Thursday, August 27, 2020

Arti dan Asal Ucapan 'Tetap Kawal 8-2' di Media Sosial

Pengalihan isu, tetap kawal 8-2. Apakah kamu tidak asing dengan kalimat itu di kolom komentar sebuah postingan di media sosial beberapa hari belakangan ini? Saya yakin kamu pernah melihatnya dan kamu yang datang ke blog ini karena penasaran dengan kalimat tersebut.

Bagi penggemar sepak bola pasti akan langsung tahu, tetapi bagi mereka yang tidak, kemungkinan besar tidak akan paham kalimat itu ditujukan ke mana. Jadi, kali ini saya tertarik untuk membahasnya untuk kamu yang penasaran dengan maksudnya.

Apa Arti dan Asal Ucapan 'Tetap Kawal 8-2' di Media Sosial?

Istilah pengalihan isu memiliki maksud bahwa ada pihak tertentu yang berniat untuk menggeser suatu isu yang sedang ramai dibahas oleh publik dan media ke isu lain. Pertanyaannya adalah, benarkah terjadi rekayasa pengalihan isu?

Sebenarnya tidak. Tentu saja kalimat "pengalihan isu, tetap kawal 8-2" itu hanya sebuah lelucon di antara para pendukung sepak bola. Lebih tepatnya bukan lelucon sih, tapi bahan olok-olokan untuk fans klub Barcelona.

Tetap kawal 8-2 itu berasal dari kekalahan menyakitkan Barcelona melawan Bayern Munich dalam laga Perempat Final Liga Champion 2019-2020 yang berlangsung di Stadiun Da Luz Lisbon pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020.

Dua gol dari Barcelona dicetak oleh Suarez dan Alaba (GBD), sedangkan 8 gol Bayern dilesakkan oleh Philippe Coutinho (2), Thomas Mueller (2), Ivan Perisic, Joshua Kimmich, Robert Lewandowski, dan Serge Gnabry.

Buruknya performa Barcelona musim ini hingga puncaknya pembantaian oleh Bayern, juga mengakibatkan dipecatnya pelatih Quique Setien digantikan oleh Ronald Koeman dan digadang-gadang membuat Lionel Messi ingin meninggalkan klub.
Arti 'Pengalihan Isu,Tetap Kawal 8-2' di Media Sosial

Pasca menderita kekalahan itu, juga membuat mereka terus-terusan di-bully oleh penggemar klub sepak bola lain terutama Real Madrid. Ya karena memang rivalitas antar kedua klub dan pendukungnya sangat besar. Padahal pertandingannya sudah usai hampir beberapa minggu yang lalu.

Hal ini ditambah fakta bahwa ada suporter sepak bola tanah air kita yang memang kadang suka ribut. Tidak hanya tidak dunia nyata, tapi juga di dunia maya.

Nah, ucapan 'tetap kawal 8-2' ini menjadi olok-olokan andalan mereka untuk mengejek pendukung Barcelona tiap ada berita baru di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok yang berlangsung hingga saat ini. Intinya, mereka menolak untuk melupakan peristiwa bersejarah itu.

Saya sebenarnya terkadang mikir, ini kayaknya sudah kelewatan deh, tapi ya namanya juga lagi musim. Jadi, sebagai penonton ya nikmati saja sampai mereka bosan dan setidaknya baku hantamnya mereda.

Begitulah maksud dan asal komen 'Tetap Kawal 8-2' di Media Sosial. Semoga artikel ini bisa mencerahkan rasa penasaran kamu terhadap fenomena yang lagi ramai tersebut. Terima kasih sudah membaca.

Baca juga: Apa itu 16.com di Facebook dan Mengapa Dilarang?

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.