-->

Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE

Harvest Moon A Wonderfull Life SE merupakan Harvest Moon yang cukup berat dan sering terjadi lag jika dimainkan di PC dengan spesifikasi rendah menggunakan emulator PCSX2. Oleh karena itu dibutuhkan settingan yang sesuai. Berikut ini adalah Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE di PC agar tidak lag parah saat keluar rumah.
Halo Harvester, beberapa hari yang lalu, saya minta kalian untuk request artikel yang akan kami buat selanjutnya di Facebook ID Harvest. Ya meskipun hanya beberapa aja yang komen, tapi itu tidak masalah. Salah satu dari yang request meminta bikin artikel tentang Cara Setting PCSX2 untuk Harvest Moon A Wonderfull Life SE agar tidak lag.

HM AWL SE sendiri memang salah satu seri Harvest Moon yang dikenal memiliki ukuran yang cukup berat dan membutuhkan spesifikasi PC yang cukup tinggi jika dimainkan menggunakan Emulator.
Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE

Jangankan dengan emulator, di platformnya sendiri saja (PS 2) game ini dikenal dengan kelemotannya. Jika menggunakan PC dengan spesifikasi menengah ke bawah sama seperti saya, akan tetapi bisa main cukup lancar saja, itu sudah sangat bagus.

Awalnya, lag saat bermain HM AWL SE ini tidak tampak ketika di dalam rumah, akan tetapi Lag akan muncul ketika kalian keluar dari rumah. Jadi bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi lag ini kalian harus menyeting PCSX2 terlebih dahulu.

Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE

Versi PCSX2 yang saya gunakan untuk settingan ini adalah PCSX2 1.2.1.Tampilannya bisa saja berbeda untuk versi terbaru. Untuk menyeting-nya ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka PCSX2 terlebih dahulu.
2. Pilih konfigurasi, kemudian Video (GS), lalu pilih pengaturan plugin. Setting seperti gambar di bawah ini.
Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE

3. Pilih konfigurasi, kemudian Audio (SPU2), setting seperti gambar di bawah ini.
Catatan: Jika tidak ingin suara hilang, jangan merubah Output setting, module: 1-XAudio 2.
Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE

4. Jika sudah, pilih konfigurasi lagi, kemudian pilih emulasi pengaturan.
5. Pilih EE/IOP, setting seperti gambar di bawah ini.
Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE

6. Pilih VUs, setting seperti gambar di bawah ini.
Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE

7. Pilih GS, setting seperti gambar di bawah ini.
Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE

8. Pilih Windows GS, setting seperti gambar di bawah ini.
Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE

9. Pilih Speedh*cks, setting seperti gambar di bawah ini.
Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE

Pada saat awal masuk ke dalam game akan terjadi sedikit lag(jika PC yang dipakai speknya terbilang rendah). Akan tetapi jangan khawatir karena ketika sudah masuk permainan, tidak akan ada lag yang merugikan. Palingan hanya suara latarnya yang sedikit patah, tapi gameplay-nya lancar-lancar saja.

Nah itulah Cara Setting PCSX2 untuk Bermain HM AWL SE, perlu diingat bahwa spesifikasi PC yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kelancaran bermain HM AWL SE. Jadi silahkan coba otak-atik sendiri jika settingan di atas kurang begitu cocok dengan PC yang kamu gunakan. Sekian, Terima Kasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini

21 komentar

  1. Unknown
    kok masih lag gan?
    • Muafiach
      Ini game emang berat gan,pasti masih ada lag-nya klo PC yang kita pake spek nya standard. Berarti harus coba-coba sendiri lagi gan biar cocok sama Laptop/PC nya.
  2. Unknown
    makasih gan
    hm awl gk lag lagi
    udh aku otak atik semuanya
    hm awl nya cuma lag dikit gk banyak lagi
    thx dah
    • Muafiach
      Sip gan
  3. Lans
    punya ane masih lag awal main min
    • Muafiach
      Awal emang gitu selebihnya enggak
  4. Unknown
    Gan kok masih lag yak? Laptop saya Intel Core i5 Ram 4Gb. VGA Nvidia GeForce 940 MX. padahal settingannya sama persis dan FPSnya gak nyampe 60 gan
    • Muafiach
      Lag dimananya? Pas buat jalan-jalan masih lag? Atau background music-nya doang? HM AWL SE ni emang berat gan, coba main yang versi GC.
  5. Unknown
    Om mau nanya dong, kalo main hm awl di android bisa ga yah? Tolong beri pencerahan dong hehe
    • Muafiach
      Tergantung spek sob, butuh smartphone dengan spek tinggi. Klo speknya kurang memadai, kemungkinan besar nggak bisa. Coba baca postingan kita yang berjudul "Pengalaman Bermain HM AWL GC di Android", itu buat acuan.
  6. Unknown
    makasih ya udh gk lag lagi mainnya.
    • Muafiach
      Sama-sama, senang bisa membantu.
  7. Unknown
    Bang mau nanya, saya main Hm AWL SE di pcsx2 problem nya ada di music player. ketika saya ganti record (yg didapat dari hadiah para penduduk HM nya) contoh record The Bridge hadiah dari chris, malah tidak ada suara musik nya, tapi ketika di ganti ke record the brezze (record bawaan yg udh ada di HM awl nya) atau spring song yg dibeli dari van musik nya menjadi normal. saya udah coba otak atik tp blum ketemu solusi nya. mohon dibantu bang. makasih
    • Muafiach
      Waduh maaf sob, saya juga nggak tau solusinya soal masalah itu.
  8. khansa nabiilah
    saya sudah mendownload gamenya dan sudah bisa dibuka,tapi kenapa ya tidak bisa dikontrol dengan keyboard?,game nya berjalan saja tapi tidak bisa di apa apakan.bagaimana cara mengatasinya? terima kasih
    • Muafiach
      Jalannya pake huruf, saya lupa hurufnya soalnya nggak bisa cek langsung, coba aja huruf J, dll.

      Kalau nggak bisa, coba masuk ke settingan PCSX2, Jalankan app PCSX2, klik Config, lalu pilih Controllers. Nanti akan muncul plugins settings. Klik itu.

      Nanti akan muncul tampilan lagi, ada Keyboard API. Dan di bawahnya ada 3 pilihan yaitu: Windows messaging, Raw Input, dan Direct Input.

      Kalau kamu pake windows terbaru, misal Windows 10, kamu pilih yang Windows messaging. Kalau kamu pake windows jadul, misal XP, Kamu pilih Raw Input. Kalau kamu pake Keyboard Custom atau perangkat pihak ketiga lainnya, kamu pilih Direct Input. Itu seharusnya bisa mengatasi masalah keyboard nggak bisa digerakkin sama sekali saat main game PS 2 pake emu PSCX2.
  9. Mas Gilang Ngampus
    saya download pcsx, bios nya dimana gan
    • Muafiach
      Ketik aja di google "download bios pscx2" sob
  10. Unknown
    gan saya coba jalankan Boot CDVD (full) sama (fast) tapi gak bisa gan.. katanya gini "File not found. Path: IsoFileSystem" terus saya harus tempatkan dimana file iso HM AWL nya
    • Muafiach
      Wah maaf saya kurang mendalami masalah ini, saya cek Google juga tidak terlalu paham sama solusi yg diberikan.
  11. Unknown
    makasih udah kgan
    agak leg lagi.makasih
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.