Saturday, August 29, 2020

Arti 'Wakanda Forever' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Kata "Wakanda Forever!" itu adalah salam penghormatan yang menjadi ciri khas dari raja T'Challa sekaligus super hero Black Panther. Salam ini dibarengi dengan gestur menyilangkan kedua lengan ke bahu. Terkadang tidak hanya digunakan sebagai salam sesama Wakandan tetapi juga jargon penyemangat saat berperang.

Wakanda sendiri adalah sebuah negara fiksi yang terletak di sub-Sahara Afrika dalam film Marvel Black Panther. Negara yang menjadi kampung halaman T'Challa. Negara ini dikenal tertutup, namun memiliki teknologi yang sangat maju karena mempunyai banyak sekali vibranium dan memanfaatkannya dengan baik.

Arti dan Asal 'Wakanda Forever' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

'Wakanda Forever' artinya dalam bahasa Indonesia adalah Wakanda Selamanya. Frasa ini bisa memiliki maksud bahwa negeri fiksi Wakanda akan tetap ada dan hidup sejahtera selamanya. Dan juga salam penghormatan bagi pemimpin dan jargon penyemangat bagi warganya.

'Hail Hydra' yang semula menjadi salam yang populer mulai tergusur setelah 'Wakanda Forever' menyeruak ke permukaan. Kata ini menjadi populer sejak tahun 2018, dijadikan berbagai meme yang terkenang hingga sekarang.

Sutradara Ryan Coogler mengungkapkan bahwa salam "Wakanda Forever!" berasal dari dua sumber berbeda, yakni firaun Mesir dan patung dari Afrika Barat, serta kata "cinta" dan "pelukan" dalam Bahasa Isyarat Amerika (ASL).

Kedua sumber memiliki makna ekstra ketika kamu mempertimbangkan mitologi Black Panther di Marvel Universe. Sementara semua rakyat Wakanda memberi hormat dengan bebas, tangan bersilang di pemakaman Mesir biasanya menunjukkan bangsawan laki-laki di Kerajaan Baru Mesir kuno.

Dalam buku 2015 Ancient Egypt Transformed: The Middle Kingdom, penulis Adela Oppenheim, Dorothea Arnold, Dieter Arnold, dan Kei Yamamoto mengandaikan bahwa lengan yang disilangkan menandakan hilangnya kendali atas tubuh seseorang dalam kematian.

Mengenai Bahasa Isyarat Amerika, Coogler menjelaskan bahwa persaudaraan dan cinta sangat penting dalam budaya Wakandan. Faktanya, Coogler berpendapat bahwa "titik lemah" T’Challa adalah keluarganya, dibuktikan dengan reaksinya ketika dia mengetahui bahwa Killmonger (Michael B. Jordan) memiliki hubungan darah dengannya. (Sumber dan bacaan lanjut)
Arti Wakanda Forever dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Hari ini, 29 Agustus 2020, salam penghormatan 'Wakanda Forever' kembali menggema di berbagai platform media sosial. Namun bukan karena ada sekuel lanjutan dari film Black Panther yang akan tayang di Bioskop melainkan karena berita duka meninggalnya sang aktor utama.

Iya benar, kamu tidak salah mendengar beritanya. Berita yang mengagetkan memang. Chadwick Boseman aktor utama Black Panther tutup usia pada 43 tahun hari ini. Dia meninggal disebabkan penyakit kanker usus (stadium IV) yang dideritanya selama 4 tahun.

Banyak orang baik penggemar maupun bukan turut mengucap duka karenanya. Bahkan semakin menjadi-jadi setelah mengetahui informasi dari keluarganya, dia berjuang dengan penyakit yang dideritanya sambil menjalani produksi film yang diperankannya. Sungguh luar biasa!

Saya sendiri tidak membayangkan perjuangannya untuk bertahan hidup selama ini. Yang pasti, dia dan aksinya akan selalu dikenang oleh banyak penggemarnya sebagai pejuang, Black Panther, dan jargon Wakanda Forever! yang ikonik sepanjang masanya.

Baca juga: Arti dan Asal Ucapan 'Tetap Kawa 8-2' di Media Sosial

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.