Sunday, April 19, 2020

Apakah Game Harvest Moon yang Sudah Terlanjur 'Save' Bisa Dikembalikan ke Kondisi Sebelumnya?

Ini pertanyaan yang sebenarnya cukup membingungkan bagi saya. Tapi karena memang dapetnya kayak gitu, ya udah, saya tidak perlu ubah-ubah lagi. Jika saya tidak salah tangkap, si penanya intinya ingin tahu apa kita bisa memutar balik keadaan permainan sebelum melakukan penyimpanan data (ngesave) di game Harvest Moon?

Baiklah. Apabila kamu ingin jawaban singkat dan langsung pada intinya, maka saya akan menjawab...Bisa Iya dan Tidak. Mari kita membahas ini sama-sama pelan-pelan.

Apakah Game Harvest Moon yang Sudah Terlanjur 'Sav'e Bisa Dikembalikan ke Kondisi Sebelumnya? Tidak.

Ini karena banyak sekali Harvest Moon jadul seperti Back to Nature dan Save the Homeland, tidak memberi fitur "Save" setiap saat seperti Light of Hope pada platform asli perilisannya. Jadi kalo kita Save, ya harus sekalian tidur.

Saat kamu telah memutuskan untuk ngesave sekaligus tidur, maka permainan akan berlanjut ke hari berikutnya. Ini kalo kalian main di platform aslinya, tidak ada jalan untuk kembali ke kondisi sebelumnya (tempat, waktu, kondisi sebelum ngesave).
Apakah Kondisi Bisa Dikembalikan Jika Sudah Terlanjur Save di Game Harvest Moon

Beda cerita kalo kamu mempunyai data save pada waktu atau hari sebelumnya, maka kalian bisa mengulang kondisi permainannya. Ya kalian akan rugi sedikit waktu untuk mengulang gitu aja. Sebelum lanjut, kamu juga bisa baca ini dulu Cara Load Save Data Atau Save State Hasil Download Di PPSSPP

Apakah Game Harvest Moon yang Sudah Terlanjur 'Save' Bisa Dikembalikan ke Kondisi Sebelumnya? Iya Bisa.

Apalagi kalo kalian mainnya pakai emulator dan punya 'data Save State' permainannya setiap waktu. Inilah sebabnya juga saya sering memberi tips kalo main Harvest Moon itu buatlah slot data save yang banyak dan berbeda-beda. Kamu simpan datanya jangan di satu tempat doang.

Hal ini biasanya saya lakukan bila saya tidak yakin dengan progres yang saya capai apakah sudah bagus, benar, dan tidak ada event yang terlewat lainnya.

Jika saya merasa ada yang salah, tentu saja saya bisa melakukan 'Load' progres permainan ke kondisi sebelumya. Ini mungkin terlihat "curang", tapi ini adalah salah satu trik yang memang masih dimaklumi dibandingkan kamu menggunakan "cheat".

Terlebih lagi bila kalian hendak menyelesaikan 16 Event di Harvest Moon: Hero of Leaf Valley, yang pastinya cukup sulit dan butuh ketekunan pemainnya.

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.