-->

7 Tips Sukses Bermain Harvest Moon

Pengen jago main Harvest Moon? Ikuti Tips Sukses Bermain Harvest Moon berikut ini!
Saat bermain Harvest Moon seri apapun pasti pemain pemula kebingungan untuk melakukan apa. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita sedikit memberikan Tips tentang apa-apa saja yang harus dan jangan kalian lakukan saat bermain Harvest Moon.

Judulnya kelihatan sok keren banget ya 'Tips Sukses Bermain Harvest Moon', padahal ini hanya sekedar tips umum yang mungkin sudah kalian ketahui. Postingan ini juga berkaitan dengan artikel yang sudah pernah kita tulis sebelumnya yaitu Kesalahan Fatal Saat Pertama Bermain Harvest Moon. Nah berikut adalah...
Tips Sukses Bermain Harvest Moon Seri Apapun

7 Tips Sukses Bermain Harvest Moon Seri Apapun


1. Tetapkan tujuan

Jujur ya, pasti bagi sebagian orang menganggap bermain Harvest Moon itu membosankan karena kita diharuskan untuk melakukan hal yang sama setiap harinya.

Tapi, kalau kalian sudah mempunyai tujuan misalnya untuk menyelesaikan semua misi, menikah, mempunyai anak, atau mungkin bermain hanya untuk senang-senang, pasti hal tersebut akan terasa lebih menyenangkan.

2. Berkenalan dengan Penduduk

Hal paling utama saat kamu bermain Harvest Moon adalah berkenalan dengan penduduk. Dalam game Harvest Moon, penduduk memegang peranan penting ketika kita hendak menjalankan misi.

Perkenalan ini adalah awal mula kamu bisa mendapatkan misi atau event nantinya. Oleh karena itu, berkenalanlah dengan semua penduduk di Harvest Moon seri apapun, jangan sampai ada yang ketinggalan.

Jangan lupa juga untuk memberi mereka hadiah setiap harinya, untuk menjalin pertemanan. Tentunya jika seri Harvest Moon tersebut mempunyai sistem pemberian hadiah ini.

3. Jangan malas memberi hadiah semua Penduduk

Salah satu kesalahan fatal pemain Harvest Moon adalah ketika mereka mulai malas memberi hadiah pada penduduk yang tidak bekaitan dengan misi atau event yang mereka kejar.

Kalau kalian melakukan hal ini saat bermain Harvest Moon: Hero of Leaf Valley, saya yakin kalian bakal gagal untuk mengejar semua event yang ada.

Pengecualian ketika kalian ingin Menikahi Harvest Goddess di HM HoLV. Jangan sampai terlalu intens memberi hadiah, apalagi hadiah kesukaan kepada wanita lain yang menyebabkan hati mereka lebih tinggi dari Harvest Goddess.

4. Halafin Letak Toko, Jalan atau Map

Banyak pemain pemula pasti menganggap hal ini remeh, tapi jangan salah, menghafal letak toko, jalan atau map sangatlah penting. Dengan menghafal ini, kamu bisa memilih rute jalan yang sekiranya enak untuk dilewati setiap hari.

Selain untuk menghemat waktu, hal ini juga penting untuk bisa mengeskplorasi setiap tempat setiap harinya. Jangan sampai kehilangan suatu event hanya karena tidak mampir pada tempat-tempat tertentu.

5. Jangan terlalu cepat men-skip dialog

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pemain pemula adalah senang men-skip dialog saat terjadi event. Ya Pokoknya asal pencet tombol x aja biar dialog cepat selesai dan bisa melanjutkan permainan.

Padahal dari dialog tersebut kamu bisa mendapatkan informasi dan petunjuk tentang apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Jika kalian tidak mengerti bahasa inggris, cobalah untuk belajar memahaminya meskipun sedikit.

Jika masih tidak paham, gunakan alat bantu seperti kamus atau Google Translate untuk membantumu menerjemahkan artinya. Secara nggak langsung, kita juga belajar bahasa inggris dari bermain game.

6. Mulailah Bekerja Paruh Waktu, Bercocok tanam, dan Mengurus Hewan Peliharaan

Tujuannya adalah untuk mendapatkan uang dan biar cepat kaya. Jadi, semua keperluan untuk meng-upgrade sesuatu atau menyelesaikan misi bisa dengan mudah terpenuhi.

Mula-mula kamu bisa memulai dengan bekerja paruh waktu, setelah mempunyai cukup uang, belilah beberapa ekor hewan peliharaan, misalnya ayam atau sapi sebagai permulaan. Kemudian dilanjutkan dengan membeli beberapa bibit tanaman untuk di tanam di ladang.

Begitu seterusnya sampai kamu mempunyai banyak uang dan item untuk diberikan kepada penduduk. Setelah cukup kaya, jangan terlalu banyak mengurus tanaman dan hewan peliharaan. Fokus lah untuk mengejar misi yang belum terselesaikan.

7. Sabar

Kunci sukses yang paling penting saat bermain game simulasi pertanian seperti Harvest Moon, Story of Seasons, dan sejenisnya adalah kesabaran. Tidak usah terburu-buru untuk mengejar misi atau event karena biasanya itu terjadi secara tidak terduga.

Kalau kamu mengharapkan suatu event terjadi, malah biasanya event itu nggak muncul-muncul dan pasti kamu akan kebingungan sendiri. Main untuk seneng-seneng dulu, pahami cara mainnya dengan baik pasti lebih seru.

Itulah 7 Tips Sukses Bermain Harvest Moon. Jadi, udah punya gambaran belum mau ngapain aja saat pertama kali bermain Harvest Moon? Ingat ini bukan jenis game aksi atau strategi yang menguras pikiran, jadi dibawa have fun aja. Hehe. Sekian, Terima kasih.

Baca juga: Panduan Bermain Harvest Moon: Hero of Leaf Valley Terlengkap

Anda mungkin menyukai postingan ini

3 komentar

  1. Unknown
    Nomor 5 sangat setuju!!! Tapi kalau sudah pernah mengalami event tersebut (restart game) dan hapal, boleh skip la yah... Main game sambil belajar bhs Inggris...
  2. Unknown
    Nomor 7 pernah kejadian sama saya :( Dan untungnya masih bisa diperbaiki
  3. Dunz
    Walau saya suka skip dialog yang penting inti dari dialognya kena
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.