android. Pernah denger sih emulator namanya Play! Itu khusus ps 2 tapi msih tahap pengembangan dan saya jga kurang tau pasti gimana cara kerja emulatornya.
  2. Unknown
    oh makasih atas infonya kak. nanti bakal saya coba di ppsspp saya.
  3. Unknown
    kak saya mau minta tolong. tolong buatin artikel tentang item rahasia yang ada di Harvest moon AWL dong kak. soalnya saya udah bertahun-tahun main tapi masih ada juga yang itemnya belum didapetin.
    • Muafiach
      Wah untuk sementara ini kayaknya nddak bsa klo bahas itu..
  4. Unknown
    kak koq bios saya isinya malah video di winnar yah kak? . cara pindahin ke pscx2 nya gimana yah
    • Muafiach
      Video? Langsung ekstrak biosnya yg berbentuk rar ke folder pcsx2. Jgn plih ekstrak disini.
  5. Unknown
    Gangerti gan di saya pas unduh bios nya berbentuk video,saya gangerti tlng bantu dong min
  6. Unknown
    ga jadi min udah bisa makasih ya atas infonya
  7. Unknown
    Min, Camera saya muter2 sendiri.. cara benerinnya gimana ya?
  8. Yokai
    Gan koq pas install pcsx2 malah ada tulisan kayak gini.
    system error The program can't start because api-ms-win-crt-runtime-|1-1-0.dll is missing from your computer.

    Bantuin dong gan, ane juga pingin main harbest moon save the homeland...
  9. Unknown
    gimana nih kak? cara ganti consol jadi pakai KEYBOARD ??
    tolong dikasih tau plasee??
    • Hanz
      Ikuti panduan nomor 4 sob
  10. Unknown
    min saya mau main game kamen rider climax heroes tpi kok ga bisa gerak yaa, tpi di game lain bisa dan lancar. mohon solusinya min
  11. ni name
    kk pcsx ku versi 1.6.0 recomended gak kira kira?
    • Muafiach
      Entah saya kurang suka pakai yang versi 1.6.0 ini. Tapi itu preferensi pribadi aja.
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.