Saturday, June 30, 2018

Perbedaan Harvest Moon: Light of Hope PC, PS4, dan Switch

Sudah menjadi hal yang lumrah di seri Harvest Moon, bila ada tambahan nama "Special Edition" dibelakangnya, itu tandanya ada beberapa fitur tambahan yang tidak tersedia di versi normal. Platform-nya, jelas juga berbeda.

Untuk Harvest Moon: Light of Hope, versi normal dirilis di platform PC, sedangkan yang Special Edition dirilis khusus untuk PS4 dan Nintendo Switch.
Perbedaan Harvest Moon: Light of Hope PC, PS4, dan Switch
Foto: Natsume
Nah, buat kamu yang penasaran apa saja sih perbedaan Harvest Moon: Light of Hope PC dan PS4/Switch, berikut kita jelaskan kepada kamu...

Perbedaan HM: LoH Versi Normal dan HM: LoH Special Edition


1. Karakter baru
Harvest Moon: Light of Hope Special Edition mempunyai Soleil sebagai karakter baru. Ini juga mempunyai 2 karakter DLC yaitu Shirlock dan Michelle, sedangkan versi normal tidak punya sama sekali.

Itu artinya, kamu juga punya tambahan request dan heart events dari mereka pada PS4 dan Switch.

2. Kandidat Pernikahan baru
Di Harvest Moon: Light of Hope PC, kamu hanya bisa menikahi satu dari 5 cowok atau cewek, bergantung dari karakter utama yang kamu pilih.

Tapi di PS4 dan Switch, kamu memiliki tambahan kandidat pernikahan baru, diantaranya Soleil, Shirlock, Michelle, Harvest Goddess, and Gorgan.

3. Quest
Ada tambahan quest atau jalan cerita dari Melanie dan Doc untuk versi Special Edition, sedangkan yang versi normal tidak.

4. Toko
Setelah menyelesaikan quest dari Melanie dan Doc, akan ada toko baru yang terbuka untuk versi Special Edition.

5. Mengkustomisasi Karakter
Di Harvest Moon: Light of Hope Special Edition, kamu bisa mendapatkan pakaian baru dan mengganti baru kamu melalui "Dresser" yang ada di rumah, sedangkan PC tidak bisa.

6. Chapter
Di Harvest Moon: Light of Hope Special Edition PS4 dan Switch ada sebuah transisi yang disebut chapter. Jadi setiap kamu sampai di dalam progress tertentu dalam game akan muncul tulisan chapter beserta judulnya.

Sedangkan di PC, kamu tidak mempunyainya hal semacam itu, jadi langsung lanjut terus gitu game-nya nggak ada yang namanya chapter-chapter-an.

7. Co-op Multiplayer
Di PC, kita tidak bisa bermain bersama teman (multiplayer), sedangkan di PS4/Switch kita bisa melakukannya dengan mengontrol Soleil sebagai pemain kedua.

8. Upgrade Peralatan
Di versi PC, upgrade peralatan hanya sampai "Sacred Tool", sedangkan versi PS4/Switch ada tambahan upgrade hingga "Holy Tool".

Contoh nih, Holy Watering Can, itu bisa menyiram hingga 30 petak tanah, kalau di PC, cuma sampai Sacred Watering Can yang hanya bisa menyiram sampai 15 saja.

9. Shipping Bin/Box
Di versi PC, kita hanya mempunyai 1 buah shipping bin yang terletak di depan rumah, namun di PS4/Switch, ada shipping bin yang diletakkan di beberapa lokasi seperti di depan rumah Gus.

10. Jumlah Dekorasi
Jumlah dekorasi untuk memperindah pertanian lebih banyak di HM: LoH Special Edition dibanding yang normal.

Penutup
Perbedaan mencolok dari keduanya saat ini yaitu, versi PC tidak punya DLC (konten yang dapat diunduh) sama sekali. Namun, bukan tidak mungkin versi PC akan kedatangan juga di masa depan.

Tapi perlu diingat bahwa tidak semua fitur/konten tambahan di Harvest Moon: Light of Hope Special Edition itu gratis, banyak diataranya mengharuskan kamu membeli DLC-nya untuk membuka mereka.

Kira-kira itulah Perbedaan Harvest Moon: Light of Hope versi normal dan Special Edition yang kita ketahui. Mungkin masih ada yang belum kita sebutkan, kalau kamu tahu bisa memberitahu kita dengan cara komen di bawah. Terima kasih.

Artikel serupa:

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.