-->

Perbedaan Harvest Moon Dan Story of Seasons

Penjelasan mengenai Story of Seasons. Perbedaan antara Harvest Moon dan Story of Season. Apakah itu ?.
Nama game Story of Seasons sepertinya sudah tidak asing lagi dikalangan Harvester. Game yang dirilis hampir bersamaan dengan seri Harvest Moon : The Lost Valley ini memang sangat kontroversial, Kenapa Story of Seasons sangat kontroversial?
Harvest Moon and Story of Seasons
Image By Nintendo World Report
Pada 2015 lalu kedua game ini yaitu Harvest Moon dan Story of Seasons berperang untuk mendapatkan kandidat sebagai game simulasi pertanian terbaik. Ada beberapa Perbedaan dan Fakta Menarik diantara keduanya yaitu :

Dirilis Oleh 2 Perusahaan Yang Sempat Bekerjasama yaitu Natsume dan Marvelous.

Beberapa seri Harvest Moon yang cukup terkenal seperti Harvest Moon A Wonderful Life adalah hasil kerja sama antara keduanya. Natsume sebagai penanggung jawab Harvest Moon dan Marvelous sebagai  pengembang seri Harvest Moon.

Di akhir tahun 2014 kedua perusahaan tersebut memiliki perbedaan pandangan mengenai game yang akan dirilisnya. Lalu keduanya memutuskan untuk berpisah untuk membuat game sendiri. Natsume membuat HM TLV dan Marvelous membuat Story of Seasons, dan menjadikan XSEED Games sebagai salah penerbit dari game tersebut.

HM TLV Dibuat di Amerika Utara Sedangkan Story of Seasons di Jepang

Pada seri sebelumnya, Harvest Moon memiliki nama lain dalam bahasa jepang yaitu Bokujo Monogatari, namun tidak dengan Harvest Moon The Lost Valley, game tersebutpun langsung dirilis di Amerika bukan di Jepang. Nama Bokujo Monogatari sendiri masih menjadi milik Marvelous, sedangkan Natsume masih menjadi pemilik sahnya game bernama Harvest Moon. Oleh karena itu Marvelous tidak bisa menggunakan nama Harvest Moon dan harus membuat nama baru yaitu Story of Seasons atau dalam bahasa jepang bernama Bokujo Monogatari: Tsunagaru Shin Tenchi.

Dikarenakan Natsume memiliki cabang Developer maupun Publisher di Amerika Utara, mereka dengan mudahnya mempromosikan game tersebut disana tanpa harus menggaet penerbit lain. Sama halnya Marvelous, meskipun pembuatan Story of Seasons di Jepang, mereka tidak kesulitan memprosikan game tetsebut di Amerika Utara karena mempunyai cabang penerbit bernama XSEED Games(Marvelous USA).

Keduanya Akan Memiliki Seri Game Sendiri

Jika sebelumnya Harvest Moon memiliki banyak seri seperti Back To Nature, Hero of Leaf Valley, atau A Wonderful Life dan sekarang Harvest Moon memiliki seri baru yaitu Seeds of Memories(juga termasuk Harvest Moon yang tidak memiliki nama Bokujo Monogatari), maka kedepannya Story of Seasons akan memilikinya juga. Story of Seasons: Good Friends of Three Villages adalah salah satu seri yang bakal dirilis di Jepang bulan Juni mendatang pada platform Nintendo 3DS.

Itu dia informasi singkat mengenai Harvest Moon vs Story of Seasons. Sangat disayangkan bahwa Natsume dan Marvelous yang sudah bekerja sama sekian tahun dalam mengembangkan game Harvest Moon akhirnya berpisah juga. Apakah karena adanya persaingan ini popularitas Harvest Moon semakin menurun? Jika kalian mempunyai pendapat antara keduanya, kalian bisa komen di kolom komentar. Sekian, Terima kasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini

2 komentar

  1. PEA
    Sekedar nambahin pak, buat yang belum paham tentang Harvest Moon :D

    Intinya begini, Natsume itu cuma punya nama Harvest Moon.
    Karena tahun 2014 XSEED diberi kepemilikan Bokujo Monogatari, merilis series Bokujo Monogatari terbaru yaitu Story of Season. Nggak bisa pake nama Harvest Moon karena Harvest Moon adalah merek dagang Natsume diluar Jepang jadi gak bisa diambil alih.

    Natsume merilis gamenya yang sering dibahas yaitu Harvest Moon Seeds of Memories. Tapi game ini tidak termasuk series Bokujo Monogatari (Series Bokujo Monogatari contohnya HM BTN, HM FOMT, HM DS, HM AWL, HM HOLV dll)
    .
    Dan series game Natsume tidak mempunyai nama jepangnya dan embel-embel 'Bokujo Monogatari' di judul gamenya.
    Series Harvest Moon yang bukan series Bokujo Monogatari adalah Harvest Moon Seeds of Memories, Harvest Moon 3D The Lost Valley, Harvest Moon Frantic Farming, Puzzle de Harvest Moon.

    Jadi, jangan samakan Series Harvest Moon yang sekarang dengan yang dulu Jangan sampai entar ingin memainkan Ser…
    • Muafiach
      Nah poin yang akhir itu penting. Terima kasih sudah menambahkan informasi :D
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.