Monday, January 15, 2018

Menjawab Pertanyaan Gagal atau Tidaknya Sebuah Event di Harvest Moon: Hero of Leaf Valley

Menyelesaikan semua event yang ada di Harvest Moon: Hero of Leaf Valley, mungkin menjadi salah satu tujuan utama kamu bermain game ini. Akan tetapi, itu adalah hal yang lumayan sulit diwujudkan karena...

Dalam satu jenis event, misalnya The Azure Swallowtail (Event kupu-kupu biru), terdapat beberapa cutscene (bagian event) yang harus diselesaikan secara runut, sehingga nantinya berhubungan satu sama lain sampai ending.

Sebagai catatan, selain cutscene, kita biasanya sering menyebut sebuah adegan/peristiwa di Harvest Moon dengan sebutan scene atau event.

Untuk memicu terjadinya sebuah cutscene, kamu diharuskan untuk memenuhi persyaratan dan menuju lokasi terjadinya cutscene dalam waktu tertentu.

Begitu seterusnya sampai potongan-potongan itu terkumpul dan berakhir pada satu titik yang disebut ending (satu jenis event).

Semua itu sudah kita tulis semua di blog ini. Kamu tinggal cari dan baca saja.

Namun, dari pertama kali ID Harvest membahas 16 Event di Harvest Moon: Hero of Leaf Valley, banyak sekali yang bertanya...
Ciri-ciri Gagal atau tidaknya event di Harvest Moon: Hero of Leaf Valley

Bagaimana jika salah satu bagian event terlewati, gagal atau tidak?

Atau..

Jika tanggal (yang kita tulis di blog ini) event terlewati, event-nya bisa lanjut atau tidak?

Oke, buat yang tidak paham...

Masalah keterlambatan menyelesaikan event ini biasa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:
  • Kamu belum menyelesaikan persyaratan agar event terjadi.
  • Ada sebuah cutscene yang tabrakan dengan cutscene lain dalam hari tertentu.
  • Hujan

Jawaban untuk pernyataan pertama, itu tergantung dari bagian event-nya wajib dilihat/dialami atau tidak. Nah kalau wajib, berarti kamu tidak boleh melewatkannya karena dapat menyebabkan event tersebut gagal.

Sedangkan jika bagian event itu tidak wajib dilihat, kamu masih bisa melanjutkan event-nya meskipun tidak mengalaminya. Biasanya event yang bisa dilewati kita beri keterangan dengan tanda bintang (*).

Untuk pertanyaan kedua...

Kalau yang kamu tanyakan bisa lanjut atau tidak, maka akan kita jawab bisa lanjut karena kamu diberi waktu sampai akhir tahun ke-2 untuk menyelesaikan semua event.

Tapi kita tidak tau pasti apakah akan bisa selesai tepat waktu atau tidak karena bukan kita yang main secara langsung. Seharusnya kamu sendiri lah yang bisa menilai apakah event yang kamu ikuti bisa terselesaikan atau tidak.

Intinya begini, jika kamu sudah kelewat jauh dari perkiraan tanggal yang sudah kita tulis di blog ini, maka bersiaplah untuk kemungkinan terburuk yaitu event tersebut akan gagal.

Kenapa begitu?

Karena semakin kamu terlambat menyelesaikan bagian dari event tertentu, akan membuat ending dari event tersebut semakin mundur. Saya ingatkan lagi, kamu hanya diberi waktu sampai tahun kedua.

Namun jika kelewatnya hanya beberapa hari, maka tidak ada salahnya kamu melanjutkannya untuk memastikan bahwa event tersebut gagal atau tidak.

Tidak usah khawatir, kamu memiliki kesempatan untuk mengulang event yang belum sempat kamu selesaikan. Kamu bisa melakukannya di akhir tahun ke-2.

Nanti akan ada pilihan di mana kamu bisa melanjutkan ke bagian 2 (Go to Part 2) atau memulai dari awal dengan data yang sudah ada (semua progres yang didapat sebelumnya tidak hilang).

Jika kamu tidak bisa menyelesaikan 16 event yang ada di Harvest Moon: Hero of Leaf Valley saat pertama kali bermain, itu adalah hal yang lumrah.

Kita juga baru bisa menyelesaikannya setelah mengulang beberapa kali. Jadi tidak usah bingung, dibawa santai aja.

2 komentar:

  1. admin, mau nanya, kalau semua cewe di HM HOLV memiliki 6 hati masih bisalah kita masih menikahi salah satunya saja ?, tolong jawabanya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya bisa sob klo persyaratannya terpenuhi untuk masing" karakter, kalau pengen tau lebih pastinya, ntar langsung saja lamar gadis yang kamu suka di tahun 3.

      Delete

Terima kasih telah membaca artikel ini. Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.