-->

4 Trik Sederhana Mempermudah Pencarian Aplikasi di Google Play Store

Jarang diketahui, 4 trik rahasia ini bisa mempermudah kamu mencari aplikasi dan game yang kamu inginkan di Google Play Store!
Google Play adalah layanan konten digital milik Google di mana kamu bisa mendapatkan aplikasi, game, dan konten digital lainnya untuk perangkat Android kamu menggunakan aplikasi Play Store.

Saya yakin kebanyakan perangkat Android kamu mempunyai Aplikasi Play Store ini sejak pertama kali pembelian, namun jika belum, kamu dapat mendownloadnya sendiri.

Biasanya, masalah yang dialami pengguna saat menggunakan Play Store adalah kesulitan menemukan aplikasi yang sesuai dengan keinginan mereka.

Ya, karena saking banyaknya aplikasi yang diterbitkan di Google Play Store, saya juga kadang ragu untuk mencobanya, padahal saya aslinya penasaran ingin coba.

Mungkin kamu belum mengetahui bahwa Play Store sebenarnya memiliki cara-cara khusus untuk mempermudah pengguna mencari jutaan aplikasi di dalamnya.

Oleh karena itu, artikel ini akan membantu kamu memahami hal tersebut.

4 Cara Permudah Pencarian di Google Play Store

Untuk memulai pencarian aplikasi dan game yang kamu inginkan, umumnya kamu dapat menggunakan cara berikut ini:
  1. Buka bagian aplikasi di perangkat Android kamu.
  2. Buka Aplikasi Google Play Store
  3. Aplikasi akan terbuka dan kamu dapat menelusuri dan menjelajahi konten untuk didownload.
Namun, untuk mempermudah pencarian, kamu bisa menggunakan cara di bawah ini:

1. Mengkhususkan Pencarian Berdasarkan Developer Tertentu

Cara Permudah Pencarian Google Play
Melalui menu pencarian, Play Store menawarkan cara untuk mencari seluruh aplikasi yang diterbitkan oleh developer tertentu.

Kamu hanya perlu mengetikan dev:NamaDeveloper (contohnya: dev:Google) di pencarian, maka semua aplikasi yang diterbitkan dan dikembangkan oleh Google akan muncul.

2. Mencari Aplikasi Berdasarkan Nama yang Dispesifikasikan

Menemukan aplikasi yang mempunyai nama yang mirip selalu menjadi masalah. Untuk mengkhususkannya, cobalah untuk menambahkan tanda kutip pada setiap kata kunci yang kamu cari.

Sebagai contoh, ketika kamu ingin mencari aplikasi untuk mengedit atau membuat logo, maka ketikkan "logo maker", maka dengan begitu Play Store akan mengkhususkan pencarian untuk logo maker saja.
4 Cara Ini Memudahkan Kamu Menemukan Aplikasi di Google Play Store

3. Mencari Aplikasi Tanpa Game

Game android mendominasi beranda Play Store dengan selalu menjadi yang teratas. Tidak percaya? Coba saja sekarang kamu buka Play Store. Pasti kamu akan langsung disuguhkan oleh game-game baru atau yang baru diperbarui.

Meskipun sekarang sudah dibedakan, namun untuk lebih fokus dalam mencari aplikasi, kamu bisa mengunjungi kategori khusus "Application".
  1. Buka aplikasi Play Store.
  2. Di beranda, ketuk sub menu 'Kategori'. Akan muncul berbagai sub kategori aplikasi mulai dari Travel, Bisnis, Keuangan, Kedokteran, Kesehatan, dan lain-lain. 
  3. Pilih salah satu kategori dan install aplikasi yang kamu inginkan.

Opsi lain, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama "Apps Only: Play Store without Games" yang dapat membantu kamu menemukan aplikasi tanpa adanya game sama sekali.

4. Menemukan Aplikasi Berdasarkan Chart Teratas

Cara mencari aplikasi yang sedang trending dan populer di Google Play Store adalah dengan menggolongkannya berdasarkan chart teratas (daftar yang dibuat oleh Play Store).

Caranya sudah saya bahas detail di Cara Mengetahui Aplikasi yang Sedang Trending dan Paling Populer di Play Store.

Apabila kamu menggunakan cara-cara di atas, maka kamu tidak akan kesulitan lagi mencari aplikasi yang kamu butuhkan.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.