-->

Masalah Smartphone Android Tidak Kompatibel untuk Bermain HM SoM

Bagi yang bertanya kenapa hp atau smartphone yang saya gunakan tidak kompatibel untuk Bermain Harvest Moon Seeds of Memories silahkan cek daftar Smartphone kamu masuk dalam kategori Kompatibel atau tidak disini.
Halo Harvester, sudah cukup lama kita membuat postingan tentang Harvest Moon, Pada Postingan ini kita akan membahas Masalah Smartphone Android tidak Kompatibel Untuk Bermain HM SoM.

Sebenarnya ini adalah artikel lama yang pernah kita bahas di blog sebelah, tapi karena blog tersebut sudah kita hapus, maka beberapa kontennya akan dipindahkan di blog ini. Mungkin ini konten lama dan kata-katanya sedikit acak-acakkan, tapi informasi yang ada didalamnya masih banyak yang cari dan banyak yang menanyakannya di blog ini.

Kecewa adalah kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan sebagian penggemar game Harvest Moon yang telah menunggu lama rilisnya Harvest Moon Seeds of Memories di Android.

Meskipun Harvet Moon: Seeds of Memories telah secara resmi dirilis di Android, akan tetapi terdapat suatu masalah yang menyebabkan banyak pemain tidak bisa memainkan game ini pada smartphone android yang mereka gunakan.
Masalah Smartphone Android Tidak Kompetibel untuk Main Harvest Moon Seeds of Memories

Ketika akan membeli game Harvest Moon Seeds of Memories di Google Play, banyak pemain yang menerima keterangan dari Google Play yang bertuliskan: " This App is Incompatible with all of your devices ". Padahal smartphone yang digunakan memenuhi kriteria, karena syarat smartphone android yang digunakan untuk memainkan game ini adalah Android 4.2 keatas.

Saya sendiri menggunakan HP yang tidak bagus-bagus amat yaitu Andromax R, dengan spesifikasi android Lolipop (5.0.2) dan Ram 1 GB, seharusnya saya bisa memainkan game Harvest Moon Seeds of Memories, tapi nyatanya smartphone yang saya gunakan juga tidak kompatibel untuk memainkan game tersebut.

Oleh karena itu, saat ini Fanpage Natsume dibanjiri pertanyaan oleh para penggemarnya yang kecewa. Pertanyaan yang mereka ajukan intinya hampir sama, Kenapa Smartphone yang saya gunakan tidak kompatibel untuk memainkan game Harvest Moon Seeds of Memories?

Pihak Natsume pun menanggapi pertanyaan dari beberapa penggemarnya yang tidak bisa memainkan Harvest Moon Seeds of Memories, mereka memberi link yang mengarah pada sebuah forum yang memberi penjelasan smartphone yang direkomendasikan untuk memainkan game Harvest Moon Seeds of Memories.

Daftar Smartphone Android yang Direkomendasikan untuk Main HM SoM

  1. Galaxy J
  2. Galaxy Note 2,3, dan Edge
  3. Galaxy S3
  4. Galaxy S4
  5. Galaxy S5
  6. Galaxy S7 dan Edge
  7. Galaxy Tab S
  8. Nexus 6,7, dan 9
  9. Optimus IT
  10. Aquos Ever
  11. Blade s Lite
  12. Experia Z Ultra. Z3, dan Z3 Compact
  13. Zenfone 5
  14. Smartphone lainnya klik kata forum di atas (enfah kenapa thread-nya di hapus).

Dari forum tersebut juga dijelaskan bahwa perangkat yang tidak menjalankan sistem operasi android Jellybean 4.2 atau versi terbaru, perangkat yang dirilis pada bulan maret 2013 (meskipun kalian membelinya setelah maret 2013), dan perangkat yang mempunyai RAM 512, merupakan smartphone yang tidak kompatibel untuk memainkan Harvest Moon Seeds of Memories.

Update (20/4/2016): Natsume memberi informasi terbaru bahwa perangkat yang tidak kompatibel adalah perangkat yang tidak memakai sistem operasi android Jellybean 4.4 keatas, perangkat yang dirilis pada maret 2014, dan perangkat yang memiliki RAM kurang dari 1,5 GB.

Jadi terjawab sudah kenapa saya menerima pesan dari Google Play bahwa smartphone yang digunakan tidak kompatibel. Jadi solusinya bagaimana? Download APK HM SoM di web lain, meskipun Smartphone kalian tidak kompatibel, kalian masih bisa memainkannya di HP kalian.

Jadi dari penjelasan diatas, ini adalah beberapa teori saya tentang masalah ini.
  1. Smartphone yang tidak tercantum dalam daftar yang direkomendasikan diatas merupakan smartphone yang tidak kompatibel untuk memainkan Harvest Moon Seeds of Memories.
  2. Ada yang salah dengan Google Play ataupun game Harvest Moon Seeds of Memories dalam menyaring smartphone yang kompatibel maupun tidak.
  3. RAM pada smartphone yang saya atau kalian gunakan kurang dari 1,5 GB, sehingga Google Play mendeteksi bahwa smartphone yang digunakan tidak kompatibel.
Terlepas dari hal diatas, jika pihak Natsume tidak ingin kehilangan pelanggan ataupun penggemarnya yang sudah merasa kecewa, saya rasa pihak Natsume maupun Google Play seharusnya bekerja sama untuk mengatasi masalah ini secepatnya, atau paling tidak memberi konfirmasi yang lebih detail mengenai apa yang menyebabkan masalah ini bisa terjadi.

Sangat disayangkan apabila banyak pemain yang sudah tidak tertarik memainkan game Harvest Moon Seeds of Memories dan pindah ke game lain karena masalah ini. Lha iya, masak smartphone dengan spesifikasi diatas yang telah ditentukan masih tidak kompatibel untuk bisa memainkan Harvest Moon Seeds of Memories.

Anda mungkin menyukai postingan ini

10 komentar

  1. Unknown
    Askum saya pakai hp vivo x3s 4.2 jelly bean harvest moon seed of memories tidak bisa karena kompatibel...
    • Achmad Mu'afi
      info terbaru dari Natsume: Dibawah Jellybean 4.4 tidak kompatible gan untuk main harvest moon seeds of memories klo bli di Google Play Store, tpi klo dapetin gratisan dari web ya mungkin aja bisa.
  2. Doni Aria Kusuma
    Kalo SAMSUNG J5...GIMANA???
    • Achmad Mu'afi
      Klik kata" forum yg sudah saya kasih link itu gan, disana lengkap daftarnya udah diupdate.
  3. eka fatur
    oppo R7s tidak kompatible....
  4. Bezaliel Tandirerung
    Knp oppo R7s tidak kompatible, padahal ramnya 4gb, androidnya lolipop?
    • Achmad Mu'afi
      Untuk lebih jelasnya tanya aja di Facebook Natsume gan, harusnya bisa main itu sih, klo mau bli di google play emang kebanyakan gitu, tpi klo dpt apk dri web lain kemungkinan besar bisa main.
  5. Kelompok 9 SIM
    Saya ngambil dari web, hp saya j1 ace tp gak bisa main hm som
    • Unknown
      Sama hp sya j1ace gak bisa juga, Ada link nya gak?
  6. Sudi Yasa
    Ada yang tau link game di web gak?
    Bagi link nya dong
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.